Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berkenalan dengan VPS

Para pemilik website ataupun blog tentunya berupaya membangun situsnya dengan sebaik mungkin.  Artinya di sini tentu menginginkan situs berjalan dengan optimal.  Saat orang mencari di mesin pencari, situsnya lah yang muncul dan selain itu tentu traffic pengunjung pun meningkat.

vps-1


Sebelum ngobrolin tentang VPS, sebaiknya kita awali dulu dengan membahas hosting.  

Apakah Hosting Itu?

Nggak ada salahnya bila nggak tau kemudian bertanya, daripada malu bertanya lalu sesat di jalan.  Bisa nanya langsung dengan orang atau cukup membaca informasi yang ingin dicari pada buku, koran ataupun laman internet.

Hosting adalah layanan untuk menyimpan data secara online.  Layanan ini biasanya diperlukan bagi pemilik website dan blog untuk menyimpan data yang ada pada situs.  Ibarat membangun rumah, hosting adalah tanahnya dan website serta blog adalah rumahnya.  Begitu.  

Beragam Jenis Hosting

Ternyata, jenis hosting pun beragam. Sebaiknya pilihlah jenis hosting yang sesuai dengan website dan blog kita.  Apa saja jenis-jenis hosting tersebut?
  • Shared Hosting : satu hosting yang digunakan secara berbagi (share) dengan beberapa website/blog/klien.  
  • Dedicated Hosting: satu hosting yang digunakan oleh 1 website/blog atau klien saja.
  • VPS Hosting: Jenis hosting yang satu ini sebenarnya pilihan bagi yang ingin hostingnya digunakan sendiri saja tetapi tidak seluas dedicated hosting.
Dari 3 jenis hosting tenyata salah satunya adalah VPS.  Tentu ingin membahas tentang VPS lebih lanjut lagi.  Supaya bisa mengetahui apakah VPS adalah jenis hosting yang diperlukan oleh blog atau website kita?

Kenalan Dulu dengan VPS

VPS adalah Virtual Private Server.  Kalo dalam penggunaannya, berarti hanya digunakan oleh 1 user saja.  

Lalu apa bedanya dengan Dedicated Hosting?  Perbedaannya, pada VPS, satu server fisik dibagi menjadi beberapa resources yang berbeda sehingga nantinya akan ada beberapa VPS yang bekerja pada satu server tersebut.

Kalo dibaratkan pasar, VPS adalah toko-toko kecil yang berada di los-los pasar tersebut.

Sedangkan Dedicated Hosting, satu server fisik digunakan oleh satu user saja.  Ibarat kata adalah seperti mengontrak 1 rumah kontrakan.  Sedangkan VPS, menyewa 1 kamar untuk pribadi pada sebuah rumah - seperti kamar kos gitu.

Sebagaimana kepanjangan dari VPS yaitu Virtual Private Server, maka server pada VPS menggunakan virtualisasi.  Meski memungkinkan ada beberapa VPS dalam satu server fisik akan tetapi untuk urusan setting serta konfigurasi bisa disetting secara private.

Kembali, bayangkan seperti contoh toko-toko kecil pada sebuah pasar atau kamar-kamar sewaan pada sebuah rumah, demikianlah VPS.  Toko kecil atau kamar yang disewa tersebut bisa kita atur atau desain sesuai keinginan kita.

Dua Macam VPS

Ternyata VPS pun ada 2 macam yaitu VPS managed & VPS unmanaged.  Definisi dari ragam VPS ini secara harfiah dan teknis sebenarnya sama.

  • VPS Managed: Layanan ini sudah ditangani oleh sebuah tim yang bekerja secara profesional, bahkan hingga 24 jam.  Terkait sistem operasi & keamanan server sudah menjadi tanggung jawab tim tersebut.
  • VPS Unmanaged:  Untuk jenis ini adalah sebaliknya dari VPS sebelumnya.  Berhubung unmanaged, berarti kita sebagai user/klien yang harus memanaged atau mengelola sendiri,  Tidak ditangani oleh tim.  Pihak penyedia VPS hanya menyewakan server fisik, sedangkan untuk pengelolaan diserahkan kepada penyewa.
Jadi, mau pilih yang mana? 

Kelebihan dari VPS

Apa sih kelebihan dari VPS?  Tentu karena bisa disewa untuk pribadi selain itu harga sewanya pun lebih terjangkau.  Ini sebenarnya yang juga menjadi perbedaan antara Dedicated Hosting & VPS.  Jadi, bagi yang ingin privasi terkait layanan hosting tetapi dengan harga yang terjangkau akhirnya pilihan pun jatuh ke VPS.

VPS sebenarnya juga membantu nih agar traffic pada website & blog semakin meningkat.  Tapi usahakan juga ya sebelumnya, maksudnya sebelum menggunakan VPS, situs kita trafficnya nggak minimalis banget.  

Bila sudah tertarik dengan VPS, tentunya ingin mengetahui harga VPS dan selain itu juga pastinya kepo dong dengan jasa SEO termurah. Ok, good luck ya.  Semoga dengan VPS, website atau blognya bisa berkembang lebih baik.[]
Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

7 comments for "Berkenalan dengan VPS"

  1. Hmm jadi begitu ya. Dunia VPS meski tidak berkaitan langsung dengan pekerjaanku, cukup penting juga untuk diketahui. Apalagi aku ngeblog via Blogspot saja yang mana tidak perlu beli hosting sendiri.

    ReplyDelete
  2. Makasi penjelasannya . Saya jadi sedikit punya gambaran mau pilih dedicated hosting atau VPS

    ReplyDelete
  3. wah baru tahu nih tentang VPS ini. kalau buat blog pribadi bisa juga nggak kak? trus harganya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. VPS bisa buat blog pribadi. Cocok untuk blog yang pengunjungnya 5.000 orang per hari.

      Delete
  4. Aku pikir tadi vps ini ada kaitannya sama vpn, ternyata beda ya. Tapi aku jadi penasaran mau baca2 lagi soal ini

    ReplyDelete
  5. Padahal dulu jaman kuliah selalu belajar tentang jaringan web, internet dll, hosting sampe coding ampe kenyang hihihi, skrg udah ambyar semua, bahkan blogku ala kadarnya banget. Nanti kalau udah fokus bgt ngeblog pengen juga belajar SEO lebih dalam

    ReplyDelete
  6. Ada sedikit gambaran tentang vps ini dan kayaknya ini buat blog yang berbayar ya bukan buat blog gratisan?

    ReplyDelete