Perempuan Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

 

betadine-1
Sehat dan Bersih saat menstruasi.  Di saat menstruasi biasanya miss V hingga kadang pada bagian selangkangan (maaf) terasa gatal bahkan mengeluarkan bau tak sedap juga keputihan. Apalagi kalau pas banyak-banyaknya darah  keluar tentu harus sesegera mungkin mengganti pembalut untuk menghindari tragedi darah nembus. Jangan sampai juga terjadi iritasi pada area kewanitaan

Edukasi Bagi Perempuan di Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia – 28 Mei

Meskipun menstruasi adalah sesuatu yang wajar dialami oleh para perempuan begitu masa pubertas tiba namun masih ada yang menganggap membicarakannya adalah hal yang tabu.

Mitos dan fakta tentang menstruasi pun terkesan berkejaran dalam pikiran perempuan.  Sayang sekali bila berbagai mitos tentang menstruasi yang justru menang dan bukan fakta.  Akhirnya, pengetahuan perempuan tentang reproduksi termasuk kebersihan menstruasi pun sangat minim.  Tentunya hal ini harus segera ditangani.

Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ pun diselenggarakan oleh  Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia agar para perempuan Indonesia lebih memahami Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) pada tanggal 27 Mei 2021 lalu.  Selain itu juga untuk menyambut Hari Kebersihan Menstruasi (Menstrual Hygiene Day) yang jatuh pada tanggal 28 Mei.

betadine-000

Webinar ini pun menghadirkan para narasumber yang memang berpengalaman sesuai keahlian mereka termasuk dalam membantu para perempuan saat mereka menstruasi.

Para narasumber yang hadir yaitu:

•dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta)

•Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH (Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)

•Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., (Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta)

Berhadir pula dari Mundipharma Indonesia:

  • Mada Shinta Dewi (Country Manager Mundipharma Indonesia) 
  • Adi Prabowo (Head of Marketing, Digital & E Commerce Mundipharma Indonesia)

foto-bersama

Bukan Hal yang Tabu, Let’s Talk

Webinar yang diikuti 1000 perempuan ini memberikan seabreg informasi yang memang sangat edukatif dalam manajemen kebersihan menstruasi.  Berbagai mitos tentang menstruasi pun dapat dibantah dan sebenarnya memang bukan hal yang tabu untuk mendiskusikan tentang seputars menstruasi.

“Data menunjukkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat menarke; hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi ke ibunya. Ironisnya ibu justru menjadi sumber stigma, mitos, kepercayaan dan miskonsepsi yang merugikan kesehatan perempuan; hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam, sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari; dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut,  ” dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid memaparkan data hasil penelitian terkait MKM.

Dari data tersebut maka beliau pun menjelaskan bahwa setiap anak perempuan idealnya mendapatkan pengetahuan tentang menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Tujuannya agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman

Sudahkah Kita Menjaga Kebersihan Miss V bahkan di Saat Menstruasi

Hayo, sudah belum?  Prof.dr Dwiana mengingatkan tentang seputar MKM kepada kita semua. 
 
“Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan MKM di antaranya:
  • membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala
  • menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi
  • menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik; serta mengganti pembalut
  • secara teratur minimal setiap 4 jam sekali.
  • bila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.”

Beliau pun menambahkan bahwa perawatan organ kewanitaan pun penting setiap harinya. Tujuannya adalah  menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks. 

Prof. Dwiana pun sharing terkait tips merawat vagina,  yaitu:
  • membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar
  • hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan
  • gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina, cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina
  • menggunakan celana dalam berbahan katun; serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah
  • bagi perempuan yang melakukan kontak seksual dianjurkan untuk pemeriksaan pap smir atau IVA secara teratur.

Ibu, Mari Bicara dengan Anak Perempuan Kita untuk Siapkan Masa Menarke

Mau curhat masalah kewanitaan, apalagi tentang reproduksi termasuk menstruasi pasti tentunya IBU yang diharapkan oleh anak perempuannnya untuk memberikan informasi yang benar juga sebagai tempat curhat.

Terkadang ada rasa malu dari anak perempuan kita, nah ini adalah tugas kita sebagai ibu agar mereka mau terbuka dan di satu sisi juga sebelum mereka bertanya pun kita sudah memberikan berbagai informasi yang berguna agar mereka siap menghadapi menarke dan masa-masa selanjutnya.

“Berikut adalah tips untuk mendiskusikan menstruasi dengan anak : 
πŸ‘± Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar
πŸ‘± Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya
πŸ‘±Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap
πŸ‘± Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan
πŸ‘± Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi
πŸ‘± Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan
πŸ‘±Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi,” demikian disampaikan oleh Anna Surti Ariani, , S.Psi., M.Si., Psi. Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta.

Kampanye Edukatif Mundipharma Indonesia Melalui Betadine Feminine Care

betadine-webinar
Kampanye edukatif dengan #YangIdeal dari Mundipharma bertujuan untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan.

betadine-webinar

Mada Shinta Dewi (Country Manager Mundipharma Indonesia) menyampaikan bahwa sebagai komitmen Mundipharma untuk memperbaiki kualitas hidup rakyat Indonesia, khususnya perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

“Mundipharma berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia,” Mada menambahkan.  

Mada pun memaparkan bahwa tujuannya adalah agar perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.

Adi Prabowo, Head of Marketing, Digital & E Commerce Mundipharma Indonesia menjelaskan tentang BETADINE® Feminine Care.
“BETADINE® Feminine Care  menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, diantaranya: 

πŸ‘‰ mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik
πŸ‘‰ pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik
πŸ‘‰ pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator 
πŸ‘‰ tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable “, demikian jelas Adi.

Tentunya produk-produk BETADINE® Feminine Care sehari-hari. mampu melindungi area kewanitaan agar tetap bersih dan sehat. Apalagi di saat menstruasi yang berisiko infeksi kuman meningkat.  Salah satu produknya yaitu Betadine Feminine Wash 

Dapatkan Rangkaian Produk Kewanitaan di :

πŸ’’πŸ’’πŸ’’
Sumber Data:
 1 Burnet Institute and Partners (2015). Menstrual Hygiene Management in Indonesia, Understanding Practices,
    Determinants and Impacts among Adolescent School Girls.
  2 Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Daar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan
    Kebudayaan (2017). Panduan Manajemen Kebersihan Menstruasi bagi Guru dan Orang Tua.







Post a Comment

33 Comments

  1. Memang ya mba pemeran utama dalam edukasi menstruasi harusnya memang seorang ibu. Baik ke anak perempuan atau anak laki2nya
    Nah acara ini seru banget. Menambah bekal ku kelak jika menjadi ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu yang nerangin malah nenekku karena ibuku dan ayahku kerja di luar kota dan dititipin nenek jadi yang nerangin mens pertama kali nenekku

      Delete
  2. Ibu memegang peran penting ,minimal utk ngasih tau ke anak,cara menjaga agar tetap bersih dan sehat pada saat menstruasi.Anak juga jadi gak takut dan khawatir lagi

    ReplyDelete
  3. Betadine keren ya karena telah menyediakan produk serta menambah pengetahuan ke ibu-ibu tentang manajemen kebersihan menstruasi agar tidak keliru transfer ilmu ke anaknya. Semoga yang fakta yang bakalan menang, bukan yang mitos lagi.

    ReplyDelete
  4. Diskusi tentang menstruasi ini mutlak dan kudu dilakukan antara Ibu dan buah hati.
    Untunglah ada zoominar bergizi seperti ini
    jangan menganggap hal yang tabu buat ngomongin tentang menstruasi ya, karena ini hal yang penting untuk dibahas demi kesehatan juga

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah.. acara dalam rangka Menyambut hari kebersihan mentruasi kemaren keren sekali. Betadine luar biasa bisa menghadirkan 1000 wanita indonesia dalam edukasi ini. Semoga bisa kita praktekkan besok buat anak anak ya mbakk...

    ReplyDelete
  6. Acaranya bagus banget ya ini, penting banget soalnya untuk yang memiliki anak perempuan beranjak dewasa. Karena edukasi kebersihan menstruasi harus dari orangtuanya juga, karena jadi ingat masa teenager dulu mamahku tuh termasuk yang bawel banget soal kebersihan anak perempuan terutama saat menstruasi.

    ReplyDelete
  7. ibu harus jadi sumber informasi ya mba, noted. Nggak hanya anak perempuan tapi anak laki juga perlu tau. Kalau anak perempuan perlu ekstra ya karena ngalamin haid. Aku siap2 nih, kalau mereka pas pms haha, pasti juga sensi

    ReplyDelete
  8. Dulu tuh susahnya menepis mitos orang tua ya .. tapi sekarang seharusnya bisa karena orang2 bisa mengakses internet dan bisa mendapatkan informasi berguna seperti dalam tulisan ini.

    ReplyDelete
  9. Betul banget, terkadang antara mitos dan fakta tentang menstruasi tuh kejar-kejaran loh. Kebayang nggak sih kalau anak perempuan yang tidak terlalu banyak tau tentang pengetahuam menstruasi ini jadi kemakan banyak mitos yang beredar. Tapi, alhamdulillahnya sekarang informasi mengenai menstruasi ini sudah lebih mudah diakses dan didapatkan.

    ReplyDelete
  10. sebagai ibu dengan anak perempuan wajib banget nih ikut webinar ini biar tahu tips memberikan informasi seputar menstruasi ke anak nantinya

    ReplyDelete
  11. Ini produknya lengkap banget sih. Untuk harian ada, untuk menstruasi dan khusus iritasi juga, plus untuk bepergian. Terbaik memang Betadine!

    ReplyDelete
  12. Lengkap ya produk dari Betadine ini. Jadi pengen punya juga buat di rumah. Memang edukasi tentang menstruasi ini masih kurang, makanya perlu ditingkatkan lagi. Salah satu caranya adalah ibu bicara menstruasi dengan anak

    ReplyDelete
  13. Dari artikel ini aku diingatkan lagi untuk pap smear. Sejak pandemi belum bikin jadwal. Mudah2an dalam waktu dekat bisa terlaksana.

    Soal edukasi manajemen kebersihan menstruasi, memang penting sekali. Kalau bisa sedini mungkin. Anak perempuan zaman now ada yang sudah haid sejak kelas 5 SD. Mereka harus cepat diedukasi biar nggak shock dan panik pas dapatnya di sekolah, atau saat sedang di luar rumah. Beda dengan zamanku dulu, dapat mens pas kelas 2 SMP, teman-teman juga gitu. Telat banget :D

    ReplyDelete
  14. Ternyata menjadi ibu harus jago komunikasi yaa..terutama dalam menyampaikan hal hal seperti ini..

    ReplyDelete
  15. Materinya bagus dan sepertinya harus lebih sering disampaikan ke orangtua. Soalnya masih ada saja orangtua yang bingung gimana cara ngomongnya

    ReplyDelete
  16. Saya baru tahu lho kalau ada hari kebersihan menstruasi yang jatuh pada tanggal 28 Mei setiap tahunnya.

    Di era sekarang, mengkampanyekan kebersihan menstruasi harusnya bukan hal tabu lagi, ya. Terlebih berbicara personel antara ibu dan anak perempuannya. Seorang ibu perlahan harus mengedukasi anak perempuannya tentang kesehatan menstruasi dan pentingnya sering ganti pembalut ketika sedang menstruasi.

    ReplyDelete
  17. mengganti pembalut 4 jam sekali sangat penting ya, agar bersih dan sehat juga organ intim

    ReplyDelete
  18. Membasuh area kewanitan dengan air mengalir, nah kadang kalau di luar rumah gak semua menyediakannya ya. Makanya aku suka kalau di tempat umum ada shower gitu. Penting banget membicarakan menstruasi pada anak sejak dini ya

    ReplyDelete
  19. Wah tema hari kebersihan menstruasi ini rame yaaaa ....
    sukses digalakkan kembali apalagi pas pandemi, kita terbiasa menjaga kesehatan jadi cucok!

    ReplyDelete
  20. mantap-mantap nih para pembicaranya, mumpuni semua di bdiangnya. ulasan di blognya juga mantap, jadi makin keriting saya soal ilmu menstrusi nih sebab ini udah blog keberapa ya yang saya baca hari ini soal ini, keren deh

    ReplyDelete
  21. Kampanyenya keren sekali.
    Karena selain membawa sebuah kebaikan juga materi yang sangat bermanfaat bagi para Ibu sebagai bekal memberi tahu mengenai menstruasi kepada anak-anak remaja mereka.

    Terimakasih Betadine.

    ReplyDelete
  22. Mitos tentang menstruasi ini banyak yang dipercaya sama perempuan. Bahkan ada ya perempuan dewasa masih aja percaya dengan mitos ini. Padahal udah banyak informasi seputar menstruasi di berbagai jurnal kesehatan atau sosial media

    ReplyDelete
  23. senang banget bisa ikutan webinar ini
    jadi makin sadar pentingnya manajemen kebersihan dan kesehatan menstruasi
    sehingga bisa tetap nyaman beraktivitas saat menstruasi

    ReplyDelete
  24. Acaranya bagus sekali, beruntung sekali saya juga gabung di acara ini mbk. Benar benar memberikan banyak pengetahuan seputar menstruasi, termasuk mitos dan faktanya

    ReplyDelete
  25. Sdh bukan hal tabu lg ya mba ttg menstruasi ini. Harapannya jg smg anak2 laki2 jg paham soal ini n gak menjadikannya bahan bully di sekolah

    ReplyDelete
  26. Seneng juga nih ikutan webinar yang berfaedah. Kempen2 soal kebersihan organ kewanitaan dan reproduksi emang kudu sering dilakukan ya mbak, baik oleh pemerintah maupun swasta, soalnya berhubungan erat sama kesehatan perempuan juga sih sbg calon ibu

    ReplyDelete
  27. Rutin ganti pembalut me jadi peringatan banget karena risikonya lumayan tinggi kalau sampai malas ganti pembalut ya, Mbak. Baru tahu betadine ada produk ini. Jadi pingin nyobaaa

    ReplyDelete
  28. Semoga dengan edukasi seputar kebersihan saat menstruasi, efek buruk dari kurang bersihnya organ kewanitaan bisa makin berkurang angka kejadiannya ya

    ReplyDelete
  29. 4 sampai 8 jam sekali menganti pembalut ya.. artinya 6 atau 3 pembalut dalam sehari. Walaupun udah tau tapi kadang sering lupa. Webinarnya bagus nih jadi ngingetin lagi hal hal ttg menstruasi

    ReplyDelete
  30. Hihi aku jaman masih pakai pembalut sekali pakai juga sering bandel karena malas ganti, kecuali pas lagi deras-derasnya emang diganti tiap 6 jam sekali lah.

    ReplyDelete
  31. yes! Gegara abis ikutan webinar ini setelahnya aku dapet dan lebih rutin menjaga kebersihan dan mengganti pembalut mba. Allhamdulilalh jadi semangat menjaga nih

    ReplyDelete
  32. Perlu di share ke anak perempuan kita nih supaya mereka bisa memanjemen kebersihan menstruasi dari dini

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.