Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Khawatir, Sakit Maag pun Sembuh dengan Obat Alami

Meringis tak karuan saat setelah minum kopi kemudian hanya sedikit makan kue.  Sakit perutku berasa ditusuk-tusuk.  Ternyata kadar asam lambungku melonjak berhubung perut belum sarapan dengan menu yang sesuai, tapi hanya kopi dan dua keping kue kering.

freepik1
Sumber: Freepik.com

Seandainya saja aku sudah sarapan pagi, kemudian lanjut menikmati kopi, aku yakin maagku nggak akan kambuh. Akhirnya, meski kopi yang kukonsumsi dikombinasikan dengan krimer ataupun susu, aku pun selalu mengisi perutku lebih dulu sesuai jam makan agar perutku tidak kosong saat menikmati kopi.

Fix, Perhatikan Asupan yang Dikonsumsi

Sakit maag sebenarnya mendera alat pencernaan yakni lambung.  Apakah karena perkara malas makan kemudian maag menyerang?  Bisa jadi.  Namun, bila makanan dan minuman yang dikonsumsi ternyata justru memicu naiknya kadar asam lambung, maag pun juga akhirnya menyerang.

Jadi jelas penting untuk diperhatikan terkait rutinitas pola makan, jangan sampai kurang dari tiga (3) kali sehari. Penting pula memahami jenis makanan dan minuman apa saja yang rutin dikonsumsi agar kadar asam lambung pada tubuh tidak meningkat secara drastis yang bisa menimbulkan sakit maag.

Menu Layak Konsumsi bagi Penderita Maag

Aku pribadi telah merasakan perihnya sakit maag selain itu kesalahan pola konsumsi makanan dan minuman.  Di satu sisi aku bukan penganut 'malas makan'.  Jadi sebenarnya makan pun tetap 3 kali sehari namun untuk jenis makanan dan minuman yang sering salah pilih.  Akhirnya bisa ditebak, asam lambungku pun melonjak cepat.

Bisa cus langsung konsultasi ke dokter umum atau spesialis penyakit dalam agar mendapat informasi yang jelas untuk kesembuhan penyakit yang diderita.  Selain itu, browsing di situs-situs kesehatan yang terpercaya info terkait kuliner yang tepat dan aman untuk lambung juga penting.

Menu yang layak bagi lambung pun sebenarnya adalah 'obat alami' untuk menghindari juga menyembuhkan kadar asam lambung yang meningkat.

Dikutip dari alodokter.com agar kadar asam lambung tidak meningkat dan penyakit maag pun dapat dihindari juga disembuhkan hal-hal berikut harus dihindari yaitu:
  • Gorengan serta makanan berlemak lainnya
  • Makanan asam (termasuk buah-buahan dengan rasa asam)
  • Makanan pedas
  • Minuman soda & berkafein
ketogene-food
Sumber:Freepik.com

Obat Alami Tentu Lebih Praktis

Dilihat dari sudut pandang praktis, bila selalu membawa obat medis untuk menurunkan kadar asam lambung memang menjadi solusi.  Tapi bila dilihat dengan jeli, justru pola makan yang benar serta jenis kuliner yang disantap lebih diperhatikan sebagai suatu kebiasaan tentunya hal ini pun lebih praktis.  Sebab tubuh pun akhirnya terbiasa dengan hal-hal yang tidak membuat meningkatnya asam lambung.

Obat maag alami  sebagaimana yang sudah aku jelaskan di mana terkait bahan makanan plus minuman ternyata untuk saat ini pun ada pula yang berbentuk sereal.  

Bahan-bahan yang diolah menjadi sereal sebagai obat alami penyakit maag adalah umbi garut sebagai bahan utama.  Kemudian juga ada Psylium husk, susu Etawa, daun kelor dan gula aren.

Dikutip dari situs Nutriflakes, dijelaskan bahwa:

  • Umbi Garut sebagai bahan utama karena mengandung zat pati sebagai sumber karbohidrat.  Salah satu fungsinya adalah menekan kadar asam lambung.
  • Psyllium husk adalah serat larut yang diambil dari sekam bijinya.  Gel yang kemudian dihasilkan kemudian mengikat lemak, gula darah dan kolesterol di dalam perut.
  • Susu Etawa mengandung basa yang dapat menetralkan kadar asam dalam lambung.
  • Daun Kelor memiliki banyak manfaat yaitu membantu meredakan peradangan, mengatasi infeksi bakteri juga menurunkan kolesterol.
  • Gula Aren lebih aman dan sehat dikonsumsi bahkan bagi penderita diabetes - selama tidak dikonsumsi berlebihan.  Selaoin itu karena mengandung beberapa vitamin B kompleks maka bermanfaat sebagi anti inflamasi dan anti mikroba.

sereal1
Sumber:nutriflakes.id


Sereal Nutriflakes yang sudah diregistrasi pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI)  tentunya bisa dikonsumsi rutin untuk menu sarapan dan menjadi obat alami bagi kadar asam lambung yang meningkat.[]






Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

Post a Comment for "Jangan Khawatir, Sakit Maag pun Sembuh dengan Obat Alami"