^lifestyle blogger^

Rujak Party Jambu Air & Mangga Muda

(*Sumber: food.detik.com

Emak liat nih sekarang jambu air yang merah menggoda plus mangga muda yang sumpah bikin ngiler nampak membanjiri Kota Seribu Sungai.  Seminggu yang lalu saking ngilernya liat mangga muda, emak pun nyamperin yang jualan. Ternyata, biarpun banjir buah tapi harganya masih lumayan agak mahal menurut emak. 
Ukuran yang besarnya lumayan kalo nggak salah di atas 4 ribu. Emak beli yang ukuran sedang aja, itu udah 4 ribu.  Kalo yang ukuran kecil malah 2 – 3 ribuan. Tuh kan. Tapi daripada ‘kepuhunan’, emak beli deh

Beda dengan jambu air. Emak beli yang udah ditaruh dalam piring plastik. Sepiringnya dijual 3 ribuan, isinya 7 biji kalo nggak salah. Tapi yang dijual jambunya aja nggak ama piringnya hehe.
Baidewei, kepo nggak nih dengan vitamin yang terkandung pada jambu air & mangga muda?

Dikutip dari merdeka.com, ternyata jambu air adalah sumber dari vitamin A & C, juga mengandung serat, kalsium, tiamin,niasin dan zat besi.  Buah yang berasal dari daerah tropis ini memiliki kandungan air yang memiliki banyak manfaat pada tubuh kita.  Diantaranya mengatasi diabetes, anti oksidan & mencegah dehidrasi.


Gimana dengan mangga muda yang asemnya nggak bikin kapok untuk dirujak juga sebagai tambahan pada sambal?  Buah yang juga berasal dari daerah tropis ini mengandung vitamin A, B1 & C. Pada situs manfaat.co.id menyebutkan mangga muda berkhasiat diantaranya sebagai solusi morning sickness pada ibu hamil, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menurunkan berat badan juga menjaga kesehatan kulit.


Jadi semangat dong ya ngerujaknya hehe.  Baidewei, ngomongin rujak buah, terserah gimana style rujak yang kita suka.  Apakah dengan cocolan peanut sauce atau soya sauce yang ditambahin cabe gitu atau dibikin asinan? Seger kan ya.

Emak sih barusan bikin rujaknya begini nih:

  • Sediakan mangkuk kecil, bubuhkan garam, gula pasir & cabe rawit secukupnya.  Cabe rawit dipenyet dengan sendok sampai biji-bijinya keluar terus aduk bersama garam & gula pasir.
  • Tambahkan kecap dan air matang pada campuran garam, gula & cabe lalu aduk sampai benar-benar tercampur semuanya.
  • Iris buah jambu air & mangga muda dengan irisan kecil lalu tambahkan ke dalam mangkuk yang berisi  campuran kecap, air, garam, gula & cabe.
  • Bisa langsung dinikmati atau mau disimpan ke dalam kulkas dulu juga ok, biar ada adem-ademnya gitu pas dimakan.




Insya Allah halal wa thayib nih rujaknya. Mantul pastinya. Selamat ngerujak ya! 👯
   
nisamrajnab fo regglob elamef


, , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank u ya untuk komentarnya. Jangan bosen mampir ke blog ini.