Kangen Traveling, Yuk Jalan-Jalan ke Balikpapan

Bila pandemi berakhir, tentu traveling menjadi pilihan utama bagiku.  Nggak usah jauh-jauh dulu pake nyebrang lautan alias lintas pulau.  Cukup nengokin provinsi tetangga ajalah.  Pilihanku kali ini adalah Kota Balikpapan alias 'kota minyak' atau Banua Patra yang berada di Kalimantan Timur.

reddoorz-1

Kalo diitung-itung, udah 20 tahunan tuh nggak pernah lagi nengokin Balikpapan, padahal provinsi tetangga.  Tinggal naik bis aja atau kalopun dananya cukup, pake pesawat terbang pun oke. 

Berdasarkan pengalaman, berhubung udah pernah sekali traveling ke Balikpapan, yang aku inget banget kota ini berada di tepi laut.  Di bagian kotanya aja udah berada di pesisir pantai.  Asyik kan. Gak usah pergi jauh kalo mau ke pantai.  Justru tinggal ke pusat kota.


Kuliner Utama Tentu Seafood

Seafood alias kuliner berbahan pokok apapun dari laut tentunya menjadi kuliner utama dong di Balikpapan.

Udang goreng adalah kuliner pertama yang menyapaku saat pertama kali ke Balikpapan.  Aku pun cuma bengong saat itu sewaktu makan bareng keluarga teman, berhubung nginepnya di rumah ortunya teman.  Akhirnya dengan malu-malu dan merasa nggak enak hati sebenarnya, aku pun bilang nggak bisa makan udang karena alergi. Duh, untung ada ikan asin, juga tempe dan tahu.  Langsung deh dimasakin lagi oleh ibunya temen.

Jadi, kalo traveling aku tentu pengennya bisa pilih makanan sesuka hati.  Berarti kalo di Balikpapan tentunya milih seafood yang bukan udang dan kepiting.  Ampun deh kalo aku mengonsumsi dua makhluk ini langsung diserang gatal pada bagian mulut juga mual dan bisa saja disambung dengan muntah.

Penggemar Kuliner Wajib Tau

Penggemar kuliner wajib tau nih apa saja jenis kuliner favorit dan di mana bisa menikmatinya di Balikpapan. Apalagi kalo yang nasibnya seperti aku, yaitu alergi pada jenis seafood tertentu, nggak langsung shock gitu loh.  Intinya masih ada banyak pilihan jenis makanan yang bisa dinikmati.

Kalo aku pribadi, berhubung hanya 2 makhluk itu yang membuatku alergi, jadi kalo ada cumi goreng tepung, ikan laut baik digoreng atau dibakar - ikan bawal pastinya enak banget tuh! Selain itu ada kerang rebus.  Wah mantap!

Selain makanan laut? Jelas ada dong.  Bagi yang suka ayam goreng lalapan, bakso, nasgor, migor, bahkan Coto Makassar, jangan khawatir ya.  Yakin pasti ketemu deh dan bisa menikmatinya selama di Balikpapan.  

Oya, sudah pernah makan Mantaw?  Kue semacam bakpao tapi tanpa isi sama sekali.  Menikmatinya bisa sambil ngopi.  Selain itu, bisa juga ditemani dengan masakan sapi lada hitam.  Minumannya ya gantilah ya dengan yang lain.  Air putih aja gimana? Atau teh hangat / es teh tawar.  Jadi klop nih, mantau sebagai sumber karbohidrat, ketemu dengan daging sapi lada hitam yang berisi protein plus lemak dan minumannya yang tawar aja.  Mantaw ini kuliner yang hits di Balikpapan. 

Jadi bagi yang hobi penikmat kuliner seperti aku tentu semangat nih ya, bisa-bisa kepingin juga jalan ke Balikpapan.  Sebab jenis kulinernya beraneka ragam.

Harus Kemana Untuk Menikmati Kuliner

Nah, jelas harus tau nih di mana kah kita bisa menikmati kuliner selama di Balikpapan. Kita bisa saja mengunjungi berbagai restoran yang ada, juga ada pusat-pusat kuliner baik di mal ataupun di lokasi-lokasi tertentu.

Sewaktu pertama kali ke Balikpapan, aku nggak ada makan di resto.  Maklum saat itu masih berstatus mahasiswi dengan budget terbatas.  Lupa juga nih apakah sempat makan di mal, karena yang aku ingat hanya keindahan pemandangan pantai berhubung malnya berada di tepi pantai. 

So, yuk ubek-ubek di dunia maya supaya tau di mana aja lokasi asyik untuk kulineran selain di resto dan mal.  Informasi yang aku dapatkan untuk menikmati kuliner:

πŸ‘‰ Warung kaki lima kantor pos Klandasan.
πŸ‘‰Depot Simpang Empat - untuk menikmati mantaw kukus & goreng bareng sapi lada hitam
πŸ‘‰ Kuliner malam terminal Balikpapan Permai
πŸ‘‰ Depot Miki - Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir
πŸ‘‰ Kedai Kopi Mantaw - sebelahan dengan Depot Miki
πŸ‘‰ Coto Makassar Hj.Judding - Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, dan seterusnya.  

Sambil jalan juga nanya-nanya dengan para penduduk tentu kita juga bisa mendapatkan informasi tentang lokasi kuliner bahkan jenis kuliner favorit lainnya.

Kita Nginep di Mana?

Aku nih memang ya urusan perut duluan yang dipikirin juga disiapin.  Lah, urusan nginep gimana?  Udah dibooking duluan dong ya - itupun kalo di masa peak season alias masa liburan lagi rame-ramenya.  Bisa-bisa nggak kebagian tempat nginep kalo nggak booking duluan.  Beda kalo travelingnya pas nggak di musim liburan.  Jadi bisa santai dan sembari jalan-jalan cari hotelnya.

Supaya nggak nge-blank, bisa nih kita nyari hotel di Reddoorz. Berhubung kita di Balikpapan jadi klik πŸ‘‰ hotel di Balikpapan ya.  Puas deh bisa pelajari dulu nih hotel mana yang menjadi pilihan kita.

reddoorz-2


Kenapa Pilih Reddoorz

Karena dipastikan kita bisa menikmati yang membuat kita nyaman selama menginap di hotel yang kita pesan dari Reddoorz. Apa saja sih yang biasanya membuat kita nyaman?  Tentunya fasilitas kamar yang oke selain bersih dan nyaman. Juga kita bisa memilih sesuai budget.  Wifi gratis, kebersihan kamar yang optimal juga tempat tidur yang nyaman plus ketersediaan air mineral.  Kamar mandi? Ya ada juga dong.

Selain kondisi kamar yang sip, tentunya hotel berlokasi di daerah yang nggak sepi-sepi banget.  Jadi dengan adanya website dan aplikasi dari Reddoorz kita bisa pelajari lokasi hotel berada di mana, selain fasilitas yang disediakan di kamar juga harga.  Kalo udah merasa sreg, kan bisa langsung booking tuh, jadi begitu nyampe di Balikpapan langsung deh cus ke hotel.  Nggak perlu lagi capek nyari-nyari.

Jalan-Jalan Yuk!

Kuliner favorit serta tempat di mana bisa menikmati kuliner tersebut udah tau. Hotel yang nyaman juga udah booking melalui Reddoorz. Jangan hanya ke mal aja dong selama di Balikpapan, tapi kita kunjungi berbagai objek wisata yang ada.  Kalo nggak mau yang di luar kota, ya cukup yang di dalam kota aja.

πŸ’« Masjid Agung At -Taqwa

Masjid ini termasuk bangunan bersejarah, karena didirikan pada tahun 1940'an.  Pendirinya yaitu masyarakat Balikpapan di antaranya Habib Ghasim Bahasim, Habib Ali Assegaf, H.Abdul Malik, H.Kiai Kintang dan seterusnya.  Lokasi mesjid ini awalnya di tepi pantai dan dikenal sebagai Pasar Klandasan Ulu.  Untuk menghindari abrasi pantai, mesjid ini pun dipindah ke wilayah daratan (Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulul).

πŸ’« Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center

Arsitekturnya menyerupai Masjid Nabawi di Madinah.  Keren dong ya. Masjid ini didirikan pada tahun 2017.  Jadi bagi yang pengen serasa beribadah di Masjid Nabawi boleh deh ke Masjid Madinatul Iman yang berada di Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

πŸ’« Monumen Makam Jepang

Monumen ini berlokasi di Pantai Sosial, Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur. Bangunan historis ini sebagai simbol bahwa di situ dulu adalah kuburan massal tentara Jepang yang tewas saat melawan tentara Australia yang mendarat di Balikpapan. 

Jadi ceritanya posisi Jepang di sini ingin mempertahankan Balikpapan yang berhasil mereka rebut Belanda agar tidak dikuasai oleh Australia yang merupakan bagian dari tentara sekutu. Peristiwa pertempuran terjadi antara 26 Juni - 15 Juli 1945.

πŸ’« Taman Bekapai

Pengen ngerasain nongkrong di taman yang ada di Balikpapan, boleh dong ke Taman Bekapai.  Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu.  Pemandangannya bikin segar mata nih karena banyak tumbuhan hijau, pepohonan juga ada air mancurnya.  Selain itu kalopun pengen jajan, ya tinggal beli di para penjual cemilan yang ada di taman itu.

πŸ’« Dahor Heritage

Unik loh museum yang satu ini karena berbentuk rumah panggung.  Bangunan ini awalnya adalah rumah untuk para pekerja kilang minyak di masa kolonial Belanda yang dibangun di tahun 1900'an.  Kemudian akhirnya dijadikan museum dan di dalamnya terdapat foto-foto bersejarah juga perpustakaan yang berisi koleksi tentang sejarah migas di Balikpapan dan Balikpapan sendiri.  Lokasinya berada di Jalan Dahor no.1, Baru Ilir, Balikpapan.

πŸ’« Ke Pantai Yuk

Banyak pantai di Balikpapan.  Jangan-jangan hotel kita berdekatan dengan pantai nih hehe.  Jadi di daerah kota pun kita bisa mengunjungi pantai. Ada pantai Monpera, Banua Patra, Kemala dan seterusnya.

πŸ’« Saatnya Shopping Juga Beli Oleh-Oleh

Kalo oleh-oleh aku sih beli'in peyek dan abon kepiting juga Mantaw.  Peyek dan abon kepitingnya akan aku kasih ke keluarga terus Mantawnya kayaknya buat aku aja deh ya hehe. Selain itu juga beli kaos yang ada tulisan Balikpapan.  Oya, batik Kaltim jangan lupa. Motifnya dan warnanya unik loh. Sarung khas Kaltim juga oke. 

πŸ’’πŸ’’πŸ’’

Jadi demikianlah, aku akan traveling ke Balikpapan begitu pandemi telah tuntas. Kamu juga pasti bakal traveling juga kan. Yuk cuss kita traveling.




Post a Comment

22 Comments

  1. Dududuuuuu Balikpapan itu kota kelahiranku!
    Iya di sana Coto makassar - kepiting lada hitam - dan Soto Banjar nya itu the best! Buatku loh yaaa....

    jadi kangeeeeen Balikpapan!

    ReplyDelete
  2. Hmmm, dibawa jelong jelong ke Balikpapan, asiknyaaa.
    Dan menikmati seafood itu Ternikmat, wiskul yang ditunggu tunggu yaa, nah kalo aku suka udang sama ikan aja.
    Belom pernah ke sanaaa, next smoga bisa mampir menikmati wisata alam dan kulinerannya.

    ReplyDelete
  3. Jadi kangen kepitingnya Balikpapan deh mbak. Kalo ke Balikpapan atau ada temen dan saudara yg ke sana pasti deh nitip kepiting. Pantainya juga kece2.di sana

    ReplyDelete
  4. Wah sama mba aku juga alergi sea food. Tapi aku semua hampir ga bisa di makan
    Kota Balikpapan yang aku tau jadi salah satu pusat bisnis dan industri di Pulau Kalimantan. Tapi , ternyata Balikpapan juga menyimpan banyak tempat wisata yang menarik ya

    ReplyDelete
  5. Aku pernah singgah di kota Balikpapan waktu suami aku kerja di Kalimantan, kota sdh maju dan kuliner nya ditempat ini sangat banyak berjejer dipinggir kota.

    ReplyDelete
  6. aku belum pernah ke pulau Kalimantan lho mak, pengen sekali mengunjungi salah satu kota ataupun destinasi wisata di sana termasuk Balikpapan tentunya

    ReplyDelete
  7. Ternyata Balikpapan menawarkan banyak sekali destinasi ya, baik destinasi wisata maupun kuliner. Pengen suatu hari nanti bisa ke kota-kota di pulau-pulau Indonesia. Seneng banget pasti. Pilihan tempat menginapnya juga banyak ragamnya.

    ReplyDelete
  8. Aku meski bolak balik balikpapan dan tinggal di samarinda, tapi gak pernah makan mantaw, wkwkwkwk kue kaya apakah rasanya jadi penasaran. Akupun kangen loh ke balikpapan, pengen kesana juga kalo ada kesempatan

    ReplyDelete
  9. Tiap mau ke Balikpapan teman²ku selalu ngingetin buat makan Mantaw, tapi ga jadi2 mulu. Soalnya kalau ke sana pasti langsung melipir makan kepiting 😁
    Ada resto kepiting terkenal di sana, yang ga pernah aku lewatkan kalau sedang ke Balikpapan.

    Penginapan RedDoorz sering jadi pilihan karena nyaman dan harganya ekonomis 😍

    ReplyDelete
  10. Kuliner Balikpapan beragam ya, terus kalau mau menginap nggak pusing lagi ada Red Doorz di tiap kota,

    ReplyDelete
  11. Belum pernah ke Balikpapan, jadi pengen ngelencer nih ntar kalau udah pandemi selesai, btw mau kulineran seafood juga nanti kalau beneran bisa main kesana

    ReplyDelete
  12. Penasaran banget Balikpapan tuh gimana kotanya. Kakak sepupu ada yang tinggal disana dan suka ngajakin ke Balikpapan. Sayang banget lagi pandemi nggak bisa kemana-mana.

    ReplyDelete
  13. Balikpapan, saya kesana cuma mendarat aja, Mba.. lanjut ke Samarinda. Duh kangen banget deh mau ke Kalimantan. Sekarang seperti apa ya?

    ReplyDelete
  14. Wah, jadi ngiler denga kuliner Balikpapan juga mupeng dengan list jalan-jalannya. Suamiku pernah OJT di Balikpapan 6 bulan waktu masih lajang, jadi aku cuma dapat cerita deh. Semoga satu waktu bisa ke sana sekeluarga dan nginepnya di RedDoorz yang nyaman dan harganya aman pasti

    ReplyDelete
  15. Kalau ke Balikpapan, belum kepikiran soalnya kan luar Jawa. Tapi memang kudu banyak persiapan termasuk memilih tempat penginapan. Kudu nyari website yang oke kaya Reddoorz

    ReplyDelete
  16. Saya bayangkan gurihnya abon kepiting, lah dimakan langsung saja gurihnya tak terkira apalagi kalau jadi abon.
    Emang ya Balikpapan terkenal dengan kuliner seafoodnya.
    Semoga suatu saat saya bisa berkunjung ke Balikpapan.

    ReplyDelete
  17. Sama mbak.
    saya juga kangen banget sama traveling
    apalagi dulu, biasanya emang selalu menginap di hotel RedDoorz

    ReplyDelete
  18. Aku belum pernah ke Balikpapan Mak, baca postinganmu jadi dapat insight baru dan semangat buat bisa ke Balikpapa, salah satu kota yang sejak SD aku kepin , namanya kan unik

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah ke Balikpapan sebelumnya walaupun saudara aku sendiri rumahnya di Balikpapan tapi kayaknya seru banget sih bisa jalan-jalan ke Balikpapan

    ReplyDelete
  20. Nah ini...
    Sudah ada rekomendasi kuliner yang mantap di Balikpapan.
    Seru banget kalau sudah selesai pandemi dan menginapnya di Red Doorz.

    ReplyDelete
  21. Balikpapan ini wiskul nya campuran Banjar Kalsel dan Bugis donk ya Mba? Jadi berasa jalan2 ke Sulawesi deh, hihi. Penasaran Bpp se metropolitan apa sih dengar ibukota Kaltim kalah megah

    ReplyDelete
  22. Pengen banget ke Balikpapan, sepengen itu karena banyak temen disana pengen ketemuan, pantainya indah-indah ya, sempga segera berakhir pandemi ini biar aku ke Balikpapan huhuhu, boljug tuh booking hotelnya via Red Doorz

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.