Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Hal Sunnah yang Afdhol di Hari Raya Idul Fitri

(*Sumber: Khaleejtimes.com

Gema takbir hari raya pun menggema saat memasuki bulan Syawal. Nah, Sobat Emak, apa saja hal-hal sunnah yang diutamakan untuk dilaksanakan saat memasuki hari raya Idul Fitri nan suci ini?

Sebelum menunaikan shalat Idul Fitri, sebaiknya :


Mandi Sunnah sebelum Menunaikan Shalat Ied


(*Sumber: Ronaca.com

Dari Nafi’, (ia berkata bahwa) ‘Abdullah bin ‘Umar biasa mandi di hari Idul Fitri sebelum ia berangkat pagi ke tanah lapang (HR. Malik dalam Al-Muwatho’ 426.  Imam Nawawi menyatakan bahwa atsar ini shahih). 

Makna atsar yaitu menurut istilah adalah segala sesuatu yang diriwayatkan dari shahabat dan boleh juga disandarkan terhadap perkataan Nabi Muhammad SAW.

Jadi, silakan mandi sunnah lebih dulu dengan niat sebagai berikut:



Nawaitul ghusla liyaumi 'iidil fithri sunnatan lillaati ta'aala

Mengenakan Pakaian Terbaik


(*Sumber: pinterest.com

Pakaian terbaik tentunya adalah pakaian yang masih layak pakai, bersih dari hadas baik kecil maupun besar dan syar’i (tidak memperlihatkan aurat). Selain itu silakan menggunakan wewangian.

“Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, Rasullullah bersabda memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak

Bagaimana dengan para muslimah terkait menggunakan wewangian?  
Rasulullah SAW pernah bersabda, “Wewangian seorang laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tapi tampak bau harumnya. Sedangkan wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas namun baunya tidak begitu nampak.” (HR. Baihaqi)

Dari hadis tersebut sebenarnya muslimah dibolehkan menggunakan wewangian asalkan tidak berlebihan.  Seandainya ingin wangi yang cetar membahana lebih baik hanya digunakan di rumah di mana menggunakannya hanya untuk suami.

Jangan Lupa Sarapan



(*Sumber: cemilan.com

Sebelum berangkat shalat Ied disunnahkan sarapan lebih dulu. Kalau memang nggak terbiasa sarapan dengan makanan full, boleh deh ngeteh or ngupi plus beberapa buah kue kering atau seiris bolu.
Dari Anas bin Malik radliyallahuanhu berkata, “Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fithri hingga beliau memakan beberapa kurma. “(HR. Bukhari)

Sepulang shalat Ied baru deh puas-puasin makan besarnya hehe😍

Lantunkan Takbir Hari Raya Idul Fitri


(*Sumber: bincangsyariah.com

Sebelum shalat Ied maka lantunkanlah takbir hari raya berulang-ulang.  

كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الفِطْرِ فَيُكَبِّر حَتَّى يَأْتِيَ المُصَلَّى وَحَتَّى يَقْضِيَ الصَّلاَةَ فَإِذَا قَضَى الصَّلاَةَ ؛ قَطَعَ التَّكْبِيْر
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar hendak shalat pada hari raya ‘Idul Fithri, lantas beliau bertakbir sampai di lapangan dan sampai shalat hendak dilaksanakan. Ketika shalat hendak dilaksanakan, beliau berhenti dari bertakbir
اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الحَمْدُ


Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha ilallah wallahu akbar. Allahu Akbar walillahil hamd (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar, segala puji bagi-Nya).

Demikian sebagaimana  takbir Ibnu Mas'ud.


Tiba saatnya menunaikan Shalat Idul Fitri. Rasulullah mensunnahkan untuk:

Menunaikan Shalat Idul Fitri di Tanah Lapang


(*Sumber: posmetro.info

Nabi menganjurkan shalat di tanah lapang agar mampu menampung para jamaah yang jumlahnya banyak.  Bila dilaksanakan di dalam mesjid pun sebenarnya tidak apa-apa.

Tidak Shalat Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat Ied


(*Sumber:medcom.id

Dari Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah SAW melaksanakan shalat Idul Fitri sebanyak dua raka’at.  Beliau tidak melakukan shalat sunnah baik qabliyah ataupun ba’diyah ‘id.” (HR. Bukhari no.964

Ambil Jalan Berbeda Saat Pergi & Pulang Shalat Ied


(*Sumber: sabaseo.com

Dari Jabir radhiyallahu’anhu, “ia berkata Nabi SAW ketika berada di hari Ied, beliau membedakan jalan antara pergi dan pulang.” (HR. Bukhari no.986)

Saling Mengucapkan Selamat Hari Raya


(*Sumber: serumpi.com

 Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Taqabbal ya karim. 

Demikian ucapan selamat yang kita ucapkan pada sesama saudara seiman, karib dan kerabat. Ucapan selamat tersebut sebenarnya doa bagi kita dan orang yang kita berikan selamat hari raya Idul Fitri.

Baidewei, sudah ditunaikan belum Zakat Fitrah-nya? Segera ditunaikan ya, bisa dua atau sehari sebelum masuk bulan Syawal atau sejak terbit fajar hingga mendekati pelaksanaan waktu shalat Ied.

Baiklah, Sobat Emak. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga beserta karib kerabat.

Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

22 comments for "8 Hal Sunnah yang Afdhol di Hari Raya Idul Fitri"

  1. gak kerasa idul fitri udah lewat aja. sebelumnya minnal aidzin walfaidzin ya. mudah-mudahn jadi orang yang lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  2. Pakaian terbaik ya Ummi, bukan yang beli baru hehe.
    Nah kalau sarapan iya nih, harus. Karena kebalikan dari Idul Adha ya.

    ReplyDelete
  3. Wah saya nih paling jago ngingetin ke anak-anak dan juga ortu kalo sebelum ke masjid sarapan dulu, karena bagian sunah sebelum sholat ied... kalo mandi besar/wajib pastinya ya kak, karena di idul fitri kita semua pastinya ingin suci dari hadast besar maupun kecil. Pas pulang dari masjid juga harus lewat jalan yang beda...kadang lewat pinggir sungai juga.. Thanks sharingnya...

    ReplyDelete
  4. Senangnya bisa menjalankan sunah di hari raya tahun ini, ya. Taqabbalallahu minna wa minkum.

    ReplyDelete
  5. Saat lebaran, umat muslim pasti akan mengeluarkan pakaian terbaiknya yaa, walau pakaian tersebut tidak perlu baru

    ReplyDelete
  6. Sunnah nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam yang perlu diperhatikan kaum muslimin

    ReplyDelete
  7. Biasanya sarapan yang tertinggal

    apalagi anak2, malah bangunnya suka mepet

    jadi deh nggak sempat sarapan :D :D

    ReplyDelete
  8. wah iya, kemarin karena kesiangan nggak sempat sarapan dulu sebelum shalat ied
    padahal termasuk alaman sunnah ya

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah sunnah kemarin terlaksana, salam kenal kak

    ReplyDelete
  10. Hiks, sudah 2 tahun ini tidak menjalankan beberpaa sunat afdhol di hari raya. karena kami shalatnya di rumah. Moga tahun depan bisa kembali normal

    ReplyDelete
  11. Aku bersama anak2 dan suami alhamdulillaah bisa sholat Idulfitri di masjid besar dekat rumah. Kami naik motor ke sana, dan dapat tempat yang nyaman. Kami cuma minum aja ga sarapan dulu hehehe. Iya donk, pakai baju terbaik, ga kudu baru yang penting bersih.

    ReplyDelete
  12. Rindu dengan nuansa sholat Ied berjamaah di lapangan luas. Saat bisa sekaligus bersilaturahim dengan para tetangga

    ReplyDelete
  13. Udah dua tahun tidak shalat Ied di masjid, kangen suasana sebelum pandemi. Kangen salaman dengan sesama jemaah perempuan usai shalat. Dan Sunnah sebelum shalat Ied, seperti makan, aku biasanya minum teh dan makan cemilan kue kering atau sepotong bolu. Kalo makan ketupat gak bakal masuk, takut kekenyangan

    ReplyDelete
  14. Kalo teringat masa2 sebelum pandemi indah sekali rasanya. Semoga kita bisa kembali merasakan masa2 itu yaa...

    ReplyDelete
  15. MasyaAllah nggak berasa mbak kayak tiba tiba Lebaran udah lewat aja ya. Alhamdulillah kita masih bisa merasakan nikmatnya lantunan Takbir di tahun ini. Semoga kita sehat sehat semua. Yang paling aku sukai saat Lebarana dalah saling minta maaf orang serumah Mba. Seneng masih bisa diberi kesempatan untuk menghapus dosa

    ReplyDelete
  16. Baju terbaik tidak selamanya harus baru.
    Alhamdulillah tahun ini kami pakai baju apa yang ada saja dalam lemari tapi Alhamdulillah perasaan tenang² aja.

    Maaf lahir batin ya Mbak 🙏

    ReplyDelete
  17. Hal yang sering kelupaan itu adalah kita tetap menunaikan shalat sunnah, sebelum subuh, padahal setelah itu kita mau shalat idul fitri ya mba. Ini sering banget nih dilupain banyak orang. Saya pun kalo semisal gak diingatkan sama mamah atau ibu jadi suka lupa juga.

    ReplyDelete
  18. Mengenakan pakaian terbaik dan wewangian emang jadi salah satu sunnah idulfitri ya Mbak. Tetapi buat kita kaum hawa gak boleh parfum yang menyengat sampai menguar ke mana-mana ya. Taqabbalallahu minna wa minkum ya Mbak Mia (senama panggilan ama saya, hehe)

    ReplyDelete
  19. Islam itu sungguh indah
    Bahkan perayaan hari raya pun begitu banyak amal sunah yang bisa di lakukan
    Selamat idul Fitri mba

    ReplyDelete
  20. Nggak kerasa idul fitri udah seminggu berlalu. Beberapa sunah masih ingat dan beberapa udah lupa. Semoga bisa bertemu lebaran tahun depan dan bisa mengamalkan semua sunahnya

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah sudah melaksanakan sunnah tersebut, semoga bisa diberi kesempatan untuk menikmati hari raya idulfitri tahun depan. Amin,

    ReplyDelete
  22. Kalau di kampung saya, masih sering lihat para orang tua sholat 2 rekaat begitu tiba di tanah lapang yang buat sholat idul fitri. Selesai sholat 2 rekaat, baru deh duduk dan ikut mengumandangkan takbir

    ReplyDelete