Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksistensi Oli Mobil Encer di Zaman Modern

Oli merupakan cairan fluida yang berfungsi untuk melindungi mesin saat ia bekerja. Tiap mesin pada mobil tentunya membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda sesuai dengan jenis mesin dan kekentalan olinya. Bila Anda membutuhkan oli yang baik dan berkualitas tentu bisa Anda dapatkan di bengkel-bengkel umum yang bisa ditemukan lewat website otoklix.com.

oli-1

Fungsi Oli Mobil 

Secara umum oli pada mobil berfungsi sebagai berikut:
  • sebagai bantalan untuk meredam gesekan antara satu komponen dengan komponen lainnya pada mesin mobil
  • sebagai pendingin mesin (cooler)
  • sebagai pelindung mesin dari serangan karat (korosi)
  • sebagai pendukung performa mesin

Eksistensi Oli Encer Pada Mobil Modern

Melihat pentingan fungsi dari oli tersebut bagi kinerja mesin, maka wajib bagi Anda untuk memperhatikan tingkat kekentalan oli. Adapun kebutuhan oli yang lebih encer pada mobil-mobil modern saat ini disesuaikan dengan karakter mesin yang digunakan.
 
Perkembangan teknologi juga berdampak pada proses pembuatan mesin kendaraan bermotor dengan lebih canggih lagi sehingga menghasilkan mobil-mobil dengan tingkat kepresisiannya yang semakin tinggi atau rapat.

Dengan kerapatan yang lebih baik ini, secara otomatis membuat oli encer menjadi lebih cocok digunakan karena dapat masuk dan mengalir sampai ke celah-celah sempit pada mesin kendaraan. Selain itu, mobil modern juga memiliki gaya gesekan atau friksi yang rendah sehingga cocok menggunakan oli yang encer. 

Apabila menggunakan dengan karakter oli yang kental justru tidak akan efektif karena celah-celah mesin tidak terlumasi dengan baik sehingga membuat mobil Anda mengalami dapat mengalami berbagai masalah seperti penas, aus, dan sebagainya.

Resiko Penggunaan Oli Mobil Encer yang Tidak Tepat

Kemajuan teknologi yang mampu menghasilkan pelumas dengan kekentalan makin rendah (encer) cocok digunakan untuk mobil rakitan sekarang. Hanya saja semua tergantung pada mesin pada setiap pabrikan mobil. Misalnya, mobil manual yang lebih baik menggunakan rekomendasi oli sesuai dengan pabriknya. Sebab kalau tidak demikian, akan timbul beberapa masalah. 

oil-2
Sumber: pixabay

Berikut masalah-masalah atau resiko yang ditimbulkan akibat penggunaan oli mobil encer yang tidak tepat:

1. Suara Mesin menjadi Lebih Kasar

Pada mesin yang tidak dirancang secara khusus untuk menggunakan oli mobil encer apabila dipaksakan akan membuat suara mesin menjadi lebih berisik. Hal ini disebabkan oleh adanya daya redam gesek yang berkurang.

2. Oli menjadi Lebih Mudah untuk Menguap

Oli encer memiliki batas temperatur yang lebih rendah sehingga mudah sekali untuk menguap apabila sistem pendinginnya tidak sesuai. Karena pada dasarnya, oli merupakan material cair yang dapat menguap apabila  terkena panas. Oli mesin yang kental juga memiliki molekul-molekul yang lebih kuat sehingga tidak mudah cair seperti oli mobil encer. 

Oli yang mudah mencair ini juga dapat menyebabkan pemborosan karena harus sering mengganti oli dalam jangka waktu yang berdekatan. Selain itu, Anda mungkin saja mengira bahwa telah terjadi kebocoran sistem oli pada mobil Anda, namun ternyata memang jenis oli yang Anda gunakan tersebut kurang cocok untuk mesin pada mobil kesayangan Anda.

3. Ketahanan Mesin Mobil akan Menurun

Ketahanan mesin dapat semakin menurun dikarenakan oleh oli yang terlalu encer. Hal ini disebabkan karena jenis oli ini kurang maksimal dalam melumasi komponen-komponen dengan celah yang lebih besar, sehingga akibatnya adalah komponen mesin menjadi lebih cepat aus.

4. Kualitas Emisi yang Memburuk

Pada mesin-mesin mobil tua yang umumnya memiliki celah komponen yang lebih besar dengan faktor pemakaian jangka panjang, ketika menggunakan oli mobil encer, akan ada kemungkinan oli ikut masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar. Sehingga saat mobil di gas secara penuh akan meninggalkan emisi yang lebih buruk.

5. Mesin pada Mobil Menjadi Cepat Aus

Gesekan akan semakin besar dan penggunaan oli encer pada komponen yang tidak tepat tidak akan melumasi komponen tersebut secara maksimal. Sehingga, akibatnya adalah komponen pada mesin akan cepat aus tergerus gesekan yang terjadi.

Perdebatan mengenai jenis oli encer dan oli kental ini sebenarnya sama-sama bagus, namun tentunya akan berfungsi secara optimal bagi peruntukan mesin masing-masing. Misalnya, bagi mesin mobil baru, menggunakan oli encer akan lebih baik karena mampu memaksimalkan kinerja mesin dengan celah komponennya yang sempit. 

Namun, untuk mobil-mobil produksi lama atau tua yang notabene berkapasitas mesin besar, lebih baik menggunakan oli yang kental karena celah komponen pada mesin lebih besar. 

Apabila memaksakan untuk menggunakan oli dengan viskositas yang encer untuk mobil berumur lebih dari 10 tahun atau lebih dari 100.000 km, mungkin benar bahwa mesin akan terasa sangat enteng. Tetapi juga akan berdampak buruk yaitu oli bisa masuk ke ruang bakar karena terbawa dinding silinder mesin.
💢💢💢

Itulah pembahasan mengenai fungsi dari eksistensi oli mobil encer di zaman modern juga resiko penggunaannya yang tidak tepat. Untuk mendapatkan oli yang berkualitas dan tepat sesuai dengan jenis mobil Anda, lakukan ganti oli pada bengkel umum terpercaya dan profesional yang bekerja sama dengan Otoklix.




Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

4 comments for "Eksistensi Oli Mobil Encer di Zaman Modern"

  1. Oh begitu ya. Berarti pemilihan encer atau kentalnya ini sesuaikan juga dengan mesin mobil yang dimiliki ya agar cocok dan maksimal fungsi kerjanya.

    ReplyDelete
  2. Wah aku gak tau sebenarnya tentang per-olian ini, jadinya tiap disuruh vawa servis pun aku ngikut aja apa kata montirnya. Pokoknya aku blg yg paling bagus. Hehehe. Padahal efek pemilihan oli ini sangat penting ya mbak

    ReplyDelete
  3. Setahu saya oli itu kental. Suami yang ngasih tahu kalau oli ada juga yang encer. Semuanya mempengaruhi kerja mesin. Jadi harus diperhatikan kekentalannya seperti apa. Biar mesin awet dan gak mudah rusak

    ReplyDelete
  4. baru tahu saya ternyata ada oli yang encer yaa, biasanya kental gituu

    ReplyDelete