Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Kegunaan Remittance dalam Kehidupan Sehari-hari

Remittance merupakan pengiriman atau transfer dana dari dalam ke luar negeri ataupun sebaliknya. Setiap bank biasanya sudah memiliki layanan transfer dana dari dan ke luar negeri. Layanan ini selain bermanfaat untuk membantu pekerja di luar negeri yang ingin mengirim uang kepada keluarganya di Indonesia, ternyata ada banyak kegunaan lain yang perlu untuk Anda ketahui.

remittance-1
Sumber:freepik.com

Salah satu contoh manfaat dari adanya layanan ini adalah ternyata juga bisa menambah penghasilan negara. Beberapa negara berkembang akan mendapatkan pemasukan dari layanan tersebut.

Banyak negara yang menerima remittance dalam jumlah yang besar, apalagi jika negara tersebut merupakan negara maju.

Jenis-Jenis Remittance dan Manfaatnya

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat dari layanan ini, Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa jenis remitan yang tersedia. Berapa jenis tersebut di antaranya:

1. Outgoing/Outward Remittance

Outgoing remittance adalah layanan pengiriman dana dari dalam negeri ke luar mata uang lokal yang dikirimkan nantinya akan sampai ke sana dalam bentuk valas.

Manfaat layanan ini adalah memungkinkan nasabah yang ingin mengirim uang ke luar negeri kepada keluarga atau rekan yang ada di sana. Setiap melakukan pengiriman, nantinya akan dikenakan biaya layanan. Banyak bank yang berlomba menawarkan layanan terbaik dengan biaya yang tidak terlalu membebani.

2. Incoming Remittance

Berbeda dengan outgoing remittance, incoming remittance artinya layanan transfer dari luar negeri untuk orang atau penerima dari dalam negeri. Transaksi ini dari sana biasanya berbentuk valas dan sampai di sini menjadi mata uang lokal.

Manfaat layanan ini tentu saja memungkinkan orang yang berada di luar negeri untuk tetap bisa mentransfer uang kepada pihak di dalam negeri, misalnya saja seperti untuk keluarga.

Pihak penerima akan mendapatkan uang dalam bentuk mata uang lokal. Selain itu, negara juga akan mendapat pemasukan dari biaya yang dibayarkan oleh pengirim. Incoming remittance jumlah banyak akan memperbaiki perekonomian negara. Ini dikarenakan layanan ini memang menjadi salah satu sumber pemasukan terbesar bagi negara-negara termasuk negara berkembang.

Manfaat Remittance untuk Kehidupan Sehari-hari

Adanya layanan pengiriman uang ke luar negeri memang memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat. Seperti yang telah disebutkan tadi, remittance memberi manfaat bagi pekerja dari luar negeri yang ingin melakukan transfer ke dalam negeri atau sebaliknya. Namun selain itu, ada banyak manfaat lain yang juga perlu untuk diketahui di antaranya:

1. Jastip (Belanja di Jasa Titip Luar Negeri)

Layanan transfer uang ke luar negeri juga sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin berbelanja di luar negeri namun titip ke teman yang sedang berada di sana atau ke penjual khusus Jastip. Jasa titip belanja di luar negeri menjadi salah satu hal yang sering dilakukan di masa modern seperti sekarang ini. Anda bisa transfer uang ke teman yang sedang berada di luar negeri dengan memanfaatkan layanan ini

2. Biaya Sekolah Luar Negeri

Manfaat lain adalah membantu orang tua yang anaknya sekolah ke luar negeri untuk membayar biaya pendidikan. Banyak dari masyarakat Indonesia yang sekolah ke luar negeri Misalnya saja untuk menempuh S1 atau S2 di negara lain. Adanya layanan ini jelas sangat membantu.

3. Transfer untuk Kebutuhan Bisnis

Manfaat lain adalah membantu pengusaha yang ingin melakukan transfer ke client atau transfer untuk berbagai macam kebutuhan bisnis seperti transfer atau bayar tagihan vendor atau supplier yang ada di luar negeri.

Transfer Valas Melalui digibank by DBS

remittance-2
Sumber:freepik.com

Anda kini sudah mengetahui tentang apa itu remittance dan apa itu transfer valas. Di zaman seperti sekarang, untuk bisa transfer uang atau valas ke luar negeri tanpa harus keluar rumah. Namun bisa menggunakan layanan dari digibank by DBS. Anda bisa membuka websitenya di www.dbs.id.

Salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat terutama untuk transfer valas atau remittance adalah Aplikasi digibank by DBS. Setelah Anda terdaftar menjadi nasabah, maka bisa memanfaatkan aplikasi untuk kebutuhan transfer.

Hanya dengan membuka aplikasi, Anda bisa melakukan transaksi atau transfer valas dari mana saja dan kapan saja Anda butuhkan.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh nasabah ketika melakukan transfer valas atau remittance melalui digibank by DBS antara lain:

 1. Akses 24/7 

Keuntungan yang pertama adalah Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk transfer kapanpun selama 24 jam. Anda tidak harus membawa uang ke bank karena bisa melakukannya dari rumah melalui aplikasi.

 2. Gratis Biaya Transfer

Gratis transfer ke banyak tujuan bahkan sampai ke lebih dari 20 negara. Anda bisa mengirim dana dengan 7 macam mata uang secara gratis seperti SGD, USD, EUR, CAD, HKD, AUD dan juga GBP.

3. FX Rate Terkini dan Nilai Tukar Kompetitif

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, Anda akan menikmati transfer dengan biaya yang ringan. Layanan transfer uang ke luar negeri dari digibank by DBS memiliki FX rate terkini dan menjadi juara nilai tukar.

4. Kirim dan Sampai di Hari yang Sama

Kelebihan lain adalah setiap pengguna bisa menikmati transfer uang ke luar negeri dengan cepat. Misalnya Anda mengirim uang hari ini maka uang tersebut juga akan sampai ke tujuan hari ini juga selama transaksi dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Sekarang Anda sudah tahu tentang manfaat remittance dan di mana tempat terbaik untuk melakukan transfer ke luar negeri. Bersama dengan digibank by DBS, Anda bisa menikmati banyak layanan menarik dengan banyak keunggulan termasuk pengiriman uang ke luar negeri. 

Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

4 comments for "Macam-macam Kegunaan Remittance dalam Kehidupan Sehari-hari"

  1. Wah ternyata banyak ya manfaat digibank by dbs dalam pengiriman dana keluar negeri maupun sebaliknya, semoga banyak yg terbantu dg adanya fasilitas dr digibank

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata banyak ya manfaat digibank by dbs dalam pengiriman dana keluar negeri maupun sebaliknya, semoga banyak yg terbantu dg adanya fasilitas dr digibank

    ReplyDelete
  3. Saya pun jadi nasabah DBS dan selama ini lancar aja transaksi pakai DBS. bersyukur ada bank digital seperti DBS ini ya mbak.karena banyak fiturnya

    ReplyDelete
  4. wah keren ya digibank bisa mengirim uang ke luar negeri dan sampai di hari yang sama. jadinya nggak perlu takut ya kak kalau minta dikirimin uang ke luar negeri

    ReplyDelete