Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Santapan Hangat dan Simpel di Musim Hujan



Assalamu'alaikum,

Hujan identik dengan suhu udara yang dingin.  Rasa lapar pun seringkali menyerang, jadi bawaannya pengen ngemil yang anget-anget. Ya kan?!

Ada 6 jajanan nih yang biasanya menemani di saat hujan. Apalagi hujannya lebat dan dalam waktu yang lumayan lama. Apalagi nggak bisa kemana-mana, hanya bisa nongkrong di rumah.  Pengen manggil delivery order, malah nggak tega ama babang yang nganter karena keujanan.  Kalo pesen bakso jangan-jangan malah kuahnya nambah pake air hujan lagi wkwkwk.

Ok, cekidot yah!



💚Kopi/Teh Hangat


Silakan dipilih, suka kopi hitam atau mix susu bisa juga kopi krim sachetan. Nah, tinggal sediain air panas deh. Seduh aja varian kopi favorit.  Begitu juga dengan teh.  Suka black tea or green tea

Gimana dengan teh tarik? Anget-anget nyeruput teh or kopi favorit kita saat dingin-dingin di hari hujan kan nyesss banget. Jadi, jangan lupa untuk selalu nyetok kopi dan teh  di rumah ya.  Jangan sampe kehabisan!  Biar tubuh nggak kekurangan asupan yang hangat.



💚Jahe


Jahe nikmat juga lo dijadiin minuman di saat hari hujan.  Manfaatnya  selain mampu menghangatkan tubuh juga ampuh untuk masuk angin.  Minuman jahe pun saat ini sudah ada yang berbentuk bubuk dan dimix dengan gula, dikemas dalam bentuk sachet. Tinggal diseduh dengan air panas.

Tapi kalo pengen bikin secara tradisional, ya bisa aja.  Jahenya digeprek lalu direbus dengan air secukupnya.  Untuk aroma bisa ditambah kayumanis dan biar manis bisa ditambah gula, baik gula pasir atau gula aren.  Bisa juga ditambah krimer atau kental manis.

Selain itu bisa juga kalo mau dibikin STMJ (susu telur madu jahe), bandrek, ronde, dan sekoteng.



💚Gorengan

Nah ini dia nih yang nggak boleh ketinggalan buat disantap saat hari hujan.  Apalagi kalo gorengannya dimakan bersama cabe rawit atau sambel petis. Mantap banget dah!



Jadi tiap belanja ke pasar, jangan lupa beli tepung terigu, tepung beras, telur, tahu, tempe, pisang kepok, ubi dan lain-lain.  Apalagi sekarang udah ada tepung bumbu serbaguna, mulai khusus buat goreng pisang, mendoan, dan untuk segala macam gorengan.  Kalo ada stok begini, kan jadi enak misal pengen makan gorengan tapi nggak bisa keluar rumah berhubung hujan lebat.  Tinggal goreng sendiri. 

Misal sempet juga keluar rumah, meski berhujan ria, ya hayuk dipilih gorengan favoritnya.  Ada tahu isi, tempe, pisang, bakwan, cireng..hmmm yummy!

 ðŸ’šMie Instan




Heheh, dingin-dingin begini pastinya enak yah ngerebus mie instan berkuah.  Apalagi di rumah udah ada nyetok sayuran seperti sawi, caisim, daun bawang. Trus buat tambahannya, ada nyetok pentol bakso (entah ikan, ayam atau sapi), trus pangsit, sosis. Wah, dijamin kenyaangg!

Bagi yang hobinya nge-ramen, oke juga tuh.  Ramen instannya bisa aja direbus. Pedes-pedes nampol pastinya mantap disantap di hari dingin.


 ðŸ’šBakso





Wah, pas hari hujan gini abang bakso lewat depan rumah.  Yuk dipanggil!  Lagian misal di rumah udah pada abis bahan-bahan yang bisa dimasak dan belanja pun belum sempat.

Yuk ah, pilihin aja tuh apa aja yang dijual abang bakso selain pentol bakso + mie. Kali aja ada tahu bakso, bakso isi telur, ceker ayam dan pangsit basah sebagai tambahan.  Yummy!  Jangan lupa bubuhin sambel cabe & saos tomat.  Lebih nikmat lagi dibubuhin sedikit perasan air jeruk nipis.  Wih, mantap jiwa!

💚Burjo




Suka burjo? Itu loh, bubur kacang ijo (hijau). Kalo bikin sendiri memang agak ribeut sih, karena kacang ijonya harus direndam dulu dalam waktu yang agak lama sebelum direbus. Biar empuk.

Nah, kalo pengen praktis ya beli yang udah jadi. Burjo yang anget pastinya nikmat banget untuk dinikmati di saat hujan. Bagi yang suka pake santan tambahan & ketan item boleh tuh dipisahin pas beli dibungkus jadi burjonya bisa diangetin lagi begitu sampe di rumah.

Burjo kandungan proteinnya tinggi, kaya serat, dan vitaminnya pun lengkap.  Vitamin yang utama terkandung pada kacang hijau yaitu vitamin A dan asam folat.

💚💚💚

Walaupun 6 santapan tersebut terkesan simpel dan klasik alias standar aja tapi tetep jadi idola ya kan di saat hujan.  Apalagi kalau saat kita berada di luar negeri misalnya, pasti bakal ngangenin santapan yang belun tentu ada di daerah tersebut.  Akhirnya terpaksa bikin sendiri hehe.

Nah, apa saja santapan favoritmu di saat hari hujan?  Apakah termasuk yang Emak sebutkan di atas? Jadi biarpun adem, perut tetap kenyang dan bisa beraktivitas dengan semangat.


Yuk ah, Wassalam. 


Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

17 comments for "6 Santapan Hangat dan Simpel di Musim Hujan"

  1. Makanan favorit saya semua ini kak, apalagi gorengan bersanding sama teh susu dan bener banget pas dinikmati saat cuaca dingin plus hujan.

    ReplyDelete
  2. Semuanyaaa... aku suka semuanyaaa kalo hujaaan..
    Kan kaan.. jadi pengen hujan turun lagi nih jadinyaaa

    ReplyDelete
  3. 6 kuliner ini.... saya suka semua! Dan bergantian terlintas saat hujan.
    Btw, saya jadi kangen hujan karena baca ini. Hujan itu bikin hati bahagia, adem, dan tentram.

    ReplyDelete
  4. Itu favorit dan sudah dicoba dong Ummi, suka banget. Paling sih bisa tambah dengan martabak haha

    ReplyDelete
  5. Mie instan! Hehehe... mie kuah rasa kari atau soto terus pakai cabai rawit merah/hijau. Ya Allah... nikmat banget itu....

    ReplyDelete
  6. Keenam kuliner ini termasuk yang saya suka juga, mba.
    Satu sama lain saling melengkapi antara minuman dan makanannya. Hujan terasa makin syahdu kalau perut kenyang dan hangat ya.

    ReplyDelete
  7. Enaknya sih bakso. Tapi kalo kang baksonya kelamaan lewatnya ya bikin aja mie rebus sendiri di rumah. Mie pake irisan cabai rawit, pakai telur, plus timun. Mmmm yummy.

    ReplyDelete
  8. Kalau Mpo suka makan coklat Itu enak banget. Mau coklat batangan atau coklat panas. Pokoknya ok

    ReplyDelete
  9. Gorengannnn…

    Hiks jadi ingat lagi pingin banget bikin gorengan tapi ngga punya tahu, jadi batal deh :D

    ReplyDelete
  10. Favorit semua itu sih :D Untuk gorengan, memang paling aman bikin sendiri aja deh di rumah. Minyak gorengnya lebih terjamin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka banget gorengan mbk, kalau enggak ingat kolesterol bisa habis sepiring hehe

      Delete
  11. Iya bener nih, kalau gorengan sebaiknya bikin sendiri karena lebih terjamin minyaknya. Kalau di babang gorengan pake minyak jelanta atau minyak yg kemarin. Jadi lebih aman goreng sendiri saja.

    ReplyDelete
  12. Kopi n gorengan tu bagi saya pas bgt. Apalagi pisang goreng hehe. Tp kalau lapar, enaknya mie rebus rawit haha

    ReplyDelete
  13. Mie instant sama gorengan nih yang bikin ngiler. Gak perlu nunggu hujan aja udah enak hehe. Tambah semangat nih jadinya!

    ReplyDelete
  14. Kalau aku paling suka bakso sama mie instan nih setiap hujan datang. Enak banget soalnya.

    ReplyDelete
  15. Ini seru banget Makanan kesukaan aku rata-rata kalau hujan aku suka makan yang hangat-hangat kalau tidak mie ayam ya wedang jahe deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Lebih asyik lagi kalo mie ayamnya dari Indomie. Wah endess banget deh rasanya :))

      Delete