Soto Kudus; Kuliner Asyik Bikin Lidah Bergoyang

Soto Kudus.  Saya seorang penggemar soto.  Rasanya hidup ini belum sreg kalo ada jenis soto yang belum saya icip.  Berhubung selama pandemi paling jauh saya menempuh perjalanan ke kota tetangga, Banjarbaru.  Nah sepulang dari Banjarbaru, dalam perjalanan menuju Banjarmasin saya ada nih ketemu rumah makan yang menyajikan Soto Kudus. Setop dulu lah ya perjalanan saya untuk membunuh rasa penasaran gimana wujud dan rasa dari soto ini.

soto-kudus-1

Kenalan Dulu dengan Soto Kudus, Yuk

Begitu memasuki rumah makan yang berada di daerah Gambut (sisi kiri jalan menuju Banjarmasin), dengan pedenya saya pun pesen Soto Kudus.  Padahal rupanya pun belum tau, nyicip pun belum pernah.  Tapi intuisi pecinta soto seperti saya ya sudahlah, gak perlu dibahas hehehe.

Oya, kalo ingin kepo daerah assal dari Soto Kudus ya tentu saja dari daerah Kudus, Jawa Tengah. Kalo perkara traveling, langkah saya memang belum nyampe ke Kudus.  Berhubung sotonya udah ada di depan mata ya langsung aja nih cus icip Soto Kudus.

Ciri Khas Soto Kudus

Sewaktu soto disajikan, ternyata dipisah tuh antara nasi dan sotonya. Soto yang berada di dalam mangkuk pun saya amati.  Ternyata:
  • Kuahnya bening
  • Dominan sayurnya adalah kecambah
  • Ada irisan daging sapi kecil-kecil
Kalo disajikan terpisah biasanya saat menyantap, nasi dan soto nggak saya campur.  Tetep terpisah.  Makannya ya disendok satu-satu dan di dalam mulut ya dinikmati berbarengan.

Rasanya, beuh mantap banget (menurut saya)! Karena kuah sotonya gurihnya nendang, asinnya pas kemudian ada rasa asem samar-samar begitu.  Jadi nggak perlu lagi tambahan air jeruk nipis. Beda loh ya asem basi dengan asem yang memang rasa asli masakan.  Lanjut tambahin sambel ya supaya pedesnya bikin soto tambah nikmat disantap.

Irisan daging sapinya nih yang bikin amazing. Jadi pas banget porsi makan saya nih yang breakfast sekaligus lunch (kayaknya hahaha, karena biasanya juga akan lapar lagi).  Sebenarnya kalo ditemenin kerupuk putih atau udang juga oke.  tapi entah kenapa saya lagi males nambahin pake kerupuk.  Masih pengen menghayati rasa soto.


Keunikan Soto Kudus


soto-kudus-2
Koleksi Pribadi

Begitu browsing, ternyata Soto Kudus tidak hanya dibuat dengan irisan daging sapi, tapi juga bisa dengan ayam atau kerbau.  Jadi nggak usah kaget kalo misalnya pas nyicip soto ini ternyata yang disajikan adalah salah satu dari jenis 3 daging tersebut.

Rempah yang menjadi bahan dari Soto Kudus ini beragam. Itulah sebabnya rasanya pun segar.  Jadi ada daun serai, juga daun jeruk.  Selain itu juga ada jahe dan kunyit.  Nggak ketinggalan nih bawang putih dan merah tentu wajib dong. Untuk lengkapnya bisa cek resepnya ya di berbagai situs maupun aplikasi resep masakan.

💢💢💢

Suasana cuaca saat ini kadang mendung, kadang hujan. Jadi pas banget untuk berburu soto.  Makanan hangat berkuah tentu nikmat bangetkan dinikmati saat suhu dingin-dingin begini. Jadi kangen deh dengan Soto Kudus.  Makannya udah lama nih, kira-kira beberapa bulan yang lalu.  Nulisnya baru kesampean sekarang. 

Yuk ah, nyoto lagi.

Post a Comment

45 Comments

  1. Waahh jadi kangen banget makan Soto Kudus. Dulu sering bangett karna sekolahku di Kudus, mak. Sekarang jaraang, hiks.

    ReplyDelete
  2. Kalau di wilayah semarangan jenis sotonya lebih ke soto kudusnya. kuahnya bening dan ringan. kadang mangkoknya kecil, jadi harus pesen dobel, hehehe

    ReplyDelete
  3. Kalau di pulau Jawa memang banyak soto kudus ya, Mba. Akan jadi unik ketika di Kalimantan.. Hahah.. Mungkin di Kalimantan ada resto soto kudus bu tjondro. Itu enak banget, Mba. Itu langganan soto kudus kami di Depok Jawa Barat. Saya baru tau kalau soro kudus palai irisan daging kerbau.

    ReplyDelete
  4. Keluarga saya sering mudik ke rumah nenek di Jawa Tengah, jadi lumayan sering mencicipi soto kudus. Bahkan kami punya langganan tempat makan soto kudus hehehe. Duuh, rasanya jadi kangen makan soto kudus lagi, deh!
    Asyik, ya, sekarang ada soto kudus di Kalimantan.

    ReplyDelete
  5. Aku pun penggemar Soto Mba, pernah satu kali sakit flu dan rasanya kok gak sembuh-sembuh, begitu dikasih menu makan dengan Soto (dan saat itu dikasih Soto Kudus juga untuk pertama kalinya), Masya Allah langsung sembuh dong, segeeer, hahaha

    ReplyDelete
  6. Salah satu soto favorit aku nih. Rasanya ringan tapi ngangenin banget. Apalagi dimakan pas panas2 duuhh jd laper nih

    ReplyDelete
  7. Dulu aku cuma kenal soto Cirebon, tapi begitu menikah dan punya bapak mertua yang suka banget makan soto jadi lah aku kenalan sama soto-sotoan salah satunya soto kudus. Aku lebih suka makan soto dengan nasi dicampur didalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku malah belum pernah nyicip soto cirebon lho mam, ke cirebon aja cuma numpang lewat doang, hiks... Kalau soto cirebon konsep kuahnya kayak gimana tuh?

      Delete
  8. Soto kudus saya juga suka. saya suka semua soto hehe. Tapi buat saya soto kudus kurang banyak porsinya. jadi harus nambah :D
    seneng ya nemu soto kudus di banjarbaru. dulu saya ke banjarbaru buat beli tahu sumedang doang... dulu banget, 18 tahun yl :)

    ReplyDelete
  9. Penasaran gmn rasa daging kerbau, mirip sapi gak ya?
    Belum pernah makan soto Kudus kyknya, aku lupa2 ingat
    Duh jd kepengen makan soto nih buat sarapan, pasti seger banget ya rasanya.
    Kalau soto Kudus biasanya tu kyknya di mangkok2 kecil gtu ya penyajiannya?

    ReplyDelete
  10. Soto Kudus tuh enak banget kalau ngga salah ada juga yang kuahnya santan ya. Sayangnya porsinya kecil banget mangkoknya jadi kurang nendang hihihi

    ReplyDelete
  11. belum pernah nemu nih mba di CImahi yang jual Soto Kudus kayaknya enak ya kuah bening lalu irisan daging plus kecambah yang melimpah..kalau di sini ada yg jualnya soto Surabaya sama Soto Jakarta aja

    ReplyDelete
  12. Mak, kalau soro Seger Boyolali sudah nyobain belum? Kayak soto kudus ini loh...

    ReplyDelete
  13. Aku juga suka banget makan soto. Kuahnya seger banget. Nah, kalo soto Kudus ini kan biasanya porsinya pake mangkuk kecil gitu kan. Kalo aku satu mangkuk itu kurang, jadi harus nambah hehe..

    ReplyDelete
  14. dulu saat jalan jalan ke purwodadi jawa tengah, banyak yg jual soto kudus
    aku pun nyobain, enak ya mbak
    aku pernah coba yg pakai daging kerbau

    ReplyDelete
  15. Wah ciri soto Kudus ini pakai daging ya. Aku lupa2 ingat udah pernah makan soto Kudus apa belum 🤣. Kalau soto Betawi juga pakai daging, tapi banyakan dagingnya jeroan gitu *cmiiw, kuah sotonya pakai santan

    ReplyDelete
  16. Kangen banget sama soto kudus, udah lama enggak makan soto ini mbak. dulu trakhir makan ini ketika saya masih kost di semarang hihi duh berapa puluh tahun lalu. Lihat penampakannya jadi pengen buat sendiri jadinya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sempat buat sendiri, karena ternyata anak anak lebih suka soto bogor yang berkuah kuning. tapi insyaAllah tetep akan coba membuat sendiri soto kudu, supaya kangen terobati

      Delete
  17. Kapan-kapan cobain Soto Semarang mba. Kuahnya juga bening. Pakainya suwiran ayam, bukan daging merah kayak Soto Kudus. Yang paling istimewa dari Soto Semarang tuh aneka lauknya seperti perkedel dan aneka macam sate, terutama sate kerang yang merupakan ciri khas soto asli dari Semarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada tauge, rasa sotonya tambah seger ya, Mbak. Aku penggemar Soto juga dan lebih suka soto bening ketimbang santan.

      Delete
  18. Aku suka soto kudus karena sueger, tapi herannya kok wadahnya kecil gitu ya mba? Setiap beli pasti wadahnya khas begitu

    ReplyDelete
  19. udah pernah coba mbak, enak bet pake daging kerbau yang mana jarang ada di kota-kota lain.

    ReplyDelete
  20. mau nyari resepnya aaah, aku suka soto yang kuahnya bening. segar gitu ya mbak. tapi soto kudus sendiri aku belum pernah rasa

    ReplyDelete
  21. Seingatku aku blm pernah makan soto Kudus di Kudus

    Tapiii, di Surabaya (daerah Gayungsari) ada yg jualan soto Kudus ini dan (sepertinya) lumayan otentik.

    Rasanya maknyus!!

    ReplyDelete
  22. Aku lebih suka soto bening kaya di Kudus ini. Rasanya lebih segar dan gurih. Aku sendiri lupa sudah pernah makan apa belum, heheh

    ReplyDelete
  23. Saya pernah makan soto Kudus, tapi warnanya agak kekuningan dan rasa kuahnya gurih. Termasuk soto yang kaya rempah ya mbak, sama kek soto Lamongan juga. Jadi kangen pengin makan soto ini.

    ReplyDelete
  24. Jadi ngiler bayangin soto kudus...hmm, mantap memang
    Benar, kalau di kotanya yang terkenal yang daging kerbau. Kalau di Jakarta lebih banyak pakai daging sapi...Tapi keduanya sama irisan daging banyak dan rasanya enaaak

    ReplyDelete
  25. Saya penggemar soto, termasuk soto Kudus. Di tempatku ada beberapa penjual Soto Kudus. Salah satunya di Pasar Modern BSD, tempat aku biasa belanja kebutuhan. Ohya mbak, kalau sotonya pakai daging kerbau, alot ga mbak? Belum pernah makan daging kerbau dalam soto Kudus soalnya :D

    ReplyDelete
  26. Seger banget memang soto kudus, kuahnya khas tanpa santan, ditambahin tauge bikin tambah lapar. Memang agak jarang soto kudus di sini, banyakan soto bersantan. Kalau pakai daging rendang dagingnya di presto dulu ya.

    ReplyDelete
  27. Nggak tahu ini Kudusnya dari mana, tapi kalau Kudus Jateng, kuahnya bersantan dengan bumbu yang lumayan kuat. Lebih kuat dari Jepara.
    Dan yang jelas sih ga akan pakai daging sapi karena orang Kudus tidak makan daging sapi.
    Tapi memang sotonya sangat segar Mbak. Dan soto itu makanan nusantara yang setiap tempat punya ciri khasnya

    ReplyDelete
  28. Enaknyaaa~
    Soto ini ragamnya banyak dan masing-masing memiliki ciri khasnya yaa..

    Apakah soto Kudus juga ditaburi bubuk koya?

    ReplyDelete
  29. Setaku kalau di Kudus rata rata soto Kudus selalu pakai daging kerbau, mba. Enak dan bikin nagih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba Lid kebanyakan kerbau yang aku tahu juga beberapa kali ke Kudus ak juga incipnya kerbau

      Delete
  30. Saya suka banget sama Soto Kudus ini. Karena light jadi cocok buat sarapan apalagi biasanya porsinya sedikit. Di dekat rumah ada yang enak nih, dan sebelum pandemi pasti ramai tiap weekend.

    ReplyDelete
  31. Kesukaanku nih soto kudus enak pisan dan makanan pendampingnya banyak, kekurangannya mangkoknya ciliik.. Hihihi..

    ReplyDelete
  32. Wah jadi ingat dulu kalau pulang kampung pasti lewat kudus dan ngak lupa kulineran dulu makan soto kudus, tapi sejak ada tol trans Jawa, udah ngak pernah lewat kudus lagi. Aku suka banget soalnya sotonya ada dagingnya lembut banget.

    ReplyDelete
  33. Di Bandung ada tempat langgananku restoran Soto Kudus namanya, ramai banget. Huhuuu ternikmat apalagi kalo disantap pas malam hari atau ketika ujan2 atau cuaca bandung yang dingin, yummy..

    ReplyDelete
  34. kalau di sini soto itu bersantan di sana sotyo kudus rada bening ya mak miri soto bogor yang bening banget. kalau ini masih rada kabur warna kuahnya
    enak ini dimakan anget-angert slurrrpppp

    ReplyDelete
  35. kalo ke Kudus, awajib banget nyobain soto ini tapi dengan kemajuan teknologi kuliner dan banyaknya orang kudus di mana-mana, kita bisa menikmati soto ini d mana saja termasuk di Bengkulu

    ReplyDelete
  36. Aku tuh kalo makan soto ga suka dikasih toge, tapi kalo makan soto kudus selalu enak aja pake toge, porsinya yang kecil bikin aku ga bisa makan cuma semangkok pasti 1 setengah mangkok separuhan sama papa dulu kalo gak ya adek. Ah kalo inget soto ini inget papa soalnya dulu pas masih sama2 kerja sebelum papa pensiun suka mampir nyoto kudus sebelum pulang di daerah Duren Sawit sambil nunggu macet ilang.

    ReplyDelete
  37. Aku termasuk pcinta soto, mulai dari soto bening sampai soto yang kuahnya bersnta. Soto kudus ini seger banget ya mbak, apalai kalau dikucurin jeruk nipis makin maknyus

    ReplyDelete
  38. Baca review soto kudus auto ngiler hahaha penasaran pengen cobain sendiri rasanya gmna tp dsni gk ad soto Kudus mba huhu

    ReplyDelete
  39. Soto Kudus itu emang khasnya pakai daging kerbau. Saya pas pertama makan di warung soto Kudus, kaget karena ukuran mangkoknya kecil hehehe...

    ReplyDelete
  40. Dududuh, enak banget ini kayaknya. Aku belom pernah nyicip nih Soto kudus. Palingan Soto Surabaya aja selain Soto Bandung. Kudu nyicip nih biar tahu rasanya. Aku kayaknya bakal ditambah sambel yang banyak biar Jos. 😁

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.