Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Hidup Aman Hadapi Resesi, Investasi Reksadana Salah Satunya


Investasi reksadana adalah salah satu cara yang tepat untuk mempersiapkan diri dan keluarga dalam menghadapi resesi yang katanya akan melanda.

pexels-liza
Sumber:pexels.com


Ya, saat ini, dunia tengah dihadapkan pada ancaman resesi ekonomi sebagai akibat dari ketidakpastian global yang terus meningkat. 

Hal ini tercermin dari negara-negara maju yang masih bergulat dengan tingkat inflasi yang tinggi pada tahun 2022 akibat krisis energi dan pangan. Indonesia sebagai negara berkembang juga harus bersiap menghadapi kemungkinan resesi ini. Pasalnya resesi merupakan tantangan global yang tentunya akan membuat roda ekonomi akan melambat. 

Sebagai masyarakat Indonesia, Anda pasti ingin kehidupan tetap berjalan aman dan sejahterakan? Lantas bagaimana caranya? Simak ini hingga selesai.

Inilah 5 Tips Aman Menghadapi Resesi, Salah Satunya Investasi Reksadana

Resesi merupakan kondisi ekonomi negara yang sedang memburuk. Anda bisa melihatnya dari meningkatnya jumlah pengangguran, Produk Domestik Bruto serta pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif dalam dua kuartal berturut-turut.

Agar hidup tetap aman dan nyaman, berikut adalah 5 tips yang bisa Anda lakukan dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi ancaman resesi. 

  • Memahami apa itu resesi

Berdasarkan kutipan dari Forbes, September 2020, resesi merupakan penurunan signifikan terhadap kegiatan ekonomi yang berlangsung selama berbulan bahkan bertahun-tahun. Agar resesi ini tak berdampak berat kepada Anda maka pahami dengan benar apa sebenarnya resesi ini.

Paling tidak, ketahui dengan pasti apa saja yang menyebabkan terjadinya resesi. Serta cari informasi yang lengkap mengenai tindakan apa yang akan pemerintah lakukan untuk mencegah resesi tersebut. Dengan begitu Anda akan mudah mengambil langkah yang tepat untuk menghadapinya.

  • Berhemat

Menghadapi ancaman resesi bisa Anda lakukan dengan cara berhemat. Meskipun belum terjadi, Anda harus mulai berhemat dari sekarang. Jangan buang-buang  uang untuk membeli sesuatu yang tak Anda perlukan. Lebih baik menabung atau menyisihkan dana untuk investasi contohnya reksadana online.

  • Dana darurat

Agar siap menghadapi resesi, Anda harus mulai menyiapkan dana darurat. Dana darurat ini merupakan tabungan untuk biaya hidup Anda beberapa bulan kedepan terutama saat resesi terjadi. Jika kondisi keuangan Anda memungkinkan, terus tingkatkan jumlah dana darurat ini. 

Menyiapkan dana darurat adalah pilihan terbaik bagi Anda daripada berhutang untuk biaya hidup, benarkan?

  • Menambah penghasilan

Apabila memungkinkan, Anda bisa mulai mencari tambahan penghasilan. Bagi yang telah memiliki pekerjaan tetap, tak ada salahnya jika Anda mulai rencanakan untuk berbisnis sampingan. Tujuannya tentu saja agar Anda memiliki pendapatan lain yang akan mendukung keuangan terutama saat resesi benar-benar terjadi.

Namun yang harus Anda ingat, atur waktu Anda sebaik-baiknya ketika melakukan bisnis sampingan. Sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. 

  • Investasi

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan agar kehidupan tetap nyaman meski resesi adalah dengan melakukan investasi. Ini merupakan pilihan yang tepat pasalnya dengan investasi, Anda bisa memperoleh keuntungan yang bisa Anda jadikan sebagai passive income

Investasi reksadana merupakan pilihan yang pas bagi Anda yang ingin memulai investasi dengan aman serta modal terjangkau. Anda bisa berinvestasi secara teratur setiap bulan dengan menyisihkan dananya dari penghasilan bulanan yang didapatkan. 

Investasi Reksadana Secara Online Menggunakan Aplikasi digibank by DBS

pexel-ahsanjaya
Sumber:pexels.com


Agar memudahkan Anda melakukan transaksi reksadana online, sebaiknya gunakan aplikasi yang menguntungkan dan terpercaya. Salah satu platform untuk transaksi investasi online adalah Aplikasi digibank by DBS. Tak hanya menguntungkan, aplikasi ini juga memiliki banyak keunggulan, diantaranya: 

  • Ada lebih dari 50 jenis produk yang tersedia

Sebagai investor, jenis produk yang lebih dari 50 ini tentunya akan sangat memudahkan Anda memilih instrumen investasi sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih produk reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran atau reksadana saham. Semua jenis ini bisa disesuaikan dengan tujuan Anda berinvestasi.

  • Tersedia fitur kategori yang memudahkan Anda memilih jenis produk

Aplikasi digibank by DBS sangat mengerti keinginan nasabahnya. Mereka menyediakan fitur  yang akan memudahkan Anda ketika memilih jenis produk yang dibutuhkan melalui 3 kategori yaitu:

- Kategori produk dengan kinerja terbaikP

- Produk paling populer

- Serta kategori produk dengan scoring terbaik. 


  • Investasi reksadana dengan modal Rp100.000

Memilih investasi reksadana menggunakan Aplikasi digibank by DBS tak perlu modal yang besar. Anda hanya mengeluarkan dana sebesar Rp100.000 saja. Tentunya ini sangat terjangkau, bukan? Selain itu, Anda pun pasti lebih mudah menyediakan dana tersebut dan bisa memotongnya langsung dari penghasilan Anda setiap bulan. 

  • Produk bisa Anda beli secara berkala dan fleksibel

Aplikasi digibank by DBS juga menawarkan fitur pembelian secara berkala yang fleksibel. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tak bisa membeli setiap bulan. Selain pembelian yang bisa dilakukan secara berkala, Anda pun boleh mengubah nominal pembelian sewaktu-waktu. Dengan catatan, pengubahan ini Anda lakukan saat pembelian berkala masih berlangsung. 

  • Transaksi investasi menggunakan satu aplikasi

Transaksi investasi pasti memerlukan banyak proses. Mulai dari proses pembelian, penjualan pengalihan produk bahkan registrasi SID (Single Investor Identification). Untungnya, Aplikasi digibank by DBS sudah menyediakan semua fitur tersebut dalam satu aplikasi. Sehingga Anda tak perlu lagi menggunakan platform lainnya dan tentu saja ini sangat praktis.

Nah, jika Anda tidak ingin terdampak dengan adanya resesi nanti, maka Anda bisa memulainya dengan berinvestasi. Pilihan yang paling cocok adalah investasi reksadana secara online

Jika tak ingin repot, manfaatkan saja Aplikasi digibank by DBS. Selanjutnya pilih investasi reksadana sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda kemudian nikmati semua keunggulan dan kemudahan dalam setiap transaksi. 



Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

Post a Comment for "5 Tips Hidup Aman Hadapi Resesi, Investasi Reksadana Salah Satunya"