Sepenggal Kisah Tentang Pasukan Garuda di Lebanon

 

Sepenggal Kisah Tentang Pasukan Garuda di Lebanon

Asalamu’alaikum,

Emak seminggu yang lalu nontonin channel yutubnya sebuah tv swasta.  Acara yang Emak nonton nih tentang pasukan Garuda yang merupakan bagian dari UNIFIL -United Nations Interim Force in Lebanon.  Oya, bahkan sampai ada film layar lebarnya juga loh.  Pernah nonton kan?  Itu tuh, ‘Pasukan Garuda: I Left My Heart in Lebanon’ yang dibintangi oleh Rio Dewanto & Revalina S.Temat.

Lumayan seru filmnya
 

Skip dulu lah cerita film. Silakan nonton sendiri ya hehe. 

Lanjuuutt!!

Dari acara yang emak nonton di tv swasta itu kan ditampilkan tuh infografis wilayah bertugasnya pasukan Garuda di Lebanon dan ini bener-bener bikin Emak terkesima.

 
Sumber: sejarah_negara.com


 

Jadi, Lebanon tuh asli tetanggaan dengan Israel.  Nah, perbatasan antara Lebanon & Israel ini dinamakan ‘Blue Line’ dan di situlah para pasukan UNIFIL bertugas.  Tugasnya apaan aja tuh?  Jelas menjaga perdamaian, maksudnya mengamankan wilayah Lebanon.  Nah, di sini Emak agak bingung juga sih ya, karena West Bank alias Tepi Barat-nya Palestina juga asli tetangga dekat banget dengan Israel. Tapi PBB nggak ada bikin satuan khusus ya untuk menjaga perbatasan antara Israel & Palestina... (Emak berasa ngomong kepada rumput yang bergoyang).

 

Sumber: ayojalanterus.com

Selain berpatroli menjaga keamanan wilayah perbatasan (Blue Line), pasukan Garuda juga melakukan aktivitas pengabdian masyarakat.  Ada layanan kesehatan, jadi masyarakat dipersilakan berobat & mendapatkan obat-obatan secara gratis.  Kondisi di Lebanon sendiri, harga obat-obatan tuh mahal bagi masyarakat umum, jadi ya mereka pun mau aja berobat kepada tenaga medis dari pasukan Garuda.  Obat-obatan yang diberikan juga produk Indonesia loh.  Bangga deh Emak pas liatnya.

Sumber: utamanews.com
 

Pasukan Garuda juga ada berkunjung ke sekolah-sekolah di wilayah perbatasan.  Mereka bagi-bagi permen atau coklat gitu juga bawa sarana pendidikan seperti komputer dengan aplikasi edukatif, juga berbagai permainan edukatif dan buku-buku. Itu yang Emak liat di yutub ya. Kalo yang diberitakan oleh Jakarta Greater malah lebih seru lagi. Ada lomba makan kerupuk segala lo hehehe. Sedangkan untuk saat ini berhubung pandemik Covid-19 akhirnya banyak kegiatan untuk masyarakat setempat pun ditunda. Salah satunya ya kegiatan teaching (pelayanan pendidikan).

Nah, sampai sini dulu deh ya tulisan Emak. Wassalam ❤❤❤❤

 

 

15 Comments

  1. Suaminya teman saya ada nih yang masuk Pasukan Garuda.. waktu ada kejadian di Lebanon, auto ingat teman itu. Untung aja suaminya udah lama gak di sana. Huhuhu kebayang gimana kepikirannya si istri, kalau suaminya masih di negara tempat kejadian ledakan tersebut.

    ReplyDelete
  2. Auto greget banget sih. Kalau emang kita punya kenalan yg kerjanya disana. btw, aku suka nih nonton film yg tema nya seperti ini mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa..bagus yaa mbak. Gak sekadar film. Bisa sekalian belajar tentang geografi dan sejarah dunia, serta hubungan antar negara pastinya.

      Delete
  3. bisikin nama channelnya dong mbak, penasaran juga pengen nonton. Bukan hanya buat hiburan tayangan kayak gini, tapi bisa buat sarana edukasi ke anak-anak juga

    ReplyDelete
  4. Wah aku gak tau kalau ada filmnya juga loh Mbak. Gak kebayang kalau suami di sana... huhuhu... cemasnya itu loh pasti kepikiran terus. Jadi penasaran sama filmnya

    ReplyDelete
  5. Dulu saya tuh pernah kepingin masuk tentara setelah lulus dari fakultas kedokteran, supaya bisa menolong orang-orang di medan konflik begini. Tapi terus batal, soalnya saya takut kena bedil orang-orang yang berperang, hihihi..

    ReplyDelete
  6. Wah aktivitas pengabdian masyarakatnya menarik ini. Pasti banyak sekali yang terbantu. Kereen

    ReplyDelete
  7. Ada romancenya juga gak mba? Btw jd sedih liat foto petanya gak ada palestinanya

    ReplyDelete
  8. Kalau mengalami ldr seperti di film ini, huaaa pasti deg-degan plus senewen banget karena apa pun bisa terjadi di lebanon. Musti siap mental banget.

    ReplyDelete
  9. Mbak Mia, aku jadi pengen nonton film itu lho hanya dengan liat posternya aja. Jadi kepo aku tuh.

    Eh, itu pasukan Garuda kita kok keren dan seru ya.

    ReplyDelete
  10. Aaaah, dikira cerita tentang review filnya tadi Mbak Mia. Tapi mengenal Lebanon dan cerita2nya memnag sangat seru juga. Untuk filmnya sendiri aku juga pernah nonton, tapi cuma yang part2 terakhir, jadi ga tahu kayak gimana cerita2 di awalnya.

    ReplyDelete
  11. Kalau liat pasukan garuda di lebanon kenapa aku jadi trringat kisah cinta AHy dan anisa pohan ya

    ReplyDelete
  12. wah malah jadi penasaran sama filmnya nah. film lamakah ini ka?

    ReplyDelete
  13. Aduh, aku baru tau ada film ini. Kok keknya seru ya. Aku demen sih sm bau2 tentara n love gitu

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungan & komentarnya ya. Jangan bosen mampir ke blog ini. Oya, jangan tuliskan link hidup pada komentar Anda.