Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punya Domain Sendiri Lanjut Hosting Email

Dunia digital saat ini telah menjadi keseharian bagi masyarakat.  Memiliki email tentu bukanlah sesuatu hal yang asing sebab untuk menjalankan program android pada gadget tentu harus punya email dong.  Sedangkan domain, nggak semua masyarakat paham apalagi punya tapi tentu 'wajib' dimiliki bagi yang punya blog dan situs.

domain-email1
Sumber:pixabay

Belum telat kok untuk mengetahui tentang domain dan hosting email.  Sebab, bisa jadi hal tersebut ternyata diperlukan dalam menjalankan bisnis atau aktivitas nge-blog sera mengelola situs.

It's All About Domain &  Hosting Email

Dalam keseharian hingga saat ini tentu yang namanya email udah umum banget dalam kehidupan masyarakat.  Sebab pemilik gadget tentu harus punya email dalam menjalankan program android pada gadgetnya. Sedangkan domain yaitu nama unik yang menjadi alamat blog dan situs.  

Untuk memiliki domain dan hosting email yang menggunakan nama personal, komunitas juga badan usaha atau perusahaan tentu keren ya. Tapi jelas harus berbayar. Nggak sebagaimana email gratisan dan domain yang didapat dari platform blog tertentu (dan jelas gratisan). 

Sebenarnya perbedaan dari hosting email dan email gratisan gak sebatas menggunakan domain untuk lanjutan dari nama email (contoh: aku@ummvc.com) tapi juga ada kelebihan yang lainnya. Salah satunya yaitu menggunakan (menyewa) server sendiri maka email hosting pun berarti bisa diprivacy pengaturannya.

Jadi ibarat kata, domain & hosting email itu bisa berpasangan alias couple.

Gimana Caranya Memiliki Domain

Bagi pemilik blog & situs tentunya berpikir nama unik apa untuk domain pada blog atau situsnya.  Selain memikirkan nama unik, tentu juga memikirkan TLD apa yang akan digunakan.  Mau pilih yang berakhiran com, net, id, xyz ataukah yang lainnya?  Pilihan ada di tangan kita nih.

domain_email2
sumber:pixabay


Agar bisa memiliki domain ya memang harus bayar. Penyedia layanan domain tentu sudah ada dong, jadi nggak perlu bingung lagi.  Selain itu ada masanya promo, sehingga bisa memiliki domain dengan harga yang terjangkau.

Biasanya bayarnya di awal pendaftaran domain pada penyedia layanan, selanjutnya di tahun depan mendekati tanggal saat kita pendaftaran sebelumnya.

Misalnya kita mendaftar dan membeyar ditanggal 3 September 2018, nah maka sebelum tanggal 3 September 2019 nanti akan mendapatkan notifikasi melalui email agar kembali membayar domain bila ingin melanjutkan penggunaannya.

Kebetulan ada promo domain Domainesia nih.  Bisa cek ke link tersebut ya, jadi bisa memiliki top level domain untuk alamat blog atau situs.

Pengen Dong Punya Hosting Email

Ada hal-hal yang wajib diketahui nih agar bisa siap untuk mempunyai hosting email. 
  • Pertama, wajib sudah memiliki domain sendiri ya, dengan catatan yaitu top level domain (TLD).
  • Kedua, tentunya sudah mengetahui kelebihan dari hosting email yakni tampilannya bebas iklan, mampu mengirim 1000 email per hari, file attachment besar, memiliki fitur premium anti spam filter, mampu memback up data email secara berkala, kapasitasnya besar, memiliki fitur auto responder, kapasitasnya besar & mudah menyimpan kontak.
  • Ketiga, jangan pusing deh mikirin gimana cara bikin hosting email juga biayanya. Sebab, ada hosting email murah nih.

Nggak Susah Kalo Tau Caranya

Bener banget dong.  Tentu nggak susah memiliki domain dan email hosting kalo sudah tau caranya.  Tinggal klik aja pada link yang sudah tertera di atas ya.  Dapatkan diskon, layanan berkualitas, dan beragam fitur terbaik. Jangan lupa perhatikan juga waktu promo karena waktu dan kuotanya juga terbatas.



Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

7 comments for "Punya Domain Sendiri Lanjut Hosting Email"

  1. "Memiliki email tentu bukanlah sesuatu hal yang asing sebab untuk menjalankan program android pada gadget tentu harus punya email dong."

    Kata-kata Mbak Mia ini mengingatkan saya waktu ikut sosialisasi penggunaan sebuah aplikasi milik pemerintah. Di sosialisasi itu pengguna dianggap sudah familiar sama email karena alasan gadget android itu. Padahal kenyataannya para pengguna kebanyakan gak familiar Mbak sama email karena email yang digadget itu email milik abang ponsel yang men-settingkan hp-nya waktu mereka beli, hiks, *nangiskepojokan*.

    Tapi saya setuju banget sama Mbak Mia. Perihal email, domain dan hosting ini sama sekali gak susah asalkan kita mau belajar untuk tahu bagaimana caranya. Just keep learning...just keep learning...*NyanyiAlaDori*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mungkin yang nggak ngerti generasi baby boomer yaa. hehe. kalau generasi Z nggak ngerti email ya agak kebangetan kayaknya.

      Delete
    2. Wkwkwk...bener banget katamu. Bapakku almarhum punya email juga dibikinin mbak yg melayani saat beli gadget. Taunya beliau sih cukup make gadget aja.

      Delete
  2. Wah ada hosting email, hosting email ini beda ya mba sama hosting domain? Karena kayaknya khusus buat hosting email ya. Asik ada banyak promo nih di Domainesia. Jadi pengen bikin hosting email kalau ada promo mayan harganya jadi lebih murah.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah saya termasuk pelanggan setia Domainesia, cuma saya ga pakai hostingnya sih. Saya punya domain di Domainesia karena kebetulan pakai blogspot. CS nya cepat dalam merespon

    ReplyDelete
  4. Kadang kalo lagi beruntung pas kita perlu pas ada promo domain harganya lumayan murah ya, cuma pas waktunya perpanjangan suka kaget sendiri sama harga aslinya, wkwkwk

    ReplyDelete