Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lontong Khas Urang Banjar

Lontong Banjar.  "Menu sarapan di Banjarmasin berat-berat ya, Bu," komentar tamuku yang datang dari Jakarta. Ibu tersebut usianya sekitar 50 tahunan lebih.  Aku pun hanya bisa 'nginyem' saat beliau berkomentar demikian.  Aku sendiri sebenarnya ngajakin beliau kulineran cari sarapan dengan menu khas Banjar.  Apalah daya, menunya memang terkategori 'berat' karena pasti menggunakan bahan santan.  Termasuk 'LONTONG' yang kuahnya berbahan santan plus rempah-rempah khusus.

lontong-banjar-1




Bagi teman-teman yang mau ke Banjarmasin atau Kalimantan Salatan, harus siap-siap juga nih supaya nggak kaget dengan menu sarapan yang disajikan.  Ada sih menu yang lain, tapi kan siapa tau mau nyicip menu Banjar dalam porsi kecil atau sepiring bagi berdua gitu hehehe.

Menu Sarapan Khas Banjar

Sebelum aku membahas tentang lontong lebih jauh, sebenarnya ada beberapa menu sarapan yang biasanya dikenal sebagai khas Banjar.  Mungkin saja sih ada di daerah lain ya dengan nama yang berbeda.

Jadi, menu sarapan khas Banjar biasanya adalah:
  1. Nasi Kuning dengan lauk yang bisa dipilih salah satunya bahkan boleh juga digabung gitu.  Biasanya lauknya adalah ikan haruan (gabus), telur rebus (ayam atau itik), hati ampela (ayam atau itik), daging (ayam & sapi), dendeng (ayam atau sapi yang disuwir).  Lauk tersebut diberi kuah berupa 'bumbu masak habang', kuah kental yang berbahan dasar lombok merah kering plus rempah-rempah khusus.
  2. Ketupat Kandangan.  Ketupatnya berukuran kecil, biasanya disajikan 2 buah ketupat dibelah dua.  Kuahnya full santan dan rempah-rempah.  Lauknya biasanya ikan haruan (gabus) dan telur itik.  Boleh pilih nih suka yang mana.  Makannya sih harus tangan kosong ya, tradisinya udah demikian.  Nikmatnya tuh tiada tara dibanding pake sendok dan garpu.  Kuahnya bisa disluuurp dari sisi piring.
  3. Lontong .  Unik loh lontongnya, bentuknya segitiga. Sebenarnya saat saya kecil dulu, justru lontong yang saya temui bentuknya besar dan penjual memotongnya dengan benang khusus (mungkin benang layangan ya?).  Tapi kemudian berubah menjadi lontong segitiga memanjang.  Berkuah sayur nangka plus lauk yang hampir sama dengan nasi kuning.

Mengenal Lontong Khas Banjar

Lontong khas Banjar bentuknya segitiga memanjang dan dibungkus dengan daun pisang.  Ukurannya sedang, tapi ada juga yang membuat dengan ukuran besar.  Kalo ukuran sedang biasanya disajikan 2 buah per piring.  Kalo yang ukuran besar biasanya cukup 1 lontong per piring.  Aku sendiri biasanya hanya mampu menghabiskan separo porsi untuk ukuran sedang.

lontong-banjar-2
Koleksi Pribadi

Aku belinya minta bungkus ya alias take away.  Jadi bukan makan di tempat yang jualan.  Biasalah pandemi, jadi agak menghindari tempat-tempat yang banyak orang.

Kuah Full Santan & Pilihan Lauk

Lontong disajikan dengan kuah santan yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus dan udah termasuk rempah-rempah ya. Selain itu juga ditambah dengan irisan nangka muda. Jadi bukan buah nangka yang matang ya.  Penampakannya ya sama dengan sayur nangka.  Kalo rasa kuahnya ya mix manis asin ya.  Jadi gak manis apalagi pake banget.  Bagi penyuka kuliner dengan rasa agak asin pastinya akan suka.

Lauknya agak  sama dengan lauk nasi kuning.  Jadi ikan gabus, daging ayam  & ati ampela, telur ayam dan itik. Kalo daging sapi dan dendeng sih bisa, tergantung selera konsumen lah.  Tapi yang umum ya yang aku sebutin kalo untuk lontong.

lontong-banjar-3
Koleksi Pribadi

Itu yang di foto adalah lontong favoritku.  Biasanya pilihannya lauk adalah telur itik atau telur ayam.  Tambahin sambel, wah pedesnya bikin makan lontong jadi nikmat banget.

Tetep Enjoy Meski Berkuah Santan

Membahas tentang nutrisi menu lontong khas Banjar, jelas kita ketahui karbohidrat bisa diperoleh dari lontong.  Nutrisi yang lain, bisa kita peroleh dari lauk dan sayur nangka.

Lauk yang disajikan biasanya mengandung protein yakni ikan gabus (haruan) & telur ayam dan itik.

Kandungan buah nangka muda yang dijadikan sayur pun tak kalah kaya nutrisi yaitu protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, kalium, vitamin A, B1 dan C.

Bagaiman dengan kuah santan?  Santan yang rasanya gurih ini mengandung 13 gram karbohidrat, protein, magnesium, fosfor, dan lain-lain.  Santan juga mengandung vitamin E, K dan B6.

Jadi, sebenarnya makan lontong plus kuah santan dengan nangka muda dan lauk dalam porsi yang secukupnya saja.  Kalo porsinya berlebihan apalagi cukup sering, nah tentu hal ini harus dihindari.  Jangan salahkan menu makanannya tapi justru kita yang harus mengenal bagaimana kondisi tubuh kita. []


Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

7 comments for "Lontong Khas Urang Banjar"

  1. Whooaa jadi ingat dulu kalau ke Bjm wajib makan soto Abang Amat, dodol durian, abon ikan, naskun hasruan plus makan soto di atas perahu kelotok di pasar terapung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap. Ayo icipin juga lontong Banjar ya.

      Delete
  2. pertama makan makanan banjar aku udah suka banget sama lontongnya. Apalagi lontong orari hehe

    ReplyDelete
  3. Kalo di bjb di tambah lagi sama bubur Banjar ya mbak, sarapan tuh kalo gak sempat masak memang andalanku selalu lontong dan naskun hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Di Banjarmasin juga sama tapi nggak kumasukin hehehe. Lupa. Wkwjw.

      Delete
  4. Aku nggak tahu kalau resep dan penyajian lontong seperti ini tuh khas Banjar, kukira di seluruh Indonesia juga begini hehe. bias penduduk asli ya begini.

    ReplyDelete
  5. suka banget makan lontong ini walau resikonya habis makan langsung mules kalau pagi-lagi. hehe

    ReplyDelete