Langsung ke konten utama

Pindah Sekolah di Semester Genap



(*sumber: imdb.com




Masalah ‘pindah sekolah’ sebenarnya bukan pertama kali masalah yang saya hadapi sebagai ortu. Gimana kalo dengan pindah sekolah pas di semester genap?  Baru kali ini sih. Seenggaknya ikut merasakan juga gimana ortu saya dulu pun ngurus kepindahan sekolah anak-anaknya yang pas banget sama nanggungnya yakni di semester genap.  Walaupun beda 'sebab'  terkait masalah pindah sekolah ini.  Tapi intinya pasti akan berurusan dengan masalah administrasi sekolah.  Akhirnya, punya pengalaman nih terkait pindah sekolah di semester genap.

(*Sumber: 


Saya nggak bahas tentang ‘kenapa pindah’ atau apapun terkait sekolah asal dan sekolah baru.  Biar nggak bikin baper pihak-pihak terkait.  Jadi saya hanya membahas masalah administrasinya saja.

Anak saya bersekolah di SMP IT swasta berasrama di Banjarbaru, sedangkan kami aslinya berdomisili di Banjarmasin.  Berarti pindah sekolahnya beda kota dong ya walaupun masih dalam satu provinsi.  Dalam pikiran sih udah mumet aja nih.  Tapi saya pribadi berusaha menenangkan diri karena biasanya berurusan administrasi untuk saat ini nggak terlalu ribeut bahkan instansi terkait dituntut untuk melayani dengan ramah dan cepat. 

So, apa saja yang harus dipersiapkan nih?

(*Sumber: bimarasolusindo

1.   IZIN atau PEMBERITAHUAN: Kita selaku orang tua meminta izin atau pemberitahuan kepada pihak sekolah asal untuk pindah dengan alasan ‘bla bla bla’  kemudian meminta arahan bagaimana mengurus kepindahan sekolah anak kita.
Biasanya pihak sekolah akan mengecek apakah bayaran spp/infak syahriyah sudah lunas. Sebab, jelas harus dilunasi. Baru kemudian urusan surat-menyurat antara sekolah asal & sekolah baru.

(*Sumber: uwaterloo

 
2.      SURAT: Sekolah asal akan mengeluarkan surat pindah bila kita sudah memiliki surat keterangan dari sekolah baru yang mau menerima kepindahan anak kita. 

Nah berarti harus ada sekolah baru yang menjadi tujuan pindah dan mau menerima anak kita.

Surat penerimaan anak kita di sekolah yang baru kemudian dikirimkan ke sekolah asal dan nanti akan dibalas lagi oleh sekolah asal dengan surat yang menjelaskan bahwa anak kita pindah ke sekolah yang baru + ada lembaran yang harus diisi oleh sekolah baru juga ditandatangani kepala sekolah dan lembar tersebut dikembalikan ke sekolah asal.  

Duh, liat surat-suratan begini jadi pengen menggunakan jaskir deh.  Andaikata email yang digunakan mungkin lebih mudah ya.

(*Sumber: jakartatribunnews

3.  UANG: Yow, pindah sekolah, mau swasta atau negeri sedikit banyak jelas ada bayar-bayarnya. Kalopun sekolah swasta yang menjadi tujuan pindah, Alhamdulillah membolehkan nyicil dua kali pembayaran uang bangunan dalam satu semester sebelum ujian akhir semester. Plus juga uang spp/infak syahriyah di bulan anak kita mulai masuk sekolah.

Sisanya adalah beli seragam. Beda sekolah ya beda seragam dong! Minimal badge lokasi, baju olahraga & hem sasirangan.  Tapi, kalo ada seragam yang sama dari sekolah asal jelas masih bisa dimanfaatkan jadi nggak harus beli baru semuanya. Alhamdulillah

Selain itu LKS juga beda ya.  Jadi harus motokopi deh, karena jatah LKS-nya sudah habis.

Kalaupun dari 3 poin di atas ada yang berbeda dialami oleh kalian, bisa dishare di komentar ya. Well, buat my boy selamat menempuh hidup baru di sekolah yang baru ya.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Let's Grow Happy!

Tentu kita bisa melihat rasa bahagia yang terpancar pada wajah anak-anak kita bila ia mendapatkan sesuatu ataupun berada pada momen yang menyenangkan hatinya.  Ia tentu merasa bahagia saat mampu menikmati makanan dan minuman favoritnya.  Apalagi bila diajak ke arena bermain, ke pantai atau ke kolam renang bahkan mendapat hadiah berupa mainan yang ia idamkan. Namun, ternyata justru sebenarnya kebersamaan orangtua dalam setiap aktivitas sang anak yang justru membuat anak-anak kita ini bahagia.
But, sejenak melihat kondisi anak-anak yang berada di daerah konflik (perang & bencana alam), marjinal dan terbelakang, hati ini serasa teriris. Entahlah, dari mana mereka mendapatkan kebahagiaan dan bagaimana mereka mampu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Diberitakan oleh Mint Press News, sekitar 85.000 balita dalam 3 tahun ini (2015 – 2018) di Yaman yang masih saja bergejolak, tewas akibat kekurangan gizi. Kondisi anak-anak di daerah konflik tentunya selain kekurangan gizi, sanitasi ya…

Acer Day 2018 Attack Banjarmasin dengan Meluncurkan Swift 3 dan Berbagai Laptop Gaming Terbaru

Siapa sih yang tak kenal brand Acer? Acer begitu populer dengan produk laptopnya.  Saya sendiri hingga kini masih menggunakan laptop Acer untuk mengerjakan aktivitas saya sebagai penulis & blogger.
Ternyata secara resmi Acer pada tanggal 16 Juli 2018 barusan mengumumkan Acer Day 2018  ( berlangsung selama 16 Juli – 18 September 2018).  Momen spesial ini  digelar serentak di 12 negara di Asia Pasifik & di 8 kota besar di Indonesia.  Kota Banjarmasin adalah salah satunya.

I feel so special bisa menghadiri acara yang digelar oleh Acer di Intro Jazz Bistro Cafe, Hotel Tree Park, Banjarmasin, Senin, 16 Juli lalu bersama teman-teman dari komunitas bloggerSpecialnya adalah karena bisa secara langsung mendapatkan berbagai informasi tentang Acer Dayini! Selain itu bisa kepoin langsung tentang produk terbaru Acer yaitu Swift 3 & Aspire 3 berprosesor AMD Ryzen Series 3,5,7 juga Nitro 5 berprosesor Intel Core generasi ke 8.

Blooming Up & More Shining!

2nd Anniversary Female Bloggers of Banjarmasin

Assalamu’alaikum, dear Moms & Gals! 
Female Bloggers of Banjarmasin (FBB) lagi anniversary nih, yang ke dua tahun. Yap, tepat 6 Oktober 2018 FBB berusia 2 tahun. 
 FBB adalah komunitas blogger yang diisi sepenuhnya oleh kaum hawa. Hal ini unik menurutku. Aku sendiri mengenal FBB dari salah seorang teman – Loly melalui postingan Facebooknya di tahun 2018.  Akhirnya kuberanikan diri untuk mendaftarkan diri plus blog-ku yang saat itu belum Top Level Domain (TLD).
Aku mikirnya dengan bergabung di FBB, blogku gak akan hiatus hingga berbulan-bulan karena aku akan makin rajin nge-blog.  Di satu sisi, pengen juga dong nambah wawasan tentang dunia blog apalagi kalo sampai bisa nambah uang jajan (hehehe...) plus juga ketemu dengan orang-orang baru dalam kehidupanku – next akhirnya jumlah temen pun bertambah.