Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembalut Haid Hindari Tembus, Aktivitas pun Lancar

Sebenarnya udah lumayan lama aku mengetahui kalo pembalut haid dijual dalam berbagai ukuran.  Tapi males nulisnya hehehe.  Berhubung pas ke pasar nyari pembalut dan sempat 'adu argumen' tentang ukuran pembalut, makanya akhirnya terpikir untuk menulis tentang hal ini.

haid-1

Penasaran tentang adu argumen yang kaya gimana?  Baidewei mending aku cerita dari awal aja deh ya tentang pembalut haid ini.

Wujud Pembalut Haid

Pertama kali kenal pembalut haid ini dari yang biasa dipakai oleh Mamahku. Saat itu tahun 1984 lah ya, usiaku masih 6 tahun dan mengenal tentang haid juga pembalut yang digunakan oleh Mamah.  Beliau nggak pake sembunyi-sembunyi tentang haid ini, contohnya, saat nyuruh aku sholat tapi beliau nggak sholat - berhubung lagi haid-, kemudian juga menyuruhku ke warung atau ke kios deket rumah untuk beli pembalut.

Saat melihat wujud pembalut saat itu, jelas dong nggak ada 'wings' alias sayap, lapisan kapasnya agak tebal dan panjangnya sekitar 25 cm lah.  Jadi kalo pas haid banyak-banyaknya biasanya memasangnya dobel depan- belakang gitu, juga sangu pembalut  nih misal harus ganti.

Sekitar tahun '90 an ke atas baru deh ngeh dengan dengan kehadirian pembalut dengan wings.

Aku sendiri baru mengenal pembalut nifas saat udah lulus kuliah nih.  Jadi pembalut nifas tentu ukurannya lebih panjang dari pembalut haid biasa, sekitar sampailah 36 cm.  Intinya bisa menutup sampai bagian belakang.  Sebenarnya bisa aja nih dipake bagi yang sedang haid banyak.  Nggak perlu nunggu sampe nifas dulu lah hehehe.

Welcome to 2014

Lumayan telat nih bagi aku, tapi selanjutnya ya akhirnya nggak masalah lagi.  Telat apanya sih?  Telat mengetahui tentang kalo pembalut haid yang diproduksi & dijual dalam berbagai ukuran.  Untuk non wings dan wings sebenarnya udah tau di tahun 96'an.

haid-2
Foto oleh Polina Zimmerman



Di tahun 2014 kebetulan dapat rejeki traveling ke Gunung Bromo, ada kesempatan berkuda pula.  Padahal kondisiku pun baru haid.  Jadi pastinya harus siap-siap kalo akan banyak keluarnya.  Akhirnya kuputuskan beli yang wings dan melihat ada ukurannya, kalo nggak salah aku beli yang 29 cm.  Jelas deh akhirnya berasa aman akunya saat traveling.

Selanjutnya, Ya Lanjut dengan Pembalut yang Ukurannya Sesuai

Begitu tau pembalut haid hadir dengan berbagai macam ukuran, biasanya dimulai dari ukuran 22 cm, lanjut 23cm, kemudian 25-26-29-30-35-40-42-45.  Rata-rata untuk yang ukuran di atas 23 cm pasti ada wingsnya.  Satu kelebihannya lagi yaitu biasanya slim alias lapisan kapasnya nggak tebal.

Nggak nembus?  Sepanjang pengalamanku, selama make pembalut yang slim dan sampai menutupi bagian belakang (29-30-35-40-42-45 cm) biasanya aman aja nih meski kita dalam posisi berbaring.  Jadi meski labelnya 'night', pembalut haid yang panjang biasanya kupake day & night.

Adu Argumen yang Terjadi Kok Seru

Jadi adu argumen di sini, sebenarnya aku tuh nyari pembalut haid yang ukuran di atas 25-29-30-35 cm.  Biasanya aku make saat haid sedang banyak-banyaknya, day & night.  Nah ternyata yang dijual pada toko-toko yang aku singgahi saat di pasar, kebetulan pasarnya kecil sih, aku hanya menemukan yang ukuran standar yaitu 22.  Ada juga sih yang ukuran 35 cm, Alhamdulillah.

Nah yang nggak ada nih ukuran 25 cm atau 26 cm bisa juga 29 cm.  Sang penjual juga ngeyel kalo dia cuma jual yang ukuran standar. Maksud aku sih sebenarnya hanya menginfokan kalo ukuran pembalut haid tuh udah berbagai macam. Akhirnya aku tetap harus ke supermarket deh untuk nyari pembalut haid dengan ukuran 25 cm, paling gak sampe 29 cm lah.

Saat, ke supermarket akhirnya ketemu deh dengan yang ukuran 25 cm.  Lumayan nih jadinya, pembalutku pun lengkap untuk digunakan di pada saat sedikit juga pas lagi banyak-banyaknya.

Jadi?

Berarti harus ada catatan nih misal nitip beli pembalut haid, harus jelas ukuran berapa yang mau dibeli.  Selain itu yang dititipin juga harus rela ya hehehe, karena kudu teliti nih dengan ukuran pembalut yang dibeli.

Oke, sekian dulu ya. Semoga bagi para penjual bisa jual pembalut dengan ukuran yang lengkap dan bagi konsumen juga bisa paham nih tentang ukuran pembalut yang hadir saat ini. []
Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

Post a Comment for "Pembalut Haid Hindari Tembus, Aktivitas pun Lancar"