Liburan Yuk Jalan-Jalan ke Kota Batam



Emak memang pernah ke Batam, tapi... ada tapinya nih.  Ke Batamnya cuma untuk singgah berhubung Emak ikutan opentrip ke Malaysia & Singapura melalui jalan darat.  Jadi dari Batam kemudian nyeberang ke negara tetangga pake kapal feri baru lanjut dengan mobil van.  

So, belum ada puas-puasnya tu, karena nggak berhari-hari staycationnya di Batam.  Cuma mentok ke Nagoya Hill ShoppingMall itu pun tanpa mood belanja berhubung perjalanan dari Banjarmasin ke Batam kan transit tuh di Bandung.  Lelah banget! Lanjut ke hotel untuk beristirahat selama 1 malam, besok subuhnya langsung cus ke pelabuhan feri.

Ngapain Aja Nih di Batam?

Tentunya jalan-jalan dong!  Berkunjung ke objek-objek wisata yang ada di kota dulu deh, juga jangan lupa nge-Mall plus icip-icip kuliner di Batam.  

Gimana dengan objek wisata di luar kota? Well, ini opsi aja sih.  Karena Emak tergolong bukan wanita yang demen adventure.  Pastinya bikin sport jantung juga pegel-pegel, kan? Emak gak siap dah hehehe.  

So, begitu sesampai Emak di Bandara Hang Nadim, Emak akan segera mencari toilet terdekat!  Yaelah Emak. Kirain mau ngapain.  Iya, kalo pesawat udah landing rasanya lega aja tuh.  Tau-tau 
kebelet pipis aja.  Kalo udah lega baru deh bisa mikir ngapain untuk selanjutnya. 

riaupos.co

Selanjutnya?  Lanjut cari troli lah.  Capek nih bawa barang-barang.  Kan, enak kalo ditaro di troli. Tinggal dorong-dorong aja tuh.  Begitu semua barang udah rapi tersusun di troli, gimana kalo cari makan?  Pasti laper setelah menempuh perjalanan dengan sekali transit.  Itu pun untungnya nggak delay ya.  Kalo delay pasti capek pake banget! Nah, berhubung ke Batam nggak pake jasa travel apapun. Pengen bebas jalan-jalan.  Nggak diuber-uber jadwal trip dan juga only with my small family. Bole dong makannya di bandara aja.  Jiaah gaya!  

Emang mau makan apa? Paling cemilan aja deh.  Kue-kue gitu plus es teh manis dingiin atau soft drink.  Buat ganjel perut aja.  Makan besarnya nanti lah.

Lanjut, perut udah diganjel & otak pun udah nggak nge-blank.  Ya udah cus, ke counter taksi bandara deh buat minta anter (jiaah minta!). Maksudnya nyewa jasa taksi bandara untuk dianter ke tempat penginapan.

Ngomongin tempat penginapan selama liburan, nah berhubung akan lebih sering jalan-jalan daripada rebahan jadi Emak milih yang:
  • Layak huni. 
  • Sederhana & bersih, nggak perlu mewah. Toilet nggak mampet dan ada di dalam kamar. Kasurnya nggak ada kutu busuknya. AC wajib ada.  Disediakan sarapan kayaknya perlu deh tapi opsional, yang penting di luar penginapan ada warung atau rumah makan.
  • Budgetnya untuk suite family sekitar 200 ribuan/hari.  Ngarepnya sih deket mal, masjid, ya di pusat kota lah.  Jadi kalo mau kemana-mana, aksesnya mudah.
Serunya nih, dapet voucher 70% dari OYO Hotels Indonesia! Jadi Emak booking tempat penginapan di OYO Hotels Indonesia sebelum berangkat ke Batam. Emak milih kota Batam untuk tujuan liburan jadi klik ini untuk nyari Hotel Murah di Batam .   Selama 5 hari 4 malam tentu puas ya liburan di Batam.
ovorooms.com

Begitu sesampai di hotel, langsung deh check in dan begitu kelar nge-drop barang-barang, masukkin ke lemari.  Dilanjutkan mandi atau rebahan dulu.  Jangan sampe ketiduran deh hehehe.  Eh, tapi belum makan ya?!  Berhubung udah booking hotel yang dekat dengan pusat kota, pasti rame tuh yang jualan makanan.  Mau ke mal langsung juga ok.  Sekalian begitu kelar makan terus beli-beli cemilan & soft drink atau minuman instan buat di kamar.  Air panas udah ready juga kan di kamar, jadi enak.

Suasana yang santai tentu juga bikin perasaan yang nyaman saat liburan.  Begitu badan udah seger karena udah cuci muka juga ganti baju, cus deh buat cari makan.  Berhubung ini hari pertama di Batam, yuk jalan ke mal yang terkenal di Batam.  Gimana dengan Nagoya Hill Shopping Mall?  Apalagi sebelumnya, Emak juga pernah ke situ.  Jadi kan lebih enak karena udah ada pengalaman sebelumnya.

*Ngomongin Mal, banyak Mal di Batam.  Tinggal pilih mau mengunjungi mal yang mana.  Biasanya para wisatawan akan mengunjungi Nagoya Hill Shopping Mall, Mega Mall, Batam City Square, Kepri Mall, Lucky Plaza (bagi yang lagi nyari gadget dengan harga miring) & DC Mall.

Di Nagoya Hill Shopping Mall kita bisa beli berbagai macam oleh-oleh dari negara tetangga, mulai dari baju kaos, berbagai snack – permen –cokelat juga suvenir.  

direktori.batam.go.id
*Lanjut nih wisata religi.  Di Batam ada masjid yang wajib nih untuk dikunjungi juga sekalian beribadah dong.  Ada Masjid Jabal Rahmah, masjid unik yang towernya setinggi 36 meter & dikellilingi lingkungan yang asri.  Jangan lupa juga ada Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah ( Masjid Agung II) yang desainnya begitu menarik memadukan kekhasan Arab & Melayu.

tribunnews.com   
liputan6.com
*Jangan lupa untuk kulineran ya.  Ada banyak ragam kuliner yang wajib kita icipin.  Sop Ikan berbahan Ikan Tenggiri atau Kakap wajib nih diicipin.  Juga ada Mie Sagu & Mie Lendir! Bikin penasaran aja nih.  Nasi Bakar pun oke nih.  Minuman yang seger ada teh O atau teh Obeng yang sebenarnya es teh manis.  Selebihnya bisa icip deh Bakso Priangan Nagoya, Tekwan & Pempek Kolekta, dan makanan khas Indonesia lainnya yang dijual di Batam. 

Sup Ikan (sajiansedap.com)

Mie Sagu (kepriau.com)
 Ke mal udah, ke masjid juga udah, makan-makan juga bisa diselipin nih bisa buat makan siang, makan malam selama kita jalan-jalan.  Jalan-jalan ke mana lagi?

Jembatan Barelang (kumparan.com)

Nah, yuk ke Jembatan Barelang juga ke Ocarina Batam Theme Park, Kampung Vietnam, Kebun Raya Batam, juga Marina City – bekas lokalisasi perjudian- buat foto-foto & menikmati keindahan alam.

Puas kan  liburan di Batam?  Objek-objek wisata yang instagramable juga udah dikunjungi. Apalagi nginepnya pun juga di tempat yang nyaman karena udah booking di OYO Hotels Indonesia & harganya juga terjangkau, jadi bisa memulihkan kondisi tubuh yang capek selama berlibur. Kelar liburan kondisi tubuh tetap fresh.

Baca Juga:
  • https://www.ummvc.com/2019/01/open-trip-dua-negara-5-hari-4-malam.html
  • https://www.ummvc.com/2019/01/open-trip-dua-negara-5-hari-4-malam_23.html
  • https://www.ummvc.com/2019/02/open-trip-legoland-merlion-park.html



Komentar

  1. Batam tuh kaya kuliner khas melayu sama arab gt ya kak. aku pernah penasaran sama satu coffee shop disana, soalnya konsepnya keren gt.

    Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah juga menarik buat masuk bucket list ^^

    -PS-
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    BalasHapus
  2. Wah kapan ya bisa ke Batam? Btw dari dulu ulun penasaran kenapa ya nama malnya pakai bahasa jepang?

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke Batam. Tahunya batam tuh tempat beli barang-barang impor murah aja hehe. Di sana banyak Mbak barang impor ya?

    BalasHapus
  4. Nama mallnya kek nama-nama jejepangan gitu ya, Nagoya. Hihi
    Btw, belum pernah cobain OYO nanti cobain ah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Thank u ya untuk komentarnya. Jangan bosen mampir ke blog ini.

Postingan populer dari blog ini

Let's Grow Happy!

Serunya Acer Day 2019 Xtra Cool Xtra Fun

Pentingnya Pola Asuh dan Nutrisi untuk Kebahagiaan Anak