Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalo ke Kalsel Yuk Icip Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan.  Sewaktu SMA, aku pernah berdomisili di Kandangan, ikut Papahku yang bertugas di kota itu.  Kandangan berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan di Kalimantan Selatan.  Rumah pertama yang sempat menjadi tempat tinggal kami yaitu di Parincahan- Kandangan, berdekatan dengan  rumah makan yang berjualan menu ketupat Kandangan.  Biasanya yang mampir makan di warung-warung tersebut adalah masyarakat Kandangan juga para wisatawan domestik.

ketupat-kandangan


Selain di Parincahan juga ada kok di lokasi yang lain.  Salah satunya di ruas jalan saat mememasuki kota Kandangan, di pinggir-pinggir jalan ada tuh rumah makan ketupat Kandangan.

Tapi sebenarnya nggak harus ke Kandangan juga sih kalo mau nyicip menu tersebut.  Di Banjarmasin pun ada.  Biasanya disajikan bareng nasi kuning dan lontong. Tapi biasanya kalo ketupat Kandangan memang ada rumah makan atau warung yang khusus menyajikan menu itu saja. Bukan yang lain  Rasanya pun memang khas, nggak jauh berbeda dengan yang ada di Kandangan.

Keunikan Ketupat Khas Kandangan

Mau ngeshare nih keunikan yang dijumpai pada ketupat Kandangan ini.  Penasaran?  Kepo?  Pasti!

Ukuran ketupatnya mungil.  Sekitar 4-5 cm gitu deh, lebarnya 2 cm.  Biasanya disajikan 2 buah ketupat per porsi.  Kalo aku malah cukup 1 ketupat udah berasa kenyang.  Jadi kadang pesen separo deh.

Kuahnya full santan & berasa rempahnya.  Berhubung berbahan santan, biasanya disajikan dengan kuah rada kental dan jelas rasanya enak, Apalagi rasa rempahnya yang sudah dihaluskan dan menjadi bumbu saat dimasak sudah tercampur dengan merata pada kuah.  Ditambah tabuarn bawang goreng pula.  Waw!

ketupat-kandangan-1
Koleksi Pribadi


Lauknya Lezatos.  Telur itik yang direbus atau irisan ikan haruan (gabus) juga jeroanya & telur ikan.  Kalo aku pribadi suka telur itik.  Kalo telurnya nggak ada, ya bolehlah ikan haruannya.  Tapi kalo jeroannya + tel.ur ikan, wah aku angkat tangan.  Nggak suka maksudnya.

ketupat-kandangan-3
Koleksi Pribadi



Sambal Binjai.  Buah binjai rada mirip seperti buah mangga, tapi warna kulitnya beda dan aromanya juga khas banget.  Aroma asem tapi beda dengan mangga.  Sambal yang dicampur dengan buah binjai tentu jadi asem rasanya, plus beraroma khas.  Jadi tambah sedap menyantap ketupat Kandangan.


Tangan Kosong.  Kalo menyantap ketupat Kandangan dengan sendok garpu, wah ketauan tuh berarti belum pernah makan ketupat ini atau bukan orang Kandangan/Kalsel. Sebab, justru kenikmatan menyantap menu ini adalah dengan tangan kosong.  Jangan pikirin deh kuahny.  Ketupat biasanya menyerap kuah tersebut dan sembari kita makan eh, kuahnya juga terikut kita santap dan tau-tau piring pun bersih deh dari kuah.  Beneran. Coba aja deh hahaha.

ketupat-kandangan-2
Koleksi Pribadi


Nutrisi pada Menu Ketupat Kandangan

Kalo masalah santan sebenarnya udah terlalu sering diulas dalam tulisanku ya.  Pada intinya, kalo tubuh nggak bisa nerima santan ya artinya nggak bisa mengonsumsi makanan yang bersantan.  Sebaiknya bagi yang tubuhnya baik-baik saja saat menyantap kuliner full santan, ya jangan makan secara berlebihan.  

Santan sendiri dilansir dari halodoc, mengandung 445 gram, lemak, 48,21 gram, karbohidrat 6,35 gram dan protein 4,57 gram. 

Kalo ketupatnya udah jelas mengandung full karbo ya.  Lauknya yaitu telur dan ikan haruan  juga udah jelas mengandung protein.

Pengen Nyantap Ketupat Kandangan di Banjarmasin

Jelas bisa dong kalo mau makan ketupat Kandangan di Banjarmasin.  Tapi kalo mau langsung ke Kandangan juga oke.  Sekalian jalan-jalan di kota tempat Ketupat Kandangan berasal.

Berikut warung atau rumah makan di Banjarmasin yang menyajikan Ketupat Kandangan:

Mama Rama : Warungnya berada di jalan Sultan Adam Banjarmasin.  Biasanya buka pada pagi hari sampai siang hari.

No name: Warungnya berada deket tikungan ujung jalan Padat Karya Sungai Andai.  Di warung tersebut juga disajikan nasi kuning & lontong.  Bukanya pagi dan sekitar jam 10'an pagi gitu biasanya udah tutup alias habis jualannya.

Ibu Etty: Lokasinya di jalan Sultan Adam.  Bukanya pagi dan tutup jam 5 sore.

Warung Saleh: Lokasinya di jalan Sultan Adam, ke sana dikit dari SPBU. Pas di pinggir jalan raya.

Hj. Ida: Lokasinya berada di jalan Kampung Melayu Darat.  Bukanya pagi jam 8 dan tutup jam 6 sore.

Hj.Mursinah:  Lokasi di jalan Cenderawasih.  Buka pada jam 8 dan tutup kam 12 siang.

Lebih gampang lagi tinggal search aja di maps pada gadget ya.  Keywordnya 'Ketupat Kandangan Banjarmasin'.

Kalo harga sebenarnya lumayan terjangkau.  Tergantung lauknya juga sih sebenarnya. Seporsi Ketupat Kandangan dengan lauk telur biasanya 12 ribu.  Kalo pake ikan Haruan biasanya 15 ribu.  Belum dengan minum ya. 

Jadi kalo ada nemu Ketupat Kandangan di mana aja, meski nggak di Kalsel yuk diicip. []

Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

3 comments for "Kalo ke Kalsel Yuk Icip Ketupat Kandangan"

  1. Ketupat Kandangan memang khasnya Kalsel khususnya HSS. Enak tak tergantikan karena kuah santannya yang nggak nanggung2 kentalnya. Sedaplah ini.

    ReplyDelete
  2. ketupat kandangan ini memang endeus banget rasanya. alhamdulillah meski dari kandangan nggak susah yang mencarinya di kota banjarmasin

    ReplyDelete
  3. jangan lupaaa ke ketupat kaum bumimas, makyus mi.ayo kapan2 makanan disana yuks

    ReplyDelete