Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bebek Goreng Kuliner Favorit

Kuliner dengan bahan utama Bebek tentunya bukan hal yang asing lagi bagiku. Apalagi bebek yang digoreng dengan resep khas nusantara.

duck1
Sumber: pixabay


Biasanya aku menikmati bebek goreng di rumah makan khas Jawa Timur. 

Pernah juga sewaktu ke Surabaya dan Bangkalan, aku mencicipi menu ini. Tidak hanya rasa yang nikmat karena bumbunya resap hingga ke dalam daging,  potongan bebeknya pun berukuran lumayan besar, dagingnya pun empuk.

Uups, jadi ngiler nih. 

Enak, Sehat namun juga ada Jeda

Aku sebagai penggemar bebek goreng tentunya mengetahui mana yang enak ataupun tidak.

Soal enak sudah kubahas di atas ya. Yakni, bumbunya resap hingga ke daging yang terdalam kemudian baik kulit dan dagingnya pun nggak alot. 

Nutrisi Daging Bebek

Daging bebek sebenarnya sehat karena mengandung 19 gram protein, 4–5 gram lemak, 10 miligram kalsium, 4,5 miligram zat besi, 20 miligram magnesium, 185 miligram fosfor, 270 miligram kalium, 60 miligram natrium, 2 miligram zinc, 14 mikrogram (µg) selenium,80 IU vitamin A, 6 miligram vitamin C, 77 miligram kolesterol (alodokter.com).

bebek1
Koleksi Pribadi

Namun, meskipun mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan tubuh, kita juga harus ada jeda dalam menikmati daging bebek.

Daging Bebek pun Ternyata...

Dikutip dari halodoc.com, kulit & daging bebek mengandung lemak yang tinggi dibanding daging unggas lainnya. Bila memakannya terlalu sering tentunya kadar kolesterol dalam tubuh pun meningkat.

Meningkatnya kolesterol pada tubuh maka efeknya adalah diabetes, darah tinggi dan munculnya risiko kanker.

Bebek, meskipun sebagai sumber protein namun mengonsumsinya pun jangan melebihi batas. Menurutku cukup sepotong sesuai ukuran pada menu seporsi Nasi Bebek.

Sayur & Buah Sebagai Pendamping

Menu nasi bebek biasanya dilengkapi sambal & sayur lalapan. Tentunya lalapan akan membantu menurunkan kolesterol & kandungan lemak yang dikonsumsi .

Kalo aku pribadi biasanya senang dengan timun. Andai ada daun selada pada lalapan juga oke.

Selain itu, bisa saja sebelum menikmati nasi bebek didahului dengan mengonsumsi buah-buahan.

Jeruk, apel, alpukat dan berbagai macam buah tentu sip banget untuk dinikmati sebelum memakan makanan utama.[]

Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

3 comments for "Bebek Goreng Kuliner Favorit"

  1. Aku salah satu fans berat bebek, tp sejak kolesterolku tinggi aku jd mengurangi banget. Bener mbak bilang, harus ada jeda dan gak sering2

    ReplyDelete
  2. Aku suka bebek cuma memang daging bebek itu agak alot ya mbak. Akhirnya misal disuruh milih, maka aku akan memilih ayam saja.

    ReplyDelete
  3. aku juga suka makan bebek goreng kak. cuma memang harus pilih warung yang bisa mengolah bebeknya biar nggak alot. soalnya pernah nih beli di satu warung lalapan tahunya bebeknya alot banget mana panas jadinya susah makannya

    ReplyDelete