Rabu, 04 Juli 2018

# bpom # kosmetik

MUDIK PUN PERLU KOSMETIK AMAN

<Singgah di sebuah mini market dalam perjalanan mudik>
Lebaran rasanya tak afdol bila nggak kumpul bareng keluarga besar.  So, mudik pun jelas harus nih.  Waktu tempuh antara kota tempatku tinggal dengan rumah orang tuaku lumayan tidak terlalu lama, kira-kira 1 jam perjalanan. Jarak yang ditempuh pun sekitar 33 km, tapi tetap bisa dibilang mudik, kan?  Aku bersama suami & anak tinggal di kota Banjarmasin yang juga dikenal sebagai kota Seribu Sungai. Sedangkan orangtua & adikku di kota Banjarbaru.  Kedua kota ini sama berada di provinsi Kalimantan Selatan. Saat mudik, kami stay di Banjarbaru sekitar seminggu lebih.  

Selama di perjalanan, walaupun hanya memakan 1 jam tentu tidak asyik bila acara perjalanan mudik tanpa ditemani cemilan.  Demikian halnya saat berkumpul dengan keluarga pun baik dalam perjalanan maupun sesampai di kota tujuan mudik tentunya wajib menyantap makanan yang sehat & halal. Inilah pentingnya #panganamanmudik.   Jangan sampai ya kita tiba-tiba terserang penyakit pada pencernaan akibat salah makan di saat mudik.  

Apalagi di zaman digital saat ini sudah tak sulit lagi untuk mencek keamanan pangan yang kita konsumsi.  Khususnya, cemilan & makanan instan siap saji dalam kemasan.  Tinggal #cekklikbpom, Badan Pengawas Obat & Makanan Republik Indonesia telah menyiapkan fitur-fitur praktis bagi masyarakat untuk mengetahui keamanan dari pangan dan obat-obatan (temasuk jamu & kosmetik).


Mudik pun Tetap Tampil Fresh

Selama mudik ternyata nggak hanya stay di rumah ortu, tapi malah jalan-jalan kemana-mana.  

Hari raya pertama ngumpul-ngumpul di rumah kakak  dari bapakku (tanteku).  Hari raya kedua ngumpul-ngumpul di rumah adik dari ibuku (tanteku juga ya, hehehe).  Di hari raya kedua ini, perjalanan yang ditempuh jaraknya lumayan jauh dan memakan waktu hingga 4 jam.  Kami menggunakan mobil menuju rumah tanteku yang berlokasi di kota Kandangan, kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Untuk menunjang agar penampilan tetap fresh, penting banget nih#kosmetikamanmudik.  

Jadi, aku pribadi udah nyiapin kosmetik yang simpel aja untuk dibawa mudik dan tentunya aman serta halal untuk kulit wajah serta tubuh.

Baidewei, kosmetik yang aman saat mudik itu bagaimana sih?  

Kalo menurutku, kosmetik yang aman adalah:

  1. Tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya pada kulit wajah & tubuh kita. Contohnya, merkuri, hidrokinon, asam retinoat/tretinoin/retionic acid, resorsinol, bahan pewarna (yang digunakan sebagai zat warna kertas, tekstil atau tinta) karena mengandung zat karsinogenik, diethylene glycol (DEG) tidak boleh melebihi kadar yang telah ditentukan & timbal (Pb). 
  2. Tidak expired alias kedaluwarsa.
  3. Dikemas dengan kemasan yang friendly for traveling. Mudah untuk dibawa bepergian. Kebayang kan kalo kosmetik yang kita bawa ternyata dikemas dengan kemasan yang mudah pecah, rusak atau penyok.  Isi kosmetik pun akhirnya tumpah kemana-mana dan mengotori barang-barang bawaan kita yang lainnya. Waah.... So bad!

Penting banget juga nih untuk diingat!  


  1. Jangan tergiur untuk membeli kosmetik yang branded tapi harganya murah. Bukan mustahil bila yang dijual adalah produk palsu. 
  2. Cek waktu kedaluwarsa pada produk. Biasanya tertera pada kemasan.
  3. Pilihlah tempat penjualan yang terpercaya untuk pembelian kosmetik.
  4. Bisa juga langsung membeli di counter-counter sesuai brand kosmetik yang kita cari.  Jelas barangnya original, juga ada para sales promotion girl (SPG) yang siap melayani kita baik menjawab berbagai pertanyaan seputar kosmetik yang kita perlukan & membantu kita saat apply tester.
  5. Saat membeli, perhatikan dengan teliti komposisi bahan-bahan yang terkandung pada kosmetik.  Cek juga pada kemasan apakah terdapat kode registrasi BPOM & logo halal.
  6. Gimana kalau membeli kosmetik secara online? Pastikan membeli pada mal maupun toko online yang secara resmi menjual produk kosmetik yang terdaftar di BPOM. Cara mengetahui sudah terdaftar atau belum pada BPOM bisa dicek pada situs www.pom.go.id.

<tampilan situs BPOM RI>


Sebagai smart female, kita udah semestinya di era digital ini tetap memantau keamanan produk-produk yang kita konsumsi baik pangan, obat maupun kosmetik melalui situs BPOM Republik Indonesia.  Silakan klik aja www.pom.go.id. 

< tampilan situs BPOM RI >

BPOM pun memiliki contact center yaitu: halobpom 1500533. 

Bagaimana dengan media sosial?  So pasti punya! Kita bisa memfollow juga aktif memberikan komentar pada akun BPOM di media sosial.


Instagram : @bpom_ri 
Twitter       : @bpom_ri 
Facebook : @bpom.official.


What About My Things?



Sebenarnya nih, aku pribadi bukan person yang rela ngehabisin waktu untuk dandan.  Secukupnya saja.  Jadi perlengkapan kosmetik yang kubawa saat traveling biasanya lip gloss, lip cream, BB cream, facial foam dan hand & body lotion. Sisanya adalah toiletry seperti body foam, shampoo, pasta & sikat gigi.



Lip gloss : Bibirku cenderung cepat kering dalam kondisi cuaca panas. Brand lip gloss yang kugunakan adalah Lip Ice.  Terserah deh kalo ada yang bilang kok make yang biasa dipake ABG.  Suka pake banget dengan aroma stroberi dari lip gloss Lip Ice pink ini! Bibir kering pun good bye! Ada kode BPOM-nya nggak?  Jelas ada dong. 






Lip cream: Lumayan membantu membuat tampilan warna bibir agar lebih cerah, tidak terlihat hitam. Tapi aku sukanya warna-warna nude ataupun natural yang memang terlihat tidak menyolok saat dipoleskan ke bibir.  Jadi lip cream brand dari Purbasari dengan no.02 – Azalea, menjadi pilihanku. Nggak perlu khawatir dengan lip cream Purbasari. Why? Ya, kan udah terdaftar di BPOM.



Beauty Balm (BB) cream: Krim BB ini membantu membuat wajah tampil fresh tanpa harus rempong.  Biasanya aku cukup mengoleskan krim ini pada wajah setiap bepergian tanpa foundation & berbedak lagi.  Pilihan BB cream-ku untuk wajahku yang lumayan oily ini jatuh kepada...”Wardah Everyday BB Cream” yang prima dalam water break technology oily control – jadi wajah pun terlihat fresh. BB cream ini juga mengandung SPF 30. Jadi nggak terlalu khawatir bila terkena sengatan sinar matahari.  Untuk warna, aku memakai warna natural. Jelas dong BB cream ini sudah terdaftar juga di BPOM.




Facial Foam : Wajah yang berminyak, berdebu juga masih ada sisa-sisa make up yang aku gunakan tentu harus dibersihkan dengan tuntas.  Terlalu malas  membawa cream pembersih & toner untuk membersihkan wajah. Facial foam yang kugunakan adalah Biore bertube putih pink dengan khasiat membuat wajah bersih & glowing.  Aroma facial foam ini pun wanginya gimana gitu. Pokoknya bikin aku sukaaaa!


Hand & Body Lotion: Untuk melembutkan, menghaluskan juga membuat tangan serta tubuh beraroma wangi, tinggal oleskan lotion ini.  Apalagi di saat mudik selama perjalanan tentu tubuh perlu perawatan yang simpel.  Pilihanku adalah hand & body lotion Pureline Hijab Fresh.



•Sisanya adalah toiletry seperti body foam, shampoo, pasta  & sikat gigi.

Pernak-pernik kosmetik yang kubawa ini lumayan simpel loh sebenernya. Gak terlalu rempong untuk ditiru bagi yang masih bingung mau bawa kosmetik apa saja saat bepergian/traveling atau mudik pada lebaran selanjutnya.  Biarpun minimalis tapi tetep tampil fresh dan aman. 

❤❤❤❤

10 komentar:

  1. Tambah lagi mbak, syarat kosmetik aman. Tentunya yg halal. Hehehe.. Kalo cuma aman bahan kimia belum cukup. Tp aman juga dari segi agama. Jd luar dalam aman yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudan tertulis, mungkin ruli kelewat bacanya ttg aman & halal.

      Hapus
  2. Lipcreamnya kita samaan mba btw handbody hijab fresh eny suka bgt loh...

    Eny from Enychandotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups.. Dapetnya di princess itu Purbasari. Entah kenapa yg no 02 di toko2 lain susah nyarinya.

      Hapus
  3. Asyik ya ada aplikasi pengecekkan kosmetik aman gini. Jadi ga khawatir lg dg efek kosmetik yg kita pakai. Bener bgt mba, kemasan yg travel friendly jg sgt penting utk yg suka pergi2

    BalasHapus
  4. Wah, lipice itu andalan banget sejak zaman abegeh. Sama produk favorite kt mb.. Cm ak klo traveling beda handbodynya. :)

    BalasHapus
  5. Penting banget nih untuk tau kosmetik yg aman.. Karena di luar sana banyak banget beredar kosmetika palsu ..

    BalasHapus
  6. untuk kandungan ini tretinoin/retionic acid masih aman kok mbak buat digunain tp digunakannya malam hari, malah bagus buat anti aging sih, kalo travelling dipake memang takut iritasi tp bukan berarti berbahaya ya. hehe

    BalasHapus
  7. Wah, lipmatte nya aku naksir.. mbak, ada ngereview gak tentang ini?

    BalasHapus

Thank u ya untuk komentarnya. Jangan bosen mampir ke blog ini.

Follow Us @soratemplates