Tongseng Ayam Maknyos

Tongseng ayam pedas. Oke, kali ini Emak bukan mau berbagi resep dan cara masak tongseng ayam ya.  Emak akan review tentang tongseng ayam pedas yang baru aja diicip pada sebuah restoran di mal dan dikenal selalu menyajikan kuliner nasional alias masakan Indonesia.  Pada kenal kan dengan resto Cabe Merah?  Emak suka nih makan di situ.

tongseng ayam


Sore itu perut Emak krucuk-krucuk pas nemenin ananda maen di mal, minta tambahan rupanya.  Siang udah makan sih, tapi porsi dikit aja. Jadi Emak pikir kalo sore ini makan, seenggaknya malam pasti udah kenyang.  Kalopun laper paling akan kenyang kalo makan kue-kue gitu.

Melipirlah lah Emak ke Cabe Merah. Duduk manis di bangku yang masih kosong.  Kondisinya saat itu sekitar 90% terisi tuh meja & bangku di situ.  Pelayan pun gercep melayani, menyodorkan list menu dan meninggalkan Emak sejenak supaya Emak bisa mikir dengan tenang mau makan apa wkwkwk.

Berhubung stok daging lagi kosong, akhirnya Emak pun milih menu ayam.  Ayam goreng?  Ah males. Saatnya nyicip ‘tongseng ayam’ nih.  Dulu banget pernahnya nyicip tongseng kambing.  Kalo ayam belum pernah.  Ok, it’s time for icip-icip.

Tongseng Ayam Pedas Bikin Semangat

Iya, semangat makan hahaha.  Jadi, begitu tongseng ayam disajikan, Emak sejenak mengamati sambil mengaduk & menyendok kuah.  Pengen tau apa aja yang tersembunyi di bawah kuah bersantan ini. Emak pun jelas nemu:

  • kuah kuning bersantan
  • ayam yang disuwir dengan ukuran agak besar
  • taburan bawang goreng, irisan daun bawang & tomat; yang ngeliatnya pun bikin mata seger

Oke, jadi berhubung kuah dan nasi pisah, jadi Emak nyendok isi mangkuk tongseng untuk dipindah ke piring nasi.  Duh, nikmat banget loh pada suapan pertama, lanjut deh pada suapan berikutnya.  Rasa tongseng ayam ini, walopun bersantan tapi kuahnya tuh terasa gurih.  Trus seimbang rasa manis & asinnya, jadi pas banget dengan lidah Emak.

Suapan keempat nih yang bikin kaget hahahaha... Emak nggak nyangka diantara irisan daun bawang yang bulet-bulet printil gitu ternyata ada irisan cabe juga.  Hebatnya, tuh irisan cabe undercover loh, jadi siap-siap aja dengan sensasi pedas yang tiba-tiba.  Bagi yang demen pedes pastinya semangat dong ya nyendokin kuahnya buat nyari irisan cabe yang hampir mirip irisan daun bawang.  Nah, kalo Emak kan taraf setengah-setengah. Jadi yang ada malah aware nih, itu tadi nyendok daun bawang atau irisan cabe, karena udah terjebak dalam satu suapan. Pedesnya wooo maknyosss bener dah!

Kandungan Nutrisi pada Tongseng Ayam

Kita kudu tau nih apa aja kandungan nutrisi di balik kelezatan tongseng ayam. Ok, ngulik dari bahan dasar dulu ya.

Ayam  

Tongseng ayam jelas berbahan dasar daging ayam.  Nutrisi yang terkandung pada daging ayam dalam per 100 gram yaitu:

Tongsen Ayam

  • Kalori (kcal) 239
  • Jumlah Lemak 14g ; Lemak Jenuh 3.8 gr, Lemak tak jenuh ganda 3 gr, Lemak tak jenuh tunggal 5gr
  • Kolesterol 88 mg
  • Natrium 82 mg
  • Kalium 223 mg
  • Protein 27 mg
  • Vitamin D 2 IU
  • Vitamin B12 0,3 ยตg
  • Zat besi 1,3 mg
  • Vitamin B6 0,4 mg
  • Magnesium 23 mg

Santan kelapa.  

Halodoc memaparkan bahwa dalam 1 cangkir santan mengandung:

  • Kalori: 445 gram.
  • Air: 164,71 gram.
  • Protein: 4,57 gram.
  • Lemak: 48,21 gram.
  • Karbohidrat: 6,35 gram.
  • Kalsium: 41 miligram.
  • Potasium: 497 miligram.
  • Magnesium: 104 miligram.
  • Zat besi: 7,46 miligram.
  • Vitamin C: 2,30 miligram.

Tongseng Ayam

Jangan juga anti dengan masakan bersantan.  Ternyata santan pun bermanfaat untuk:

  • Menurunkan berat badan (woow..) karena menurut para peneliti mengandung senyawa MCT (trigliserida rantai menengah) yang dapat memicu produksi energi melalui thermogenesis
  • Menyehatkan jantung.  Yup, santan menyehatkan jantung asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, karena kalo minyak kelapa menurut penelitian mungkin tidak meningkatkan LDL (kolesterol jahat), tetapi cairan dari kelapa mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Santan termasuk cairan dari kelapa tersebut.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada penelitian yang pernah dilakukan ternyata kelapa mengandung lipid yaitu asam laurat. Senyawa ini mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi, artinya mampu mendukung kekebalan tubuh.

Sayur & Rempah-Rempah

  

Tongseng Ayam

Berbagai rempah tentunya memiliki manfaat bagi kesehatan selain menambah cita rasa makanan.  Pada tongseng, sayurannya berupa daun bawang, irisan tomat, kol & cabe. Rempahnya yaitu selain bawang merah dan putih, juga ada kemiri, ketumbar, jintan, merica, kunyit dan jahe.

๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข

So, gimana? Apakah ada rencana memasak tongseng ayam atau pergi cus ke resto untuk icip langsung?  Ok, tunggu review kuliner selanjutnya dari Emak ya.


Post a Comment

38 Comments

  1. Kalau makan yang pedas-pedas memang mengundang selera tapi sayangnya sekarang ini saya dilarang makan makanan yang pedas-pedas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalo saya nggak dilarang tapi memang nggak terlalu suka yang pedes banget

      Delete
  2. tongseng ayam ini sukaan anak2 banget. asal ga kebanyakan santan, mereka oke.
    tp emang bagus sih buat badan jg ini

    ReplyDelete
  3. aduh, pas banget lg ada santen sama ayam di rumah. jadi pengen masak tongseng juga. ini enak banget pasti mbak, apa lg hujan² gini..

    ReplyDelete
  4. Pas banget aku paling favorit makan tongseng. Tapi sukanya tuh tongseng kambing atau sapi, jujur malah belum pernah ngerasain tongseng ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh yang ayam, nggak kalah enak sebenarnya

      Delete
  5. Akuu suka Tongseng, tapi biasanya kambing, itu pun belii, belom pernah bikin.
    Nah ini baru kalo tongseng ayam, gampang juga yaak bikinnya. Duh hujan2 begini jadi mau tongseng ayaaam.

    ReplyDelete
  6. ya ampun aku jadi inget udah lama pisan euy gak makan tongseng Ayam, beuh itu ya sedep banget kalo pedes trus tambahin kecap

    ReplyDelete
  7. Tongseng ayam favoritku Mbaa, jarang makan tongseng kambing malah, ayam lebih enak menurutku apalagi kalau pedas, wuaaah selera lidahku banget, hihi.

    ReplyDelete
  8. Aku ga pernah makan tongseng ayam Mba, seringnya tongseng kambing. Sekarang susah dapat warung tongseng yang rekomended deh.

    ReplyDelete
  9. Betul kalo masakan bersantan kudu dibarengin dengan rempah yang melimpah soalnha selain untuk rasa, juga untuk menurunkan efek buruk santan... Duh tongseng enak banget, tapi aku sukanua tongseng kambing hehehehe

    ReplyDelete
  10. Wah aku belum pernah nih masak tongseng ayam...Boleh dicoba kayaknya...secara keluargaku suka sama tongseng.

    ReplyDelete
  11. salah satu komentar yang sering aku tulis di review makanan adalah "bersyukur sudah makan saat baca ini." Haha, ini jujur, soalnya kalau belum makan dan baca review makanan, biasanya perut auto krucuk2 hihih...
    Tongseng aku sukaaaa mbak. Tapi kadang ga pake santan juga sih bikinnya.

    ReplyDelete
  12. Aah...kebayang kenikmatan masakan tongseng di saat Bandung sedang rajin hujan begini.
    Pasti rasanya hangat di tenggorokan yaa..

    ReplyDelete
  13. Santannya agak kekuningan ya mbak?
    Kalau tongseng di tempat asalku lebih gelap karena pakai kecap :D
    Iya ya santan tu selama ini kedengeran buruk2 padahal manfaatnya juga banyak. Kalau kita bikin nasi uduk dicampur santan gtu katanya emang akan sedikit berkurang kadar gulanya apa ya? Lupa2 inget makanya lbh baik makan nasi uduk ketimbang nasi putih biasa, lupa alasan sebenarnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, gitu mbak April? Kalo aku mah taunya makan aja wkwkwk

      Delete
  14. Baru tahu kalo ayam bisa di tongseng, biasanya ayam paling di goreng atau di kecap. Enak juga ayam tongseng ya.๐Ÿ˜ƒ

    ReplyDelete
  15. Wah baru tau santan bisa menurunkan berat badan. Selama ini karena lemak dikira bakal bikin ndut. Fotonya bikin ngiler

    ReplyDelete
  16. Sedapnya oiiyy membayangkan makan tongseng ayam ini. Paduan rempahnya itu yang bikin sedap banget ketika menyantap nasi hangat plus tongseng ayam, hmmm...

    ReplyDelete
  17. Saya juga fifty-fifty sama makanan pedas, suka tapi terkadang perut tidak bisa menahan, jadi mules deh, hahhah.

    Btw, saya sepertinya belum pernah icip-icip tongseng sama sekali, *baru keluar dari gua*. Jadi kepingin deh, sepertinya enak ya, Mbak.

    ReplyDelete
  18. Makanan pedas cocok banget dimakan saat udara syahdu kayak.gini. kejutan cabainya bisa membikin mata melek dan semangat lagi

    ReplyDelete
  19. wiiiih tongseng emang salah satu makanan favoritku nih, enak tuh anget-anget pake nasi mantaap, gurih-gurih sedap

    ReplyDelete
  20. Akuuuuu donk, doyan banget makan tongseng ayam, apalagi kalo super hot dan pakai potongan daun bawang. AKu ga suka daging kambing soalnya hihihihi. Rempah2 pada kuah tongseng tuh kudu habis diseruput pastinya wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  21. Kuliner Indonesia sungguh beragam khas dan citarasa, belum lengkap klo belum merasakan masakannya...

    ReplyDelete
  22. Sepertinya saya coba masak di rumah aja. Hahaha... Secara di Cianjur Selatan ini kampung, mau beli kemana coba? Hehehe
    Terimakasih resepnya. Coba praktikkan kapan kapan kalau sudah da semua bahannya

    ReplyDelete
  23. Kalau saya biasanya beli ayam tongseng, dan juga pedas hahaha.
    Belum pernah masaknya, soalnya anak-anak picky banget makannya, kan sebal udah lama ngedapur, tapi nggak di makan.

    Btw liat ini kok ya jadi pengen makan tongseng pedes juga ya :)

    ReplyDelete
  24. baru tau tongseng ayam. biasanya cuma jajan tongseng kambing
    bikin ah
    Ayamnya kan mudah dibeli, resepnya cari di you tube :D

    ReplyDelete
  25. Wah ulun kalau ke cabe merah biasanya pesan tongseng jua, ka. Enak tongseng di situ soalnya

    ReplyDelete
  26. hihihi... sebel ya kalau lagi enak-enak makan terus tiba-tiba kegigit tuh irisan cabenya. Saya sering gitu mbak kalau lagi makan mie pangsit, cabenya utuh pula, cabe rawit ijo. Kirain batang sawi.

    Saya belum pernah makan tongseng ayam, biasanya klo tongsing kan daging kambing ya

    ReplyDelete
  27. Waduh cabe undercover. Jozz. Belum pernah nih Tongseng Ayam. Seringnya Tongseng Kambing, tapi aku ga pakai santan sih. Pakai kecap. Beda resepnya kayaknya nih. Kapan² nyoba ah Tongseng Ayam...

    ReplyDelete
  28. Wahh, kebetulan banget di kulkas ada ayam mentah
    pengin segera EKSEKUSI ahhh :D
    Makasiii resepnya yak.

    ReplyDelete
  29. Tongseng itu masakan tasty yang kaya rasa banget. Apalagi jika disajikan/dimakan dalam kondisi masih hangat. Nasipun bisa berpiring-piring itu hihihi.

    Biasanya sih saya makan tongseng kambing atau sapi. Ntar mau cobain yg ayam ah. Makasih loh resepnya

    ReplyDelete
  30. Kalau anti santan memang sebaiknya sih jangan ya, karena ada kandungan manfaat di sana. Palingan bisa dikurangi aja penggunaannya atau jangan terlalu sering konsumsinya

    ReplyDelete
  31. Tapi rasanya rada mirip sama masakan Padang... Soalnya ekspetasi tongsengnya g pake santen wkk

    ReplyDelete
  32. waduh cabe undercovernya itu yang suka ngagetin...langsung mak nyoss, pedessnya ke lidah terasa. Btw, aku lebih suka tongseng kambing, Mak. Kalau di jual sate jenis ini yang umumn..jarang makan tongseng ayam. Kebayang enak pedasnya

    ReplyDelete
  33. Yeaaay, dapat resep tongseng ayam! Makasih, Kakak, udah lama banget ini pengen bisa bikin sendiri. Thanks again utk resepnya, Kak!

    ReplyDelete
  34. Masakan tongseng ayam adalah salah satu menu favorit. Saya biasa beli di warung makan langganan. Btw, kebayang deh pas lagi enak2 makan tongseng ayam tergigit cabai pedas undercover. Wadaww.. Pedasnya.. Haha..

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.