Remis : Sekali Icip Bisa Jadi Favorit

Remis. Pernah makan oseng REMIS? Atau jenis masakan lain tapi berbahan remis? Aku sih hanya pernah makan yang versi oseng dengan bumbu utama baput dan bamer plus irisan cabe merah.  Rasanya?  Enak dong hehehe.

remis-1


Remis Sebagai Alternatif Menu

Pertama kali ketemu dengan menu oseng remis ini kalo nggak salah ya...lupa-lupa inget nih, rasanya dimasakin oleh Mamah deh.  Aku tu biasanya cocok ama suatu menu karena aromanya yang menggoda selera.  Lanjut ke indera perasa, kenyal-kenyal gimana gitu eh tapi rasanya enak.  Nah, kira-kira ada reaksi apa nih kemudian dengan tubuhku.  Apakah ada gatel-gatel?  Rasa mual pada perut?  Ternyata nggak terjadi alergi.

Welcome remis!  Perutku menerima anda wkwkwk.  So, akhirnya misal ke pasar tuh ada yang jual remis, aku pasti beli.  Nggak banyak sih, biasanya aku minta jualin lima ribu rupiah aja.  Biasanya aku menikmati oseng remis ini bersama nasi hangat dan kerupuk.  Terserah deh kerupuk apa aja oke buat temen makan.

Kepoin Remis Lebih Jauh

Jangan tau makannya aja nih ya, tapi nggak tau remis tuh jenis hewan air tawar atau laut.  Kemudian kandungan nutrisinya apa aja.  Kalo nggak tau ya kudu cari tau nih.  Biar kita ngerti makanan yang kita makan ini apa manfaatnya bagi tubuh.

Remis ini ternyata termasuk dalam kelompok kerang yang hidup di air tawar.  Kalo di pasar  justru biasanya dijual tanpa cangkang.  Jadi terlihat banget sebagai moluska.  Remis ini biasanya hidup di sungai, danau, sawah yang airnya mengalir dan dia berada di dasar.  Oya, nama kerennya remis yaitu Corbicula sp.

Nutrisi yang Terkandung pada Remis

Kalo berdasarkan penelitian para ahli, remis mengandung asam amino protein yang tinggi dan mudah dicerna.  Selain itu remis juga mengandung air, protein, abu dan lemak.  Jadi saat bikin oseng remis, airnya tuh nggak usah terlalu banyak.  Sedang aja, karena saat dimasak, remis akan mengeluarkan air yang terkandung di dalam tubuhnya itu.

remis-2

  1. Dalam 1 ons remis tanpa cangkang mengandung :  24 kkal
  2. Dalam porsi kecil (1 remis) mengandung : Lemak 0.22 g, Kolesterol 3 mg, Protein 1,19 g, Karbohidrat 0.37 g, Sodium 29 g, Kalium 32 mg.
Jadi simpulannya, remis ini low carbo & fat dan kaya protein.

Manfaat Remis

Apa aja nih manfaat remis selain bisa menjadi lauk makanan yang kaya protein? Ternyata manfaatnya adalah:

👉 Menyuplai energi bagi tubuh.
👉 Mengandung selenium yang berkhasiat: 
👉 Menyegarkan tubuh
👉 Menyembuhkan hepatitis (liver)

💢💢💢

Nah bagi penggemar remis  begitu tau nutrisi yang terkadung juga manfaatnya apa aja, pasti makin cinta nih dengan remis. Kalo aku sih mungkin akan nambah skill untuk masak remis ya, suapaya oseng remisnya tambah enak gitu hehehe.

Yuk ah, sekian dulu tulisan kuliner dari aku ya.  Next time lanjut lagi.

Sumber: 





Post a Comment

49 Comments

  1. remis ya mba... aku pernah dengar tapi kayaknya pernah makan di luar, belumpernah masaknya langsung. Kalau seafood memang iasanya manfaat oke... btw kolesterolnya tapi ngga tinggi kan yaaa

    ReplyDelete
  2. Iih, aku jadi mupeng
    kok ternyata buanyaakk banget ya faedah Remis ini
    kapan2 mau bikin atau cari penjualnya ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di pesisir gampang nih nyarinya kaya Jepara, hahaha. Gak ding. Paling banyak Remis ini di da

      Delete
    2. Di daerah Demak. Kalau pada jualan kerang-kerangan, pada ambil dari sana

      Maap tadi keenter duluan, hahaha

      Delete
  3. bapak aku cerita tentang remis ini nih mba, aku sendiri belum pernah makan remis. Katanya bapak enak, nah bapak dimasakkin ttangga untuk menaikkan hbnya mba, ternyata bagus ya ini

    ReplyDelete
  4. Remis itu ternyata kerang-kerangan ya ... di daerah saya tidak dikenal istilahnya soalnya. Baru ngeh baca ini. Buat sumber energi bagus ya makan remis dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun baru tau nih mbak setelah baca blognya karena di tempatku juga gak ada, makanya ku pikir ini tuh jenis seafood yang tak ku tau sebelumnya. Tapi lihat tampilannya jadi pengen nyidukin nasi panas deh.

      Delete
  5. Aku tau remis ini di bukunya anakku ahahaha. Belum pernah beli dan ngerasain remis. Ini sejenis kerang ya mbk.. Ugh, yummi sekaliii ini

    ReplyDelete
  6. aku malah baru tau ini ada makanan remis, nampak enak itu ya oseng-oseng remis. Pengen nyobain juga, coba nanti pas ke pasar cari remis.

    ReplyDelete
  7. Saya pernah makan remis ini, di oseng-oseng pedes endess poll Mbak. Tp sejak tinggal di Yogya belum ktemu lagi sama remis ini (mgk saya yg gagap peta kuliner di sini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi kangen makan remis deh. Wajib di bukmak ini kalau nanti mudik ke Jawa Timur, mau pesen kakak ah biar pas mudik (nanti) dimasakin remis, sekalian mau bawa oleh-oleh remis utk stok dirumah, hehehe

      Delete
  8. waaah...aku sudah lamaaa banget gak makan remis ini mbak
    dipedes emanggg enyaaaak
    bersyukurnya aku juga nggak alergi sama makanan2 semacam ini

    ReplyDelete
  9. dulu waktu kecil mamah suka masak remis ini , enak yah. Sekarang sudah lama ga makan, jadi kangen nih.

    ReplyDelete
  10. Saya juga suka dengan masakan remis, enyaak! Apalagi kalau rasa pedasnya dominan, mantap, deh!
    Belum pernah nyobain bikin sendiri di rumah, nanti nyontek resepnya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  11. Aku baru tau loh Remis ini, sejenis seafood juga ya.
    Kalo makan ini harus minum air kelapa juga gak sih? Posisinya kan sama kayak makan kerang kan ya.

    ReplyDelete
  12. Remis? aku baru dengar mbak
    ini seperti kerang ya? klo kulihat kok seperti kerang yang biasa aku masak di rumah
    seafood memang terkenal kaya nutrisi ya mbak

    ReplyDelete
  13. Revisi kesukaan anak anak tapi dapatkan jarang sih di pasar. Kami lebih suka masaknya masih pakai kulitnya, seru pas menemukan nya

    ReplyDelete
  14. Aku kalau lagi bosan makan ikan ya beli remis yang tanpa cangkang. Jadi tinggal masak. Biasanya dibikin tumis pedas. Endos banget sih

    Kadang milih kerang-kerangan yang pakai kulit buat dibikin sup

    ReplyDelete
  15. Remis itu kerang yang kecil-kecil ya? baru tau namanya remis. kalo di palembang sebutannya kerang sih. molly suka nih kerang, soalnya banyak proteinnya

    ReplyDelete
  16. Remis ternyata banyak manfaatnya ya untuk kesehatan, apalagi kalau pandai memasaknya jadi makanan tak hanya sehat tapi juga lezat disantap...bikin nambah nasi terus iniii...

    ReplyDelete
  17. Remis ini kerang kan yaa..?
    Aku suka juga kerang, kalau di Surabaya ada makanan khas yang selalu aku rindu, yakni lontong kupang. Dimakannya sama lontong dan lentho.
    Super lezaaatt~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Bandung sebutannya tutut bukan siih..?
      Hehhee...suka banget aku sama kerang, tapi unik..kalau di Bandung dimasaknya gak dibukain cangkangnya, langsung dibumbuin lalu makannya diisep-isep.

      Jangan sampai kena bagian duburnya, pait.
      Huhuuu~

      Delete
  18. Aku suka dengan remis ini. Tapinya aku kok gak bisa masaknya ya. Mama atau siapa yang masak, rasanya enak. Lha giliran aku yang masak, kok rasanya aneh. Heheheh :D

    ReplyDelete
  19. Eh, masa mba remis bisa mengurangi ketombe. Wah, patut dicoba nih konsumsi remis, soalnya hampir ga pernah. Bahkan waktu di kampung remis itu kerang kecil-kecil yang biasanya aku temukan di sawah.

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah coba dan masa remis padahal ini bagus loh proteinnya ya mba, selain juga mengandung nutrisi lainnya. KAtanya bisa buat obat kuning juga sama bagus buat bumil

    ReplyDelete
  21. remis itu kerang bukan sih yang kecil-kecil itu? aku biasanya dimasak biasa sama mak. trus kudu bener2 bisa ilangin amis menurutku tapi makan anget2 ini ueeenak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren aku nyari2 resepnya tapi aku malah keingat tutut dulu di bogor tutut itu hippie sepanjang jalan pada beliii

      Dimasak rebus giti aja trus dibumbui sama kayak keranh rebus cocol sambel mk. Sama ga sih remis ini ama tutut

      Delete
  22. Remis ini masih keluarga kerang ya mba. Jadi penasaran gimana cara membedakan remis dan kerang, soalnya sepintas hampir sama.

    Direbus terus dicocol saos tomat juga enak ini mba

    ReplyDelete
  23. Ibu sy suka masak ini tapi sy kurang suka jd pas udah nikah dan punya anak baru sekali 2 kali masak ini buat2 anak2, saya merasa bau amisnya susah hilang . Padahal ini gizinya tinggi ya

    ReplyDelete
  24. Belum pernah cobain deh kayaknya..kalo kerang dari laut sering hehe Mungkin rasanya mirip-mirip ya.. Mengolahnya juga gampang..gak perlu bumbu aneka rupa..

    ReplyDelete
  25. Remis sejenis kerang, sakedap aku googling dulu

    dan hasil googling adalah sejenis kerang ya. jadi bisa ditumis dengan basic bumbu bawang merah dan bawang putih plus biar sedep pakai cabe rawit merah jawa yang pedes pisan..

    nah, pe ernya sekarang adalah gimana cara mengolah remis tanpa amis

    ReplyDelete
  26. Manfaatnya banyak banget ternyataaaa
    ada selenium yg berfungsi sebagai antioksidan & menangkal radikal bebas
    mencegah katarak
    mengurangi ketombe
    mencegah penuaan dini

    Mupeng!

    ReplyDelete
  27. Anak bungsuku nih yang doyan makan remis. Aku belum pernah masak sendiri sih jadi sering beli di warteg dekat rumah hahaha :D Ga pede aku bikinnya. Enaknya pakai cabe rawit yang banyak nih. Manfaat mengonsumsi remis ternayta banyak sekali ya. Menjagak kesehatan, ketahanan tubuh dari berbagai penyakit dll. Eh, tapi aku sih ga suka hihihihihi.....

    ReplyDelete
  28. Saya juga suka remis mbak. Di masak bumbu kecap.
    Kalau lagi pengen pedes, dimasak balado.

    Kadang-kadang suami kalau pergi mancing, pulangnya bukan bawa ikan, tapi bawa remis. Masih ada cangkangnya

    ReplyDelete
  29. Dulu pas di Kalimantan sering sih konsumsi remis ini
    dimasak tumisan dan pedes gitu, enak banget deh..

    kalo dimakan pake nasi putih, rasanya lezaaat .. kalo sama kerang dara kira kira 11 - 12 rasanya

    ReplyDelete
  30. Saya baru tau manfaatnya remis bisa mencegah penuaan dini dan ketombe dari sini. Enak pula apalagi kalau pakai bumbu pedas.

    ReplyDelete
  31. Awal dengar nama Remis nih mba. Belum pernah nemu juga di daerah rumahku. Tapi manfaatnya banyak ya. Rasanya juga tampak enak ketika diolah mba :)

    ReplyDelete
  32. remis ini makanan kami sewaktu kecil. Sering banget main-maina di selokan yang mengalir dan mencari remis. Pas nemu duuh bahagianya luar biasa.

    ReplyDelete
  33. remis ini nggak hanya enak ya mbak, tapi juga mengandung banyak protein
    enak klo di masak pedas, duh bisa ngabisin nasi sebakul tuh
    hehe

    ReplyDelete
  34. Enaaakk ini, aku bebrapa kali suka numis juga mbak. Apalagi kalau dibumbuin merah dibikin pedes gtu bisa gak berhenti nambah nasinya :D
    Tp sekarang dah jarang krn di kang sayur kalau gk nitip gk ada
    Btw ternyata manfaatnya bagus sekali buat kesehatan jasmani ya hehe

    ReplyDelete
  35. remis ukurannya lebih kecil dari kerang ya? aku belum pernah coba. selama ini suka masak kerang dara atau kerang hijau aja yang masih bisa ditemui di bogor. aku paling suka kerang dimasak saus padang hmm pedas menggoda :)

    ReplyDelete
  36. Aku tau remis itu di buku anakku, belum pernah lihat langsung ataupun konsumsi. Sepertinya enaknya remis ditumis, ini bentuknya kayak kerang ya mbk. Duh, auto laper lihat ini

    ReplyDelete
  37. Aku doyan banget mba paling enak emang ditumis gitu, dulu banget sih nemu tapi di sini ga ada yang jual ah jadi rindu mba masakan ini teringat kenangan masa kecil :)

    ReplyDelete
  38. Ingat remis, ingat makanan di kampungku namanya pensi Mak...

    Namun pensi diambil dari dasar danau...

    ReplyDelete
  39. Remis nih semacam kerang gt juga berarti ya maaak? Hmmm jadi penasaran juga pengen cobain, nanti tanya ah pas mampir ke pasar..

    ReplyDelete
  40. Baru tahu kalau itu kerang nama lainnya remis kak. Emang enak banget apa lagi dicampur nasi hangat.

    ReplyDelete
  41. Remis cocok banget sih Mak buat temen-temen yang lagi pengen memulai diet tanpa nyiksa badan. Kandungan proteinnya saya lihat cukup tinggi juga dibanding kandungan lainnya. Bagus nih buat pembentukan otot dan pembakaran lemak :))

    ReplyDelete
  42. Sepertinya saya pernah lihat remis ini tapi belum pernah mencobanya mbak, ternyata kandungannya bagus ya di konsumsi. Bary tahu juga kalau kerang kecil-kecil itu nama bekennya remis

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.