Soto Banjar Wajib Dicoba

Soto Banjar.  Pernah ke Banjarmasin? Kota ini adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan.  Kuliner khasnya adalah Soto Banjar.  Jadi kalo pas main ke Banjarmasin tentu wajib nih untuk mencoba menu ini.

soto-banjar-1


Kenapa jadi soto ini wajib dicoba?  Ya, tau sendiri kan betapa beragamnya jenis soto yang ada di Indonesia.  Aku sebagai soto lover tentu akan selalu mencoba berbagai soto yang ada di Indonesia. Masing-masing soto memang memiliki keunikan tersendiri.  Nah, kalo Soto Banjar apa sih keunikannya?

Keunikan dari Soto Banjar

👉 Pake Ketupat

Kalo di Banjar, yang namanya soto pasti pake ketupat.  Jadi nggak pake nasi ya sebab kalo pake nasi meski kuahnya sama dengan kuah soto, kalo di Banjar jadi nasi sop.  Ketupatnya juga khas ya, ukurannya agak gede gitu, tapi nanti dipotong-potong oleh penjualnya dengan ukuran yang proporsional supaya pas bisa masuk ke mulut.  Jadi biasanya 1 ketupat bisa untuk lebih dari  2 porsi soto. 

FYI, ada tempat khusus yang berjualan ketupat.  Biasanya kalo mau beli kulit ketupatnya aja bisa.  Mau pesen ketupat yang tinggal diiris dan lanjut siap santap juga bisa.  Nama tempatnya yaitu  Sungai Baru, pemukiman yang lumayan padat penduduk dan udah dikenal masyarakatnya sebagai pembuat & penjual ketupat.

👉 Kuahnya Khas dengan Susu Cair

Warna kuahnya sebenarnya bening, tapi dalam proses pembuatan kuah kemudian dicampurkan susu cair.  Jadi jangan SKM ya.  Oya, sebelum dicampur susu cair sebenarnya kuah ini full kaldu ayam, karena ayam yang digunakan untuk disuwir pada soto nanti biasanya direbus untuk pembuatan kuah.

Rasanya gimana tuh?  Gurih udah jelas. Asin banget jelas nggak, manis pun ya sedang aja. Jadi ngemix gitu antara asin dan manisnya. Tapi gurihnya mendominasi.  Gimana? Udah mulai laper saat membaca bagian kuah ini? Hehehe.

👉 Terbuat dari Beragam Rempah

Masakan Indonesia tentunya full rempah-rempah.  Oke kita cek ya, apa saja jenis rempah untuk bahan kuah Soto Banjar.

Bawang merah dan putih jelas wajib.  Rempah yang lainnya yaitu kapulaga, cengkeh, pala, kayu manis dan merica.

Manfaat dari berbagai rempah tersebut beragam tentunya.  Selain untuk membuat kuah semakin sedap, manfaat dari kapulaga yaitu memiliki antibakteri, meningkatkan kesehatan mulut juga jantung bahkan mengatasi masalah pencernaan.  

Nah, itu baru kapulaga. Belum lagi manfaat cengkeh, kayu manis dan seterunya. 

👉 Ayamnya Boleh Bapukah

Khasnya biasanya ayam pada Soto Banjar itu disuwir tapi ada variasi, ayamnya pun boleh bapukah

Apa itu bapukah?  Kata dasarnya adalah 'pukah' artinya 'patah'.  Jadi ayamnya dipatah hehehe.  Sebenarnya maksudnya adalah ayamnya tuh nggak disuwir tapi berbentuk potongan berupa sayap dan paha.  Biasanya dua bagian tersebut untuk ayam bapukahnya.  Kalo dadanya untuk disuwir. 

Mau request bagian tubuh ayam yang lain? Biasanya sih ceker, kepala (plus leher) terus hati ampela selain sayap dan paha.  Oya, ayam bapukah itu dibuat dengan direbus ya, biasanya untuk kaldu kuah soto.  Jadi nggak digoreng.  So, bagi yang pantang makan gorengan yuk kita cus nikmati Soto Banjar.

👉 Ada Perkedelnya

Bagi yang pantang makan gorengan, perkedelnya boleh diskip dah.  Tapi kalo aku sih, pastilah kusantap hehehe.  

Perkedel pada Soto Banjar biasanya ada dua jenis.  Jadi ada yang dibuat dari singkong juga kentang.  Tergantung penjual sotonya nih atau yang punya acara selametan hehe, apakah perkedel yang disajikan singkong atau kentang. 

Soto Banjar Komplit

Jadi Soto Banjar yang komplit biasanya terdiri dari irisan ketupat, suwiran ayam - boleh ditambah dengan ayam bapukah (kepala, hati ampela, sayap, paha), irisan telur ayam atau itik, soun, irisan wortel, perkedel kentang atau singkong, taburan daun sop dan bawang goreng.  Tinggal tambahkan juga perahan air jeruk purut atau nipis, sambal dan kalo berasa kurang manis tinggal tambahin kecap manis, kalo kurang asin ya dikecrotin kecap asin.  Yuk santap!

Selain ayam bapukah, biasanya menikmati Soto Banjar bisa juga ditemani sate.  Udah khas banget itu.  Jadi makan soto plus sate.  

Budgetnya berapa nih? Nah, kalo mau yang versi merakyat biasanya masih bisa 20 ribu versi komplitnya.  Beli porsi separo juga boleh.  Oya, ini juga tergantung dengan versi ayamnya ya.  Kalo Soto Banjarnya menggunakan ayam kampung, biasanya harga tentu berbeda dengan yang ayam ras.


soto-banjar-2
koleksi pribadi


Kalo ke Banjarmasin Beli Soto Banjarnya di Mana?

Kalo udah nyampe ke Kalimantan Selatan, pengen nyicip Soto Banjar ya mudah ada aja.  Udah banyak yang jual soalnya. Apalagi kalo nyari di google maps, tinggal ketik 'Soto Banjar. udah deh bakal nemu lokasi jualannya di mana aja tuh. Tinggal cus aja.

Kalo aku pribadi biasanya menyantap Soto Banjar di rumah makan Soto Bawah Jembatan, harganya masih bersahabat, lokasinya pas di tepi sungai jadi sambil makan bisa sambil menikmati perahu kayuh dan klotok (perahu motor) yang lalu lalang di sungai.  Selain itu, aku juga biasanya ke Soto Banjar Adi Kuin dan Soto Kampung Melayu Abah Ghani.

Ada juga Soto Bang Amat, Soto Banjar Mama Sultan, Soto Yana Yani dan seterusnya. Di deretan jalan A.Yani km.1 juga masih ada yang berjualan Soto Banjar plus sop dan soto juga.  Jadi tinggal pilih aja deh, mau singgah di rumah makan Soto Banjar yang mana. []

Post a Comment

4 Comments

  1. Beuh! Kangen soto Abang Amat, dodol duren, ikan haruan, makan soto di atas klotok di tengah sungai Barito. Semoga pandemik ini cepat kelar!

    ReplyDelete
  2. nahhh kayanya ulun belum pernah coba yang kampung melayu deh, kayanya nanti minta serlok, soalnya kadang kalo ke mall mau ke soto bang amat jauh banget. btw ulun entah kenapa lebih suka soto bang amat ketimbang soto bawah jembatan hehehe

    ReplyDelete
  3. soto banjar ini memang enak banar. kalau ulun sukanya soto bang amat itu yang di banua anyar

    ReplyDelete
  4. Soto Banjar langganan aku adl soto Banjar mama mertua. Wkwk. Tp yg rasanya mirip2 ya soto bang amat itu

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.