Langsung ke konten utama

Nikmatnya Gangan Haliling


Kalimantan Selatan memiliki aneka ragam kuliner khas.  Bisa jadi ada kesamaan dengan kuliner dari daerah lain akan tetapi di situlah letak keunikannya.  Dari wilayah, suku dan bahasa yang berbeda, ternyata ada kesamaan dalam hal kuliner.



Nah, pernahkah anda mengonsumsi Gangan Halililng? Di daerah lain, kuliner ini juga dikenal sebagai Lodeh Keong Sawah.  Haliling yang tak lain adalah keong sawah (Pila ampullacea) ternyata kaya akan nutrisi. Menurut penelitian dari University of Agriculture, Makurdi, Nigeria, Haliling memiliki kandungan air sebanyak 76,32% dan protein 10,40%. Sebagaimana diberitakan situs kompas.com (6/12/2017), Haliling pun kaya akan mineral. Di antaranya fosfor 60,52 mg, kalsium 129,18 mg, potasium 71,13 mg,zat besi 10,90 mg, sodium 0,04 mg, magnesium 31,19 mg, dan zinc 1,31 mg - dalam skala per 100 gram.

Haliling yang memiliki cangkang mungil ini, dagingnya aman dikonsumsi.  Memang agak ribeut proses memakannya tapi dengan bantuan tusuk gigi, tinggal tusuk bagian belakang cangkang untuk mendorong daging keluar dari cangkang.  Kemudian congkel selaput keras yang menutup bagian dalam mulut cangkang.  Lalu kita tinggal menyedot mulut cangkang hingga daging keong masuk ke dalam mulut kita.

Cara memasak kuliner khas Banjar berbahan haliling ini cukup mudah.

Pertama :  Cuci haliling hingga bersih.  Haliling bisa kita dapatkan di pasar tradisional.

Kedua : Siapkan irisan bawang merah secukupnya, irisan lombok merah, santan, daun serai, gula & garam secukupnya untuk penyedap rasa.

Ketiga :Didihkan haliling dalam air sekitar 10 menit lalu masukkan bahan-bahan lainnya dan biarkan bumbu resap hingga beberapa menit. Kemudian angkat & sajikan.

Bahan-bahan bisa dimodifikasi kok.  Silakan tambahkan sayuran lain, misalnya labu siam, singkong atau rebung.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

#FBBKolaborasi - 5 Tokoh Kartun Favorit di Masa Kecilku

Wah,FBB Kolaborasi mengambil tema di bulan November ini ternyata bikin throwback nih karena nyeritain tentang tokoh kartun favorit di masa kecil.
Let's find keseruan dalamFBB Kolaborasikali ini karena kita-kita dari FBB akan ngebahas tentang nostalgia kartun favorit di masa kecil. Waw, so sweet.

Baidewei, gimana caranya kok jadi bisa punya tokoh kartun favorit? Apalagi masa kecil saat itu kan di tahun 80’an.  Stasiun tv aja cuma satu. 

Nice question!
Jadi waktu itu saya bisa kenal dengan para tokoh kartun ini karena memang di TV pun ditayangkan film kartun.  Selain itu, hiburan di rumah Alhamdulillah ada video player.  Jadi, kaset video kartunnya biasanya nyewa di rental kaset video.  Gitu.  Nggak itu aja, bahkan sampai ada komiknya juga kaset cerita.  Baidewei.. do u know kaset? Hihihi.. the people from ’70,’80 & ’90 udah taulah pasti bentuk kaset ya.

Let's Grow Happy!

Tentu kita bisa melihat rasa bahagia yang terpancar pada wajah anak-anak kita bila ia mendapatkan sesuatu ataupun berada pada momen yang menyenangkan hatinya.  Ia tentu merasa bahagia saat mampu menikmati makanan dan minuman favoritnya.  Apalagi bila diajak ke arena bermain, ke pantai atau ke kolam renang bahkan mendapat hadiah berupa mainan yang ia idamkan. Namun, ternyata justru sebenarnya kebersamaan orangtua dalam setiap aktivitas sang anak yang justru membuat anak-anak kita ini bahagia.
But, sejenak melihat kondisi anak-anak yang berada di daerah konflik (perang & bencana alam), marjinal dan terbelakang, hati ini serasa teriris. Entahlah, dari mana mereka mendapatkan kebahagiaan dan bagaimana mereka mampu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Diberitakan oleh Mint Press News, sekitar 85.000 balita dalam 3 tahun ini (2015 – 2018) di Yaman yang masih saja bergejolak, tewas akibat kekurangan gizi. Kondisi anak-anak di daerah konflik tentunya selain kekurangan gizi, sanitasi ya…

Acer Day 2018 Attack Banjarmasin dengan Meluncurkan Swift 3 dan Berbagai Laptop Gaming Terbaru

Siapa sih yang tak kenal brand Acer? Acer begitu populer dengan produk laptopnya.  Saya sendiri hingga kini masih menggunakan laptop Acer untuk mengerjakan aktivitas saya sebagai penulis & blogger.
Ternyata secara resmi Acer pada tanggal 16 Juli 2018 barusan mengumumkan Acer Day 2018  ( berlangsung selama 16 Juli – 18 September 2018).  Momen spesial ini  digelar serentak di 12 negara di Asia Pasifik & di 8 kota besar di Indonesia.  Kota Banjarmasin adalah salah satunya.

I feel so special bisa menghadiri acara yang digelar oleh Acer di Intro Jazz Bistro Cafe, Hotel Tree Park, Banjarmasin, Senin, 16 Juli lalu bersama teman-teman dari komunitas bloggerSpecialnya adalah karena bisa secara langsung mendapatkan berbagai informasi tentang Acer Dayini! Selain itu bisa kepoin langsung tentang produk terbaru Acer yaitu Swift 3 & Aspire 3 berprosesor AMD Ryzen Series 3,5,7 juga Nitro 5 berprosesor Intel Core generasi ke 8.