Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soto Mie Ala Banjar

Gimana kuliner selama Ramadan & Lebaram? Yummy tentunya ya. Aku sendiri kali ini mau cerita tentang kuliner sebelum Ramadan. Better late than never gitu lah.

Sotom1
Koleksi Pribadi

Aku sendiri berasa surprise saat di rumah ortu menyajikan menu Soto Mie. Apalagi ketemu dengan rumah makan yang menyajikan menu tersebut pun belum pernah

Soto Mie Kuliner Dari Mana

Aku pun browsing setelah usai menikmati Soto Mie ala Banjar.  Ketauan ya kalo aku pas lagi laper banget, makanya browsingnya belakangan. 

Selain itu aku juga penasaran karena pernah mendengar tentang menu ini dari televisi. Hasil dari browsing di wikipedia, ternyata menu ini justri lebih dikenal di Bogor, Jawa Barat.  Namun, sebenarnya ada di seluruh daerah Indonesia.

Ternyata, masih dari sumber yang sama, menu ini pun juga dikenal dengan nama Mee Soto di Singapura dan Malaysia. 

Berarti dari tiap daerah kita akan menemukan variasi baik dari bahan, topping juga rasa dari soto mie ini. Aku pribadi belum pernah nyicip sih soto mie dari daerah-daerah lain.  Baru nyicip yang ada di rumah ortu.

Gimana dengan Soto Mie Ala Banjar

Berhubung mie yang digunakan adalah mie khas Banjar yang body sizenya gemuk gitu juga berwarna merah jadi pas makan mie ini pun aku nggak berasa kaget. 

Kagetnya itu pas menghirup kuah dari soto mie ala Banjar ini ternyata adalah kuah yang juga biasanya digunakan sebagai kuah sup dan soto Banjar. Jadi tetep enak dong.

Bikin tambah kaget lagi yaitu aku pun menemukan irisan lontong pada soto mie ini. Wuih, kenyang dong ya ada karena mie dan juga lontong yang diiris bulat-bulat.

Apa lagi nih yang bikin kaget? Tentu ada tambahan lagi dong yaitu suwiran ayam juga ceker ayam. Seger juga nih bila ditambahkam sambel plus kucuran air jeruk (limau) kuwit. Kalo nggak ada, pake limau nipis juga oke. 

Jangan lupa taburkan bawang goreng dan irisan daun sop pada soto mie yang dinikmati.

***

Jadi berharap banget nih bisa ke Bogor juga Malaysia dan Singapura juga daerah-daerah untuk nyicii. Soto Mie yang ada di daerah tersebut.[]
Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

Post a Comment for "Soto Mie Ala Banjar"