Cwie Mie, Icipin Yuk!

Cwie Mie.  Siang itu aku lupa tepatnya kapan, yang jelas di tahun 2020,  sembari berkendara, kupandangi gerobak jualan yang mangkal di sekitar rumah ortuku.  Gerobak itu bertuliskan ‘cwie mie’.  Hmm.. aku yang demen kulineran pun jadi penasaran.  Cwie mie itu apa ya?  

cwie-mie

Begitu nyampe rumah, langsung deh kutanya mama.  “Mama pernah nyicip cwie mie yang gerobaknya mangkal deket mini market di belakang itu?” 

“Pernah,” jawab mama.  Seakan bisa menebak isi pikiranku, mama pun menambahkan,” Icipin aja, cwie mie enak lo, ya kaya mie ayam gitu.”

Hee..mie ayam?  Aku jadi tambah penasaran deh.

Malemnya langsung cuss deh beli cwie mie, penasaran dengan tampilan dan rasanya. Berhubung jualannya bersistem take away, jadi baru bisa liat dan makan cwie mienya begitu sesampai di rumah.

Cwie Mie Apa Bedanya dengan Mie Ayam?

Cwie Mie dikenal sebagai chinese food khas Malang, Jawa Timur. Oya, apa sih beda cwie mie dengan mie ayam? Kalo secara harfiah, ya sama aja hehe.  Ada mie dan ada ayamya.  Tapi jelas beda kalo mau diperhati’in dengan saksama. 

  • Bentuk mie dari cwie mie, ukuran diameternya kecil dan pipih .  Makanya dinamakan ‘cwie’ yang artinya kecil.  Biarpun kecil, tapi menurutku bikin gemes lo hehe.
  • Rasanya gurih & rada asin ditambah taburan irisan daun bawang semakin endeeuuss. Berasa seger deh kalo udah ada irisan daun bawang ini.
  • Irisan ayamnya kecil-kecil banget, seperti digiling gitu.  Warna daging ayamnya putih dan rasanya rada gurih dan asin.  Jadi jelas beda kontras dengan irisan daging pada mie ayam.  Rasanya pun kalo pada mie ayam kan biasanya manis.
  • Daun selada menjadi simple garnish pada cwie mie.  Surely simple garnish karena cuma selembar.  Seandainya bikin sendiri bakal aku tambahin nih  daun seladanya.
  • Acar timun juga turut hadir nih meramaikan.  Kalo mie ayam nggak ada acarnya kan.  Acar ini juga ada manfaatnya, di antaranya yaitu meningkatkan kesehatan pencernaan & membantu mengontrol diabetes.
  • Pangsit goreng juga ikut menjadi garnish.  Biasanya pangsitnya yang kaya keripik gitu.  Bukan pangsit yang agak gedean.   
Pake kuah?  Pake dong, tapi pada mangkok yang terpisah dengan mie. Pada mangkok kuah biasanya berisi pentol bakso & pangsit rebus. 

πŸ‘€Enak mana nih, cwie mie ataukah mie ayam? Kalo menurutku sih, sama-sama enak.  Apalagi kalo dinikmati pas cuaca sedang hujan dan berasa ademnya.  Kalo makan yang anget, berkuah dan gurih tentu makjleb banget. Termasuk santapan favorit di kala hujan .

Jadi bagi yang tubuhnya mudah bikin jarum timbangan mengarah ke kanan, sebaiknya hati-hati ya.  Jangan disalahin cwie mienya tapi justru kitanya yang kudu ngontrol diri dalam mengonsumsi makanan.

Nutrisi yang Terkandung pada Cwie Mie


Kalo diperhatikan, lumayan dominan asupan karbonya ya. Mie, pentol bakso, pangsit semuanya berbahan pokok dari tepung terigu. Mie pada cwie mie sebenarnya adalah mie basah. 

Dikutip dari tesis Reswari (2018),  komposisi kimia mie basah terbaik memiliki protein 11,852%, lemak 4,738%, kadar abu 1,574%, kadar air 39,740%, karbohidrat 48,660% dan serat pangan total 2,64%. AKG mie berupa protein 19,753%, lemak 7,071%, karbohidrat 17,694%, dan serat 9,428% per 100 gram takaran saji. 

πŸ‘Ά Nilaigizi.com menyebutkan nilai kalori pada mie basah per 100 g adalah sebesar 88 kkal. Itu baru dari mie basah ya. Belum pada rincian nutrisi cwie mie secara keseluruhan.  

πŸ‘€Masalahya udah browsing malah hasilnya stuck pada nutrisi mie ayam.  Hm, anggaplah beda tipis aja ya. Fatsecret merincikan kandungan pada mie ayam (per 100 g): kalori 421, lemak 18.7 g,  karbohidrat 46.21 g, protein 16.7 g. Kalo dalam persentase agak sebanding nilai karbohidrat 44% & lemak 40% , sedangkan protein 16%.

Cwie Mie Ada Di Mana Ya?


Cwie mie dikenal sebagai kuliner khas Malang. Kalo di luar Malang, apakah ada? 
 
Ada dong.  Aku aja kan tinggalnya di Kalimantan Selatan, jadi di kota Banjarmasin dan Banjarbaru udah pasti ada.

Pertama kali nemu cwie mie aja kan di kota Banjarbaru nih. Jadi, setelah tau gimana cwie mie so aku pun hunting nih. Kali aja ada lagi yang jual cwie mie selain deket rumah ortuku.

Iseng deh ngulik gofood & google maps.  Kalo di Banjarbaru aku sempetnya nyicip di depot cwie mie 88, Karang Rejo. Di Banjarmasin ada juga, di dua tempat, daerah Ratu Zaleha & Simpang Cemara. Tapi justru yang di Banjarmasin nih belum nyicip.

Nah, waktu makan di mie ayam Pak Janggut kalo diliat tampilan daging ayam & rasa malah mirip banget dengan cwie mie.  Bedanya, sayurnya pake sawi.  Kalo diganti selada trus tambahi acar timun, jadi deh cwie mie hehe.

mie-ayam


πŸ’’πŸ’’πŸ’’

Cwie mie dikenal  sebagai kuliner khas Malang.  Chinese food ini bahan pokoknya adalah dari mie basah. Jenis kuliner ini sudah ada di berbagai daerah, jadi nggak mesti hanya terdapat di kota Malang saja.
 

Post a Comment

46 Comments

  1. Yummyyyy, langsung ngiler nihh bayangin cwie mie, sayangnya d Sby jaraaangg ada penjual cwie mie.

    Ya udahlah, ntar siang aku jajan pangsit mie ayam aja qkqkkqkq

    ReplyDelete
  2. cwie mie enak bgt, aplg klo dinikmati waktu hujan. Beuh, pedes asem adalah ramuan atau campuran mie saya. Btw ada tuh cwie mie enak di daerah senayan, jakarta (hehehe)

    ReplyDelete
  3. Jadi ngiler mbak, pengen nyoba juga. Ada nggak ya disini, harus tnya dulu deh. Bukan orang kuliner.....πŸ˜‚. Buat yg pengen gendut cocok nih ya makan ini

    ReplyDelete
  4. aku jujur belum pernah nih makan cwie mie, jadi lebih ke tektur mienya yang pipih dan rasanya gurih asin yaa

    ReplyDelete
  5. Di Bandung juga ada cwie Mie enak. Penjualnya ganteng Hahaha
    Kesini Yuk ntar saya traktir πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
  6. Ahaha...iyaaa.... Cwie mie udah nyebar ke mana-mana. Di Bandung juga ada. Kebetulan aku penyuka mi :)

    ReplyDelete
  7. wah cwie mie, enak bangets ini. Senangnya kuliner ini kini sudah mudah ditemui dimana-mana ya . Memang di Malang banyak jual ini, dan biasa ada selada di cwie mie, kalau mie ayam cuma sawi rebus. Terus mie ayam lebih coklat kuahnya daripada cwie mie. toppingnya beda dikit meski kelihatan sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan pas hujan baca ini jadi kebayang cwiemie wah, enaknya kalau hangat dimakannya pas hujas deras pula di luar. Sayang yang deket sini cwimie dan mie ayamnya kurang nendang. hiks

      Delete
  8. Baca ini jadi kangen sekolah saya dulu. Di sekolah saya, kawasan kuliner dan aneka jajanannya sangat terkenal di Malang. Salah satunya adalah Cwie Mie ini. Namanya Cwie Mie Dempo (nama sekolah saya). Jadi hampir tiap hari, pas istirahat siang, konsumsi mie yang satu ini. Enaknya jempolan dan harganya ramah di kantong.

    ReplyDelete
  9. Ternyata Cwie Mie ini kuliner khas Malang ya ..., yang aku tahu malang itu terkenal Apel Malang dan kripik tempe. etapi cwie mie juga dari malang, mau juga kalau ke malang cobain cwie mie

    ReplyDelete
  10. wah emang enak kok cwie mie ini mbak
    sayangnya di surabaya banyakan penjual pangsit dan mie ayam
    klo ke mall baru ada deh

    ReplyDelete
  11. mirip mie ayam yaa tapi mienya kecil
    selama ini aku penasaran kek mana bentuknya cwie mie ternyata anaknya mie ayam, LOL
    dulu tuh yang terkenal cwie mie malang, ada juga nih cabangnya di Jakarta

    ReplyDelete
  12. Indonesia begitu banyak kekayaan kuliner nya, tak terkecuali beragam olahan mie. Sekilas agak mirip mie ayam ya..Aku belum Pernah coba atau ketemu yang jual cek mie nih. Jadi penasaran juga rasanya kaya apa

    ReplyDelete
  13. hyaaa.. kalo "cuman" 500 kalori berarti aku bisa mamam 3 mangkok yooo
    abis itu puasa sampe besok cuman minum air putih doang hihi

    ReplyDelete
  14. Cwie mie emang enak banget, apalagi yang asli Malang dan makannya di Malang ya hehehe :) AKu tuh tipe orang yang demen makanan berkuah. Jadi mie ayam maupun cwie mie kuahnya lama2 dijadikan satu meskipun disajikan awalnya terpisah wkwkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  15. Wuah, bikin selera nih. Kalau suatu hari nanti saya ke Malang. Pokoknya wajib nyicipin cwie mie. Lihat fotonya saja sudah menggugah selera, apalagi di makan. Eh ... Kandungan gizinya pun enggak perlu diragukan lagi ya kan.

    ReplyDelete
  16. sejujurnya aku belum pernah coba cwie mie, dari penampakannya terlihat sangat lezat dan mengenyangkan, tambah sambal makinlah mantap ini

    ReplyDelete
  17. Aduh itu kenapa aku fokus ke mangkok isi pangsit rebusnya yaaa

    Beberapa hari lalu aku membeli mie ayam dong, ada pangsit rebusnya dan rasanya enak banget. Baru banget menikmati pangsit rebus

    Sekarang disodorin Cwie mie, ya ampuuuun. Baru tahu bedanya. Pdahal pernah pesen juga nh, kuanggap sama dengan mie ayam.

    ReplyDelete
  18. cwie mie, biasanya ada kata "Malang" di belakangnya. Rasanya ga jauh beda dengan mie ayam. kalo dari toping sih saya lebih suka mie ayam. maklum, masih kecil lebih kenal sawi ketimbang selada. hehehe

    ReplyDelete
  19. Aku suka cwie mie mba. Dan biasanya ada selada, pangsit goreng dan pangsit rebusnya juga. Enak nih kayaknya. Yummy

    ReplyDelete
  20. Wah, jadi penasaran juga sama rasa Cwie mie ini soalnya aku penggemar mie. Di Jepara belum ada nih. Adanya Bakso Malang. Di makan hujan-hujanan gini kan enak

    ReplyDelete
  21. Enak banget ya mbak makan cwie mie apalagi pas musim ujan begini.. Kalau di tempat saya, mie ayam dengan kuah terpisah mirip2 begitu namanya mie yamin hhehe

    ReplyDelete
  22. Aku masih suka ketukar cwie mie itu kukira yg mangkoknya dari mie digoreng tapi ternyata bukan ya, ini mengacu pada mie yg pipih kecil. Enaaak deh kayanya itu cwie mienya

    ReplyDelete
  23. Sepertinya aku belum pernah nyicipin cwie mie deh mbak
    Tapi sebagai penggemar berat mie ayam jadinya penasaran banget pengen nyobain, apa lagi ditambahin acar gitu pastinya jadi tambah syeger yaah

    ReplyDelete
  24. aku baru denger Cwie mie...
    lucu ya namanya...
    di Salatiga belum ada ni, mba..
    padahal penasaran pengen nyobain

    ReplyDelete
  25. Wah ada tidak ya mie ini di Amuntai, sepertinya enak, pengen nyoba, hiks..

    Btw ini gimana nyebut nama mie-nya Mbak? Rada susah nyebutnya di lidah saya, hahhah

    ReplyDelete
  26. saya suka kalau mienya lebih pipih begini jadi lebihh ga mudah ngembang ya... Sekarang malah sudah semakin banyak ya variasi makanan yang bikin ngiler seperti cwie mie ini... nyammm

    ReplyDelete
  27. Aku nyebutnya tetep mie ayam kyknya kalau ketemu makanan ini, kecuali di depan restinya ditulis Cwie mie baru akan ngeh hihihi
    Aduh di sini adem krn hujan nh mbak, jd kepengen deh makan mie-miean kek gini :D
    Owalah mbak di Kalsel to? jd tepatnya di Banjarmasin atau Banjarbarunya mbak? Rumah mertuaku di BJb hehe (gak ada yg nanya :P )

    ReplyDelete
  28. enak banget ya makan cwie mie ini
    apalagi sore sore saat mendung gini,
    jadi pengen ke malang, ada satu gerai cwie mie favoritku disana

    ReplyDelete
  29. Saya belum pernah coba cwie mie malang nih, padahal banyak juga yang jual di bandung...

    ReplyDelete
  30. Agar susah cari yang jual mie kcil begini dekat rumah. padahal kalau ada, saya mau coba bikin sendiri. Soalnya gak ada yang jua Cwie Mie di sini

    ReplyDelete
  31. Kangen banget sama Cwie Mie Malang.. enak banget. Di tempatku ada sih yang jual..mirip banget..Tapi tetep..yang di Malang masih terenak

    ReplyDelete
  32. Di Semarang juga udah ada kok cwi mie ini. Suka banget dengan tekstur mie dan rasanya yang gurih. Jadi pengin kapan-kapan cari lagi nih penjual cwi mie nya.

    ReplyDelete
  33. Aku juga lebih suka cwie mie, karena mie nya yang lebih kecil dan lembut. Kemarin anakku protes waktu aku bikin mie ayam kampung. Dia pengennya aku bikin cwie mie gitu, tapi aku lagi males bikin mie nya sendiri, hihii

    ReplyDelete
  34. Baca artikel ini sambil membayangkan dan mengingat-ingat kembali, aku pernah makan Cwie Mie dimanaaa gitu yaa..
    Enak banget siih...mmienya sangat lembut dan mudah dimakan.

    ReplyDelete
  35. Di tempatku ada nih mba model begini, tapi ya tetep namanya mie ayam pangsit, yang ini belum coba jadi pengen dolan ke malang Mba

    ReplyDelete
  36. Wow cwie mie
    Belum pernah nyicip di bjm.ternyata ada di daerah ratu Zaleha lah.okee nanti mau nyari jua nah.

    ReplyDelete
  37. Penasaran deh sama cwie mie ini. Today mau check gofood ah biar rasain gmana nikmatnyaaa

    ReplyDelete
  38. wah di banjar ternyata ada juga cwie mie. mana dekat kantor lokasinya. jadi penasaran pengen nyobain

    ReplyDelete
  39. Jd rasanya sbnrnya mirip sm mie ayam cm penyajian n pangsitnya rada beda ya mba? Jd penasaran sm rasanya nih

    ReplyDelete
  40. Jadi pengen makan cwie mie hahaha. Saya tuh suka banget segala olahan mie basah kaya mie ayam, pangsit mie dan tentunya cwie mie. Cuma di Sidoarjo belum nemu Cwie Mie enak, kudu ke Malang hahaha.

    ReplyDelete
  41. Auto ngiler astaga aku mbak, mana pas baca lagi jam makan siang lagi ini sih, pas di jam-jam laper banget. :D

    ReplyDelete
  42. Wah jadi penasaran... Di bandung ada gak ya?

    ReplyDelete
  43. Ternyata mie nya lebih kecil ya.. Jadi penasaran sama rasanya.. Pengen coba ah.. cari cabang di Bandung ah nanti

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.