Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Japanese Food yang Aman & Halal Nikmati di HokBen Duta Mall Banjarmasin

Teringatlah diriku dengan chat yang udah lumayan lama, kalo nggal salah tahun 2007 bersama seorang teman. Kita tuh sedang ngebahas kuliner dan akhirnya membahas tentang Japanese food.

hokben1
Koleksi Pribadi



Chat kami tentu nggak jauh dari masalah halal & amannya kuliner Jepang untuk dikonsumsi.  Sebenarnya sih ngebahas tentang resto cepat sajinya gitu. Berhubung saat itu masih jarang banget ada resto cepat saji untuk Japanese food.

Teman chatku ini tinggal di Bandung dan ia sebutlah satu nama yaitu HokBen. Dia pun nanya apakah HokBen ada di Banjarmasin. 

Ia pun mengatakan kalo aku ingin menikmati kuliner Jepang yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI bisa ke HokBen.

Asli deh, bikin aku ngiler nih apa yang dikatakan oleh temanku dalam chatnya.  Berhubung HokBen waktu itu belum ada di Banjarmasin dan acara jalan-jalan ke kota-kota di pulau Jawa pun belum nyampe. Tapi nama HOKBEN  tetap kusimpan dalam hati dan ingatanku sebagai resto cepat saji Japanese food yang halal & aman.

Topik Chat tentang Kuliner Aman & Halal 

Sebenarnya yang menjadi topik chat terkait kuliner adalah tentang aman & halal dari kuliner tersebut. Jadi nggak sebatas dari rasa enak ataupun sesuai selera.

Makanya, begitu adanya minat kami untuk menyantap Japanese food tentu harus tau kan bagaimana status halal & amannya. Kalo ditanya kenapa ya jelas berhubung sebagai muslim tentunya wajib menaati syariat Islam dan hal ini termasuk dalam masalah makanan juga minuman.

Sebagaimana disebutkan pada Quran surat  Al Baqarah 168; "Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu."

 Icip-icip Hokben pun Berhasil

Berhubung gak ada sama sekali dokumentasi so hanya tersimpan dalam ingatan deh. Sekitar tahun 2010'an pas aku berlibur ke Sidoarjo dan nginep di rumah tanteku nemu juga dengan HokBen. Rumah tanteku berada di Pabean, Sidoarjo.

Bahkan lumayan dekat nih jarak antara rumah & HokBen yang saat itu berada di suatu ruko, akupun pinjam motor deh dan icip-icip HokBen bersama adikku. 

Sayang banget nggak ada dokumentasinya. Menu yang dipesan pun langsung leebb aja kami santap. Begitu di lain waktu gak sempat lagi deh mampir ke HokBen.

Kesanku jelas hepi banget bisa menyantap makanan Jepang tanpa rasa waswas akan halal dan amannya kuliner tersebut. Tentunya aku pun pengen menikmati HokBen lagi di lain kesempatan. Entah kapan dan di kota mana.

Finally, Meet Again with HokBen

hokben2
Koleksi Pribadi

Mengobati rasa kangen dengan HokBen akhirnya ternyata kini hadir di Duta Mall. Akupun merasa hepi banget karena akhirnya HokBen yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI akhirnya berada di kota tempatku tinggal.

Jadi, tepat 9 Maret 2023 aku ikutan nih hadir pada acara talk show sekaligus pembukaan gerai pertama HokBen di Duta Mall, Banjarmasin. 

Melalui talk show tersebut jadi tau ni tentang sejarah Hoka Hoka Bento dengan logo dua karakter manga yaitu Taro yang menggambarkan anak laki-laki dan Hanaka yang anak perempuan.

hokben3
Koleksi Pribadi

Bapak M. Khairul Bashori (Area Manager Kalimantan HokBen) menyampaikan bahwa banyak yang mengira HokBen adalah perusahaan Jepang, tetapi HokBen adalah perusahaan lokal, perusahaan nasional. 

Beliau pun menyampaikan bahwa hingga kini telah membuka 350 cabang di Indonesia.  yang menyajikan Japanese food yang aman & halal. 

Selain itu gerai HokBen Duta Mall adalah gerai ke 350 dari jumlah keseluruhan.

hokben4
Koleksi Pribadi


Hadir pula Ibu Lya Agustina STP, M.Si (Kepala Bidang Audit LPPOM MUI Kalsel).  Beliau menyampikan akan pentingnya halal & thoyib (aman) untuk yang dikonsumsi termasuk makanan.

Ia menyebutkan dalam pemenuhan kriteria halal harus memenuhi 11 kriteria yaitu 
  1. Kebijakan halal
  2. Tim manajemen halal
  3. Pelatihan
  4. Bahan
  5. Produk 
  6. Fasilitas produksi
  7. Prosedur tertulis untuk aktivitas kritis
  8. Kemampuan telusur
  9. Penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria
  10. Audit internal 
  11. Kaji ulang manajemen.
hokben5
Koleksi Pribadi



HokBen pun sudah mendapatkan verifikasi Halal dan memiliki Sertifikat Halal Nomor 00160048830908 dari MUI serta Sertifikat Sistem Jaminan Halal Nomor HC182/LPPOMMUI-CVR/X/2021.

Sertifikat yang kufoto ini berada di samping area layanan konsumen.  Jadi saat mau pesan makanan & minuman di HokBen pasti akan ketemu dengan sertifikat ini.

hokben6
Koleksi Pribadi

So, Yuk Makan di HokBen

Berhubung udah lama banget nggak ketemu Hokben tentunya udah pengen banget menikmati menu yang disajikan. Apalagi menjelang bulan Ramadan nih, tentuny HokBen menjadi pilihan sebagai tempat berbuka puasa dan bisa juga untuk sahur.

Lama nggak ketemu HokBen tentunya melepas kerinduan kudu makan menu yang aku suka nih. Menu berbahan beef kemudian ayam bahkan udang pun ada. Aku pribadi lebih cuss ma beef & ayam. 

Jadi berbagai menu HokBen yang dibuat dari beef & ayam pastinya kunikmati. Entah itu beef or chicken teriyaki, kemudian chicken katsu. Kalo fried chickennya tentu rasanya pun gak kalah enaknya dong.

Bagi yang ingin mengetahui perbedaan antara chicken katsu, chicken teriyaki dan chicken yakiniku boleh nih cuss ke HokBen. 

Kalo aku sih tetep suka ketiganya. 
Karena menurutku sama-sama enak. Untuk katsu jelas daging ayamnya diolah untuk digoreng dan teriyaki plus yakiniku biasanya diolah tanpa digoreng namun dimasak dengan bumbu teriyaki dan yakiniku.

Para beef lover tentu ketemu dengan beef teriyaki dan beef yakiniku. Daging sapi diolah dengan bumbu teriyaki juga yakiniku dan tentu rasanya enak banget. 

Jadi menurutku menu yang disajikan selain halal, tentunya aman, lezat dan juga bergizi.

hokben7
Koleksi Pribadi


Menu yang kusantap adalah Bento Special dengan chicken dan Ebi Furai . Aku lupa ini chicken teriyaki atau yakiniku ya?

Sebenarny di HokBen juga menyajikan menu dari udang yaitu Shrimp Roll selain Ebi Furai.
 
Nah, para shrimp lover pastinya suka nih. Berhubung demen ama udang bisa betah bersantap di HokBen.

Menu sup juga ada. Waktu pertama kali nyicip sup di HokBen Sidoarjo, aku pilih Tofu Soup. Kalo yang aku lihat di HokBen Banjarmasin hanya sempat liat kalo ada menu Clear Soup dan itu pun khusus dine in.

xxx

So, menurutku kehadiran HokBen yang menyajikan menu ala Jepang dan tentunya halal serta thoyyib menambah pilihan kuliner bagi masyarakat, khususnya di Banjarmasin dan di Indonesia pada umumnya.[]
Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

6 comments for "Japanese Food yang Aman & Halal Nikmati di HokBen Duta Mall Banjarmasin "

  1. Wah, asik HokBen sudah buka di Banjarmasin ♥️

    ReplyDelete
  2. Asik banget,mau hokben tinggal ke DM saja..deket banget. ..Semua juga tahu Hoken makanannya beragam dan enak plus halal pula.ayo barengan ke hokben yuks bukber ntar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik banget jelas. So ada variasi menu berbuka puasa.

      Delete
  3. Senangnya di Banjarmasin sudah ada HokBen ya mbak. Jadi misal ingin belum sempat masak bisa langsung ke HokBen aja ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak waswas lagi kalo mau makan makanan Jepang. Udah ada HokBen kan.

      Delete