Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dokter Gigi Spesialis Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bengong aja nih aku sewaktu ada surat rujukan untuk berobat ke Endodonti. Wah, apa pula nih?

Sumber: pexels.com



Biasanya untuk berobat gigi, aku pun ke perawat gigi dan bisa juga ke dokter gigi. Tapi untuk istilah 'endodonti' bagiku tentunya masih terdengar asing.

Membedakan 'Dokter Gigi Umum' & 'Dokter Gigi Spesialis

Tentu kita udah ngeh ya kalo dokter gigi juga termasuk dokter spesialis untuk merawat & mengobati gigi.

Biasanya untuk ke dokter gigi, aku pun cukup ke klinik dekat rumah. Jadi di klinik yang juga menjadi faskes 1 untuk bpjs di tempatku ada dokter umum & dokter gigi.

Suatu hari aku klinik dan ternyata aku dirujuk ke rumah sakit daerah untuk ke dokter gigi yang termasuk spesialis. Sebab dokter gigi di klinik adalah dokter gigi umum.

Untuk membedakan dokter gigi 'umim' dan spesialis cukup perhatikan 'label' yang tertera di ruangan/papan nama dokter tersebut.  Biasanya untuk dokter gigi spesialis tertera 'endodonti', 'bedah mulut ', 'periodensi'  dan seterusnya. Ada 8 jenis spesialis dokter gigi dan tertera gelar spesialis tersebut di belakang nama sang dokter.

Contohnya spesialis endodonti atau konservasi gigi, maka di pada nama sang dokter akan tertera drg. (nama dokter), Sp.KG. 

Pendidikan spesialis dokter gigi dikenal sebagai PPDGS (Pendidikan Profesi Dokter Gigi Spesialis).

8 Spesialis Dokter Gigi

Problem yang dialami oleh m gigi dan mulut ternyata ditangani oleh 8 spesialis sesuai keahlian.

Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter gigi umum untuk berobat ke dokter gigi spesialis yang mana. 

Berikut adalah 8 spesialis dari dokter gigi:

1. Kedokteran Gigi Anak

Gelarnya adalah SpKGA (Spesialis Kedokteran Gigi Anak).  Tentunya dokter spesialis KGA menangani permasahan gigi pada anak.

Mempersiapkan pertumbuhan gigi anak, merawat serta pengobatan tentu ditangani oleh SpKGA.  Dokter SpKGA tentunya memahami bagaimana melayani anak sebagai pasien. Anak pun tentunya tidak takut bila saat pemeriksaan juga perawatan  dan pengobatan gigi tiba.

2. Konservasi Gigi

Endodontis namun bisa juga ditulis endodonsi juga endodonti. Istilah kedokteran gigi ini sebenarnya adalah 'endodontist' yang artinya adalah 'konservasi gigi'.

Mengutip dari kompas.com. spesialis konservasi gigi menangani perawatan dan pencegahan gigi berlubang, perawatan gigi yang berlubang dalam hingga
mencapai ruang saraf dan pembuluh darah gigi, dan lain-lain.

3. Penyakit Mulut

Penyakit mulut ternyata adalah spesialis dari kedokteran gigi. Tertulis SpPM (Spesialis Penyakit Mulut) di belakang nama dokter gigi.

SpPM menangani berbagai penyakit yang terjadi di dalam mulut, contohnya sariawan yang tak kunjung sembuh dengan pengobatan yang biasa.

4. Ortodonsia

Ortodonsia gelarnya yaitu SpOrt. Keahliannya adalah mrndiagnosa kelainan pertumbuhan dan perkembangam gigi dan wajah. Pernah membayangkan pertumbuhan gigi malah berkaitan dengan ketidakstabilan perkembangam wajah? Biasanya tentu perlu kawat gigi/behel nih. 

Bila terjadi hal yang aku sebutlam sebaiknya segera konsul dan berobat ke dokter gigi SpOrt.

5. Periodonsia

Penanganan masalah pada gigi contohnya gusi berderarah, gusi meradang bahkan penurunan gusi  dan setetusnya maka ditangani oleh SpPerio.

6. Prostodonsia

Keahlian dari SpPros adalah pembuatan restorasi gigi asli. Situs klikdokter mengatakakan bahwa restorasi gigi (dental restorationdilakukan untuk mengembalikan fungsi gigi secara utuh. 

7. Bedah Mulut

Kompas menjelaskan bahwa SpBM (Spesialis Bedah Mulut) melakukan tindakan bedah rahang, penanaman implan gigi, operasi gigi bungsu dengan berbagai faktor penyulit dan seterusnya.

8. Radiologi Kedokterannya Gigi

Pernah melakukan rontgen gigi? Nggak nyangka juga sebelumnya kalau pelaku Rontgen memiliki keahlian khusus. Ternyata ia memiliki keahliam radiologi kedokteran gigi dengan bergelar SpRKG (spesialis kedokteram gigi).

***

Dokter gigi spesialis yang mama yang pernah didatangi? Temtunya hal ini adalah kemajuan bagi dunia kesehatan gigi dan mulut ya.



Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

2 comments for "Dokter Gigi Spesialis Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut"

  1. Wahh selama ini aku cuma tau yg banyak keliatan itu spesialis KGA dan BM aja, ternyata ada banyak cabang lainnya yg spesifik ya. Padahal byk dojter gigi keliatan ahli di semua bidang ternyata ada spesialisnya lagi gelarnya

    ReplyDelete
  2. Ada berbagai spesialisasi dokter gigi ya mbak. Dulu aku kiri hanya 1 dokter gigi sudah bisa menyelesaikan berbagai masalah gigi kita ternyata ada spesifikasinya

    ReplyDelete