Sekilas tentang Salahuddin Al Ayyubi & Dinasti Ayyubiyah

Anak saya tuh pandai banget untuk melibatkan orangtua (terutama emaknya) dalam urusan belajar.  Baik tugas sekolah juga persiapan ujian. Nah, terinspirasi dari kisi-kisi ujian akhir semester (UAS) mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk kenaikan kelas barusan tentang Salahuddin Al Ayyubi, pahlawan muslim, boleh nih untuk bahan postingan.

Kalaupun tulisannya nggak terlalu lengkap ya harap maklum karena memang Emak nulisnya berdasarkan dari yang ada di kisi-kisi. 

(Patung Salahuddin Al Ayyubbi di Damaskus)

👉Pendiri Dinasti Ayyubiyah adalah Salahuddin Yusuf Al Ayyubi putra dari Najmuddin bin Ayyub dan didirikan pada tahun 1171 M.

(Sumber: gor.wikipedia

👉Nama Dinasti Ayyubiyah diambil dari nama  belakang Salahuddin Al Ayyubi dan dari nama kakeknya bernama Ayyub.  Berasal dari suku Kurdi

👉Gelar yang didapatkan oleh Salahuddin Al Ayyubi yaitu Al Malik An Nasir (Penguasa yang bijaksana), Al Mu’izz li Amirul Mukminin, Sultanul Islam Wal Muslimin.

👉Paman beliau bernama Asaduddin Syirkuh bin Syadzi.  Bersama pamannya inilah, ia diutus oleh Nuruddin Zanki (yang awalnya menguasai Allepo) untuk membantu dinasti Fatimiyyah melawan pasukan Perang Salib.

(Sumber: wikipedia

👉Nama-nama yang pernah menjabat sebagai khalifah pada Dinasti Ayyubiyah:
- Salahuddin Al Ayyubi (1171 – 1193 M)
- Malik Al Aziz Imaduddin (1193-1198 M)
- Malik Al Mansur Nasiruddin (1198-1200 M)
- Malik Al Adil Saifuddin I (1200-1218 M)
- Malik Al Kam Muhammad (1218-1238 M)
- Malik Al Adil Sifuddin II (1238-1240 M)
- Malik As Saleh Najamuddin (1240-1249 M)
- Malik Al Mu’azzam Turansyah (1249-1250 M)
- Malik Al Asyraf Muzaffaruddin (1250-1252 M)



👉The Lion Heart adalah gelar bagi Richard, Raja Inggris. Gelar tersebut disematkan karena keberaniannya bertempur melawan kaum Muslimin dalam Perang Salib.

(Sumber: Wikipedia - Makam Nuruddin Mahmud Zanki

👉Penyebab pemberontakan terhadap Salahuddin karena Nuruddin Zanki (yang awalnya menguasai Allepo) dari Dinasti Zanki bermula dari mengirim Salahuddin ke Mesir untuk membantu dinasti Fatimiyyah  melawan pasukan Perang Salib. Namun ia mengetahui Salahuddin mendirikan Dinasti Ayyubiyah setelah menghapus Dinasti Fatimiyah (Syi'ah) di Mesir dan menjadi Sultan. Nuruddin merasa hal ini membuat Salahuddin ingin melepaskan diri dari pengaruhnya. 

(Sumber: kiblat.net - Perang Salib ditaklukkan

👉Upaya Salahuddin mmbangkitkan semangat jihad pada pasukan kaum Muslimin adalah dengan membuat festival. Kegiatan festival tersebut yaitu  mereka beramai-ramain mempelajari sirah Rasulullah dan atsar (perkataan Shahabat) terutama yang berkaitan dengan jihad. Hal ini akhirnya ada yang menyimpulkan Salahuddin memperingati Maulid Nabi

👉Keberhasilan Dinasti Ayyubiyah di bidang industri yaitu mengembangkan industri penyamakan kulit, industri sabun,industri tenun,serta penyulingan zaitun dan minyak simsim (wijen).

👉Salahuddin pun dikenal sebagai hafidz Alquran.  Ia dapat menghafal Alquran sejak remaja.

👉Rumah sakit pada masa Dinasti Ayyubiyah sebenarnya awalnya adalah Rumah Sakit Saint John yang dibangun oleh tentara Salib dan berlokasi di Yerusalem (1055 M). Pada akhir abad ke-11, rumah sakit ini diperluas fungsinya menjadi sebuah istana bagi ksatria dan biara untuk perawat. Saat Yerusalem dibebaskan oleh Salahuddin di tahun 1187 M, rumah sakit ini berganti nama menjadi As Salahani. Salahuddin pun memperluas rumah sakit yang difungsikan untuk melayani masyarakat hingga akhirnya hancur akibat gempa di tahun 1458 M. 

(Sumber: Wikipedia-Madrasah Al Firdaus yang dibangun masih pada Dinasti Abbasiyah -1236 M di Allepo

👉Jasa Salahuddin di bidang arsitektur yaitu membangun Madrasah Al Salahiyah di Kairo, Benteng Qal’al yang letaknya di sekitar Bukit Muqattam- Mesir, dan lain-lain.

👉Ahli Fikih, Sejarah dan Hadis pada masa Dinasti Ayyubiyah yaitu Abu Abdullah Al Quda'i yang menulis beberapa kitab yaitu Asy Syihab (Bintang), Sanadus Sihah (Perawi Hadis-Hadis Shahih), Manaqib Al Imam Asy Syafi’i (Budi Pekerti Imam Asy Syafi’i), Anba’ Al Anbiya (Cerita Para Nabi), Uyun Al Ma’arif (Mata Air Ilmu Pengetahuan), dan Al Mukhtar fii Zikr Al Khutat wa Al Asar (Sejarah Mesir).

👉Salah satu sebab terjadinya Perang Salib yaitu memperebutkan kota suci Yerusalem. Pahlawan Islam yang terkenal dalam perang ini adalah Salahuddin Al Ayyubi. Ia berhasil merebut kembali Kota Yerusalem yang telah dikuasai kerajaan Kristen selama hampir 100 tahun. Salahuddin mengalahkan pasukan Salib dalam Perang Khitin/Hittin.

👉Tahun runtuhnya Dinasti Ayyubiyah yaitu 1249 M dan mampu bertahan selama 75 tahun.

Mohon maaf bila ada perbedaan terkait sejarah antara hubungan Nurrudin Zanki, Assaduddin Syirkuh bin Syadzi & Salahuddin Al Ayyubi. Emak nyomot yang umum aja.




Komentar

  1. Jadi nama panjang Salahuddin itu Salahuddin Al Ayyubi ya, *baru tahu*. Saya masih penasaran dengan Perang Salib ini. Belum pernah baca sejarahnya secara detail. Bukunya masih menjadi wishlist sampai sekarang karena terlalu pilih-pilih, hahhah.

    BalasHapus
  2. Ini mapel ujian anak mba mia ya? Hehe Ga begitu tau sejarah begini, tp kalo buat diajarkan ke anak penting ya biar lebih tau dan mngenal jadinya taat dan nilai pelajarannya jg meningkat dgn bljr sejarah ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Lisa, kalo di Madrasah ada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

      Hapus
  3. Wahhhh asik ya kalau anaknya juga melibatkan orang tuanya belajar, jadi asik bisa jadi bahan postingan gini. Wuahahahha

    Seru sih kalau mengulik kisah-kisah seperti ini, jadinya nambah ilmu dan wawasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal emak aja nggak stuck pas nulis. Hehehe. Seru menemani anak belajar ni, karena grade materinya juga udah beda dengan pas emak sekolah dulu tu. Apalagi aku dulu sekolahnya di sekolah umum dan sekarang nyekolahin anak di Madrasah, kerasa gregetnya hahaha.

      Hapus
  4. aku suka nih sejarah islam.
    beberapa buku ada yg aku koleksi, terutama yg seri wanita penghuni surga.
    salah satu yg samapi saat ini penasaran ya tentang perang salib. perlu menelisik penulisnya dulu. takut kalau ada sejarah yg dibengkokan. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Put, masing-masing punya argumen. Jadi sementara mengacu ke buku pelajaran aja dulu hehe.

      Hapus
  5. cukup lama juga ya dinastinya mampu bertahan selama 75 tahun dengan kondisi seperti itu.
    seneng baca sejarah gini, yg kaya aku gak tau akhirnya tau :D


    salam,

    www.rizkyashya.com

    BalasHapus
  6. Sejarah Islam memang mengundang rasa ingin tau yang tinggi yah mbaaa

    BalasHapus
  7. Aku tau cerita perang salib pertama kali lwt game mba mia.. Haha.. Blm pernah baca bukunya benar2.. Makasih nih informatif bangettt

    BalasHapus
  8. Setiap baca postingan di blog mbak, aku merasa memasuki dunia lain.. pertahankan mbak kekhasannya. hehe

    BalasHapus
  9. Ini bacaan baru banget buat aku yang udah lama banget ga belajar sejarah begini. Jadi dapat tambahan informasi neh kalau baca yg beginian.

    BalasHapus

Posting Komentar

Thank u ya untuk komentarnya. Jangan bosen mampir ke blog ini.

Postingan populer dari blog ini

Let's Grow Happy!

Peran Kaum Milenial dalam Pariwisata Global

Stay Alive for nge-Blog #FBBKolaborasi