Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Financial Planning dan Investasi Reksadana yang Bisa Anda Pilih

Merencanakan keuangan tentu saja sangat penting bagi siapapun, berikut yang masih sendiri apalagi untuk yang sudah berkeluarga. Dalam perencanaan keuangan sendiri, ada istilah yang dinamakan piramida financial planning. Di mana di dalamnya ada beberapa urutan perencanaan keuangan yang benar dan tepat. 

financial-1
Sumber:freepik

Salah satu hal yang paling penting dalam financial planning sendiri adalah investasi. Di mana saat ini, pilihan instrumen investasi yang cukup banyak dipilih orang-orang adalah investasi Reksadana

Rencanakan Keuangan Dengan Metode Piramida Financial Planning

Jika mempelajari metode piramida financial planning maka ada 5 tahapan pembuatan perencanaan keuangan. Lima tahapan ini tentu harus Anda pelajari secara berurut, perencanaan keuangan yang diinginkan bisa terwujud dengan baik. Berikut lima tahapan dalam perencanaan keuangan menurut konsep piramida keuangan.

1. Penciptaan Kekayaan

Tahap yang pertama yaitu penciptaan kekayaan, dimana Anda harus bekerja untuk bisa menghasilkan uang. Di tahap ini Anda bisa mendapatkan penghasilan tidak hanya dari pekerjaan utama tapi juga dari passive income. Adapun untuk dapat menghasilkan uang, tentu saja Anda harus harus punya keterampilan dan mempelajari skill baru supaya tetap bisa bertahan di dunia kerja.

Tingkatkan terus kompetensi Anda dan keterampilan, bila perlu ikuti berbagai kursus dan pelatihan untuk bisa bekerja secara cerdas.

2. Perlindungan Kekayaan

Setelah Anda bisa menciptakan kekayaan dengan bekerja ataupun hal lain yang dilakukan, kini saatnya Anda melakukan perlindungan pada kekayaan yang didapatkan. Karena jika Anda tidak melakukan perlindungan pada pendapatan tentu saja, pendapatan tersebut bisa habis. Anda bisa menyisihkan kekayaan dengan menyiapkan dana darurat. 

Namun perlu diketahui, untuk persiapan dana darurat ini dilakukan setelah semua kebutuhan dasar sudah terpenuhi. Setelah itu proteksi penghasilan juga dilakukan dengan memiliki asuransi. Ada dua pilihan asuransi yang penting disini yaitu asuransi jiwa dan juga asuransi kesehatan. Jika memiliki anggota keluarga, tentu Anda tidak hanya memikirkan untuk asuransi diri sendiri tapi juga semua anggota keluarga. 

3. Akumulasi Kekayaan

Pada tahap ini, setelah Anda sudah memiliki pendapatan dan melakukan proteksi pada penghasilan saatnya Anda melakukan investasi. Investasi tentu saja sangat penting dilakukan untuk masa depan. Bagi yang sudah berkeluarga, maka Anda wajib menyiapkan dana pendidikan hingga dana pensiun.
 
Salah satu pilihan investasi yang mudah dilakukan dan banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, khususnya adalah investasi Reksadana. Investasi jenis ini dinilai paling fleksibel karena Anda bisa melakukan pembelian dan penjualan Reksadana hanya dengan memanfaatkan gadget saja.

Apa itu investasi Reksadana? Yaitu merupakan jenis investasi yang memang dipilih oleh masyarakat khususnya pemodal kecil dan para investor yang tidak punya waktu untuk mengelola investasinya. Baik karena masih awam di bidang investasi ataupun memang tidak punya waktu karena kesibukan dan hal lainnya. 

4. Akselerasi Kekayaan

Di tahapan ini tentu saja Anda sudah mulai lega dan bisa bebas memenuhi berbagai keinginan yang sempat tertunda, akibat pemenuhan tiga poin sebelumnya. Namun Anda tetap harus bijak dalam mengelola penghasilan baik untuk investasi Reksadana atau instrumen lainnya ataupun membangun bisnis.
 
Namun yang harus dipahami di sini melakukan investasi ataupun membuat bisnis pada tahapan ini sudah bukan lagi untuk kepentingan pribadi, tapi juga untuk kepentingan orang lain. 

5. Distribusi Kekayaan

Pada beberapa pembahasan lain tahapan ini juga disebut sebagai waris. Di mana Anda harus menemukan orang yang tepat untuk mengkonversikan kekayaan dengan jumlah yang tepat dan waktu yang tepat pula.

Perencanaan waris harus dilakukan secara tepat agar pendistribusian kekayaan Anda benar-benar ke orang yang tepat. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa berbicara soal warisan cukup tabu, apalagi di Indonesia. Ini sebenarnya tidak boleh diabaikan karena agar nantinya di masa depan tidak menimbulkan permasalahan. 

Apalagi seperti diketahui, yang banyak terjadi di Indonesia ketika orang orang tua yang sudah meninggal dan meninggalkan banyak kekayaan. Banyak masalah yang terjadi seputar harta warisan tersebut. Masalah ini banyak terjadi pola karena tidak jelasnya pembagian kekayaan. 

Investasi Reksadana Lewat digibank by DBS

happy-businessman
Sumber:freepik

Salah satu tahapan dalam pembuatan financial planning adalah melakukan investasi. Untuk Anda yang ingin investasi, maka paling aman saat ini adalah dengan memilih investasi Reksadana. Memilih Reksadana maka paling tepat untuk investasi lewat digibank by DBS. Berikut beberapa keunggulannya.
  • Investasi Dana Terjangkau, investasi Reksadana melalui digibank by DBS Anda bisa melakukan investasi dengan biaya yang sangat terjangkau. Untuk investasi, Anda bisa melakukannya mulai dari 100 ribu saja.
  • Pembelian Berkala, tidak perlu khawatir masalah pembelian Reksadana lewat digibank by DBS. Karena Anda bisa melakukan investasi Reksadana secara berkala, jadi Anda terlebih dahulu bisa menyisihkan dana tanpa harus mengerahkan seluruh pendapatan untuk investasi.
  • Produk Reksadana dengan 3 Kriteria, maksudnya adalah investasi Reksadana dana lewat digibank by DBS dengan pilihan tiga kategori mulai dari kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik.
  • Banyak Pilihan Produk, dengan memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS apakah Anda bisa menemukan banyak pilihan produk investasi Reksadana, hingga 50 produk. 
  • Berbagai Transaksi Lewat Aplikasi, Artinya bahwa Anda tidak hanya bisa melakukan pembelian Reksadana di Aplikasi digibank by DBS saja, tetapi Anda juga bisa melakukan daftar SID (Single Investor Identification), jual, beli Reksadana, hingga switching hanya dalam satu aplikasi saja. 
Jadi kini dalam pembuatan financial planning, Anda tidak perlu bingung lagi karena sudah tahu beberapa tahapan atau urutan yang benar dalam perencanaan keuangan. Untuk Anda yang ingin berinvestasi agar bisa mengikuti urutan piramida perencanaan keuangan, maka pilih investasi Reksadana lewat digibank by DBS. 

Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

Post a Comment for "Tentang Financial Planning dan Investasi Reksadana yang Bisa Anda Pilih "