Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Optimalkan Cuan Bisnis Importir dengan Remittance

Memulai bisnis impor selalu dianggap sulit, apalagi dilakukan oleh pemula dengan modal terbatas.

rodnae1
Sumber: Pexels



Namun ternyata bukan tidak mungkin dilakukan, terlebih di era teknologi internet yang membuka peluang bisnis impor menjadi lebih lebar. Transaksi bisnis dengan modal kecil kini bisa dilakukan dengan mudah dan biaya hemat menggunakan remittance. Kebutuhan dana tidak terlalu besar, tapi tetap bisa menghasilkan cuan optimal.

Sayangnya, kemudahan melakukan bisnis impor serta cara bertransaksi dengan pihak pebisnis luar negeri tidak diketahui semua orang. Untuk para importir pemula yang belum memahami apa itu remittance, simak penjelasan di bawah ini untuk mengoptimalkan cuan bisnis impor Anda!

Keuntungan Remittance untuk Bisnis Impor

Remittance merupakan salah satu layanan perbankan yang bertujuan untuk memudahkan urusan nasabah terkait pengiriman uang ke luar negeri. Khususnya untuk seorang pebisnis, layanan ini menjadi sangat menguntungkan jika digunakan dan dikelola dengan baik.

Layanan perbankan yang satu ini memiliki manfaat yang sangat penting untuk keuangan negara. Keuntungan yang diperoleh, antara lain:

1. Sumber Pendapatan Negara

Pengiriman uang antarnegara menjadi sumber pendapatan negara dengan jumlah yang banyak. Hal ini tentu membantu keuangan negara dalam menjaga kestabilan perekonomian dan keberlangsungan negara. Di beberapa negara berkembang, penerimaan pengiriman uang bisa mencapai sepertiga pendapatan kotor di negara tersebut. Para pekerja lokal yang bekerja ke luar negeri, wajib mengirimkan pendapatannya pada keluarga di dalam negeri. Jelas hal ini sangat membantu negara ketika negara sedang mengalami masa krisis atau penurunan perekonomian. Meskipun belum ditemukan hubungan antara layanan pengiriman uang ini dengan produk domestik bruto lainnya, edukasi yang diberikan pada masyarakat agar lebih sadar pada apa itu remittance, manfaat, dan cara penggunaannya terus dilakukan. Sehingga lebih banyak orang yang mengakses layanan perbankan ini.

2. Kemudahan Pengiriman dan Penerimaan Uang Antarnegara

Keuntungan menggunakan layanan remittance adalah untuk kemudahan melakukan transaksi pengiriman dan penerimaan uang antarnegara. Layanan ini bisa dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat untuk berbagai tujuan pengiriman uang. Khususnya bagi pebisnis impor, kemudahan bertransaksi dengan biaya yang murah tentu menjadi tambahan keuntungan tersendiri.

3. Membantu Masyarakat yang Belum Tersentuh Perbankan

Tidak bisa dipungkiri, di Indonesia sendiri masih banyak masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan. Fakta menyedihkan ini menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa menikmati kemudahan bertransaksi mengirim atau menerima uang antarnegara. Kehadiran layanan remittance sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat melakukan transaksi keuangan. Pasalnya, layanan perbankan ini bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat serta mendorong mereka untuk memiliki rekening perbankan di kemudian hari.

4. Menjamin Keamanan Bertransaksi

Setiap transaksi pengiriman dan penerimaan uang antarnegara dijamin keamanannya oleh kedua negara. Layanan ini juga dapat dipertanggungjawabkan oleh pihak lembaga keuangan yang menyediakan layanan tersebut. Proses transfer uang dilakukan secara transparan yang bisa Anda pantau. Segala hal terkait apa itu remittance, prosedur dan keamanannya, tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia tentang Transfer Dana. lembaga penyedia layanan juga wajib mendapat izin operasional resmi dari BI dan OJK.

Cara Memulai Bisnis Impor Modal Kecil

couple1
Sumber: Pexels


Para pebisnis impor dengan modal kecil kini tidak perlu khawatir lagi dalam menjalankan usahanya. Dengan dukungan layanan perbankan yang bisa diakses secara mudah, cepat, dan biaya yang murah, transaksi bisnis bisa berjalan lancar. Namun untuk menjalankan bisnis impor, terdapat sejumlah cara yang wajib Anda pelajari, seperti berikut ini:

1. Bergabung dengan Komunitas Importir 

Sukses dengan modal kecil bisa Anda wujudkan. Anda bisa bergabung dengan komunitas importir yang membantu pemula mengembangkan bisnisnya. Para anggota akan memberikan informasi mengenai supplier barang impor yang terjangkau dengan kualitas baik. Pengalaman anggota lain bisa Anda jadikan pelajaran berharga yang membantu perkembangan bisnis Anda.

2. Tentukan Negara Asal Barang Impor

Anda wajib memahami proses pengiriman barang dari negara asal. Tidak hanya urusan harga dan kualitas barang, tetapi juga termasuk biaya pengiriman yang dibebankan dan peraturannya. Pastikan Anda menggunakan layanan remittance agar pembayaran lebih cepat, aman, mudah, dengan biaya yang murah.  Hal ini bisa mempengaruhi keuntungan bisnis Anda dalam jangka panjang. 

3. Tentukan Jenis Barang Impor

Anda wajib melakukan riset untuk menentukan jenis barang yang akan diimpor. Pelajari segmen dan karakter pasar yang menjadi target bisnis Anda. pilih produk yang sedang menjadi tren pasar untuk melebarkan peluang bisnis. Anda juga bisa memilih produk yang bisa dijadikan koleksi atau produk musiman dengan target pasar tertentu.

4. Pelajari Prosedur Pengiriman Barang

Setiap negara memiliki peraturan impor barang dari negara lain. Anda wajib mempelajari peraturan barang impor yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui proses pengiriman dengan lebih mudah, termasuk memilih jasa pengiriman yang lebih murah, penetapan asuransi, hingga pajak bea cukai yang dikenakan pada barang impor. Dengan pengetahuan yang cukup tentang apa itu remittance dan cara penggunaannya, juga menjadi modal bagi Anda dalam menjalankan prosedur pengiriman barang impor.

5. Siapkan Dokumen Impor

Bisnis impor tidak terlepas dari perizinan dan dokumen legal yang wajib disediakan. Anda harus melakukan registrasi kepabeanan melalui instansi terkait. Selain itu, Anda juga wajib membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) dan mengurus tanda pengenal importir atau Angka Pengenal Importir (API) sesuai peraturan dari pemerintah.

Remittance dari digibank by DBS untuk Optimalkan Bisnis Impor

Kabar baik untuk para pebisnis impor pemula yang telah memahami apa itu remittance. Kini telah hadir layanan pengiriman uang ke luar negeri dari Aplikasi digibank by DBS. Layanan ini sangat mudah dan praktis untuk diakses. Berikut ini sederet kelebihan yang bisa Anda manfaatkan dari layanan pengiriman uang ke luar negeri untuk mengoptimalkan cuan bisnis impor Anda

  • Transfer uang bisa dilakukan kapan saja 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS
  • Bebas biaya transfer ke lebih dari 20 negara dengan 7 mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD dan GBP
  • Bebas biaya transfer ke lebih dari 20 negara dengan 7 mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD dan GBP
  • FX rate yang kompetitif
  • Proses transfer dana akan sampai di hari yang sama 

Layanan remittance melalui Aplikasi digibank by DBS bisa membantu Anda mengoptimalkan cuan bisnis impor. Anda bisa mengaksesnya dengan mudah melalui smartphone tanpa perlu repot mengantri di bank. Proses pengiriman uang bisa berjalan lebih cepat dan tepat waktu, sehingga Anda bisa berfokus pada urusan bisnis lainnya. Kemudahan layanan ini bisa Anda manfaatkan sekarang juga. Akses informasi selengkapnya di sini.

Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

Post a Comment for "Optimalkan Cuan Bisnis Importir dengan Remittance"