Garang Asem Ayam Bikin Pengen Lagi dan Lagi

Garang Asem Ayam . Suatu hari, Emak tengah mengunjungi rumah makan Soto Kwali dan menikmati soto berbahan daging sapi  itu sebagai makan pagi yang telat hampir mendekati siang hari alias brunch.  Di rumah makan tersebut biasanya ada para polisi yang menyantap menu-menu yang disajikan.  Ini berhubung rumah makannya berada tepat di seberang kantor Kepolisian Daerah Kalsel.  Jadi kalo makan di situ berasa ada yang mengawal deh hehehe.

garang-asem


Entah kenapa, Emak suka dengan kuliner dari tanah Jawa.  Apakah mungkin karena rasa dari makanan tersebut udah dimodifikasi agar cocok di lidah ‘urang Banjar’ Wallahu’alam.  Akhirnya rumah makan Soto Kwali itu menjadi tempat pertemuan pertama kalinya saya dengan Garang Asem Ayam.

“Apa sih ini kok dibungkus pake daun pisang?” Emak bertanya-tanya dalam hati saat melihat bungkusan daun pisang berjejer rapi dekat meja kasir. Lalu Emak pun memberanikan diri untuk bertanya kepada ibu penjual.

“Ini apa,Bu?”

“Itu Garang Asem, Mbak.  Garang Asem Ayam,” jawab si ibu.  

Emak nih kalo denger kuliner yang ada asem-asemnya gitu kok semangat ya.  Beli deh sebungkus, lumayan buat makan siang (yang bisa jadi  menjelang sore) nanti di rumah.  Jadi tinggal masak nasi aja deh, ya kan hehehe.  Kalo paksu sukanya ikan, jadi kalo nanti mau nyicip Garang Asem ya silakan.  Menu ikan paksu bisa dimasak nanti di rumah.

Temennya Pasti Nasi Hangat


Garang Asem


Sesampai di rumah, Garang Asem Ayam ini diicip dengan nasi hangat, wuiihh mantap banget! Rasanya gurih-gurih ada manisnya gitu.  Kalo bisa masaknya sih, sebenarnya tergantung selera kita yang masak ya.  Mau manis bisa, asin bisa. Mau pake santan oke, nggak pake santan juga wokeh. Nah, rasa asem biasanya dari tomat dan belimbing wuluh yang diiris kecil-kecil.  Cabe rawitnya juga gede-gede deh tapi tenang mereka nggak akan undercover karena keliatan jelas begitu bungkusan daun dibuka.

Sebenarnya garang asem ini gak hanya diolah dari ayam.  Ikan pun bisa.  Berhubung saya pertama kali ketemunya adalah yang ayam dan saya chicken lover alias suka makan ayam, ya jadi ngehnya ya garang asem ayam. 

💢💢💢

Kuliner Khas Jawa Tengah

Oya, dari tadi ngalor ngidul membahas kelezatan garang asem ayam jadi lupa deh ini menu khas dari daerah mana?  Awalnya Emak kira tuh khas Jawa Timur, eh ternyata salah.  Menu ini berasal dari Jawa Tengah.  Beberapa daerah yaitu Grobogan, Pati, Kudus, Semarang, Demak dan Pekalongan mengakui garang asem sebagai menu khas mereka.

Walaupun Garang Asem ini khas Jawa Tengah, tapi di daerah-daerah lain, lintas pulau sebenarnya sudah ada disajikan.  Contohnya rumah makan yang Emak kunjungi ada menyediakan menu ini.  Emak tinggalnya di Kalimantan loh, tepatnya Kalimantan Selatan yaitu di Banjarmasin.

Kalo Nggak Ada yang Jual?

Bikin aja.  Ni Emak barusan ngubek-ngubek resep masakan Garang Asem Ayam.  Wuih, ternyata bumbunya simpel dan cara masaknya pun nggak ribeut. Apalagi yang punya blender hehehe.  Kalo Emak baru punya cobek & ulekan aja nih, ya nasib... (hm, harus ngajuin proposal nih ke paksu untuk sebuah food processor).

Lanjut dah resep Garang Asem Ayam ya plus cara memasaknya, Emak kutip dari situs brilio.net  .

Bahan-bahan yang disediakan: Ayam (bisa ayam kampung atau ras, atau dalam bentuk fillet juga ok), cabe merah, bawang putih, santan, cabe rawit, bawang merah, belimbing wuluh, garam, gula pasir, daun pisang.  Sengaja nggak Emak cantumin berapa banyak bahan yang dibutuhkan, kira-kira sendiri aja deh wkwkwk.

Cara Memasak:

  • Cuci bersih ayam, kemudian potong-potong.  Kalo Emak biasanya minta potongin ama yang jualan ayam, jadi sampe rumah tinggal dicuci dan dimasak.  Kalo pilih fillet dada, nah ini lebih simpel lagi, tinggal iris aja seberapa banyak yang kita mau.
  • Ayam kemudian direbus hingga matang,
  • Kemudian bumbu dasar dihaluskan semua ya, bawang putih, garan & gula.  Bagi yang suka puedeees, cabe merah & rawitnya bisa aja tu ikut dihaluskan.  Kalo sukanya pedes yang sedang aja saran Emak nih, cabe merah cukup diiris kecil & cabe rawitnya cukup diletakkan di sela kuah santan & ayam saat dibungkus dengan daun pisang.  
  • Campur bumbu yang telah dihaluskan ke dalam larutan santan.
  • Iris juga belimbing wuluh & bawang merah ya.  Nanti bisa diletakkan bareng cabe.
  • Letakkan ayam, irisan belimbing wuluh & bawang merah juga cabe merah plus rawit pada lembaran potongan daun pisang kemudian bubuhi dengan kuah santan yang sudah dicampur  bumbu halus secukupnya.  Bungkusss!
  • Begitu udah rapi dibungkus (bikinnya berapa bungkus ya? Hehe), tinggal kukus deh kurang lebih 1 jam dengan api sedang.

Duh, sembari nulis cara memasak ini kok jadi ngiler yah. Asem pedes plus nasi hangat, minumnya yang hangat juga, teh tawar gitu..wow deh.

Kandungan Nutrisi Garang Asem

Perkara ayam direbus, nampaknya sama aja nih dengan Tongseng Ayam  Jadi klik aja tuh kalo ingin mengetahui  kandungan nutrisi ayam direbus. Demikian halnya urusan santan, berhubung bumbunya 11-12 ya dengan tongseng ayam, walopun penampakan realnya beda.

Penampakan realnya beda gimana?  Kalo Tongseng Ayam, kuah santannya bikin ayamnya jadi terendam gitu. Beda dengan Garang Asem yang kuahnya ada udah resap ke dalam ayam saat dikukus, jadi ayamnya tetap keliatan, cabe pun nggak undercover

Bahkan ada rumah makan yang menyediakan kuah santan terpisah.  Ini Emak dapetnya di rumah makan deket rumah ortu.  Jadi pas beli garang asem malah dikasih bungkusan kuah santan dalam kresek gitu.

💞💞💞

So, gimana?  Ada rencana mau masak Garang Asem Ayam atau Ikan? Up to you lah, yang penting bisa menyajikan menu yang sehat dan halal bagi keluarga.



Post a Comment

40 Comments

  1. Garang Asem salah satu makanan favorit dan kulineran. Terakhir makan garang asem pas di rest area Brebes pulang dari semarang, huhuu ternikmat mana hujan2 pula.
    Pernah mamaku bikin, tapi rasanya udah kecampur sama lidah sunda hihii.

    ReplyDelete
  2. Duuuuh aku ga pernah masak garang asem deh, taunya makan doang hihihihihi :D Ternyata lumayan panjang prosesnya dari mentah si ayamnya sampai dibungkus lalu matang hehehe :D Enak nih kalau cabai rawitnya ditambahin lagi :D

    ReplyDelete
  3. Yuhuuuu aku sudah praktekin loh berkali kali bikin garang asem ala ala (soalnya cari daunpisang kan sussyyyaaaah jaman now ya boooo)

    jadi si ikan atau ayam hanya dikukus atau direbus dengan bumbu komplit mandi rempahlah pokoke (banyak serai - daun jeruk - laos - jahe - belimbing wuluh - cabe rawit merah - bawang merah ) tuh kan b eneran mandi rempah dia

    rasanya jooosss tenan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalo udah kepengen banget bisa cari cara yang lain, berhubung daun pisang agak susah nyarinya

      Delete
  4. Ya ampuuun garang asem favorit banget! Dia memang asalnya dari Jawa Tengah, dan cuman makan langsung di sana yang rasanya paling enak dan otentik. Dulu nenek saya suka masakin ini. Jadi kangen.

    Btw bikinnya gampang-gampang susah yah. Dan memang kudu banget pake belimbing wuluh meski udah lumayan jarang ada yang tanam di rumah. Sekarang saya makan garang asem yang pakai tahu karena gak makan daging, lumayan tetep enak xixixixi

    ReplyDelete
  5. awalnya nyobain garang asem kok kayak aneh ya, tapi pas dirasa-rasa lagi eh enak juga, malah ketagihan trus doyan

    ReplyDelete
  6. Jarang banget saya makan garang asem. Bukan karena gak suka. Tetapi, jarang ada yang jual di sini. Kalau bikin sendiri, saya kurang terampil membungkus pakai daun

    ReplyDelete
  7. Aku juga suka banget garang asem mbak, tapi beberapa kali beli nggak pake santan. Praktis juga buatnya ya kapan-kapan mau bikin sendiri jugaaak :)

    ReplyDelete
  8. ya Allah ini enak banget lho mbak
    aku pernah dibikinin adik ipar, ya pake daun gini
    klo aq sndr nggak bisa masak, tapi klo baca resep ini kok jadi pengen nyoba masak sendiri
    klo g pake daun apa tetap enak ya mbak? soalnya disini susah cari daun pisang buat pembungkus

    ReplyDelete
  9. SUegerrr banget ini garang asem
    aku demen buat gadoin
    pakai nasi anget juga endeulll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan² mau praktik ahhh
      Nyontek resep mb Mia.
      Makasiiii yaa

      Delete
  10. Garang asem dengan nasi hangat itu memang mantep banget ya. Hahaha kuliner Indonesia itu memang harus pakai Nasi.

    ReplyDelete
  11. Garang Asam Ayam itu enak banget. Waktu pas di kantin kantor ada yang jual, aku beli buat nyicipin. Awalnya ragu, jebul ternyata enak banget. Asam, manis, pedes sedang, tambah nasi hangat, bikin lahap makan siang waktu itu.

    Jadi pengen coba masak sendiri.

    ReplyDelete
  12. Aduh ini garang asam ayam kesukaan aku banget, kadang kalau makan di resto yang menyediakan makanan jawa timuran suka cek dulu punya garang asam gak? Padahal bisa bikin sendiri tapi ku malas maunya beli aja.

    ReplyDelete
  13. Aku suka banget makan garang asem. Apalagi kalau ada belimbing wuluhnya. Seger banget..

    ReplyDelete
  14. Wah sepertinya uenak sekali ini kuliner... BTW gimana kabar Banjir di Kalsel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dong. Kabar Banjir ada yang surut di daerah-daerah tertentu, ada yang juga airnya tambah tinggi. Baru kali ini seluruh daerah Kalsel ngerasain banjir, biasanya daerah-daerah tertentu aja yang rawan banjir (dan itu biasanya karena air sungai pasang dan meluap).

      Delete
  15. Duh aku pengen cobain masak ini deh...Penasaran bisa seenak yang kusantap di resto2 di Jawa hehhe...

    ReplyDelete
  16. Makan garang asem juag pingin lagi lagi dan lagi mbak hehehe, Aku belum kesampaian mau bikin sendiri nih. Aku termasuk yang baru tau garang asem setelah nikah malah soalnya di tempatku jarang ada, waktu itu dikasih teman nih. jadi pingin bikin garang asem sendiri

    ReplyDelete
  17. Garang asem ayam ini salah satu makanan favorit saya, loh! Apalagi buatan ibu, garang asem ayamnya enaak. Duh, mendadak ingin dibuatin garang asem ayam sama ibu, deh! Hehehe

    ReplyDelete
  18. Bikin ngiler daaaan pasti rasanya maknyuss. Belum pernah coba garang asam. Tapi penasaran sama itu rasa bumbu di dalamnya, pasti sedap

    ReplyDelete
  19. Jadi ingin bikin garang asem ayam juga biarpun bukan chicken lover, soalnya kelihatannya enak mbak.

    Kalo tomat banyak sih di pasar, tapi nyari belimbing wuluh agak susah, mungkin banyakin tomatnya saja biar asem.

    ReplyDelete
  20. Garang asem emang enak. Tapi aku belum pernah coba bikin. Kayaknya ribet. Kalau pengin biasanya beli aja. Hihihi...

    ReplyDelete
  21. Mantappuuu...
    Makan garang asem, plus nasi hangat dan sambal. MashaAllah~
    Kelebihannya memang di wangi dan tekstur ayamnya yaa, kak..

    ReplyDelete
  22. Saya suka garang asem tapi beli mba hihi belum pernah bikin, rasanya emang enak, apalagi dimakan bareng nasi hangat, save resepnya mba, pengen nyoba bikin ☺

    ReplyDelete
  23. Uwaa auto ngiler lihat penampakannya. Salahh satu makanan favorit, garang asem. Seger banget rasanya buat lauk ataupun dimakan gitu aja

    ReplyDelete
  24. Akkk temen saya ada yang jualan garang asem ayam kayak gini dan rasanya ketagihan banget buat terus-terusan repeat order. Emang sih, makan garang asem ayam pake nasi anget dan ditutup dengan nyruput teh tawar tuh, aduh, enak bangeeetttt.

    ReplyDelete
  25. Masya Allah jadi pengen pulkam di daerah tersebut, ulasan kulinernya pemantik cita rasa

    ReplyDelete
  26. di kampungku di jatim ada juga garang asem, mbak. kayanya nuansanya lbh pedes. cm ga tau juga krn aku bukan penggemar ayam. kl ga kepepet, jarang banget makan ayam.

    kl masakan jatim yg ada apa, mbak?

    btw kena banjir ga? semoga aman ya.

    ReplyDelete
  27. Saya pernah makan garang asem ayam, tapi lupa entah di mana. Dari cara memasaknya, sekilas mirip ayam pop di rumah makan Padang, tapi sebatas direbus dengan tambahan garam dan bawang saja, tanpa cabe dan santan. Kalau plus cabe dan santan lalu dimasukkan daun, jadi mirip pepes kami di Palembang :D

    ReplyDelete
  28. wah makan garang asem ayam bikin boros nasi dan lupa diet mba :D Kalo aku pilih beli aja deh, masak sendiri kurang mantap rasanya hehe

    ReplyDelete
  29. Baru tau kalo Mbak Mia tinggal di Banjarmasin, banyakin cerita dari sana dong mbak
    Kisah sehari hari aja, kan gak banyak yang nulis

    Saya suka garang asem mbak, atau tepatnya saya suka semua masakan ayam

    Sekarang lagi mau eksperimen pepes ayam , sedap pastinya 😊😊😋😋

    ReplyDelete
  30. Pas ke Jogja di depan hotel ada yg jual garang asam mujair. Tapi aku lebih tertarik mangut lelenya. Rasanya mirip nggak sih mbak?

    ReplyDelete
  31. Aku juga bikiiin! Tapi aku suka divariasi menggunakan ikan sih, karena lebih maknyooos gitu! Belimbing wuluh dan rawit yang banyak itu adalah "koentji"

    ReplyDelete
  32. garang asem itu memang eank dan segar ya mba... bisa dimakan dengan apa aja lagi ya

    ReplyDelete
  33. Dari dulu enasaran banget sama Garang Asem ini. Tapi nggak ngerti bikinya. Dulu pas di Bandung ada temen yang nawarin Garang Asem, cuma karna lagi alergi jadi nggak berani makan ayam. hehehe.. Seger gitu ya ada belimbing wuluhnya.

    ReplyDelete
  34. Belum pernah nyobain makan garang asem, nampaknya enak sekali yah

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.