Nasi Pecel : Kuliner Jawa Timur ada di Banjarmasin & Banjarbaru

 

nasi-pecel-1

Nasi Pecel Kuliner Jawa Timur.  Emak tuh suka banget nasi pecel.  Lahap banget makan sayur kalo menunya adalah pecel.  Sambel kacangnya jelas menambah kelezatan kuliner ini. Kalo soal pedes, yang sedang aja lah. Emak pribadi bukan penggemar makan pedes.

Nasi Pecel Kuliner Favoritku

Lidahku ini memang suka kompromi dengan kuliner dari mana saja. Asalkan halal & thayib ya.  Kenalan dengan nasi pecel pas Mamahku kadang suka beli atau bikin sendiri di rumah.  Kalo nanya sejak kapan suka nasi pecel.  Duh, aku udah lupa nih.  Sewaktu SMP deh kalo nggak salah ya. 

Storyku tentang makan sayur memang penuh perjuangan sih.  Berkat jasa seorang Mamah tentunya aku jadi nggak terlalu anti makan sayur.  Alhamdulillah mau sarapan ataupun maksi dengan menu nasi pecel is no problem bagiku.

Kalo aku pas travelling ke Jawa Timur, wah, bakal nemu seabrek nasi pecel tuh.  Mau pecel versi daerah mana?  Nah, begitu udah di Banjarmasin & Banjarbaru (nama kota tempat aku tinggal), biasanya juga ada yang jualan nasi pecel.  Ada nasi pecel Madiun, Tulungagung, Ponorogo.  Kalo ada yang tau selain tiga daerah tersebut dari nasi pecel yang ada di Banjarmasin & Banjarbaru boleh deh sebutin di kolom komentar ya.

Nasi Pecel, Nikmat & Penuh Gizi

Nikmatnya itu karena perpaduan sayur-mayur rebus dengan sambel kacang yang diolah dengan resep khas dari masing-masing daerah di Jawa Timur.  Kalo aku pribadi, ditanya suka nasi pecel dari daerah mana, sepertinya sulit nih jawabnya hehehe.  Enak semua deh.

nasi-pecel-2



Sayur -mayur yang biasanya dibikin menjadi pecel itu apa aja sih?  Nah, kalo aku biasanya bayam, kecambah dan timun yang dicincang.  Sebenarnya sih bisa ditambah lagi tuh dengan potongan kacang panjang, kembang turi,  daun singkong, kangkung, kemangi, sawi putih dan kubis. 

Selain itu jangan lupa nikmati pecel bersama kerupuk ya. Biasanya aku paling suka kerupuk putih dan rempeyek kacang. Wih, tambah lezat deh nasi pecelnya.

nasi-pecel-3

Penuh gizi tentunya karena pecel dibuat dari sayur-mayur.  Tapi memang harus jaga-jaga juga sih ya, siapa tau ada yang sensi nih kesehatannya kalo makan bayam dan daun singkong. Ya bisa diskip lah.  Ganti dengan sayur yang lain.

Gimana dengan sambel kacangnya? Kalo tubuh menjadi sensi akibat makan kacang ya jangan banyak deh ya .  Dikit aja.

Kandungan Gizi pada Nasi Pecel

Jumlah kalorinya lumayan nih.  Memang sih harus inget diri saat menyiapkan nasi untuk nasi pecel.  Jangan bejibun banget lah.  

Jadi kalo dalam hitungan gizi, pada 120 g nasi pecel itu mengandung 276 kkal.  Karbohidrat sebanyak 38,09 g, lemak 11,2 g, dan 7,9 g protein. 

Perkara serat jangan dibahas dah, karena pecel ini memang full sayur-mayur yang kaya serat.  Memang nasi pecel juga ada lauknya.  Biasanya telur asin, ayam goreng, hati ampela ayam goreng, telur dadar, tempe orek, tempe goreng.  Ya terserah sih, pake ikan goreng juga oke. Selain itu untuk minuman, saat makan nasi pecel biasanya sih aku cukup air putih atau teh tawar.  Tergantung kondisi nih, kadang pesen yang pake es atau hangat.

Nasi Pecel Favoritku di Banjarmasin & Banjarbaru

Nasi pecel bukan hal yang asing lagi nih di kotaku.  Pagi-pagi mau sarapan dengan menu tersebut, udah ready dong.  Di Banjarmasin, di deket rumah ada 3 warung pecel yang enak puool.  Aku tinggal di daerah Sungai Andai, Jalan Padat Karya.  Biasanya dijual seharga 10 - 11 ribu.  Belinya harus pake nasi ya.

Ada juga di daerah Gatot Subroto, cari aja Pecel Tulungagung Bu Siti.  Sambel kacangnya memang agak manis tapi lauknya ada empal daging sapinya. Biasanya kalo yang pake empal dijual seharga 12 ribu.  Kalo pake lauk yang lain (ayam goreng, telur dadar, telur asin) biasanya 10 ribu.

Kalo di Banjarbaru, di situ tuh rumah ortuku. Di daerah Jalan Panglima Batur (dekat Mesjid Kanzul Khayrat) Ada nasi pecel Madiun yang enak banget.  Kadang kalo lagi males bikin sendiri tinggal beli pecelnya aja, seharga 5000.  Kalo lengkap dengan nasi dan lauk bisanya sekitar 12 - 15 ribu.

Bagi yang berasal dari Jawa Timur, kalo kangen pecel tentu nggak repot lagi ya selama berada di Banjarmasin dan Banjarbaru.

💢💢💢

Yuk ah sekian dulu tulisan Emak tentang Nasi Pecel.  Jadi laper nih hehehe.

Sumber:

Post a Comment

49 Comments

  1. Nasi pecel memang terbaekkkk

    aku ga keberatan kalo kudu sarapan nasi pecel tiap hari :D
    Apalagi, di Surabaya, varian pecel kan macam2
    ada pecel, madiun, ponorogo, blitar.... ni bumbunya sama2 kacang, tapi bedaaa aja. entah komposisi atau pengulegan nya yg beda :D

    ReplyDelete
  2. Wih, nasi pecel! Murah meriah ya menu khas yang satu ini. Makan nasi pecel Madiun lebih mantap lagi. Isinya minta yang komplit, super kenyang manjain perut. Bumbu kacangnya itu loh enak banget. Cuma aku ada sedikit kelemahan soal perut kalau makan kacang kebanyakan hihihihi :( Kandungan gizi pada pecel baik sekali untuk kesehatan, banyak seratnya sih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku demen banget pecel madiun.
      uenaakk, bergizi
      sip markosip.

      Delete
  3. Favorit aku juga pecel. Suka bikin sendiri di rumah, dan gampang banget. Kalo kulineran pas ke luar kota pun tatkala menemui nasi pecel langsung deh embaaat. Ternikmat, aplagi pake empiing. Makanan murmer tapi menyehatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak pakai emping, saya suka pakai bakwan jagung. Jadi pengen nasi pecel gara-gara baca postingan ini hihihi

      Delete
    2. akupun suka bikin pecel sendiri sekarang di rumah,beli bumbu jadi yg gak terlalu pedas, klo pake bakwan biasanya malah makin cepet habis anak2 juga suka pecel sayur gini

      Delete
  4. Nasi pecel ya. Hmmm aku pernah makan nggak ya hihihi. Apa mungkin kalau di Bandung namanya lotek itu bukan ya? Soalnya mirip sayuran pakai kuah kacang juga. Rasanya enak sebagai teman nasi atau dicemil. Udah gitu sehat dan murah lagi ya mba. Cuma menu seperti itu selain di bandung aku belum pernah rasain mba. Soalnya kalau di jakarta agak beda juga komposisi sayurnya.

    ReplyDelete
  5. Nasi Pecel memang enak, aku suka karena isinya dominan sayur. Untuk lauknya yang menurutku cocok di aku cuma tempe dan tahu. Pernah pakai tempe mendoan, itu enak banget. Ada Nasi Pecel favoritku dekat rumah, isiannya pakai kecombrang. Aku yang tadinya gak doyan kecombrang, eh jadi doyan karena dicampur di pecel. Tetapi, walaupun aku suka Nasi Pecel, nggak mau tiap hari juga. Agak bosan gitu kalau terus-terusan. Setidaknya 2-3 kali saja dalam seminggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduduuu ternikmat ituu kalo pake mendoaan, plus peyeeek yaa .
      Makanan yang menyehatkan pokonya, sayuran semuaaa.

      Delete
  6. Unik ya mba nasi pecelnya pake kembang turi, di tempat saya pecelnya biasa pake sayur kangkung, kol, sama kacang panjang :)

    ReplyDelete
  7. Langganan nasi Pecelku di kelapa dua tuh nasi pecel Pak jenggot,
    which is kacang - sayuran segar nya - peyek - dan anehnya sampe ke bakwan dan mendoannya loh kok ya lezaaaat luar biasa!

    Sehat sih konsumsi pecel, biar pun kalo Dr Tan Shot Yen bilang,
    kalo sayur tuh dimakannya mentah aja, ga usah sok iye direbus segala!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suami dan anak bungsuku pernah makan nasi pecel di Kebun Binatang Ragunan hihihihihi :) Nasi pecel di mana2 rasanya mirip yach tapi kalau pecel Madiun ada khas tersendiri tentunya. Aku suka makan pecel cuma jangan kebanyakan bumbu kacangnya, perut ga kuat wkwkwkwkwk :D

      Delete
    2. Iya yaaa aku kok gak perhatiin!
      Aku favorit banget kalo makan nasi pecel tuh berlimpah peyek dan mendoan anget yang tepungnya tebel hahahha

      Delete
    3. Gak nyangka bisa semirip di tempat aslinya. Itu foto2nya bikin mupeng banget mak

      Delete
  8. Aku juga doyan banget makan nasi pecel mbak,
    ditambah tempe bacem dan telur rebus, jangan lupa pake kerupuk bisa-bisa nambah nasi terus hehe

    Berasa tentram makannya karena isinya kebanyakan sayur dan kaya nutrisi yaaah hehe

    ReplyDelete
  9. nas pecel itu ngga pernah ngebosenin hehehe. aku pecinta pecel, gado - gado, karedok dan teman - temannya mba. Enak rasanya banyak makan sayuran seperti ini

    ReplyDelete
  10. Saya suka jajan pecel kalau lagi belanja di pasar tradisional. Memang enak deh kuliner satu ini. Gak pernah bosen menikmatinya

    ReplyDelete
  11. Murah banget dan sehat lagi nih pecel madiun. Duh kebayang enaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dekat rumah saya ada nih mpok Pecel Madiun. Sebelum pandemi nggak pernah sepi. Sampe antri-antri yang mau makan

      Delete
  12. Nasi Pecel mah favorit akoh juga mbaa....
    Sayurnya segar, bumbu kacang, hmmm tambahin rempeyek kacang hehehe. Tapi aku lebih suka yg ga terlalu pedas mba, dan lebih cenderung ke manis.

    ReplyDelete
  13. Saumi saya orang Madiun, Ibu Mertua kalau bikin sambal pecel tuh juwaraaa. Kalau sayuran senang kembang turi , yang lain pun mantap aja sih
    Kalau di Kediri, kampung saya nasi pecel temannya rempeyek, kalau di Madiun kerupuk nasi (lempeng)
    Mantaaap!!

    ReplyDelete
  14. Aku bisa terima kuliner mana aja asal gak terlalu manis sih, atau bisa ditambah sambal. Nasi pecel juga suka asal gak manis banget.
    Jawa Timur surganya nasi pecel ya, tapi udah di berbagai tempat daerah lain di Indonesia bisa ditemukan nasi pecel. Di Banjarmasih juga ada ya nasi pecel enak asyik banget. Aku suka banget apalagi ada empal dagingnya

    ReplyDelete
  15. Wah, gak repot lg nih kalo mau makan pecel. Biasanya cm beli bumbu pecel n rendem air hangat. Tp tetep rasanya kuraaang. Pasti lbh enak belo begini. Jd pengen cobaa

    ReplyDelete
  16. yeee kalo begini jadi bisa incip ya mbak, nggak penasaran seperti apa rasanya. Sekarang tu hampir semua merata kok ya, di mana-mana ada khas makanan dari kota lain

    ReplyDelete
  17. Ah nasi pecel itu emang andalan ya mbak
    pas banget buat sarapan
    klo aq paling seneng nasi pecel tumpang, sambel tumpangnya joss

    ReplyDelete
  18. Bikin kangen terobati pastinya ya makan Nasi Pecel , Kuliner Jawa Timur ada di Banjarmasin & Banjarbaru.. aplg klo rasanya sama

    ReplyDelete
  19. Wah saya jadi pengen makan nasi pecel deh mbak. Yg verai jawa timur tuh menurut saya ada ciri khas sendiri drpd yg jateng punya. Tp tetep enak semuaa

    ReplyDelete
  20. Mamah mertua aku banget.
    Kalau kami pulkam, seriiing banget beliin anaknya nasi pecel langganan.
    Dan porsinya ciamiikks~

    Terbaik makan nasi pecel ini yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi pecel terbaik itu yang lengkap begini yaa.
      Ada sayuran plus gak boleh lupa adalah krupuks...
      Juara banget~

      Delete
  21. Di Madura juga ada loh..hehehe... Tapi emang kayaknya dimana-mana ada ya nasi pecel.. Tinggal menyesuaikan selera..mau yang ala Madiun atau Blitar..atau ala daerah mana lagi ya...

    ReplyDelete
  22. Hihi Indonesia ini unik ya, dgn banyak nya pulau sehingga peta kawasan tercipta dengan keadaan seperti itu masyarakatnya antusias menunjukkan kreatifitas kulinernya masing-masing dan ini luar biasa banget. Jadi untuk makan nasi pecel tak usah kejawa sdh banyak di berbagai daerah bahkan ditempat tinggal sendiri.. nah begitulah 😁

    ReplyDelete
  23. Makanan favoritku..... kampungku kan sebelahan doang ama Madiun nih, jadi kalau pagi tuh yang namanya warung nasi pecel udah bertaburan kayak bintang di langit aja. Buanyaaaak banget dan rata2 enaak. Paling suka kalau pakai lauk peyek, tempe goreng atau iwak wader ...wuiihhh ueeenak pool.

    ReplyDelete
  24. Sukaa banget nasi pecel, apalagi buat sarapan. Pas banget menurutku krn kandungan seratnya banyak ditambah lauk tempe tahu buat asupan proteinnya. Sehat dan enak pulaj

    ReplyDelete
  25. Kalau pecel Madiun tuh khasnya ada taburan petai cina/lamtoro/kemlanding. Dulu sempat tinggal bbrp bulan di Madiun, enak banget tuh sarapan dengan pecel ini.

    Kalau di Semarang, menikmati sepincuk pecel bisa dengan lauk mendoan, jerohan ataupun martabak mini (biasa disebut bantal klo di sini). :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, lamtoronya yang bikin khas ya mbak
      Klo aq selain pecel madiun, juga suka pecel tumpang
      sambal tumpangnya itu lho yg bikin sedap

      Delete
  26. Dulu waktu saya kecil, ibu selalu nyetok bumbu pecel atau minimal kacang goreng (untuk bikin bumbunya secara langsung). Kalau saya males makan, gampang banget tinggal rebus kubis atau bayem, toge, lalu iris timun, guyur dengan bumbu kacang. Auto lahap makannya. Lauk tempe goreng aja udah nikmat banget deh.

    ReplyDelete
  27. Mba Mia, aku mirip2 dengan mba Miaaa nih berkat sang mama jadi suka sayur. Dan kuliner mana aja bisa asal halal^^
    Apalagi pecel, aku nggak bisa nolak deh klo paketnya lengkap kayak gini mba. Pecel tuh anak2 aku jg suka walau usianya masi sd 😄 karena ikutan mamaku. Pokoknya mengenalkan makanan segala rupa biar nggak milih2.
    Pecel madiun, pilih yg pedasnya sedang aja buat merekaaaa udah lahap makannya gimana dikasi paketan lengkap kayak giniii nih. Bisa nambah nasiiii, kalori oh kaloriii ya mbaa 😁

    ReplyDelete
  28. Wah nasi pecel selain jadi menu yang enak juga bergizi ya mba. Mba hebat ikh udah ngerasain banyak nasi pecel di banyak daerah. Aku mah belum.

    ReplyDelete
  29. Entah kenapa makan nasi pecel bagiku paling enak pas sarapan pagi. Tapi pernah juga beberapa kali makan pecel malam hari tetap enak sih :) Sehat murah meriah :)

    ReplyDelete
  30. Menu2 tradisional yang selalu dirindukan tuh rata2 yang seperti ini, yang ada bumbu kacangnya seperti lotek (khas Garut), dan nasi pecel. Dan aku masih penasaran ingin cobain nasi pecel asli Madiun nih Mba, apakah rasanya sama dengan yang biasa dibeli di Jabodetabek atau ada khas tersendiri? ah jadi ingin wisata kuliner lagi deh, hihi.

    ReplyDelete
  31. wah oke nih kalau kangen masakan Jatim bisa tetep menikmati ya walau lagi di Banjarmasin mbak. nasi pecel madiun menurutku best banget rasanya

    ReplyDelete
  32. Kabita pisan liatnya nasi pecel rasane di Cimohay ra ado mba hahaha jadi pengen banget ni makan ini apalagi harga terjangkau ya 10k saja

    ReplyDelete
  33. Yang terkenal nasi pecel madiun ya Mba. Di Bandung juga ada, kakak iparku yang jualan ini. Ternyata udah sampai Banjarmasin dan Banjarbaru. Memang rasanya khas dan saya juga suka nasi pecel ini

    ReplyDelete
  34. Suami doyan banget pecel.
    Untungnya istrinya orang Madiun, jadi kalau mudik mesti bawa stok sambel pecel banyak di rumah.
    Deket rumah juga ada yang jual pecel murah cuma 5 ribuan, ya isinya cuma sayuran gitu. Mayan rame disini.

    ReplyDelete
  35. wah senangnya mbak, jadi mengobati rindu makan nasi pecel jawa timuran yaa. aku juga doyan banget nasi pecel mbak. karena lagi pandemi, kadang akau bikin sendiri aja. sayangnya deket rumah ga ada yang jualan nasi pecel online sih hehe

    ReplyDelete
  36. Ibuku dari Magetan dan setiap pulang dari sana selalu bawain oleh-oleh sambel pecel yang enaaak banget. Di Jogja tuh ada yang jual Mak, pecel Magetan gitu juga, tapi katanya yang jual jutek ahahaha jadi males deh mau beli di sana. Mending bikin sendiri tapi sambelnya tetep impor dari Magetan aja :))

    ReplyDelete
  37. nasi pecel tuh emang sedeeeeppppp. duh jadi laper ngomongin makanan nih. Hihi. Pecel selain enak tuh juga sehat ya mak, karena bahan utamanya sayuran.. hehe

    ReplyDelete
  38. Wah, baru tau kuah pecel bisa ke nasi. Kalo di kampungku pecel mie lidi mbak..

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.