√Memantapkan Skill dalam Pelatihan Online Skill Academy

 “Kalo nanti kamu lulus sekolah, mau lanjut kuliah atau gimana?” Aku bertanya kepada anakku yang kini bersekolah di kelas X pada salah satu SMK negeri di Banjarmasin.

skill-academy-3

Jawabannya masih saja sama. Nggak berubah.  Pertanyaan yang sama juga pernah kulontarkan saat dia masih duduk di bangku MTs.  Mau tau jawabannya apa?

“Vici mau jadi penjaga warnet.” Ya, itulah jawabannya.  Kadang pertanyaan tentang what you will be ini kulontarkan di depan kakek-neneknya, tantenya dan dengan harapan supaya anakku berpikir ulang untuk menjawab dengan jawaban yang berbeda.

Tapi jawabannya ya tetep aja menjadi Penjaga Warnet. Memang anakku ini minatnya terhadap dunia gaming luar biasa, tapi seenggaknya apa gitukan ya cita-citanya.  Entah jadi atlet e-Sport, youtuber game, pengembang game misalnya and so on.

“Kalo kamu jadi penjaga warnet harus fokus lo, karena bukan sekedar bisa ikut main dengan gratis.  Kamu harus bisa mengelola warnet entah hardware, software dari perangkat yang ada juga kebersihan.  Belum lagi urusan keuangan.  Nanti kalo warnet buka jualan snack & minuman, kamu juga harus jeli ngurus penjualannya,” jelasku yang pernah menjadi pelanggan setia warnet di era M-Irc dengan panjang lebar.

Anakku pun cuma manggut-manggut aja dengerin ceramahku. “Aku bisa kok,” jawabnya dengan pasang tampang ala yakin dan mantap.  Hadeh..ya gitu deh.

So, What We Gonna Do Next?

Begitu melihat berbagai pelajaran yang diajarkan di jurusan anakku yaitu Rekayasa Perangkat Lunak tentunya jelas akrab dengan dunia coding.  Di sini aku kembali menjelaskan kalo tentang dunia kerja yang nantinya bisa dia tekuni terkait perangkat lunak.

“Ci, website-website milik pemerintah juga swasta itu memerlukan sekuritas yang tinggi lo biar nggak diretas.” Aku mulai memancingnya dengan melontarkan pertanyaan, meminta pendapat anakku.

“Iya, mereka perlu programmer itu,” jawab anakku cepat.

Tuh, kan seenggaknya pertanyaanku bisa dijawab dengan jawaban yang lumayan nyambung walaupun nggak tepat banget, karena urusan security network & software ya ditangani oleh security engineer.

Ok, sampai di sini setidaknya aku udah tau minat anakku di mana dan skill yang ia miliki terkait IT apa saja, jadi tinggal menggolkan skill yang perlu diasah lebih mendalam supaya bisa membantunya di dunia kerja nanti.

Nah, tapi gimana membantunya?  Apalagi 2 tahun lagi dia akan lulus SMK, sungguh waktu nggak akan terasa terus berjalan.  Sebenarnya tahun depan dia juga udah mulai magang, tentu skill yang dimiliki terasah pada saat dia magang nanti.  Tapi menurutku tentu nggak cukup dengan magang.  Ada wadah yang mampu membina skill dia baik teori & praktik serta bersertifikat tentunya.

Selama pandemi, nggak apa-apa meskipun dibina secara offline ya kan.  Eh eh, tapi apa nggak kecepetan nih, kan dia belum lulus sekolah.  Gimana kalo lembaga kursusnya nggak nerima kalo dia belum lulus juga usianya masih 16 tahun?  Wuaduh.. jadi bingung aku nih.

Pelatihan Online untuk Pemantapan Skill 

Aku pun di sela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga, sembari browsing tentang pelatihan online.  Nah, nyampe deh ke pencarian pelatihan online  dan ketemu dengan Skill Academy .  Langsung daftar? Ya nggak dong.  Pelajari dulu, Skill Academy itu apa sih?  Jadi kalo udah ngeh kan bisa ikutan pelatihan online Skill Academy .

Ternyata, Skill Academy adalah sebuah inovasi dari Ruang Guru.  What?  Iya, Ruang Guru yang sampai sekarang populer dengan bimbel onlinenya.  Eh, tapi ternyata nggak hanya itu aja!  Ruang Guru memang menurutku inovatif ya, karena bahkan sampai pada membina skill atau keterampilan secara online.

Berhubung anakku minatnya kepada teknologi informasi termasuk software nah ternyata di Skill Academy ada Indra Kusuma seorang software engineer yang mengajarkan Belajar Konsep HTML untuk Programming.  Untuk menunjang penguasaan desain grafis bahkan ada Bimo Satria Mukti (professional creative designer) yang mengajarkan Belajar Desain Grafis dengan Mudah Menggunakan Adobe Photoshop.

Nah, tapi ternyata ada juga nih tentang pengembangan diri.  Anakku sebenarnya menguasai Bahasa Inggris pasif dalam level sedang, boleh nih ditambahin skill terkait pronunciation & vocabulary yang nantinya bisa jadi ia perlukan di bangku kuliah & dunia kerja.  Nah, ternyata pas kulihat nih ada para ahli yang menguasai Bahasa Inggris untuk dunia bisnis & kerja siap ngajarin nih di Skill Academy. Wow.

Cuss Ah Daftar

Oya, di Skill Academy, materi yang didapat bisa diakses selamanya.  Nggak itu aja.  Instruktur yang terbaik siap mengajarkan materi yang ingin kita kuasai dan nantinya kita akan mendapatkan sertifikat.  Selain itu biayanya juga terjangkau kok, nggak bikin jantungan.

Cara daftarnya gimana? Mudah banget.  Langsung aja ke website Skill Academy, klik Daftar, lanjut isi form dengan data diri. Oya, sebelumnya pelajari dulu syarat & ketentuannya ya.


skill-academy-5



skill-academy-4



Ada ketentuan khusus nih mengenai usia pada syarat & ketentuan, yaitu bagi yang ingin mengikuti pelatihan minimal berusia 18 tahun.  Gimana bagi yang belum nyampe usianya, seperti anak saya?  Nah di sini dituntut tanggung jawab wali atau ortu terkait pendaftaran, juga mengakses yang semuanya di bawah persetujuan & pengawasan wali & ortu.

šŸ’¢šŸ’¢šŸ’¢

Lega deh  begitu udah dapet wadah pembinaan skill untuk anak saya.  Apalagi di era globalisasi saat ini harus siap menghadapi para kompetitor di dunia kerja juga bisnis.  So, perlu pendalaman & pemantapan skill serta sertifikasi dong. Tentunya melatih skill diri di pelatihan online Skill Academy bisa menjadi prioritas.


Post a Comment

74 Comments

  1. oh jadi masih bisa ya buat anak-anak yang usianya di bawah 18 tahun buat mengikuti pelatihan online skill academy ini asal didampingi

    ReplyDelete
  2. Ruang guru sekarang memperluas konsumennya ya mba, bukan hanya anak2 sekolah. skill academy ini bisa jadi solusi kursus2 keahlian dna ketrampilan yang harus stop di masa pandemi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus inovatif supaya edukasi bisa tetap ada.

      Delete
  3. Yeayyy, makasii rekomendasi dan infonyaaa!
    Bener2 deh, di masa pagebluk ini, kita kudu kreatif ya melakukan berbagai cara, agar bisa tingkatkan skill.

    Walau fisik berada di rumah aja, bukan berarti ga bisa upgrading wawasan ye kan?
    Semangaaattt buat kita semua :D

    ReplyDelete
  4. Wow..ternyata skill Academy bagian dari Ruang Guru ya?Emang inovatif banget nih RG..tahu banget kebutuhan kita di masa seperti sekarang dan manfaatnya dalam angka panang

    ReplyDelete
  5. Ruang Guru menghadirkan solusi untuk banyaknya masyarakat yang perlu skill khusus pada era saat ini ya Mbak

    Aku juga mau pilih nih, mau ikutan apa ya di Skill Akademy nya Ruang Guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, anak-anaknya belajar di ruang guru. Kita emaknya di skill academy. Benar-benar paket komplit ibu dan anak

      Delete
  6. Di zaman yang semakin maju ini, pendidikan dari sekolah aja nggak cukup ya ternyata.. harus didukung oleh skill, dan ruang guru jadi solusi untuk para orangtua :)

    ReplyDelete
  7. the more skills we have the better it will be. and nowadays everything is at our finger tips

    ReplyDelete
  8. wah ini bagian dari Ruang Guru ya mbak
    keren ya inovasinya
    asik klo anak anak bisa ikutan kursus, mereka akan punya skill yg pastinya berguna untuk mendukung cita citanya

    ReplyDelete
  9. Wih keren nih anak mba Mia mahir dibidang software dan pemrograman. Hahaha lucu ya sesimpel itu maunya jadi penjaga warnet, jadi keinget aku duku suka ke warnet pas zaman SMP. Ngomongin skill academy, aku jadi tertarik pengen ikut pelatihan bahasa inggris juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum mahir, masih belajar juga. ayo fatimah ikut juga skill academy ya.

      Delete
  10. Wah anaknya Mbak Mia sekolah di SMK jurusan RPL ya, kereeeeeeen. Ada banyak pelatihan berbasis coding di skill academy ya. Bisa nyambung banget itu, dapat sertifikat lagi, bisa berguna untuk nambah portofolio šŸ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget ira, berguna banget nih skill academy

      Delete
  11. Betul ya mbak harus diskusi dengan anak jurusan kuliah apa yang diminatinya dan kita bisa bantu mengarahkannya ya..bagus nih kursus di Skill Academy pengajarnya mumpuni, dalam bentuk video jadi bisa diputar ulang dan materinya aplikatif ya..

    ReplyDelete
  12. hahaha... jaman kecanduan miRC dulu, saya juga sempat berpikir "enak kali ya jadi penjaga warnet, bisa seharian online terus"

    Skill acadmy ini bisa jadi alternatif untuk menambah ketrampilan yang kadang memang nggak diperoleh di bangku sekolah/kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, wah ketemu di sini kita para pecandu mIRC .

      Delete
  13. Kalau Ruanggurunya udah kenal lama karen kami pakai di rumah buat anak-anak. Ternyata Ruangguru juga punya pelatihan online ya namanya Skill Academy. Banyak juga jenis pelatihannya kalua aku lihat

    ReplyDelete
  14. Sekarang cari kelas online mudah, ya Mba. Ada Skill Academy dengan pilihan yang beragam. Bahkan buat anak-anak yang mau mendalami coding juga ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tinggal pilih aja mau mendalami tentang apa. Pilihan kelasnya banyak

      Delete
  15. Skill academy ini sangat membantu banget apalagi zaman sekarang anak harus dididik dan dilatih untuk mendapatkan skill

    ReplyDelete
  16. Hahaha.. denger cita-cita anaknya, Mba Mia mau ketawa deh. Harusnya jangan dibantah dulu, Mba. Bilang sama dia,jadi pengusaha warnetnya aja. Tapi memang sih ya.. kadang anak2 seperi itu perlu diarahkan dgn ikut kelas2 online ya, Mba. Biar terbuka wawasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak, mari diarahkan anak-anak kita, supaya ilmu yang didapat bisa aplikatif dalam kehidupan

      Delete
  17. wah materi bisa diakses selamanya, instrukturnya juga handal dan biayanya terjangkau ya maaak.. Jadi penasaran nih pengen liat liat kelas di skill academy, semoga bisa ketemu yang cocok! hehe

    ReplyDelete
  18. Aku lagi mau nyoba ini mak. Pengen refresh dengan materi2 seputar penulisan buat tambah2

    ReplyDelete
  19. Menarik sekali pelatihan dari Skil Academy ya mba... banyak pilihannya....

    ReplyDelete
  20. Eh masih ada ya warnet zaman sekarang?
    Oh ternyata anaknya tertarik dengan gaming ya :D
    Beda dgn zaman dulu kalau main game mulu dimarahin ortu skrng malah sebaliknya didukung ya asal positif dan menghasilkan hehe
    Skill academy bisa jd salah satu pilihan utk kursus online ya mbak, bahkan kalau nanti udah jd mahasiswa atau bekerja pun bisa dimanfaatkan ilmunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada mbak, tapi warnet khusus game online wkwkwk. Iya mbak, kita pahami aja game yang dimainkan apa, dan diawasi plus diketatin kalo gamenya gak sesuai usia anak.

      Delete
  21. Oh, meski di bawah usia yang ditentukan, tetap bisa mendaftar di Skill Academy yaa.. Asalkan orangtuanya yang mendaftar dan mengarahkan dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pencerahan sekali bagi orangtua mengenai Skill Academy.
      Banyak pilihan ilmu yang bisa diakses untuk memper"kaya" diri.

      Delete
  22. Nah senang kan ta kalau kelas online tetap bisa diikuti meski di rumah saja
    Banyak tuh materi programming yang kita butuhkan ada di sana

    ReplyDelete
  23. Sekarang zamannya semua dipermudah ya mbk, dari urusan belajar sekolah bisa online. Sekarang belajar apapun juga bisa online, salah satunya bisa ikut pelatihan online. Banyak kelasnya ya di Skill Academy

    ReplyDelete
  24. kelas online skill academy emang bisa memfasilitasi kaum rebahan sekaligus IRT yang pengen maju yaaa

    ReplyDelete
  25. Buat anak-anak SMK yang pengen belajar coding bisa pakai Skill Academy, tentunya didampingi orang tua. Lumayan nambah ilmu dan sertifikat untuk keperluan dunia kerja nanti

    ReplyDelete
  26. wah pas banget ada skill academy jadi anaknya bisa kepo-kepo dulu dengan yang masih mirip2 dengan penjaga warnet kayak programer, IT expert dll lewat khursus online. Setelah ketemu instruktur yang keren-keren semoga cita-citanya anaknya tambah keren juga ya..

    ReplyDelete
  27. Ilmu IT saat ini memang sangat luas yaa, banyak dari mereka yang menyukai ilmu ini karena berawal dari hobi.

    Asik juga kalo ditunjang dengan pelatihan bersertifikat, semakin nambah ilmu nya.

    ReplyDelete
  28. Anaknya Mbak Mia keren bgt. Tahu sejak dini apa yang dimau. Lanjutkan Vici, tambah skillmu di Skill Academy.

    ReplyDelete
  29. kupikir anak kak Mia masih SMP ternyata sudah SMK ya, sekarang. berarti sekarang jurusannya komputer ya di SMK. Semoga nanti Vici bisa jadi programmer handal kayak Nam Do San. Eaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiih... aamiin semoga jadi programmer handal nih anakku. kalo dari fisik udah menunjang menuju oppa hehehe

      Delete
  30. Asikkk vici akhirnya ikut skill academy ya. Seneng kalau anak tuh mendapat pelatihan sesuai dengan pottensi dan minatnya

    ReplyDelete
  31. Asli sih mudah banget daftarnya dan beli kelasnya juga enak aja bayarnya trs kelasnya bukan kelas yg mahal sekalipun org2nya sudah handal semua.

    ReplyDelete
  32. Jelas manfaatnya skill acedemy. Sebuah terobosan peningkatan ketrampilan dalam passion tertentu bisa dipilih sesuai dan pas. G salah lo jika kita memilih skill academy.

    ReplyDelete
  33. Mantap! Semoga vici bisa menghasilkan karya terbaik selepas belajar di skill academy, ya.

    ReplyDelete
  34. Di masa depan, beekerja di bidang IT merupakan salah satu profesi yang menjanjikan lho
    Karena pekerja konvensional akan tersingkirkan dengan sendirinya

    ReplyDelete
  35. Ruang Guru ini inovasinya hebat ya, sekarang bikin program Skill Academy. Di masa pandemi gini pas banget karena banyak orang yang nggak ragu meningkatkan skill dengan kursus-kursus online yang lebih mudah tapi tetap sama berbobot.

    ReplyDelete
  36. Anak abegeku akhirnya daftar kelas peracik kopi nih mbak mumpung harganya murah

    ReplyDelete
  37. Kelas online yang bermanfaat ya, meski dengan kondisi yang masih serba terbatas. Ruang untuk belajar masih bisa dimanfaatkan, seperti skill academy ini
    Yang bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan skill.

    ReplyDelete
  38. sarat faedah bangeettt ini skils academy.
    aplikasi yg tau banget kalo kita harus ningkatkan skills, di masa pandemi ini ya kaannn

    ReplyDelete
  39. Di masa pandemi ini, sangat bisa kita manfaatkan untuk meraup skill baru, ya
    Mengikuti aneka course secara online adalah jalan terbaik.
    Makasi rekomendasinya ya

    ReplyDelete
  40. Ternyata daftar kurus online di Skill Academy itu mudah ya mbak
    Materi pelatihan nya pun beragam
    Harganya juga terjangkau

    ReplyDelete
  41. Asik banget ya mba bisa akses materinya selamanya. Jadinya mau baca dan pelajari kapan saja jadi terbantu ya

    ReplyDelete
  42. Baru ngeh kalau Skill Academy ini dari Ruang Guru juga ya sodaraan hehehe. AKu buka website-nya ternyata banyak amat macam2 kursus online yang ditawarkan. Kita tinggal pilih sesuai minat dan bakat aja. Malah ada yang diskon hihihi mamah ogah rugi deh :D

    ReplyDelete
  43. Waaah...baca jawaban vici jadi inget anak saya. Usianya masih 10 tahun sih, tapi juga suka banget gaming. Bedanya, masih nggak tahu kalau ditanya ke depannya mau ngapain. hahaha, ya emang itu tugas saya selaku ortu untuk memberi wawasan dan arahan.

    Ternyata, selain berguna untuk mereka yang memang sudah merasa butuh tambahan ketrampilan, skill academy juga berguna untuk ibuk-ibuk yang "galau" akan kemampuan anak-anaknya. terima kasih sharingnya mb mia.

    ReplyDelete
  44. Sekarang ini banyak cara untuk mengembangkan diri ya mbak, gak usah sekolah tapi bisa juga ikutan kursus online selain itu juga bisa mendapatkan sertifikat kalau di Skill Academy.

    ReplyDelete
  45. Anaknya pasti seneng banget nih dapat ibu pengertian kaya gini, mendukung dan mencarikan jalan untuk mengasah skillnya. Semoga niat anaknya nanti kesampaian ya, aamiin

    ReplyDelete
  46. Banyak banget kelas-kelas yang super bermanfaat di Skill Academy yang bisa membantu kita buat berkembang yah mbaaak, jadi kepo pengen ikutan juga deh

    ReplyDelete
  47. Daripada terus meratapi pandemi, upgrade skill bisa kita lakukan, ya. Setidaknya ilmu kita jadi bertambah. Keren juga nih SkillAcademy

    ReplyDelete
  48. pas banget upgrade skill dgn ikutan kursus online di Skill Academy ya mbak
    aku kemarin ikutan yg pelatihan seo

    ReplyDelete
  49. saya lihat webnya skill academy ini, ada loh pelatihan masak, tapi sayang untuk bulan juni. lamaaa..

    ReplyDelete
  50. Ibu ibu juga butuh ya pelatihan online dan kursus online yang sesuai dengan apa yang dikerjaan untuk saat ini

    Ada banyak yak, ternyata kelas kelas di skill academy ini. Aku naksir juga nih, karena bagaimanapun skill itu harus dicari ya.

    ReplyDelete
  51. Sekarang zamannya semua dipermudah ya mbk, termasuk untuk urusan blajar ataupun p er latihan. Nggak perlu keluar rumah, busa ambil kelas online di Skill Academy

    ReplyDelete
  52. Beneran bagus skill academy, bikin pinter pelatihannya. Aku udah ikutan, seneng deh bisa belajar tentang copy writing. Jadi nambah ilmu juga nih. Bikin hepi di rumah.

    ReplyDelete
  53. keren banget nih Skill Academy..aku jadi pengen cobain ikutan skill academy..Apalagi yang berhubungan dengan pekerjaan dunia maya

    ReplyDelete
  54. Pandemi harus tetap aktif belajar ya mbak, apalagi ada inovasi dari Ruang Guru. Belajar di Skill Academy menjadi solusi nambah ketrampilan, apalagi biayanya juga murah ya

    ReplyDelete
  55. Semoga sukses biat anaknya mbak, lulusan SMK kyknya lbh cepet deh dapat kerjaannya, syukur2 bisa punya usaha sendiri. Kalau masuk pergruan tinggi juga kesempatan anak SMK juga makin terbuka lebar.
    Ditambah kalau punya sklil dari kursusan semacam ini pasti jd bekal nanti kalau udah berada di dunia kerja ya.

    ReplyDelete
  56. Keren deh ini Skill Academy ini. Bikin nambah skill ya. Cocok deh golongan prakerja ngasah skill di sini. Mana dapet sertifikat pula untuk bekal melamar kerja. Srmoga banyak yang mendapat manfaatnya.

    ReplyDelete
  57. Skill Academy ini sangat cocok nih buat para mahasiswa. Pas nih lagi cari tempat kursus buat adeku juga.

    ReplyDelete
  58. Yup skill SEO Article aku dapat juga di Skill Academy dengan mentor yang menerangkan dengan runut dan perlahan sehingga mudah dipahami

    ReplyDelete
  59. Semakin banyak skill yang kita punya semakin kuat kita bertahan menghadapi kerasnya hidup. skill academy memang solusi untuk yg mo upgrade skill tapi terbatas ruang dan waktu

    ReplyDelete
  60. ada banyak pilihan pelatihan ya mba yang bisa dipilih dan menurut saya di skill academy ini kursusnya kebanyak aplikatif jadi bisa upgrade banyak hal dan cara daftarnya pun mudah ya

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.