Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tayangan Flashback '80-'90 Obat Kangen Masa Lalu

Tayangan Flashback.  Ada 3 tayangan yang menjadi obat kangen di masa remaja atau muda, akhirnya jadi bernostalgia deh. Aku yang di masa '80-'90 sedang beranjak tumbuh dari usian anak hingga remaja juga transisi dewasa, jelas tayangan ini bikin hepi hehehe.



Penasarankan apa aja tuh 3 tayangan tersebut?  Ada film Bebas, produk Indonesia dong.  Kemudian yang kedua dan ketiga adalah drakor alias drama Korea yang berjudul Reply 1988 & Twenty Five Twenty One.  Bagi yang lahir di tahun 2000'an bisa nih nonton tayangan tersebut, untuk nambah wawasan tentunya. 

3 Tayangan Flashback '80-'90

Udahpada nonton belum nih 3 tayangan yang aku sebutin tadi?  Aku kasih review tentang tayangan tersebut dalam tulisan ini ya. 

1. BEBAS (Film Indonesia)




Aku nonton film ini dari satu stasiun tv swasta.  Jarang-jarang aku anteng di depan tv nonton film, kecuali tu film memang menurutku rame.  Ada satu hal yang menarik perhatianku saat itu yaitu salah satu ost.nya adalah lagu rap Bebas, sama dengan judul filmnya. Kalo anak muda di tahun '90-an pasti ngeh dengan lagu rap yang dibawakan oleh Iwa K. ini.

Cerita film yang diproduksi oleh Miles Films ini diawali dengan Vina Panduwinata (namanya memang sama ya dengan nama diva Indonesia saat itu) menjenguk Krisdayanti, sahabatnya se-geng waktu SMA yang sedang dalam kondisi kritis - scene present time ya di masa 2019.  Ibarat kata meski masih bisa bangkit dari tempat tidur rumah sakit, berjalan, berbicara, tapi menunggu ajalnya dijemput. 

Kris bilang ke Vina sebelum ajal tiba, pengen banget bisa kumpul lagi dengan semua sahabat se-geng yang nama gengnya geng Bebas yaitu Jessica, Suci dan Jonathan yang panggilan akrabnya Jojo as the only one boy digeng itu.  Kenapa jadi Kris pengenpada ngumpul? Karena saat di sekolah, pas mereka mau perform nge-dance nah ada masalah nih.

Masalahnya yaitu, Vina dideketin mulu sama Andra yang nawarin narkoba.  Vina jelas menolak.  Ketika anak-anak geng pada tau, Kris pun menghajar Andra. The endnya si Andra  yang kondisinya juga fly mecahin botol dan sebenarnya pengen nusuk yang melawan dia dengan pecahan botol itu dan ternyata malah melukai pipinya Suci   Kacau deh. Perform di claasmeeting nggak jadi, dan akhirnya sekolah justru mengeluarkan para siswa yaitu geng Bebas yang dianggap bermasalah dari sekolah.  Terpisahlah mereka semua.

Keseruan lainnya yaitu saat geng Bebas udah ngumpul di present time (kecuali Suci).  Jadi Mia, anaknya Vina yang sudah duduk di bangku SMA ternyata dikejar-kejar cowok. Ni cowok selain membully Mia dan Mia pun hampir mengalami pelecehan seksual (dipaksa dicium).

Vina yang menjemput Mia, melihat kejadian itu. Langsung deh Vina omelin tuh cowok & geng.  Besoknya, Vina bareng geng Bebas dateng ngehajar cowok & gengnya yang udah mencelakai anaknya.  Vina dan para sahabatnya pun nostalgia semasa SMA deh pas mereka fight dengan geng Baby Girl.  Meski kemudian diciduk oleh polisi, tapi geng Bebas santai aja bahkan bareng pak polisi dengerin lagu Bebas di mobil patroli.  Kocak menurutku.

Perjuangan ngumpulin para anggota geng Bebas seru banget.  Saling kaget begitu melihat perubahan baik fisik juga kehidupan mereka di present time.  Apalagi Suci, susah banget nemuin dia.  Bisa ketemu akhirnya di saat Kris sudah wafat.  Happy Ending, meski Kris sudah wafat, tapi geng Bebas bisa saling ketemu lagi.

Keseruan di masa SMA, salah satunya tawuran dengan sekolah lain membuat nostalgia tersendiri bagiku.  Karena pernah merasakan sewaktu SMA di Tangerang dulu.  Nggak salah apa-apa, duh yang ada ikutan panik karena bakal  bisa ikut diserang.  Jadi saat pulang sekolah, kucabut badge sekolah, rute angkot juga ganti. Biasanya dari Karawaci ke Cikokol melewati perumnas, ini malah ke Kalideres, karena ada jalan tembus dari situ untuk ke jalan menuju komplek tempatku tinggal di daerah Cipondoh. Alhamdulillah lolos.

Lagu Nostalgia dari Film Ini

Bebas (Iwa K.), Cukup Siti Nurbaya (Dewa), Bidadari (Andre Hehanusa), Kujelang Hari (Denada), Sendiri (Chrisye), Cerita Cinta (Kahitna), Aku Makin CInta (Vina Panduwinata).

Last Words

Bagi yang mau nonton Bebas, menurutku ada sih di youtube dan fb.  Tinggal search aja.  Kalo nunggu tayangan ulang di tv bisa kelamaan kali hehe.  

2. REPLY 1988 (Drama Korea)

Sumber: klikaktual.com

Di tahun 1988, usiaku tepat 10 tahun alias masih SD.  Usia segitu masih belum ngefans banget dengan penyanyi , bintang film, yang ada asyik sepedaan juga belajar plus perjuangan pulang pergi ke sekolah yang kadang naik angkot atau dianterin sama supirnya kakek (kalo beruntung).

Tapi pas nonton Reply 1988 di Netflix, justru malah membuatku teringat lagu La Bamba. Trus di intro episode 1 juga disebutin kalo di masa itu ada grup boyband asal Amrik yang terkenal yaitu New Kids On The Block (eaaa).  Kuliat di kamar Sung Deok sun juga ada poster NKOTB. Aku sendiri ngefans NKOTB pas kelas 6 lanjut SMP sih.

Di masa itu kalo nonton film, kalo nggak ke bioskop ya nyewa kaset video.  Lima sekawan ini demen juga nonton film (lagi-lagi filmnya berkisah 'geng' ya). Sung Deok sun, Choi Taek, Sung Sun woo, Kim Jung hwan yang kadang dipanggil Jung Pal, dan Ryu Dong ryong ini kadang nonton Top Gun (pastilah keingetnya Tom Cruise) dan film-film tahun '80-90'an lainnya.

Abangnya Jung hwan, yaitu Jung Bong demen banget tuh maen dingdong alias arcade.  Jadi keinget lagi deh dengan aku yang juga hobi main dingdong tapi kalah terus haha.   Aku pribadi hanya sekedar hobi, gak sampe kayak sepupuku yang ampe bolos les atau sekolah ujung-ujugnya ngedingdong haha.  Aku biasanya main pacman, lomba lari, double dragon, dll.

Tapi jujur nih hahaha, pas udah di episode 15'an ke atas sampe tamat, banyak scene dialog yang aku skip. Entah aku aja yang merasa tu scene nggak penting-penting banget yang jelas malah jenuh hehehe.  Pengen segera tau terakhitnya aja.  Karena aku penasaran Deok sun nikah ama Choi Taek atau Jung Hwan sih? Sikapnya itu loh, antara Choi Taek & Jung hwan kan cool cool gitu kek coolkas, mirip-mirip aja.  Kalemnya, coolnya di present time terlihat jelas.  Oalah ternyata nikahnya sama Choi Taek.  So sweet banget pas ada scene yang menayangkan sewaktu kecil, mereka berdua nih Deok sun & Choi Taek sempat ketiduran berdua sembari bergandengan tangan.   

3. Twenty Five Twenty One (Drama Korea)

Sumber: https://can.newonnetflix.info/

Awalnya nebak-nebak juga sih, ni drakor tentang apa ya?  Rame atau nggaak ya?  Keterusan nonton deh akhirnya setelah gemes liati Na Hee do yang ngefans dengan permainan anggarnya Ko Yur rim.  Ampe bela-belain pindah ke sekolah yang sama dengan Yu rim berhubung sekolah Hee do menutup ekskul anggar.

Nge-geng juga?  Iya dong.  Isi gengnya yaitu Na Hee do. Ko Yu rim, Baek Yi jin, Moon Ji wong & Ji Seeun wang. Jadi Yi jin alumnus SMA yang sama dengan Na, Yu rim, Ji wong & Seeun wang.  Bedanya? Yi jin alumnus dan yang laen saat itu masih berstatus siswa. 

Kalo perkara romance antara Hee do & Baek Yi jin skip aja lah. Lagian agak sebel juga dengan sikap Yi jin yang galau & ambigu berhubung dia ini nih reporter tv dan justru saling jatuh cinta antara Yi Jin & Hee doa yang atlet anggar kelas dunia.  Sebenarnya aku udah sampe di episode saat Yi jin mengucapkan selamat atas pernikahan Hee do.  Jadi penasaran, Hee do menikah ama siapa,  As usual, ni drakor juga flashback ya, jadi ya bersabarlah hehe.

Sampe kelar ternyata nggak terjawab nih Hee do siapa suaminya.  Tapi kalo orang-orang pada bilang ni drakor sad ending karena Yi jin nggak nikah dengan Hee do tapi menurutku sebaliknya.

Alur cerita drakor ini mengikuti 'mainstream' dari realita hidup.  Yang awalnya dekat belum tentu ke depannya jadian.  Tapi ada hal-hal yang memang tercapai tujuannya, seperti Yi jin yang di awal cerita diceritakan sebagai anak dari konglomerat - pengusaha tau-tau perusahaan bokapnya bangkrut dan keluarga mereka pun terpisah.  Di present time - akhir cerita, keluarga Yi jin pada ngumpul lagi berhubung Yi jin udah sukses sebagai jurnalis di UBS (pembaca berita menggantikan nyokapnya Hee do).

Kalo Hee do juga happy ending dong, meski cinta tak bersatu tapi cita-citanya sebagai pemain anggar kelas dunia udah tercapai kemudian pensiun menjadi atlet.  Ia pun melanjutkan kehidupan bersama anaknya yang diceritakan di awal pengen berhenti menjadi balerina.  Begitu ngebaca diary Hee do, ia pun terinspirasi dan termotivasi untuk kembali berjuang sebagai balerina.

Yu rim &  Ji wong menikah akhirnya dan Seun wang hahaha 😃 jadian deh ama adeknya Yi jin. Megang janji nih adeknya Yi jin untuk nungguampe dirinya gede biar bisa jadian ama Seun wang.

Kalo masalah nostalgia, aku sih keingetnya dengan telpon umum koin.  Jadi dulu yang namanya koin alias uang logam dikumpulin demi bisa nelpon dan ngetem dengan lama. Siapa yang ditelpon?  biasalah, temen-temen saling ngasih no.telpon entah siapa supaya bisa kenalan wkwkwk. Aku dulu biasanya ngetem di telkom Tangerang, ada sederet telpon umum koin di situ.  Pas keluar telpon kartu, eaa beli juga, berhubung di komplek juga ada pasang telpon umum kartu.

 

So, demikian 3 tayangan yang aku udah nonton.  Ok Gaes, selamat nonton ya.[] 

 
 

 

 

 

 
 

 

Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

10 comments for "3 Tayangan Flashback '80-'90 Obat Kangen Masa Lalu"

  1. Baek Yi Jin ganteng banget ya :')

    ReplyDelete
  2. Ya ampun, 3 film ini emang terkenal banget tp blm ada satupun yg aku tonton mbak, aku yg penasaran bgt itu ama Reply 1988 sih, banyak yg rekomen soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa nonton ya, minimal salah satunya.

      Delete
  3. Kita samaan nih mbak, mengidolakan NKOTB. Dulu aku pun suka koleksi poster sampai map. Kalau ingat nostalgia jaman dulu seneng ya mba, kita punya idola yang ditunggu-tunggu lagunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata kita ngefans boyband yang sama ya hahaha

      Delete
  4. Tertarik banget nonton 2521 tapi belum punya waktu. Semua orang ngobrolin ini, ya teman2 kantor, ya teman2 di medsos. Tambah mupeng dong jadinya. Mbak Mia juga ngulas, aih.

    ReplyDelete
  5. Drama 2521 dan reply 1988 memang bagus banget dan bikin nostalgia. Kalau film bebas saya nonton versi asli yang Koreanya

    ReplyDelete
  6. Reply 1988 ini drama favoritku banget. Pas nonton campur campur rasanya tapi hangat 😂

    ReplyDelete