Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantau Kesehatan Diri di Dunia Maya

Subuh hari di bulan Mei 2022, saat bangun tidur dan bersiap menunaikan solat Subuh entah kenapa lengan kiriku bagian atas terasa berat dan sakit.  Tapi masih bisa kutahan dan aku pun melanjutkan aktivitasku.  Termasuk menyiapkan sarapan untuk keluarga dan mengantarkan anak ke sekolah.

kesehatan-1
Nah, rasa sakit di lengan atas kiriku ini kadang pindah ke bahu dan juga ke bawah bahu bagian belakang.  

Diriku Ini Sakit Apa Ya?

Biasanya aku rutin bekam.  Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, yang jelas mengeluarkan toksin dan juga lemak yang ada di dalam darah.  Sebaiknya sih sebulan sekali.  Tapi namanya aku, bisa terlewat sampai dua bulan bahkan tiga bulan. 

Kali ini ternyata kelewat 3 bulan.  Oke baiklah, aku pun pergi berbekam.  Setelah berbekam memang lumayan efeknya.  Tapi rasa sakit di lengan yang kadang berpindah atau menjalar ke bahu hingga bagian belakang masih belum optimal pulihnya.

Aku pun curhat ke temanku melalui chat.  
Jawaban beliau, "Kamu tuh sepertinya asam lambungnya sedang meningkat."

Membaca chat darinya pun bikin aku bingung.  
"Orang tua saya ada yang begitu.  Pas cek ke dokter ternyata asam lambungnya lagi kumat", sambungnya lagi. 

Beraksi di Dunia Maya

Aku pribadi bukan orang yang suka menunda waktu makan.  Jadi otomatis bikin otakku berpikir keras, apa sebabnya asam lambungku jadi meningkat dan efeknya sangat menyiksa.

Mulai deh introspeksi diri, apakah diriku ada mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu meningkatnya asam lambung dalam tubuh. 

Satu jawabanpun aku temukan.  Ya, minum kopi!  Rasanya pernah mendapatkan informasi kalo kopi pun bisa meningkatkan asam lambung. Apalagi aku sukanya minum kopi krimer (kopi yang bercampur dengan bubuk krimer  plus sedikit gula).  Berhubung demen, jadi aku cuekin aja nih dan tetap minum bahkan rutin 2-3 kali sehari.

Akupun mulai browsing tentang jenis kopi favoritku dan efeknya pada tubuh.  Sebuah situs menjelaskan bahwa kopi mengandung asam klorogenat dan kafein yang dapat memproduksi asam lambung dalam tubuh (halodoc.com;24/09/2021).

Solusi yang Kudapatkan

Sebagai coffee lover, solusi yang kudapatkan tentunya aku harus mengurangi frekuensi ngopi. 

Hal ini sudah kupraktikkan. Meskipun minuman hangatnya harus diganti dengan air hangat, yang penting sembuh ya kan.

Ngopi pun akhirnya paling tidak seminggu sekali.  Selain itu ternyata kopi yang lumayan oke supaya asam lambung tidak drastis meningkat adalah jenis kopi  dark roast (biji kopi yang dipanggang hingga hitam). 

kesehatan-2
Koleksi pribadi

Jadi demikianlah, aku sekarang ngopinya tidak serutin dulu.  Menikmati kopi pun biasanya yang varian Americano, bisa juga Caffe latte atau Cappucino dengan sedikit gula.  Sedikit catatan, nikmati kopi yang diolah oleh barista. Jadi bukan kopi instan ya.

Kebiasaan yang Efeknya Waduh...

Pada sebuah situs kesehatan menjelaskan tentang kopi instan.  Berasa kena tampar deh aku pas ngebacanya.

Jadi menurut situs tersebut, yang sebenarnya membahayakan dari kopi instan adalah krimer, gula atau pemanis buatan.  Apalagi bila dikonsumsi lebih dari satu sachet per hari (hellosehat.com).

Situs itu pun menyebutkan bila terlalu sering mengonsumsi kopi instan dengan adanya tambahan krimer, gula atau pemanis buatan justru ada 5 penyakit yang mengancam yaitu kanker, meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung & mengganggu suasana hati.

Jadi, intinya sesuatu yang berlebihan jelas nggak baik ya.

Terima Kasih untuk IndiHome

Berkat IndiHome, acara curhat tentang sakitku ke teman juga browsing tentang asam lambung dan kopi pun jadi lancar.

Manfaat internet jelas banget terasa dalam kehidupanku.  Selain untuk melancarkan komunikasi juga mempermudah untuk mendapatkan informasi.  Kita pun memang harus pandai juga nih memilah situs-situs yang valid agar tidak terjebak hoax

logo-indihome
Sumber:indihome.co.id


Telkom Indonesia sudah membuktikan kualitas internetnya Indonesia dengan lahirnya IndiHome.  Akses internet pun mampu menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

Situs beritasatu.com (9/8/2021) bahkan mengabarkan IndiHome telah menjangkau 9 pulau terluar di Indonesia, yaitu  Bintan, Karimun, Kei, Alor, Simeulue, Weh, Sebatik, Rote dan Sabu.  Wow banget, kan.

IndiHome menggunakan jaringan fiber optik dan pilihan kecepatannya maksimal 300 Mbps.  Jadi kita tinggal pilih nih, ada paket dengan kecepatan minimal 10 Mbps, juga 20, 30 dan seterusnya hingga 300 Mbps.

Aku yang belum masang IndiHome, sebenarnya sudah merasakan  layanan dari fixed broadband ini.  Biasanya saat aku menginap di rumah ortuku, selama pandemi aku sering staycation di situ.  Juga di ruang publik yang menyediakan akses internet.[]

Referensi:

  • https://www.halodoc.com/artikel/pengidap-gangguan-asam-lambung-harus-selalu-hindari-kopi-benarkah
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/efek-minum-kopi-instan-setiap-hari/
  • https://www.beritasatu.com/ekonomi/811779/pelanggan-indihome-tembus-81-juta-di-kuartal-i-2021
  • https://indihome.co.id


 



 





Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

53 comments for "Pantau Kesehatan Diri di Dunia Maya"

  1. Jangankan minum kopi krimer 2-3 saset, 1/2 saset saja saya nisa kena maag 3hari haha
    Jadi udah dari lama banget saya ga minum kopi saset, apalagi pakai krimer, bener2 dihindari. Karena udah tau efeknya. Kalau pengen kopi, saya pesennya kopi hitam, pemanisnya pakai gula aren. Dan kalau mau ngopi, saya makan dulu mbak. Perut jangan kosong. Alhamdulillah aman. Meski begitu, saya ngopi mungkin 2x saja sebulan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, wah ketebak deh kebiasaanku. Dulu kl minum kopi justru buat sarapan pertama.

      Delete
  2. setuju banget, saya juga terkena asam lambung gara-gara kopi
    sampai di marahin dokter karena susah bener berhenti minum kopi
    lha kopi kan jadi sahabat blogger ketika sedang dikejar deadline :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Ambu. Biar semangat ya kan. Tapi berhubung sakitnya itu malah bikin ga bisa nulis, dgn terpaksa ngopinya pun ga seaddict dahulu kala.

      Delete
  3. Padahal aku doyan kopi sachet lho, Kak. Meski begitu ya nggak bisa lebih dari 1 sachet kok. Dan nggak tiap hari juga aku minum kopi. Jadi aman deh kayaknya ya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sip lah pake banget. Jangan sampe addict ky aku ya

      Delete
  4. Mba Mia makasih banget pengingatnya .saya uga coffee lover Mba, dulu minum kopi dua kali sehari buat ngilangin ngantuk , kalo sekarang udah nyoba sekali aja sehari

    ReplyDelete
  5. IndiHome internetnya Indonesia pilihan paket kecepatannya bisa dipilih sesuai budget dan penggunaan.

    ReplyDelete
  6. Aku bangeeet. Dulu aku ngopi bisa 6 cangkir sehari. Sekarang udah 2 kali aja. Sempat dilarang dokter, tapi lalu cari tahu, karena belum mau berhenti ngopi. Hasilnya: harus arabika. Udah wis itu kuncinya. Dan nggak boleh ngopi yang aneh-aneh pabrikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia. Harganya kalo arabika agak mahal kan ya? Mau sih nyoba

      Delete
  7. sekarang tuh, aku juga kalau ada berasa gejal-gejala gak enak badan aku suka cek di google, tentunya di laman-laman terpercaya tentang kesehatan yang dikelola dokter, baru deh kalo berasa memang hrs konsul dokter baru ke dokter hehe, internet banyak membantu hidup kita ya

    ReplyDelete
  8. Daku pernah ini belum sarapan udah minum kopi, jadilah asam lambungku naik dong Ummi, hixx.
    Akhirnya diakalin deh kalau misalnya mau ngopi, kudu sarapan dulu, nanti dua jam kemudian baru berani

    ReplyDelete
  9. Ya Allah...kak, lekas sehat-sehat dan fit kembali yaa..
    Semoga dengan internet yang lancar, semua masalah kesehatan paling tidak dapat penanganan awal yang mudah dan bisa kita lakukan.
    Internet kini memang sudah jadi sebuah kebutuhan.

    ReplyDelete
  10. Asam lambung ya kak. Waduh bahaya tuh. Eh tapi suka ngopi juga. Sama dong. Gak bisa lepas dari kopi saya. Langsung bisa fokus dan melek. Hihihi

    ReplyDelete
  11. Kadang saya juga sering cari info tentang kesehatan di google mbak
    Tapi pilih pilih, cari yg memang dari situs terpercaya
    Hehe

    ReplyDelete
  12. Jadi tahu sehat dan nggak dengan mudah sekarang ya. kak. Apalagia. Da akses intermet cepat dan stabil. Makin mudah dapt informasi kesehatan. Konsultasi doketr juga makin mudah, beli obat juga dengan adanya internet. IndiHome jangkauangan juga luas ya. kak

    ReplyDelete
  13. Nah kalau saya sudah menjauh dari minuman kopi kak karena gak kuat asam yang terdapat pada kopi. Yah pandai menjaga diri saja ya apalgi berkaitan dengan pertambahan usia pastinya mulai alami keterbatasan mengkonsumsi sesuatu

    ReplyDelete
  14. Dengan adanya internet dari IndiHome, informasi kersehatan bisa diperoleh dengan cepat ya.

    ReplyDelete
  15. Hehe gpp suka kopi asal jangan berlebihan biar gak kumat asam lambungnya :D
    Zaman sekarang tu nitijen gampang ya mendapatkan banyak info termasuk info kesehatan berkat adanya internet. Lumayan lha buat kroscek2 gitu mengenai kesehatan :D

    ReplyDelete
  16. Aku kopi barista pun ngeri mba.. karena terbayang pernah sesak gerd gitu. Jadi nggak ngupii nih udah lamaa..beli saset cuma untuk tamu 😁aih tapi lihat foto kupii jadi kangeeen.
    Sehat terus yaa mbaa..biar bisa inetan lancar pakai indihome

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih aku juga kangen minum kopi yg dibikinin barista. Huhuhu...

      Delete
  17. Aku juga mikirnya dulu kalau asam lambung naik karena telat makan aja, ternyata banyak penyebabnya juga ya termasuk kalau stres juga bisa naik asam lambung. Enaknya sekarang bisa googling apapun untuk mencari informasi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah~
      Ada banyak pula situs rujukan mengenai informasi kesehatan sehingga mendaat informasi yang benar dari ahlinya, bukan mitos atau hoax yang menyesatkan.

      Delete
  18. Mbaksayy untung aku gak cocok minum kopi, setiap minum kopi bawaannya deg-degan.
    Internet memudahkan kita mencari berita ya mbak, aku kalau ada yg beres jg cek2 google dulu.


    Internet jaman sekarang seperti tidak bisa dilepaskan yaks. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  19. Aku juga sering memantau kesehatanku dengan browsing di internet. Kalau ada keluhan apa gitu trus browsing langsung deh nemu jawabannya. Kalau belum yakin bisa periksa ke dokter dan seringkali dignosa sendiri bisa sinkron dengan diagnosa dokter hehe.

    ReplyDelete
  20. Wah aku pecinta kopi nih
    Tapi bukan kopi sachet
    Kopi press yang hitam tanpa gula, hehe
    Internet memudahkan kita mencari informasi terkait kesehatan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti pahit2 gitu ya Mba? Masya Allah, pengen bisa menikmati kopi pahit juga, tapi pasti aku gak kuat

      Delete
  21. Setelah banyak aplikasi konsultasi dokter saya pun sering bertanya terkait berbagai keluhan yang dirasakan. Atau juga baca baca artikel yang berkaitan. Alhamdulillah banyak sekali membantu itu. Terlebih dengan masyarakat yang tinggal di pelosok jauh ke puskesmas apalagi dokter

    ReplyDelete
  22. Indihome ini emang andalan ya. Gak kebayang aku juga tanpa Indihome. Kayaknya masih jadi emak2 yang kudet dari dunia luar karena cuma ngurus anak aja. Btw, Alhamdulillah deh, aku juga sekarang udah bisa ngurangin kopi. Segelas sehari aja. Demi lambung yang nyaman. :D

    ReplyDelete
  23. Sebagai pecinta dan penikmat minum kopi, semuanya tergantung mindset kita. Kalo minum kopi bakalan kena asal lambung bakalan terjadi.
    Coba kopi hitam aroma tanpa gula, hindari yg sachet karena banyak gulanya. Sebaiknya pun minum kopi makan dulu. Apalagi browsing2 seputar kesehatan sambil minum kipo panas, ahhh nikmatnya.
    Jadi kapan kita ngopi bareng, ehhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku memang rentan nih, jadi gak bisa over juga ngopi krimernya. Lg nyari kopi arabika juga nih krn kualitasnya lebih bagus tp tetep juga sih kujaga nggak over ngopinya.n

      Delete
  24. Aku juga pecinta kopi nih. dulu kopi hitam lokal, kopi lampung, kopi toraja bisa minum. Sekarang lagi berusaha melepaskan diri dari kopi sachet emang hiks. Meskipun enak di lidah dan memberi rasa nyaman, tapi ternyata tidak sehat juga ya

    ReplyDelete
  25. Hiks....aku belum bisa ngurangin kopi mbak padahal ya tau si kopi pake kriker tu ga bagus tapi aku ga bisa klo ga ngopi yg ada malah cranky. Baiklah kayanya demi kesehatan hafus maksain ngurangin lopi sachet dan ganti lopi item aja

    ReplyDelete
  26. Aku pencinta kopi dan penderita asam lambung makasi babyak nih mbak infonya tetao bisa ngopi asalkan dark coffee ya. Inikah gunanya internet kita bisa dapat informasi aoapun ya mbak

    ReplyDelete
  27. syafakillah mbak. Coba ganti kopinya dengan kopi 7 elemen HNI mbak. Saya dulu tidak pernah minum kopi karena merasa begah setelah minum kopi. alhamdulillah setelah tahu kandungan dan khasiat kopi 7 elemen, saya malah jadi rutin saya minum kopi tanpa perasaan begah lagi. malah jadi merasa sehat selalu

    ReplyDelete
  28. Untung aku udah gak begitu sering minum kopi instant. Hahaha... Padahal enak loh kalau ditambahi crimer. Makin mantab juga rasanya

    ReplyDelete
  29. Ini enaknya punya internet yg lancar ya mba info apapun bisa Kita dapatkan

    Gàk kecuali soal info2 kesehatan samalah akupun pakai indihome dah lama bangt

    ReplyDelete
  30. Temen kantor ku jg ada yg begitu, asam lambung kambuh krna keseringan minum kopi, sehari bisa smpai 3 kali, udh kya minum obat wkwk.. tp skrg dia mulai mengurangi jg sh, ngga enak katanya kalo aslam kambuh😅

    ReplyDelete
  31. Gula, pemanis buatan, yang kayak gitu tuh efeknya bener-bener yaa.. aku juga membatasi konsumsi gula, Mbak. Takut kena penyakit yang macem-macem. Btw IndiHome memang membantu banget ya pada aktivitas online kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gunakan gula secukupnya aja. Kl ada yg jual kopi dg gula terpisah nah itu sip banget

      Delete
  32. Manfaat internet emang kerasa banget ya mbak, apalagi kalo saat darurat, butuhnya yg wuzz..wuzz.. Kenceng karena kita butuh informasi cepat

    ReplyDelete
  33. Duh, saya pun pecinta dan penikmat kopi. Harus hati-hati ya mbak ketika kita terlalu sering minum kopi. Nah, untung ada internet yang bisa jadi tempat cari tahu mengenai penyakit dan segala hal

    ReplyDelete
  34. tapi salah baca kandungan kopi kirain asam konglomerat ternyata klorogenat. hihi. kalau saya juga habis minum kopi perut jadi kembung kak jadinya jarang minum kopi

    ReplyDelete
  35. Aku jadi ingat kejadian kemarin itu, maksudnya pengen ngopi satu sachet aja, minum obat maagnya habis 2 strip 🤣 Tapi sih ya sebenarnya intinya minum kopi itu jangan dicampur gula karena gula dalam lambung kan berfementasi jadi menambah kenaikan asam lambung selain dari kafeinnya kopi itu sendiri

    ReplyDelete
  36. Waduh.... saya sehari 2 sampai 3 sahet.....
    Duh, langsung merasa bersalah banget sama tubuh sendiri. Besok diusahakan hanya 1 deh, perlahan kalau mau ngurangin.

    ReplyDelete
  37. baca ini jadi mikir untuk mengurangi gula tiap membuat kopi untuk suami. Soalnya setiap hari aku jadi barista bagi suami. *ehm

    ReplyDelete
  38. Mbaaak cepat sehat ya. Aku sendiri kurang suka kopi jadi ga pernah ngalamin itu. Tapi emang suamiku suka banget, jadi perlu diperhatiin juga soal ini.

    ReplyDelete
  39. sebagai penikmat kopi dan sering bikin kopi instan aku jadi tertampar, makasih Mak buat informasinya. puasa minum kopi ah, sempat bisa eh kumat lagi... hiksss...

    ReplyDelete
  40. sebagai penikmat kopi dan sering bikin kopi instan aku jadi tertampar, makasih Mak buat informasinya. puasa minum kopi ah, sempat bisa eh kumat lagi... hiksss...

    ReplyDelete
  41. ngeri juga efeknya kalau terlalu banyak mengkonsumsi kopi instan ya mba, bisa mengganggu suasana hati juga ternyata. Ini nih karena internet kita jadi bisa belajar banyak hal, termasuk urusan informasi kesehatan ya

    ReplyDelete