Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dan Hujan pun Turun

 "Hujan kok gak turun juga ya?" Masih aja aku teringat dengan keluhan teman dekatku sewaktu kuliah dulu.  Ayahnya adalah pengusaha berbagai tanaman dan ia pun ikut mengurus usaha ayahnya itu. 

todd-diemer
Sumber: Unsplash

Sebenarnya melakukan penyiraman dengan dibantu alat dan tersedianya sumber air selain air hujan untuk penyiraman tanaman ya bisa sih.  Tapi menurut temankun kalo tanaman disiram dengan air hujan tentunya alami & juga praktis.  

Hujan pun Turun Membasahi Bumi

Tepat di suasana Imlek, sekitar tanggal 20 Januari 2023 bahkan saat aku menulis konten ini - 28 Januari- hawa pun terasa dingin sekitar 26 derajat celcius. Hujan pun tentunya selalu turun. Kadang lebat, semi lebat juga gerimis silih berganti.

Sebelum Imlek di daerah-daerah lain memang ada yang kebanjiran. Saat ini pun juga ada yang terkena longsor. 

Bagi daerah-daerah lainnya yang gak terkena bencana, salah satunya daerahku memang tetap siap siaga dengan perlengkapan untuk menghadapi hujan. Selain jas hujan dan payung juga nyetok bahan-bahan makanan.

Kalo hawa dingin tentunya bikin cepet lapar ya kan?! Kadang ya tetep bela-belain ke warung gorengan meski hujan turun. Untungnya pas nggak lebat.

Apa yang Aku Lakukan?

Akunya malah nulis ngalor ngidul pula nih tentang aku dan hujan. 

Jadi apa aja nih yang aku lakukan selama hujan hampir tiap hari membasahi bumi? Ya macem-macem sebenarnya. Tapi kadang malah ketiduran hehehe.

Skip dah ah masalah ketiduran ya. Jadi biasanya selama musim penghujan aku ngecek & menyediakan hal- hal untukku pribadi dan juga keluarga.

Apaan aja tuh?

1. Jas Hujan, Payung, Pakaian

Berhubung kami sekeluarga pengguna motor matic, jadi jelas jas hujan selalu ready. 

Payung biasanya digunakan untuk melindungi bila kami berjalan kaki dengan tujuan yang dekat rumah. Bisa ke musola komplek, warung ataupun rumah tetangga.

Kalo masalah pakaian juga kerudung plus underwear memang harus ready nih stoknya. Jelas harus nyiapin stok yang masih kering. Selain itu kudu nyiapin ruang indoor ataupun outdoor tapi terlindungi dari air hujan untuk menjemur pakaian dll yang basah.

erik-witsoe
Sumber: Unsplash


Hal-hal seperti ini memang penuh perjuangan. Tapi kalo misalnya punya mesin cuci yang biasanya dilengkapi pengering cucian pastinya juga akan terbantu.

2. Kuliner di saat Hujan

Di blog ini sebenarnya aku ada nulis juga nih tentang kuliner di waktu hujan. 

Memang harus spesial nih macam kuliner yang tersedia di rumah sebab hujan hawanya jelas adem. Jadi makanan dan minuman yang disajikan pun tentunya yang hangat.

Kalo aku biasanya belanja di warung dekat rumah selain itu juga ada masyarakat yang buka lapak sayur mayur meskipun di luar komplek.

Jadi harus siap bisa masak sendiri atau beli yang udah masak di saat kondisi sudah kondusif alias hujan udah agak reda or teduh.

Jangan lupa cek ricek juga nih persediaan gas untuk kompor.  Sedih banget kan pas bahan-bahan untuk memasak udah siap, eh gas abis. Tapi boleh juga sih memanfaatkan rice cooker untuk masak lauk meski bukan versi gorengan.

joshua-ryder
Sumber: Unsplash


3. Jaga Kesehatan

Aku menderita alergi hawa dingin, termasuk debu. Tiap hari nih yang namanya tisu menjadi bestie-ku. Lagian bersin-bersin mulu plus ingus pun ngocor. Sering dikira orang-orang kalo aku tuh kena pilek padahal nggak.

Kalo kondisi kesehatan seperti aku gini jelas harus ready selalu air panas karena untuk bikin minuman hangat. Biasanya yang aku minum sih teh juga kopi krimer.

ksenia-yakovleva
Sumber: Unsplash

Jadi di saat hujan gak terlalu lebat or teduh, aku pun cuss belanja untuk nyetok bahan-bahan yang diperlukan di rumah. 

Bisa juga kalo mau beli makanan yang udah masak tapi ya liat kondisi dulu. Kalo hujannya lebat ya ngandalin bahan-bahan yang ada di rumahlah.
   
Kalo obat-obatan biasanya yang ready ya obat pilek khusus alergi. Juga larutan herba yang sachetan untuk menghindari tubuh juga bisa untuk ngobatin masuk angin. 

Ngomongin masuk angin bisa nyerempet kuliner nih.  Wedang jahe, bubur kacang ijo yang hangat plus tambahan ketan item trus bisa juga dengan menikmati ronde, wah bisa kelar deh tuh masuk angin yang menyerang.

4. Kegiatan Anti Gabut

Pernah merasakan kegabutan level very high di saat hujan?  Sebenernya berasa gabut berhubung kerjaan udah kelar. Mau jalan tapi kendala hari yang masih huja tentunya males ke luar rumah. 

Tapi sebenernya mudah aja kok untuk menghilangkan kegabutan tatkala hujan membasahi bumi. 

Kalo aku pribadi, pilihan utama adalah ngubekin hape. Tapi untuk menjaga jarak agar gak terlalu dekat dengan perangkat digital biasanya aku membaca buku. Versi cetak ya.

Selain membaca buku, bisa juga mewarna. Lembar objek yang diwarna biasanya aku print dari situs coloring for adults. 

costumerbox-1
Sumber: Unsplash



Banyak sih kegiatan yang bisa dilakukan selama hujan sebenarnya. Selain rebahan dan kemudian ketiduran bisa aja sebaiknya sembari menghafal surah.

Skip masalah kerjaan dan rutinitas ya. Why? Gabut biasanya terjadi saat kerjaan udah kelar, or sedang jenuh di tengah- tengah kerjaan yang belum juga kelar.  Bisa juga terjebak dalam kondisi 'gak bawa kerjaan' saat di tengah perjalanan atau maen ke rumah siapa gitu. Gak bisa ninggin kondisi tersebut berhubung hujan masih belum juga reda 

xxx

Semoga di saat hujan, kita semua tengah dalam aktivitas yang bermanfaat & berkah ya. Jadi nggak ada istilah 'waktu terbuang'.




Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

Post a Comment for "Dan Hujan pun Turun"