Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setelah Hosting, SSL pun Jaga Keamanan

Tentu ada rasa bangga saat memiliki blog top level domain (TLD). Bangga yang kumaksud adalah punya blog dengan nama yang 'unik' tanpa embel-embel platform blog tersebut.  Apalagi bila selanjutnya memiliki hosting email yang merupakan 'lanjutan' dari hosting pada blog. Email yang dimiliki pun dilengkapi dengan domain dari blog yang kita miliki.

ssl-1

Fungsi utama hosting pada blog dan web tentunya untuk menyimpan seluruh data juga file dan tentunya agar bisa diakses oleh publik melalui internet. 

Hosting sendiri sebenarnya ada yang gratis juga berbayar.  Hal seperti ini sebenarnya dikembalikan kepada kita, memerlukan yang mana.  Memang ada kelebihan juga kekurangan untuk yang gratis. Sedangkan untuk yang berbayar tentunya ada layanan tertentu dan merupakan nilai tambah bagi hosting yang disediakan.

Ingin Terlihat Profesional

Hosting tentunya akan memperlihatkan profesionalitas kita dalam mengurus blog, web juga email.  Namun memang kembali pada kualitas hosting yang tersedia sebab tentunya masing-masing orang memiliki pendapat berbeda tentang hosting gratis dan berbayar.

Pendapat yang berbeda ini muncul dari 'kebutuhan' dan 'budget'. Memang untuk kualitas pun sebenarnya hosting berbayar banyak kelebihan dibanding hosting gratis.  Namun kembali pada 2 faktor yang saya sebutkan itu, makanya masih ada yang betah dengan hosting gratis.

Bila berubah pikiran yang awalnya menggunakan hosting gratisan tapi kemudian ingin hosting berbayar, boleh nih  hosting murah 1 tahun.  Apalagi kalau memang sudah menggunakan hosting untuk blog atau web, tapi email belum, berarti bisa diklik tuh link hosting murahnya.

Pilihlah Hosting yang Diperlukan

Bila telah memutuskan untuk menggunakan hosting berbayar, tentunya harus paham jenis hosting yang diperlukan seperti apa. 

Hosting sendiri sebenarnya ada beberapa jenis yaitu virtual private server (VPS) hosting, cloud hosting, shared hosting & reseller hosting. Nah, pilih yang mana?  Saranku, bagi pemula sebaiknya menggunakan shared hosting, sebab biayanya pun lebih rendah serta bisa digunakan bersama.  Nanti kalau sudah bisa mengatur budget dan cakupan blog pun berkembang bisa lanjut ke VPS.

Jangan Lupa 'Gembok Digital'

ssl-2
Foto oleh Pixabay



Secure Socket Layer (SSL) adalah yang kumaksud sebagai gembok digital.  SSL bertugas untuk melindungi hosting agar blog, web  dan email pun tetap aman.

Lalu seperti apa caranya agar memiliki SSL ini? Apakah ada yang gratisan atau hanya ada yang berbayar?  Ternyata ada dua-duanya.

SSL sebenarnya penting untuk menjaga keamanan pada blog, web juga email di dunia maya. Tentu kita mengetahui bentuk-bentuk kriminalitas yang mengancam keamanan di dunia maya (cyber crime).

Pencurian data termasuk  phising,  kemudian malware , hacking, ransomware, pencurian uang nasabah pada web finansial, dan lain-lain sebenarnyanya adalah bentuk dari cyber crime

Contoh sederhana adalah blog atau web yang kita gunakan (sebagai admin atau sebatas user), di saat kita mengetikkan link pada kolom browser, pada bagian kiri tentu ada lambang gembok.

Nah bila gembok ini tampil dengan terkunci, berarti blog dan web yang sedang kita akses kondisinya secure (aman & terlindungi).  Apalagi pada linknya pun tercantum https yaitu hypertext transfer protocol secure, yang artinya memiliki keamanan yang ketat.

Bila gembok terlihat terbuka, maka ini tanda bahwa blog dan web yang kita kunjungi tidak aman, di satu sisi linknya pun hanya http, tanpa 's' yang berarti not secure (tidak aman).

SSL certificate   hadir dalam banyak jenis. Bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan serta budget  untuk SSL yang berbayar. Bagi yang memiliki blog dan hanya satu domain, bisa menggunakan Single Domain SSL certificate .  Namun bila dalam satu domain memiliki lebih dari satu subdomain, maka gunakan Wildcard Domain SSL certificate.

Layanan hosting & SSL certificate bisa dicek di DomaiNesia. []




Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

18 comments for "Setelah Hosting, SSL pun Jaga Keamanan"

  1. saat blogwalking, saya lihat masih ada beberapa blog yang alamatnya hanya menggunakan http tanpa "s" dan memang langsung teridentifikasi tidak aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget tuh. Padahal masih bisa u.secure yg gratis.

      Delete
  2. Wah iya, penting juga ya tentang SSL ini
    Biar blog kita bisa aman diakses
    Makasih infonya

    ReplyDelete
  3. Kalau sudah bahas hosting tuh rentetannya bisa panjang banget ya, Mbak... Saya termasuk yang masih nyaman sama hosting gratisan nih, Mbak.. alasannya sih karena nggak mau ribet pindahan file.. bisa ngalah2in pindahan rumah hectic nya 🙈

    ReplyDelete
  4. Sebagai blogger memang harus tau ttg ini. Ya, setidaknya kita berusaha semaksimal mungkin mengamankan 'rumah' sendiri

    ReplyDelete
  5. Nah iya penting nih jagain blog seperti jagain rumah kita sendiri biar aman 😍

    ReplyDelete
  6. Blog merupakan rumah untuk menulis, jadi sebaiknya memang harus dijaga dan diurus, sebagaimana kita urus rumah sendiri

    ReplyDelete
  7. kalo BP masalah hostingnya diurus Google ya?
    Hehehe sering bingung saya tentang SSL ini
    untung pakai BP yang mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya masih diurus google. Tp mungkin kl mau yg berbayar ya konsul dah dg yg melayani SSL ini.

      Delete
  8. Ternyata bukan sekedar simbol gembok ya, tetapi penting banget untuk keamanan link yang kita klik. Langsung cek blog blog yang di punya nih

    ReplyDelete
  9. Langsung ngecek blog, dan udh ada gemboknya dong hehe...

    Saya tahun2 lalu pindah ke TLD otodidak. smw ngerjain sendiri. Dan ngga paham kok trnyata udh ada gemboknya

    Duh sigaptek ini kalau suruh ngulang lagi entah bisa entah ngga 😁

    ReplyDelete
  10. Bener Mak, buat kita para bloger SSL itu penting. Gak hanya membuat nyaman si pemilik blognya aja, tetapi juga saat ada yang BW ke blognya

    ReplyDelete
  11. Buat yang pemula perlu tahu nih pentingnya keamanan alamat situsnya. Kadang masih nemuin yang masih http, kalau masih hhtp ini not secure sih. Hosting dan Soalnya harus diperhatikan soalnya

    ReplyDelete
  12. Penting nih buat para blogger yang pengen blognya TLD. Jadi gak hanya terlihat keren dengan domainnya sendiri, tapi juga profesional karena blognya sudah dikasih gembok digital, alias aman.

    ReplyDelete
  13. iya nih, penting emang kalau mau hosting, lengkapi dengan SSL nya juga. Kalau bisa sih pilih paket yang sudah include SSL nya, jadi nggak usah nambah bayar lagi

    ReplyDelete
  14. Penting banget ya SSL ini, demi terciptanya keamanan blog/web kita. Aku sih lebih baik berbayar tapi kualitas dan keamanannya terjaga... TFS ya kak

    ReplyDelete
  15. Aku gaptek dengan yang begini. Untung deh providerku sering ngingetin, dan mandu untuk bisa melakukan itu. Jadinya blogku aman. Untuk ke blog lain atau website lain, untung sering juga diingetin, jadinya kalo berpotensi bahaya, bisa diperingatkan. Serem ya bahaya di dunia virtual ini. Efeknya bisa kerasa di dunia nyata.

    ReplyDelete
  16. Wordpress akan terbantu dengan adanya plugin baik free maupun berbayar, keamanan bagi website penting.

    ReplyDelete