Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mampukah GERD Disembuhkan?

Pernah nggak merasakan sakit yang disebabkan meningkatnya kadar asam lambung? Harus bisa membedakan nih antara gejala maag & GERD (gastroeshopageal reflux disease) meski penyebabnya sama yaitu meningkatnya kadar asam lambung pada saluran pencernaan.

nutriflakes-1

Mengenali Gejala GERD

Masih ada yang menyamakan maag & GERD.  Jadi kita harus mengenali betul nih supaya nggak salah paham.  

GERD memiliki gejala yang lebih berat daripada maag.   Ada rasa 'terbakar' pada dada yang disebabkan refluks asam lanbung dan terjadi dua kali dalam seminggu.  Bahkan hingga terjadi peradangan pada tenggorokan.  

Jelas berbeda kan dengan maag.  Selain itu bila mengonsumsi antasida atau obat maag lainnya, tentu nyeri pada perut bagian bawah serta rasa mual pun bisa sembuh.  Berbeda dengan GERD yang memang obatnya juga berbeda pula.

Gejala GERD Lainnya

Ada lagi gejala GERD lainnya yang mengikuti yaitu mulut beraroma tidak sedap, terjadi kerusakan email gigi karena asam yang berlebihan, dada terasa terbakar (heartburn), nyeri dada, batuk kering terus menerus, kemudian sulit menelan.

Jadi bisa diketahui bahwa GERD sendiri adalah kondisi kronis pada pencernaan yang diidap oleh  seseorang.

Penyebab GERD

Hal-hal yang menyebabkan GERD yaitu obesitas, hernia hiatus, merokok, mengonsumsi alkohol, kehamilan dan akibat minum obat yang dapat melemahkan sfingfer esofagus.

Jadi harus benar-benar menyeleksi perilaku sehari-hari.  Termasuk dengan mengubah gaya hidup salah satunya yaitu mencermati yang biasanya dikonsumsi serta menghentikan konsumsi bila ternyata menjadi penyebab GERD (makanan, minuman, rokok, minuman beralkohol). Selain itu juga rutin check up ke dokter spesialis serta disiplin untuk mengonsumsi yang diharuskan bagi pengidap GERD.

Mengontrol Gejala GERD

Gejala GERD dapat dikontrol dengan beberapa cara,  Bagi yang obesitas tentu harus modifikasi diet & menurunkan berat badan.  Untuk perokok tentu harus menghentikan aktivitas merokoknya.  Demikian halnya dengan peminum alkohol, maka harus berhenti mengonsomsi alkohol.  Untuk ibu hamil yang mengidap GERD tentunya harus modifikasi diet, agar nutrisi bagi ibu dan bayi dalam kandungan tetap dapat terpenuhi.

Upaya Menyembuhkan GERD

👉 Konsumsi Obat-Obatan (tanpa resep & dengan resep)

Biasanya hal yang praktis tentu cepat dilakukan agar masalah pun terselesaikan.  GERD sendiri yang gejalanya masih ringan sebenarnya bisa disembuhkan dengan obat tanpa resep. Antasida tentunya tidak mampu meredakan peradangan pada tenggorokan.

Selain itu ada jenis obat H-2 receptor blocker.  Obat ini berfungsi untuk mengurangi kadar asam lambung yang meningkat.


👉 Operasi

Untuk jenis obat dengan resep tentu harus melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis.  Harus diketahui, GERD tidak hanya bisa disembuhkan dengan obat tapi bisa jadi harus melakukan operasi  (fundoplication, endoskopi, & LINX)

👉 Mengubah Gaya Hidup

Masalah mengubah gaya hidup ini memang sulit karena sudah menjadi kebiasaan dalam jangka waktu yang panjang.  Akan tetapi demi kesembuhan maka memang harus diupayakan.

Sebenarnya sudah disebutkan tentang mengubah gaya hidup ini, seperti mengatur jenis-jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi, berhenti merokok serta mengonsumi alkohol. 

Tapi tentu ingin lebih jelas ya tentang hal mengatur jenis makanan & minuman.  Sebab terkadang masih ada yang tidak paham ada makanan dan minuman yang ternyata memicu naiknya kadar asam lambung bahkan hingga mencapai GERD.

Makanan & Minuman yang Seharusnya Dikonsumsi oleh Penderita GERD

pexels-daria
Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels


Makanan & minuman yang dikonsumsi oleh penderita GERD sudah semestinya tidak memicu naiknya kadar asam lambung.

Untuk jenis makanan yang seharusnya dikonsumsi yaitu sayuran hijau, daging tanpa lemak (baik sapi atau ayam namun diolah dengan direbus atau dikukus, bukan digoreng), buah pisang, melon juga oatmeal kemudian jahe yang diolah sebagai minuman.  Sedangkan jenis roti, sebaiknya adalah roti gandum.  Nasi yang ditanak dari beras merah juga baik untuk penderita GERD. Yogurt & lidah buaya juga aman dikonsumsi.  Liadah buaya bisa diolah menjadi minuman untuk bisa dinikmati.

Ada Sereal dari Umbi Garut 

Umbi garut (Maranta arundinacea) ternyata bisa dolah menjadi sereal dan aman dikonsumsi oleh penderita GERD.  

Nutriflakes adalah sereal untuk asam lambung yang terbuat dari bahan umbi garut dan bermanfaat untuk menstabilkan kadar asam lambung.  Bila ingin mengetahui lebih detail bisa klik nutriflakes.id.

Pengen cek produknya?  Yuk langsung aja ke @nutriflakes_official . Bila tertarik untuk mendapatkan sereal ini bisa cek langsung ke Tokopedia Nutriflakes atau Shopee Nutriflakes. . Mudahkan?

Jadi tetap jaga asupan dengan mengonsumsi makanan & minuman yang aman bagi asam lambung.







Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

Post a Comment for "Mampukah GERD Disembuhkan?"