Kepoin Yuk Mata Pelajaran SMK Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

 

Mata Pelajaran SMK

Assalamu'alaikum,

Emak nulis lagi nih. Kali ini akan ngulik tentang mata pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Kok jadi nulis tentang ini? Karena ingin berbagi info nih, kan anaknya Emak kepengen banget masuk SMK dan waktu itu milihnya jurusan Multmedia, tapi apa daya justru dia diterima di RPL (berhubung dua jurusan itu yang dia pilih saat daftar masuk SMK).

Di awal tuh ya, Emak udah suruh dia untuk browsing, mata pelajaran apa aja yang bakal dia hadapi nanti kalo masuk SMK.  Jawabnya ho oh ho oh gitu dah. Maksud Emak tuh supaya dia nggak kaget aja ketemu hal-hal 'ajaib'. Hehehe.. Ajaib karena mata pelajaran yang dihadapi belum pernah didapat sewaktu di MTs dulu.

Mata Pelajaran SMK - RPL

Oke, jadi ada pembagian nih sebenarnya mata pelajaran di SMK jurusan RPL.  Maksud pembagian di sini tuh ada mata pelajaran umum, jurusan, ya semacam itu. 
Jadi, kaya gini nih:

Muatan Nasional 

  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. Sejarah Indonesia
  6. Bahasa Inggris 

Muatan Kewilayahan

  • Seni Budaya
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
  • Pendidikan Al-Quran 
Untuk Kewilayahan ini  mata pelajarannya nggak selalu sama di semua SMK. Jadi maksudnya nggak semua wilayah akan sama seperti yang saya tuliskan ini.  Contohnya Pendidikan Al-Quran, nggak semua wilayah ada mata pelajaran itu. Tapi asyik loh pelajarannya, walaupun nggak mendalam banget tapi siswa akan belajar tentang tajwid, mahkhraju huruf juga makna surah.

Mata Pelajaran SMK

Muatan Peminatan Kejuruan

Welcome matpel ajaib hehe, walaupun ada sih yang bukan ajaib lagi bagi Emak. 

Dasar Bidang Keahlian

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Fisika
  3. Kimia

Dasar Program Keahlian

  1. Sistem Komputer
  2. Komputer dan Jaringan Dasar
  3. Pemrograman Dasar
  4. Dasar Desain Grafis
Untuk kelas X dan XI akan ketemuan dengan mata pelajaran di atas. Selanjutnya untuk kelas XI dan XII akan ketemu dengan yang di bawah ini nih;

Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)

Udah mulai dilatih untuk kerja nih, biasanya bakal magang gitu di kelas XI & XII. Mata pelajarannya yaitu: 
  1. Pemodelan Perangkat Lunak
  2. Basis Data
  3. Pemrograman Berorientasi Obyek
  4. Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak

Little Bit Explaination

Dikit aja nih mampu ngejelasinnya. Jadi, kalo memutuskan untuk masuk SMK memang harus nggak sekedar mengetahui mata pelajaranny, tapi juga memahami apa aja yang dipelajari? Oya, di awal juga kudu tau, kenapa jadi milih jurusan/kompetensi keahlian yang menjadi sasaran.

Ni Emak copas dari web sekolahan, kalo Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak sendiri bertujuan membentuk siswa untuk menjadi tamatan yang mampu menginstal perangkat komputer personal, menginstal sistem operasi dan aplikasi, Merancang sistem informasi / business process dan membangun suatu software atau aplikasi.

Jadi, jangan kaget kalo akan bermesraan dengan angka-angka di tiap mata pelajaran keahlian. Selain itu ada belajar coding. Kalo Emak sih angkat tangan bantuin PJJ untuk coding.  Ngeblog aja ngoding payah banget hahaha.  Tapi Emak jadi bisa kenalan dengan algoritma, konversi bilangan yang kudu ngubah bilangan deimal ke bentuk biner, oktal dan heksadesimal.  Dan jadi nostalgia lagi nih dengan Fisika & Kimia hehehe. Kimianya masih bahasan yang anorganik.  Untung pernah belajar tuh pas SMP-SMA & kuliah (walopun hanya ketemu di semester 1,2 dan 3), jadi lumayan lah bisa bantu selama anak saya PJJ.

Nah demikian mata pelajaran SMK RPL.  Semoga bermanfaat. Wassalam 💚💚💚

17 Comments

  1. Aku suka salut deh dan kasih 4 jempol sama emak2 yang masih haus ilmu dengan belajar coding dan semacamnya. AKu sih oh noooo...ga sanggup wkwkwkwk :) Apalagi dulu aku memang anak IPS sih :) Mata pelajaran SMK ini bagus ya banyak langsung diterapkan sebagai keahlian sehari2 maupun sebagai profesi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di awal anak saya bingung juga kok banyak ngitungnyaa hahaha. Kalo mapel Pemrograman Dasar yg langsung cuus coding.

      Delete
  2. Masuk SMK itu keren banget deh kalau buat saya. Mereka rata rata lebih jago dan terspesialisasi sedari awal untuk siap cari pengalaman kerja. Mana tau malah lebih dulu bisa ngasih kerjaan untuk orang lain kelak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Saya sbg ortu mengarahkan minat anak spy belajarnya juga lebih semangat.

      Delete
  3. Kece!
    Matpel SMK memang sangat tepat guna, efisien dan applicable banget ya Mak.

    ReplyDelete
  4. Hebat banget ya? Dulu harus kuliah untuk menekuni ilmu kkomunikasi

    Sekarang SMK pun ada, software dan hardware ya mak?

    Karena era digital membutuhkan ketrampilan mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.,kalo mau lanjut kuliah bisa aja ke jurusan serupa. Mendalami ttg software

      Delete
  5. Wah, ada jurusan RPL di SMK, sepertinya bakal banyak dibutuhkan di dunia kerja. Saya kurang paham soal RPL ini, jadi tahu dikit-dikit setelah baca ini

    ReplyDelete
  6. Wuih, keren deh materi pelajarannya. Anak SMK luar biasa ya. Udah kayak anak kuliahan. Pantesan aja mereka siap kerja. Pelarannya memang sudah detail banget. Saluuut!

    ReplyDelete
  7. Muatan Kewilayahan itu nama lain dari muatan lokal alias mulok ya? Atau beda lagi?

    ReplyDelete
  8. SMK ini benar-benar bisa jadi solusi untuk anak-anak yang ingin cepat kerja, langsung terlibat dalam satu keahlian tertentu, dan mereka yang belum memiliki dana yang cukup untuk kuliah.

    Ternyata materi-materi pelajarannya pun juga menarik ya Mbak. Benar-benar mengarah kepada ketrampilan yang ingin dikuasai

    ReplyDelete
  9. Lumayan banyaak yg mbaak cakupan yg dipelajarri, belajar dasar desain grafis jugaa. Mantep 😁👍 biar nanti kalau uda lulus langsung siap terjun dunia kerja yaa mbak 🤗

    ReplyDelete
  10. SMK makin diminati saat ini ya mbak...
    Sudah punya skill soalnya

    ReplyDelete
  11. Jadi ingat pas kuliah S1 Teknik Informatika dulu, pas semester berapa gitu kita diminta menentukan peminatan ke mana. Ada 3 pilihan, yakni Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Jaringan Komputer, dan Multimedia. Saya pilihnya RPL. Teman-teman saya di peminatan ini tuh ternyata kebanyakan para lulusan SMK, dan sejak SMK udah ambil jurusan RPL juga.

    ReplyDelete
  12. Anak SMK sekarang pelajaran nya luar biasa ya. Saya ga ngerti hehehe...
    Pantas ya SMK sekarang dicetak untuk bisa langsung masuk ke lapangan kerja. Muatan materi pelajarannya expert juga

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat mamaku juga ngajar di salah satu SMK di Pontianak. Duluny ngajar SMA trus dipindah ke SMK katanya memang banyak perbedaan bgt anak sma sama smk

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.