Beef Burger & Cheesy French Fries: Opsi Menu Iftar

Beef Burger & Cheesy French Fries. Menjelang bulan Ramadan, Emak pun jadi pengen nyicipin kuliner di resto fastfood yang baru buka (baru banget juga ngga sih, ya sekitar beberapa bulan lah) di kota tempat Emak tinggal- Banjarmasin.

beef-burger-1

Lumayan bingung nih pas cek menu, berhubung menunya ok semua hehehe. Begitu cek korelasi antara isi dompet dan harga makanan & minuman, berbanding terbalik ataukah lurus, akhirnya Emak pun menjatuhkan pilihan kepada:  Beef Burger & Cheesy French Fries .  Minumnya, es teh tawar. 

My Story with Beef Burger 

Udah tau dong seperti apa dan juga rasanya beef burger.  Memang sih, varian dari beef burger bermacam-macam, salah satunya tergantung kreativitas sang chef memadu-madan bahan-bahan yang ada sebagai bahan tambahan pada beef burger.

Beef Burger adalah makanan khas Barat, terdiri dari roti bulat yang dibelah sisi tengahnya kemudian diisi dengan irisan daging sapi yang sebelumnya dihaluskan (digiling), diberi bumbu lalu dibentuk bulat pipih (gepeng) lanjut dipanggang. Tambahkan juga sayur-mayur yaitu timun yang diiris tipis, bisa juga berupa acar timun dan daun selada.  Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan irisan keju, mayonaise, saos tomat dan sambal. 

beef-burger-2

Daging beef burger, jelas dong karena beef artinya dibuat dari bahan daging sapi. Nama lain dari daging untuk beef burger di beberapa negara dikenal sebagai ‘patty’.  Negara-negara tersebut yaitu Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Australia dan Selandia Baru.  Mungkin termasuk juga Bikini Bottom ya hehe.

Patty Favoritku

Patty yang biasanya dijual di pasaran keliatan banget dicampur dengan adonan tepung ya, jadi dagingnya pun ya sudah tercampur dengan tepung.  Ada juga patty yang dijual di pasaran , termasuk  yang disajikan di resto tertentu justru porsi daging yang dihaluskan pada patty itu lebih banyak dibandingkan dengan porsi adonan.  Bisa diliat pada foto ya, jenis-jenis patty yang Emak maksud.

beef-burger-3

Kalo Emak pribadi sih sukanya patty yang porsi dagingnya lebih banyak dong.  Jadi kerasa banget tuh kalo yang dimakan memang daging hehe.  Selain itu juga mengimbangi jumlah karbo yang ada pada roti burger.

Seandainya bisa bikin sendiri sih jadi pengen juga bikin patty sendiri, tapi Emak nih rada mager untuk ‘kerajinan memasak’ wkwk.  Lebih semangat kalo makanannya udah ready hahah.  Ya ampun, Emak ya ketauan.

Kandungan Nutrisi pada Beef Burger

Beef Burger dikenal sebagai salah satu makanan ‘junk food’.  Bener nggak sih? Kan ada daging sapinya, trus sayur-mayur kok ya dibilang junk food gitu loh... Apakah karena kandungan nutrisinya?

Yuk ah cekidot, apa aja nih yang terkandung pada beef burger. Pada fatsecret.co.id beef burger dari Mc Donald yang ada analisis kandungan nutrisinya.  

Patty pada beef burger Mc Donald adalah 102 g per porsi.  Jadi patty ini mengandung  258 kalori, lemak 7,8 g, protein 12,8 g, dan karbohidrat 32,10 g.  Kalo dalam persentase: 28% lemak, 51% karbohidrat , 20% protein.

Sebenarnya agar beef burger yang dikonsumsi tergolong makanan yang sehat, berarti tergantung pada bahan yang diolah. Untuk roti burger sebaiknya diolah dari wholegrain (gandum), bukan tepung terigu biasa. Kemudian patty dibuat dengan porsi daging dengan tipe rendah lemak tanpa atau sedikit campuran tepung dan cukup 1 slice aja.  Jangan versi dobel or tripel.  Banyakin juga sayurnya, burger versi deluxe gitu.  Insya Allah, beef burgernya nih akan mengandung kadar lemak yang rendah, karbonya juga santai terus proteinnya juga mencukupi.

Jadi untuk beef burger yang selama ini ramai dikonsumsi ya masyarakat sebaiknya bisa memilih varian yang memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh.  Sumpah aku sedih kalo beef burger yang enak yummy ini dibilang sebagai ‘junk food.’

Cheesy French Fries Nggak Kalah Enak

Sebenarnya supaya karbo nggak numpuk, temen makan beef burger adalah salad sayur.  Tapi ya pada umumnya kentang goreng atau french fries yang menjadi pasangan favorit dari burger.

Cheesy french fries  ini memang enak banget sih sebenarnya.  Biasanya saat menikmati kentang goreng, saos+mayonaise dikecrotin di bagian atas kentang.  Bukan dikhususkan di sudut tertentu pada piring atau ada tempat khusus saos.  Contohnya bisa liat pada foto ya.  Di situ saosnya emak kecrotin di atas kentang dan berpadu dengan keju yang udah dilumerkan.

beef-burger-4

Rasanya jadi rame hehe. Rasa gurih dan hambar dari kentang goreng dan mix dengan rasa keju yang asin plus saos tomat dan sambel yang jelas asem-manis-pedas.  Woww.

Kandungan Nutrisi Kentang Goreng

Ngubekin kandungan kentang goreng berlumur keju ini, Emak dapet di fatsecret.co.id yaitu produk Cheesy Fries dari Burger King porsi 100 gram. Lumayan gede kalorinya nih yaitu 228 kkal. Lemak 11 g, karbohidrat 33 g dan protein 2 g.  Jadi lumayan horor lah kalo diliat persentasenya karena 41% lemak, 55% karbohidrat dan 3% protein.

Kalo liat kandungan dari kentang goreng keju artinya harus pandai-pandai mencari pasangan makanannya ya.  Supaya jumlah nutrisi yang dikonsumsi bisa seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

💢💢💢

So, gimana? Mau menu iftarnya dengan beef burger dan french fries cheese? Mau dong.  Nggak tiap hari ini, ya kan hahaha.  Kalo pun tiap hari wah berarti harus diimbangi dengan aktivitas yang mampu membakar kalori pada tubuh. Selain itu juga isi dompet bakal ikut terbakar nih wkwk.

Yuk ah, sampai jumpa pada review kuliner Emak selanjutnya.  Wassalam.

Post a Comment

41 Comments

  1. Kalau dipikir-pikir iya juga ya kenapa burger dan kentang goreng dikatakan junk food. Padahal emang enak. hahaha.

    ReplyDelete
  2. Di Surabaya, ada burgerax, brand burger yg menghadirkan patty daging tebel, dgn rasa yg paripurna, dan harganya starts from 15 ribu ajaaaa!
    Aku sering bgt beli burgerax ini, karena puas bisa mamam burger berkualitas dgn harga super affordable!

    ReplyDelete
  3. Kalau saya makan dengan menu iftar berupa beef burger dan french fries cheese, tidak perlu makan malam lagi. Pastinya puas dan kenyaang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaakk, sama.
      Belakangan ini daku juga eneg makan nasi putih, mbaaa

      Delete
  4. Saya kalau makan burger dan french fries jatuhnya tetep sebagai snack. Tetep harus makan nasi lagi baru bisa merasa kenyang. Hahaha.

    ReplyDelete
  5. Beef burger itu enak. Tapi kalau mau dinikmati saat berbuka puasa sih, itu pilihan ya Mbak. Kan kita lebih tahu yang mana lebih sehat untuk kita, atau ikut apa kata orang lain ya :)

    ReplyDelete
  6. Ahaii..ada Bikini Bottom doong.

    Saya bukan penggemar sponge bob, tapi tau-lah sama krabby patty hihihi.
    Sebenernya saya suka dengan konsep makanan praktis kayak gini. Karbo, protein, dan sayur jadi satu. Cuma si bungsu saya yg masih picky sama sayur ngerti aja sayurnya dibuang dulu baru burgernya dimakan..huhuhuhu

    ReplyDelete
  7. Ya ampon aku suka banget burger :D

    ReplyDelete
  8. Aku dan anak-anak doyan banget makan beef burger, tapi belum pernah buka puasa pake burger sih. Berasanya kurang kenyang kalo belum ketemu nasi di bulan puasa mah heheh

    ReplyDelete
  9. Disebut junk food karena merupakan makanan olahan dengan berbagai campuran, termasuk pengawet. Bukan alami.

    Enak sih, saya juga suka. Apalagi kalo kejunya banyak, heheh... Tapi gak boleh keseringan yak.

    ReplyDelete
  10. Keluargaku nggak ada yang doyan beef burger mbak, hihihi lidah kampung. Jadi klo ke resto franchise kayak gini, belinya ya pasti ayam goreng aja

    ReplyDelete
  11. Favorit anak-anak ini iftar dengan beef burger daan cheesy french fries..sayangnya memang biasanya belum ada menu salad/sayuran di resto fast food di sini ya jadi tetap agar seimbang kita mesti sedia sayuran juga.

    ReplyDelete
  12. Kalau aku lebih suka beef burger
    lezatnya daging sapi diantara roti lembut nan gurih, hmm nikmat saja saat menyantap nya di tambah pedasnya saus sambal
    Tapi sekarang banyak yg jual potongan daging beef jadi rasanya bisa menikmati kapan saja dengan bikin sendiri

    ReplyDelete
  13. Adudu jam jam kritis jelas buka puasa baca review burger hehe aku suka chessy burger and beef burger juga.. tapi kalo french fries kurang suka sih.. anak anak yang suka hehe.. sip sip order burger aja nih buat iftar hehe

    ReplyDelete
  14. wah klo menu berbukanya burger dan kentang goreng gini, anak anak pasti hepi
    secara ini makanan favorit mereka
    aku suka burger dgn daging tebel

    ReplyDelete
  15. Kesukaan anak sulungku nih beef burger, dia makan ini aja tanpa makan nasi biasanya, sebaliknya kalau si bungsu harus dibel.
    Belum pernah bikin patty sendiri biasanya beli. Sesekali gpp ya mbaj menu iftarnyta beef burger & french fries cheese

    ReplyDelete
  16. Kebayang kalau keju dan sausnya banyakin, duh langsung nikmat dalam gigitan pertama juga yah.

    ReplyDelete
  17. Aw..aw ..Beef Burger jadi pilihan buat bukber yaaa,aku mauuu Cheesy French Friesnya,udah kebayang itu nikmatnyaaaa.
    Dah ga diragukan lagi kandung vitaminnya .

    ReplyDelete
  18. Aku tuh Makan Beef Burger sendirian aja rasanya udah kenyang.. Kalau ada kentang dimakannya nanti nggak bisa barengan soalnya bikin kenyang banget tuh. Ntar kalo terlalu kenyang malah mager hehehe

    ReplyDelete
  19. Anak aku banget nih suka makan burger dan kentang. Hihi. Ternyata kandungan lemaknya tinggi juga ya maaaak. Tapi gapapa kalo sekali sekali yaaaa.. hihi

    ReplyDelete
  20. anakku demen burger
    hadi inget dah lama banget ga makan burger semenjak pandemi saking seringnya makan masakan rumaahan
    jadi pengen mekdi huhuhu

    ReplyDelete
  21. Kalau anak-anak saya tuh makan kentang goreng gak pake apa-apa udah lahap banget, Mbak. Gurih katanya..
    Ehhh.. soalnya gak doyan saos yang pedes, haha.. kalau dikasih saos tomat atau mayonais juga kurang suka :)

    ReplyDelete
  22. Udah lama banget nih gak makan menu beef burger dan french fries. Kalaupun makan, biasanya nebeng doang sama menunya anak-anak yang habis beli paketannya demi hadiah mainan. Hahahah

    ReplyDelete
  23. Waduh, ngeces juga .....haahaha

    padahal selama Ramadan udah bertahan dari burger, fried chicken dsb

    diganti sayur dan buah-buahan karena saya udah terlalu gendut :D :D

    ReplyDelete
  24. Enak mba selalu Suka sama beef burger dan french fries cheese kesukaan anak2 juga kala gk buat dirumah kadang pesan online...

    Yang paling disuka sih french fries ya ya..

    ReplyDelete
  25. Uwoo pas udah puasa bacanya jadi kumahaaaa kitu nyak
    FFnya menggoda, udha gitu diembel embelin cheesy pula, anakku bisa bisa kalo liat nambah terus

    ReplyDelete
  26. Bermanfaat menu burger untuk kudapan berbuka Ramadhan 1442 H.

    ReplyDelete
  27. Beef burger dan cheesy french fries ini kesukaan anak bujangku. Tapi ya itu, emaknya yg harus rajin ngingatin agar gak sering2 mengounsumsinya kalau malas olahraga.
    Boleh juga utk buka puasa nih. Makasih idenya mba, buka puasa dgn beef burger kitah *masih pagiiii*.

    ReplyDelete
  28. Cheesy French Fries kesukaan anak-anak saya nih, plus emak bapaknya juga. Seneng banget kalau rame-rame makan ini sambil ngobrol

    ReplyDelete
  29. beef burgernya cocok nih dimakan sebagai menu berbuka puasa nih, hehehe

    ReplyDelete
  30. Daku juga milihnya patty yang banyak Mak, karena berasa enak aja kalau makan burger dibanyakan pattynya, jadi nggak berlebihan karbonya

    ReplyDelete
  31. Sekarang saya lebih sering bikin patty sendiri. Karena lebih puas makannya. Baik dari segi rasa maupun ukuran

    ReplyDelete
  32. Ini sihiftar yang tidak biasa dan layak dicoba.
    Saya penasaran, apakah nanti makan nasi lagi atau sudah cukup. Tapi layak dicoba juga.

    ReplyDelete
  33. Gambarnya bener-bener bikin meleleh. Secara Beef Burger ini adalah salah satu makanan favorit keluarga. Tapi biasanya/seringnya kami combine dengan mashed potatoes untuk mengurangi sajian gorengannya. Isi burgernya selain memilih patty yang semog (baca: daging semua), selalu ditambah sayur yang banyak. Harapannya sih biar lebih sehat.

    ReplyDelete
  34. menu beef burger chessy anak aku paling suka, daging-nya itu loh yang bikin nagih. cocok buat buka puasa ramadan

    ReplyDelete
  35. buat cemilan habis terawih enak banget nih mba burger sama kentang goreng, saya biasanya, daging burger saya bikin pakai roti tawar gandum, jadi macam sandwich gitu, pakai telur juga. enak banget buat nyemil.

    ReplyDelete
  36. Beef burger ini salah satu favorit saya,begitu juga dengan french fries. Selama dua minggu di Turki hampir enggak pernah makan nasi dan selalu konsumsi makanan yang menggunakan roti dan tentunya french fries ini. Lihat ini makin kepengen beli untuk berbuka sore nanti deh.

    ReplyDelete
  37. Biasanya kalau iftar dengan beef burger dan french fries cheese ini , anak-anakku jadi nggak mau makan nasi lagi :D Udah kenyang katanya, akhirnya makan nasi pas sahur aja. Tapi anakku biasanya ga cukup 1, minimal 2 :)))

    ReplyDelete
  38. oww... baru tahu kalau ternyata beef burger bisa dibikin versi sehatnya ya
    coba ya kalo beef burger yang dijualin begini semua,
    kira2 di mana ya, gerai yang jual beef burger yang bisa sehat begini?

    ReplyDelete
  39. Jadi nih jualan dengan fatsecret.co.id pasti laris manis nih karena kualitas dan rasanya memang juara.

    ReplyDelete
  40. Ini nih 2 menu favorit saya kalau lagi pengen ngehabisin waktu di rumah aja sambil nonton Netflix wkwkwk. Makan beef burger dan french fries, minumnya soda, aduh nggak ada tanding deh enaknya. Tapi ya itu, weekend aja dan nggak setiap weekend aja. Bikin nagiiiih soalnya :))

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.