Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Waktu yang Tepat untuk Jual dan Beli Reksadana Pasar Uang

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari investasi Reksadana Pasar Uang. Tentunya Anda wajib untuk mengetahui kapan waktu yang tepat dalam melakukan penjualan aset. Pasalnya, jika Anda salah mengambil perhitungan bisa saja Anda tidak mendapatkan return yang optimal. Oleh karena itu, pastikan untuk melihat detail perkembangan dan waktu yang baik untuk segera melakukan penarikan.


reksadana-1
Sumber:freepik

Reksadana Pasar Uang disebut sebagai bentuk investasi dengan pergerakan aset paling stabil dibanding sektor lainnya. Selain itu keuntungan yang diberikan jauh lebih tinggi. Dan jika dalam kondisi darurat, Anda dapat menjualnya dalam beberapa waktu yang tepat.

Berikut 5 Waktu Tepat untuk Jual dan Beli Reksadana Pasar Uang

reksadana-2
Sumber:freepik


Bagi beberapa orang, mungkin waktu terbaik dalam melakukan transaksi jual beli akan berbeda-beda. Hal ini dikarenakan tujuan serta permasalahan masing-masing investor tidak sama. Namun, dalam kondisi tertentu Anda dapat menjualnya dalam waktu berikut ini :

1. Jual Saat Butuh Dana Cepat dan Beli Saat Ekonomi Stabil

Reksadana Pasar Uang memang menjadi aset investasi berharga untuk jangka panjang. Tetapi, dalam kondisi mendesak Anda dapat menjualnya. Pasalnya kebutuhan bisa datang sewaktu-waktu dan tidak bisa ditebak kapan akan tiba.

Untuk mendapatkan dana cepat, memanfaatkan uang yang Anda simpan dalam bentuk Reksadana merupakan pilihan tepat. Namun, cara ini sebaiknya Anda gunakan saat Anda sudah benar-benar tidak memiliki dana darurat yang bisa digunakan. Jika masih memiliki dana darurat, sebaiknya Anda pergunakan dulu dana darurat tersebut. Dengan kata lain, menjual Reksadana Pasar Uang menjadi pilihan terakhir yang harus Anda ambil.

Jika nantinya Anda telah dalam posisi stabil secara ekonomi atau finansial, maka Anda dapat segera melakukan pembelian produk Reksadana Pasar Uang kembali. Sebab, keuntungan yang diberikan sangat menggiurkan untuk dana darurat jangka panjang.

2. Jual Saat Tujuan Investasi Berhasil Didapatkan

Melakukan investasi dan mempelajari cara kerja Reksadana Pasar Uang tentu membuat Anda paham pentingnya menentukan tujuan investasi dari awal.

Ketika tujuan dari investasi yang Anda tentukan telah tercapai, misalnya seperti tujuan untuk dana pensiun, persiapan pendidikan anak, maupun property rumah, maka Anda dapat mencairkan dana investasi yang tentunya nilainya jauh lebih tinggi dibandingkan awal Anda memulainya.

Tetapi, jika Anda lebih tergiur untuk melakukan penanaman modal investasi kembali, maka tidak ada salahnya untuk memasukkan kembali keuntungan untuk membeli produk Reksadana Pasar Uang. Sehingga nantinya keuntungan menjadi lebih berlipat.

3. Jual Saat Ingin Mengganti Manajer Investasi

Setiap pergerakan investasi yang Anda lakukan dalam bentuk Reksadana tergantung pada kinerja Manajer Investasi. Sebab hal ini nantinya berpengaruh terhadap portofolio investasi. Apabila pergerakan tidak sesuai dengan keinginan, Anda tentu dapat melakukan pergantian Manajer Investasi.

Pada saat seperti ini, lebih baik lakukan pencairan dana dan memilih Manajer Investasi lain. Tentunya dengan rekam jejak yang lebih baik dari Manajer Investasi sebelumnya.

4. Melakukan Rebalancing Portofolio

Pada saat Anda melakukan investasi, tentu terdapat portofolio yang akan terpengaruh oleh kondisi pasar modal yang fluktuatif. Sehingga naik turunnya nilai investasi bisa saja terjadi. Untuk menyeimbangkan kondisi tersebut, Anda perlu melakukan rebalancing portofolio.

Di mana, umumnya langkah ini dilakukan setiap 6 bulan sampai 1 tahun sekali. Biasanya beberapa investor melakukan rebalancing ketika portofolio tidak memberikan target investasi signifikan. Beberapa dilakukan dengan cara menjual beberapa Reksadana dengan potensi terbaik kedepannya.

5. Menjual Reksadana Pasar Uang  yang Terus Mengalami Penurunan

Tujuan dari berinvestasi Reksadana Pasar Uang tentunya mendapatkan keuntungan. Namun, apabila tujuan tersebut tidak berhasil didapat, maka Anda pasti mencari tahu faktor apa yang menyebabkannya. Tetapi, cara paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menjual aset sebelum nilainya terus mengalami penurunan lebih dalam.

Cara ini banyak dilakukan oleh beberapa investor terdahulu untuk meminimalisir kerugian. Langkah berikutnya, investor akan membeli beberapa aset dengan pandangan lebih baik kedepannya. Bagi Anda pemula, tidak ada salahnya untuk menerapkan cara ini ketika mengalami kemunduran berlebih.

Investasi Reksadana Lebih Mudah Bersama DBS Treasures

Rekomendasi perusahaan dengan penerapan cara kerja Reksadana Pasar Uang terbaik adalah DBS Treasures. Perusahaan satu ini memiliki berbagai keunggulan yang tentunya memudahkan Anda untuk berinvestasi. Beberapa manfaat bisa Anda dapatkan bersama DBS Treasures sebagai berikut :

1. Investasi Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan dengan memilih DBS Treasures adalah pengelolaan dana bersama tenaga profesional terbaik. Pasalnya, perusahaan satu ini memiliki Manajer Investasi berpengalaman yang dapat mengoptimalkan kinerja produk pada dana Anda.

2. Fasilitas Pemanduan Berinvestasi

Tidak perlu khawatir untuk mulai berinvestasi. DBS Treasures memiliki tim ahli finansial yang andal dan proaktif. Di mana, perannya untuk membantu Anda dalam menganalisa pasar serta menyampaikan peluang terkini dari Reksadana Pasar Uang.

3. Pengelolaan Dana dengan Diversifikasi

Meminimalisir kerugian, DBS Treasures melakukan diversifikasi pada dana yang Anda titipkan. Nantinya pengelolaan dilakukan dengan cara menyebar dalam beberapa aset investasi.

Tidak hanya itu, DBS Treasures juga memberikan fasilitas kemudahan dalam bertransaksi. Di mana, saat ini seluruh akses dapat Anda lakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari proses analisa Reksadana  yang didukung oleh infovesta. Anda juga bisa mendapatkan kemudahan dalam transaksi jual, beli, maupun switching.

Selain itu, bagi investor baru DBS Treasures juga akan membantu pengeluaran SID (Single Investor Identification) oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) melalui Aplikasi digibank by DBS tanpa harus berpindah platform.

Berbagai fasilitas yang diberikan DBS Treasures sangat memudahkan Anda dalam melakukan investasi tanpa ribet. Oleh karena itu, tunggu apalagi pastikan untuk memilih DBS Treasures dalam proses investasi di Reksadana Pasar Uang.


Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

2 comments for "Kenali Waktu yang Tepat untuk Jual dan Beli Reksadana Pasar Uang "

  1. Saya jual reksadana kalau pas harganya naik dan udah lumayan cuannya, karena memang RDPU itu stabil dan naiknya dikit-dikit

    ReplyDelete
  2. Aku itu sebenernya pengen bgt belajar tentang reksadana gini mbak, bener2 masih awam bgt, tapi bingung belajarnya mulai darimana hahaha

    ReplyDelete