Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Melunasi Utang Sekarang

Utang tidak selamanya buruk. Beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan kita untuk memiliki utang seperti saat kredit rumah atau kendaraan.

finance1
Sumber: Freepik

Tapi jika utang ini merupakan gaya hidup untuk memenuhi konsumerisme semata, tentu menjadi masalah yang dapat mengganggu. Digital banking bisa membantu siapa saja dalam mengelola keuangan.

Digital banking adalah layanan perbankan yang fleksibel dan dapat diakses dari mana saja. Kita bisa memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya untuk membuat perencanaan dan memanfaatkan uang yang dimiliki secara lebih bijaksana. Dalam aplikasi ini, kita bisa menabung dan membeli investasi serta memantau perkembangannya. Kita juga mudah mengelola pengeluaran sehingga tidak terlilit hutang.

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Melunasi Hutang Sekarang

Sekarang untuk mendapatkan pinjaman cukup mudah karena banyak lembaga keuangan yang melayaninya. Hal ini menjadikan banyak orang terjebak dengan utang yang merugikan. Sebelum menyalurkan kredit, bank mempunyai ketentuan bahwa besarnya cicilan maksimal 30% dari pendapatan bulanan. Namun banyak yang memanipulasi data sehingga cicilan jauh lebih besar. 

Beban utang bisa menjadikan keuangan tidak sehat. Apalagi jika besar tanggungan setiap bulan melebihi kemampuan membayar. Pada saat mempunyai dana, sebaiknya menyimpannya dan segera selesaikan utang tersebut jika uang sudah terkumpul. Kita bisa menyimpan uang melalui aplikasi digital banking. Alasan kenapa kita harus segera melunasi utang adalah:

  1. Tunggakan berpengaruh pada skoring kredit

Skoring kredit adalah informasi yang digunakan oleh bank sebelum memutuskan apakah akan memberikan pinjaman kepada calon nasabah atau tidak. Jika seseorang mempunyai banyak pinjaman, maka ketika dalam kondisi terpaksa dan membutuhkan dana, bank tidak mudah menyetujui pengajuan tersebut. 

Membayar cicilan secara tepat waktu sangat penting karena riwayat pembayaran tidak akan hilang dan bisa diakses oleh semua bank di bawah pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jadi jika pernah punya tunggakan, bank lain akan mempertimbangkan untuk tidak menyetujui pengajuannya. 
  1. Mengganggu cash flow
Besarnya cicilan bulanan dapat mengganggu cash flow pribadi karena jumlah pendapat akan berkurang untuk memenuhi kewajiban tersebut. Dengan menggunakan digital banking kita bisa memantau cashflow, baik yang tersimpan dalam tabungan maupun investasi. 

Melunasi utang secepatnya berarti menciptakan kebebasan finansial. Kita bisa menggunakan semua pendapatan untuk berbagai keperluan tanpa dikurangi dengan pembayaran hutang yang harus dibayar setiap bulan. 
  1. Beban bunganya cukup besar

Banyak yang tidak menyadari bahwa dengan berutang harus mengeluarkan banyak uang yang sebenarnya bisa untuk keperluan lain. Bunga pinjaman cukup besar, apalagi jika diakumulasi selama jangka waktu pinjaman tersebut. Bisa jadi kita harus membayar bunga sampa 30% dari total pinjaman yang diterima. 

Dengan melunasi utang sekarang berarti kita sudah melakukan penghematan dan merencanakan keuangan secara baik. Saat ini membuka rekening di digital banking sangat mudah dan cepat. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memilikinya. Setelah mempunyai rekening, kita lebih mudah menyimpan uang sebagai persiapan untuk melunasi pinjaman. 

  1. Menjadi beban pikiran

Cicilan yang harus dibayar setiap bulan merupakan sumber gangguan pikiran. Apalagi jika kondisi keuangan sedang tidak baik dan banyak kebutuhan. Memiliki banyak utang juga menjadi sumber masalah sehingga kita kurang produktif karena memikirkan tanggung jawab tersebut. Dengan melunasinya segera, maka kita akan terbebas dari masalah pikiran dan gangguan finansial. 

  1. Menjadikan sulit menabung dan berinvestasi

Utang menyebabkan kita sulit untuk menabung dan berinvestasi. Meski sudah bekerja keras dan mendapat pemasukan yang lumayan, uang yang dimiliki bisa habis untuk membayar cicilan. Ini yang menyebabkan kita tidak bisa menabung dan berinvestasi. 

Digital banking adalah jawaban bagi kita yang mengalami kesulitan dalam mengelola uang yang menyebabkan tidak bisa menabung dan berinvestasi. Dengan menggunakan aplikasi yang user friendly menjadikan siapa saja bisa mengelola keuangan dan mencapai kebebasan finansial di masa mendatang. 

  1. Lebih bertanggung jawab

Utang adalah kewajiban yang harus dibayar. Meski belum jatuh tempo, keinginan untuk segera melunasinya merupakan bentuk tanggung jawab terhadap kewajiban tersebut. Sebaiknya kita mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan mengalihkan dana tersebut untuk segera melunasi utang. 

Rasa tanggung jawab yang kita tunjukkan bisa menjadi modal kepercayaan dari pihak pemberi utang. Jika nanti membutuhkan, mereka akan mudah memberi pinjaman kembali, bahkan dalam jumlah yang lebih besar. 

Agar kita bisa menunjukkan rasa tanggung jawab tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengelola keuangan secara bijaksana. Sebagai contoh menyisihkan uang di rekening tabungan digital banking dan nantinya setelah terkumpul menggunakannya untuk melunasi utang. 

  1. Tidak meninggalkan masalah bagi keluarga

Tidak ada orang yang tahu sampai kapan kita bisa bekerja dan sehat. Jika sakit dan tidak bekerja, apalagi sampai meninggal dunia, maka pemberi utang bisa saja menagih ke keluarga. Tentu kita tidak mau meninggalkan masalah utang kepada keluarga yang menyebabkan kondisi ekonomi mereka menjadi buruk. 



Manfaatkan Digital Banking Untuk Kelola Keuangan


Sumber: Freepik

Memiliki utang bukan hanya menjadi beban secara finansial, tetapi juga pikiran. Agar tidak terlilit pada masalah keuangan lebih serius, segera perbaiki manajemen keuangan dengan membuka rekening digital banking dari Aplikasi digibank by DBS. Rekening ini bisa digunakan untuk menyimpan dana dalam bentuk tabungan dan membeli investasi.  

Digital banking adalah solusi bagi kebutuhan keuangan sehingga bisa terbebas dari utang. Dengan demikian lebih mudah mengelola keuangan dan mencapai kebebasan finansial di masa mendatang. Aplikasi digibank by DBS mudah digunakan siapa saja sehingga bisa lebih bijaksana dalam mengelola uang dan terbebas dari utang. Keunggulannya adalah: 

  • Tersedia berbagai pilihan transaksi yang lengkap, aman dan mudah
  • Menyediakan produk asuransi dan lebih dari 150 produk investasi
  • Tersedia kartu kredit dan pinjaman dengan approval 60 detik

Saat ini untuk mengakses digital banking bisa dilakukan kapan saja sehingga mudah mengontrol kondisi keuangan. Aplikasi digibank by DBS memfasilitasi semua nasabah pengguna aplikasi online banking agar bisa mengelola keuangan secara bijaksana. Jika tertarik untuk menggunakan fasilitas ini dan mendapat info lebih detail, bisa klik di link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page 
Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

Post a Comment for "7 Alasan Kenapa Kamu Harus Melunasi Utang Sekarang"