Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Jarak Jauh Cukup dengan Kuliah Online

Awalnya tentu merasa sudah cukup bila mengantongi titel diploma tiga (D-3) berhubung ingin segera bekerja.  Begitu telah menekuni dunia kerja dalam kisaran beberapa tahun kemudian muncul keinginan untuk melanjutkan pendidikan agar bisa mencapai strata satu (S-1). Apalagi dana untuk melanjutkan pendidikan pun sudah terkumpul.  

binus1
Sumber:pixabay.com

Namun, kesibukan dunia kerja membuat bingung untuk membagi waktu antara kerja dengan (bila nanti) kuliah, belum lagi masalah jarak antara kampus dengan domisili yang saling berjauhan.

Bila program studi yang ingin diambil adalah ‘sembarang’, tentunya tidak terlalu memikirkan kendala jarak karena bertebaran berbagai perguruan tinggi yang menerima jalur ekstensi.  Waktu perkuliahan pun bisa di malam hari atau di akhir minggu.  Akan tetapi, tentu penting bila program studi yang akan ditekuni ini sesuai dengan keperluani dunia kerja sehingga pengetahuan yang dimiliki oleh para pekerja pun akan selaras dan meningkat.

Ingin Melanjutkan S-1 Namun Ada Kendala 

Tentu ada kendala bila ingin melanjutkan pendidikan di tingkat S-1.  Selain misalnya sudah disibukkan dengan dunia kerja serta jarak antara kampus dengan tempat tinggal yang jauh, ada juga kendala selain itu yakni masalah dana pendidikan juga padatnya aktivitas sehari-hari.

Semenjak sempat adanya pandemi Covid 19, berbagai aktivitas pun akhirnya juga mayoritas berbasis online.  Namun, begitu pandemi telah mulai berkurang memang sudah mulai banyak aktivitas di ranah offline namun untuk online pun juga ada yang masih tetap berjalan.

Termasuk dalam ranah pendidikan, meski sudah berjalan secara offline namun kendala selain pandemi akhirnya juga menjadikan pendidikan secara online sebagai solusi.  Tentunya karena fleksibilitas dalam pembelajaran.  Selain itu tentunya keberadaan tenaga pengajar (dosen) yang profesional sehingga kualitas pembelajaran pun bagus.  

Penting juga untuk diperhatikan terkait infrastruktur yang dimiliki oleh kampus dalam pembelajaran online agar proses pembelajaran pun simultan dan kontinyu (sesuai jadwal kuliah ataupun kesepakatan antara dosen & mahasiswa misalkan konsultasi).

Pastikan Program Studi yang akan Ditekuni – Bagaimana dengan Teknik Industri?

Indonesia memang tak lepas dari dunia industri.  Tentunya sangatlah memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai ilmu-ilmu dalam hal industri ini.  Pendidikan tinggi pun ada program studi Teknik Industri yang tentu outputnyasangat berguna bagi dunia industri.

Memasuki revolusi industri 5.0 tentunya SDM yang ada termasuk di Indonesia harus siap menghadapi yakni manusia berperan dalam memanfaatkan teknologi digital di berbagai bidang. Meski telah masuk Industri 5.0 namun peran manusia akan interaksinya dengan mesin dan sebaliknya tetap ada, di mana selebihnya adalah relasi mesin ke mesin dan efektivitas robotik.

binus2
Sumber:pexels.com

Perkembangan dunia industri yang telah memasuki Industri 5.0 tentunya menuntut pula kemajuan penguasaan ilmu-ilmu Teknik Industri. Berbagai ilmu dasar, sains dan teknologi berpadu di program studi ini sehingga jangan kaget sebab pastinya akan mempelajari matematika, kalkulus, fisika dasar, kimia dasar serta analisis desain teknik dan juga basis ilmu komputer.

Bila menekuni program studi Teknik Industri tentu outputnya akan memberikan kontribusi yang bagus untuk kemajuan dunia industri di Indonesia pada khususnya.

Menekuni S-1 Teknik Industri Secara Online di Binus University Online Learning

Kuliah online (pembelajaran jarak jauh/PJJ) sebenarnya cukup mengikuti BINUSMAYA yang memiliki Learning Management System (LMS), tentunya tidak terikat waktu & tempat.  

Dilihar dari persentase bahwa perkuliahan online melalui LMS ini 62,5%  (10 minggu) yaitu pemberian materi kuliah, forum diskusi, upload tugas, dan menjawab kuis.  Kemudian 37,5% kuliah tatap muka (video conference) pada sesi ke 1 dan 9 untuk menjelaskan gambaran umum.  Lanjut sesi 7, 8, 15 dan 16 adalah untuk review.

Untuk mengikuti program kuliah online jurusan Teknik Industri di Binus University Online Learning, tentunya bisa mendaftar di jalur regular (dari SMA atau SMK ke S-1) dengan masa perkuliahan 4 tahun dan ekstension (dari D-3 ke S-1) selama 2 tahun. 

Visi dari program studi Teknik Industri yang ada di Binus University Online Learning adalah menjadi Program Studi Jarak Jauh yang paling unggul dan inovatif di bidang Teknik Industri.

Misinya pun ternyata luar biasa, yaitu memberikan kontribusi kepada masyarakat global melalui penyediaan pendidikan kelas dunia dengan:

  1. Memberikan kesempatan belajar bagi masyarakat luas dengan metode pembelajaran yang fleksibel, inovatif, dan berbasis teknologi informasi.
  2. Mendukung mahasiswa dengan disiplin ilmu Teknik Industri untuk menjadi pemimpin global.
  3. Pengakuan bakat dan sumber daya manusia yang memberikan nilai tambah bagi penerapan ilmu Teknik Industri.
  4. Penerapan teknik Industri ilmiah dalam memecahkan masalah dan nilai tambah di masyarakat.
  5. Penelitian yang berkesinambungan dan berkesinambungan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik secara nasional maupun internasional.
Program studi Teknik Industri memiliki tujuan yaitu:

  1. Menyiapkan mahasiswa dengan praktik terbaik di bidang Teknik Industri guna mempersiapkan mahasiswa menghadapi persaingan global dan kontribusi nyata dalam profesi dan masyarakat.
  2. Mempersiapkan  mahasiswa dengan pengetahuan lanjutan di bidang Teknik Industri untuk keunggulan strategis dan komitmen terhadap standar profesional dan praktik yang etis.
  3. Memberikan kesempatan pemerataan pendidikan untuk pendidikan tinggi melalui moda pembelajaran jarak jauh dan menyebarluaskan ilmu Teknik Industri.
Tentunya program studi Teknik Industri memiliki karier prospektif bagi para lulusan. Beberapa pilihan karier tersebut yaitu:

  1. Industri Manufaktur: Manajemen Persediaan, Logistik, Manajemen Operasi, Manajemen Produksi, dan Pergudangan.
  2. Penelitian dan Pengembangan: Analisis Data, Perlindungan dan Pelestarian Lingkungan, dan Rekayasa Faktor Manusia.
  3. Industri Jasa: Manajemen Klien, Perbankan Komersial dan Real Estat, Konsultasi Keuangan, Kesehatan.
  4. Sistem, dan Konsultasi Sumber Daya Manusia.
  5. Bisnis dan Manajemen: Strategi Bisnis, Perbankan Investasi, Analisis Manajemen, Proyek
  6. Manajemen, dan Pengembangan Bisnis.
  7. Pendidikan: Pengajaran dan Penelitian, Konsultasi.
  8. Teknologi Informasi: Integrasi Komputer, Desain Basis Data, Telekomunikasi, dan Pengembangan Web.

Bapak Taufik, S.T., M.M., PhD selaku Ketua Program Studi Teknik Industri, Binus University Online Learning pun mengatakan bahwa program ini didesain bagi yang lulus SMA dan sederajat seperti SMK, STM yang inin melanjutkan studi di bindang Teknik Industri. 
 
“Jadi bila Anda sudah lulus SMA dan bekerja, di tampat bekerja Anda bisa melanjutkan program studi ke jenjang S-1 jurusan Teknik Industri Binus dengan fleksibel, mudah dan tetap kita jaga kualitasnya,” tambah beliau.

Pak Taufik pun menambahkan bahwa programi ini dirancang untuk membuat lulusan fokus pada bidang-bidang terkini yang khususnya menjadi tantangan di Industri 5.0.  Beliau menekankan bahwa Teknik Industri akan lebih kepada sistem yaitu sistem manusia, sistem mesin, sistem material bahan baku, sistem metode, environment dan juga dengan tambahan informasi teknologi dan informasi komputer.
 
“Diharapkan lulusan kami, lulusan Binus Online Learning ini akan menjadi lulusan yang dapat berkontribusi di industri 5.0,” pungkas Pak Taufik.

Maka untuk menjawab tantangan Industri 5.0 terkait kontribusi pada dunia industri khususnya di Indonesia tentu bergabung dengan program studi Teknik Industri, Binus University Online Learning adalah jawabannya.





Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

Post a Comment for "Solusi Jarak Jauh Cukup dengan Kuliah Online"