Friday, November 20, 2020

Empal Daging Sapi Goreng Yummy

Empal daging sapi.  Bagi penggemar kuliner  pastinya udah pernah dong makan empal daging sapi.  Apalagi empal daging yang digoreng. Wih, nasi anget plus lalapan dan sambel terasi atau untuk sayurnya bisa tuh dengan sayur asem, maknyooos!

Empal Daging Sapi

Biasanya kalo pas makan di resto, Emak cek menu dulu nih.  Ada sajian apa aja yang cocok untuk disantap.   Menu dengan bahan dasar ayam, daging sapi & ikan biasanya prioritas utama. Ya karena Emak demennya itu.  Tergantung mood aja lagi nih, lidah lagi pengen makan ayam, daging sapi atau ikan.

Suatu hari Emak pun jalan ke resto "Cabe Merah" yang varian menunya banyak dan rasanya endeeus markotop nyos. Beneran.  Jadi Emak pun pesen "Empal Daging Sapi Kremes'. Bisa diliat pada foto ya gimana penampakannya.

Jadi, empal daging sapi kremes ini daging sapi yang digoreng kemudian disajikan dengan kremesan plus lalapan & sambal. Rasanya agak gurih dan ada manis-manisnya gitu.  Sebenarnya Emak tuh suka rasa makanan yang gurih & asin. Tapi gurihnya rasa pada empal bisa mengimbangi rasa manis so ya no problem deh. Nggak kapok pesen empal daging di resto itu dan justru menjadi menu favorit.

Baidewel empal daging sapi goreng sehat nggak sih?  Apa nggak takut kolesterol pada darah melonjak? Berhubung Emak udah berusia 40 tahun ke atas (atas berapa ya Mak? hehehe...) ya memang kudu waswas juga supaya setelah makan daging nggak kliyengan gubrak ambyar.  Biasanya sih lalapan timun yang Emak santap nih, jadi bisa ngurangin kadar kolesterol. Timun memiliki serat yang banyak, makanya bisa membantun untuk mengusir lemak jahat pada saluran pencernaan kita. 

Selain itu, sebaiknya dagisng sapi yang dikonsumsi adalah tenderloin (has dalam/lulur). Keutamaan dari tenderloin yaitu rendah lemak dan empuk. Kalo di resto biasanya menu steak sih yang  mencantumkan pada menu apakah steak tenderloin atau sirloin (has luar). Jadi kalo mau empal dari tenderloin ya bikin sendiri aja hehehe.

Kandungan Nutrisi pada Daging Sapi

Kandungan Nutrisi Daging Sapi


Penting unutk diketahui kalo daging sapi jelas mengandung nutrisi.  Dikutip dari halo.doc (14/8/20), bahwa nutrisi yang terkandung dalam 100 gram daging sapi :


Kalori 250 kilo
kalori
Lemak 15 gram
Lemak Jenuh 6 gram
Lemak Trans 1,1 gram
Protein 26 gram
Kalsium 18 miligram
Zat Besi 2,6 miligram
Vitamin D 7 IU
Vitamin B6 0,4 mg
Vitamin B12 2,6 µg
Magnesium 21 miligram

Sebaiknya sih jangan terlalu sering ya makan daging yang digoreng, karena lemak yang terkandung akat berlipat-lipat tuh. Berhubung empal daging enaknya digoreng ya bolehlah sebulan sekali makannya hehe.

Resep Empal Daging Sapi Goreng Ala Emak


Berhubung suka banget kulineran, jadi kadang pengen juga bisa masak makanan favorit walopun lebih banyak gagalnya hahaha.  Contohnya seperti siomay & empek empek, Emak pasrah aja deh untuk beli. Karena bikinnya susyaahh dan gagal troos hahaha.

Gimana dengan empal? Resep Emak ini pastinya simpel banget nggak pake ribeut. Percaya deh. Untuk takaran bahan semuanya pake feeling hahaha, maksudnya sesuai selera gitu looh alias secukupnya. Waduh gimana sih Emak nih...

Tenderloin 1/4 kg
Ketumbar 1 sdt
Bawang Merah 10 siung
Bawang putih 5 siung
Garam 2 sdm
Vetsin seujung sdt
Merica 1 sdt
sdt: sendok teh ; sdm; sendok makan

Cara Memasak:
  • Potong daging dengan bentuk persegi dengan ukuran empal, ya sekitar 4 - 6 cm lah. Jangan terlalu tebal, juga terlalu tipis, sedang aja.
  • Rebus daging sampai berubah warna (tau ajakan ya perubahan warna daging sebelum direbus & begitu direbus seperti apa)
  • Kemudian tiriskan
  • Haluskan semua bumbu dapur, terserah mau diulek atau diblender. Nantinya menjadi marinate ya.
  • Campurkan irisan daging juga air sisa rebusan daging secukupnya dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Lakukan proses marinasi supaya bumbunya resap boleh deh sejam hehe. Jadi sebaiknya masaknya jangan pas perut laper ya. Ntar nggak sabar lagi nunggu proses marinasinya.
  • Panaskan minyak goreng, kemudian goreng daging hingga berubah warna kecoklatan (jangan ampe gosong ya hehehe)
  • Sisa bumbu yang dihaluskan ikutin aja masukin dalam penggorengan, karena enak loh kalo disajikan & disantap bareng empal. Krenyes kriyuk gitu.
  • Oya, kalo sisa air rebusan daging masih ada, boleh tuh dibikin sop atau campuran tumisan sayur untuk teman makan empal goreng.
Kulineran Empal Yuk

Dari pengalaman Emak kulineran empal goreng daging sapi di Banjarmasin, dari segi rasa memang ada perbedaan di tiap-tiap resto. Walopun rasanya agak berbeda, tapi tetep enak kok & recomended.  Masih ada beberapa resto yang menu empal dagingnya belum Emak icip. 

Oya, kalo mau nyoba empal daging yang pernah Emak icip, bisa aja mampir ke resto Cabe Merah, Wong Solo (kalo memang masih ada ya menu empal dagingnya) & Soraya.

36 comments

  1. Empal daging ini memang jadi makanan yang selalu aku cari kalo makan di RM padang hehe tapi memang belum pernah masak sendiri huhu karena khawatir rasanya failde hehe semoga suatu hari nanti aku bisa memasak empal daging sapi yang enak ya mbak

    ReplyDelete
  2. Kalau di tempatku kadang disebut juga dengan gepuk nih mbak. Paling enak memangmakan empal daging sapi goreng pakai sambal. Aku termasuk yang suka pakai sisa rebusan buat masakan lain juga daripada mubazir ya

    ReplyDelete
  3. Empal daging sapi kremes aku sukaaa tapi belum pede masak sendiri hahaha jadinya makan di resto ajah. Kalau rendang aku bisa masaknya. Iya ya kalau sudah berusia 'lebih' hehehe kudu wanti2 mengonsumsi makanan dijaga2 gitu demi kesehatan. Resepnya mau aku ikutin ah siapa tau rasanya buatanku bisa enak :)

    ReplyDelete
  4. Empal daging sapi suka banget, kulineran yang memanjakan perut bikin huhuy..Rasa merica dan ketumbarnya yang berasa banget bikin nikmat tiada tara apalagi kalo sama nasi anget yaaa..
    mauuuu, ku lapeeer...

    ReplyDelete
  5. ah empal ini emang enak banget ya mbak, klo disini terkenalnya empal gepuk..
    duh jadi pengen makan empal deh aku...

    ReplyDelete
  6. wah ini salah satu lauk kesukaan..dan ternyata memang jadi andalan di beberapa resto ya... Bolehlah ntar kalo kulineran nemu menu ini aku cobain...

    ReplyDelete
  7. Di daerah saya tidak familier empal daging, Mak. Tapi boleh juga nih resepnya, kapan2 dipraktikin. Terima kasih sudah berbagi, semoga kapan2 bisa bikin empal daging yang lezat.

    ReplyDelete
  8. Aku pengen banget empal nih tapi ga yakin bisa bikin sendiri secara dudul urusan dapur, hahaha.. dulu pernah makan empal yg enak bgt dan ga alot, rasanya susah banget nyari yg gitu

    ReplyDelete
  9. Anak dan suamiku pecinta protein hewani, apapun itu hoo.. jujur kalo emaknya lebih suka sayur hahaha.. dan bikin olahan dari sapi tuh sesuatu banget buat saya krn emang nggak trlalu suka hehehe,, tapi, resep ini patut dicoba deh utk anak dan suami :)

    ReplyDelete
  10. Empal daging sapi ini kesukaan anak-anak saya di rumah. Apa lagi kalau ditemani sambal tomat, bisa-bisa mereka nambah makannya. Habis gimana ya, secara menu ini rasanya emang sudah istimewa dari sananya :)

    ReplyDelete
  11. Aku syukaaakkkk banget aneka kuliner berbahan baku daging.
    Mau itu dibikin empal, bakso, sei, atau apapun, pokoke daku pecinta daging sapi
    Belakangan ini aku ada masalah asam urat/kolesterol sih Mba :D
    Bismillah, semogaaaa kita semua sehaaaattt

    ReplyDelete
  12. Orang rumah jarang makan daging sapi atau kerbau. Bukan penggemar banget soalnya. Kalaupun makan, harus benar-benar nyari yang masaknya empuk. Memang ribet sih keluarku, hahaha. Mungkin bisa mampir ke resto Cabe Merah, Wong Solo dulu yaaa

    ReplyDelete
  13. waktu tinggal di banjarmasin dulu, empal daging sapi selalu jadi andalan. tentu saja dibawa langsung dari mamah mertua di bogor dalam bentuk tinggal goreng :D

    ReplyDelete
  14. Saya juga selalu nyari menu yang dari hewani kalau ke tempat makan. .sekalian perbaikan gizi...hihi...tapi seringnya pilih bebek atau ikan. Besok nyobain empal ah..

    ReplyDelete
  15. Endeus banget deh empal atau gepuk ini, jadi bikin nambah nasi terus ya hihihi aku juga nggak boleh sering makan daging jadi cuma bisa cleguk aja ini bacanya Mbak hihi

    ReplyDelete
  16. jadi kangen empal daging masakan ibu. Belum pernah nyoba masak sendiri, huhu. Makasih resepnya mbak, siapa tau besok-besok ada niatan nyoba.

    ReplyDelete
  17. Aku dulu sering bikin empal daging sapi digoreng, bumbunya hampir mirip cuma aku gak pakai vetsin. Ada daun salam, sama lengkuas juga. Eh tapi nggak pakai kremesan karena suami gak suka, hihii

    ReplyDelete
  18. Nyaaam jd laper hehe, makasih resepnya mbak. Aku juga suka empal dagimg tapi gak pernah masak sendiri haha.
    Hehe makan timun banyak ya abis makan empal.
    Tapi ini kalau buat org yang diet keto, yg gak makan nasi, makanan jenis kek gini keknya cucok buat mereka :D

    ReplyDelete
  19. Kebetulan banyak daging sapi di freezer dan nggak tau mau diapakan. Bingung masaknya. Boleh nih dicoba resep empal daging sapinya.

    ReplyDelete
  20. Nah kebetulan juga nih ada stok daging jadi get new idea to cooking nih. Mau dong look resepnya ya

    ReplyDelete
  21. empal daging ini kalau di rumahku dimasaknya lebihh kering lagi jadi lebih lama lagi disimpennya xD *ngirit
    cuma empal daging bikinan almarhum mama dikangeni.
    aku kayaknya baru bw ke sini mak. salam kenal

    ReplyDelete
  22. Kesukaan akuu..
    Makan daging. Tapi aku suka bagian daging mana aja, gak rewel.
    Hehehe...tapi empal ini juara siih....enaknya pake banget.

    ReplyDelete
  23. Empal daging sapi ini termasuk gampang nih bikinnya. Dan lebih empuk karena digepuk dulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, iya mungkin ya tapi aku biasanya memang pilih bagian daging yang empuk

      Delete
  24. aku nyobain empal sapi ini juga di cabe merah mba. Kalau buat tentu aku ga pandai kwkwkw. kebetulan memang di cabe merah banyak masakan tradisional indonesia kwkwk

    ReplyDelete
  25. Di tanah Sunda namanya gepuk nih, saya juga suka banget
    Dagingnya khusus gepuk, Bukan has dalam yang biasanya untuk steak
    Dan juga udah lama saya ngga Pakai MSG kalo masak protein

    ReplyDelete
  26. Empal daging sapi memang enak kalau digoreng pasca sebelumnya dibumbuin, bisa nambah makan banyak nih .... Kalau saya haha, kan tinggal makan 😂

    ReplyDelete
  27. Empal daging sapi goreng ini agak2 mirip dendeng basah kalau di daerah saya. tapi dendeng lebih tipis dan pakai jeruk nipis bumbunya.
    Jadi laper baca postingan ini, pengen nyicip empal kremes.

    ReplyDelete
  28. Aku suka banget empal daging sapi mba. Manis-manis gurih. Apalagi dengan taburan bawang goreng kering yg kriyuk. Makin lahapppp makannya.

    ReplyDelete
  29. Fave aku juga nih, gurihnya daging berpadu renyahnya kremesan, asli ngiler bayanginnya lho hehe

    ReplyDelete
  30. Pengen buat juga kelihatannya nikmat. Selama ini kremesan biasanya cuma ayam saja. Pengen coba dengan daging sapi

    ReplyDelete
  31. nyam nyam nyaaammmm
    syukaakk banget dgn empal daging sapi.
    keluarga aku juga cenderung karnivor :D
    tiada lengkap menu tanpa per-daging-an

    ReplyDelete
  32. wah ada resep enaaaak nih, siap ah mau praktek dirumah nih pas banget hari minggu santuy gini makasih yaa mba resepnya hihi

    ReplyDelete
  33. Aaiihh mendadak ngiler. Secara saya sangat menyukai daging sapi ketimbang sumber protein atau lemak yang lain. Diolah jadi empal dengan tambahan kriuk-kriuk gitu pasti mantab banget jika dimakan bareng sambel dan nasi putih anget.

    ReplyDelete
  34. Sebagai pecinta daging, aku selalu suka dengan menu-menu yang berbahan daging. Tapi, aku nggak bisa olah daging jadi masakan, hihihi. Secara nggak pandai masak juga nih Mak

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.