Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Seberapa Berbahayanya Isi Galon Mudah Dipalsukan Bagi Masyarakat

Kehidupan yang praktis saat ini, membuat kami sekeluarga wajib menyediakan AMDK dengan kemasan galon untuk kebutuhan minum sehari-hari di rumah. Jadi sebenarnya kami sudah familiar dengan rasa dan bau air yang kami minum.  Selain itu lidah pun akhirnya terbiasa dengan rasa tawar dari air mineral, mau nggak mau tentu harus paham nih apa saja yang terkandung pada air tersebut.  

galon-palsu
Sumber: Pexels.com
Kalo nggak paham kandungan dari air mineral yang biasanya kami minum, tentunya nggak paham juga akan kesehatan yang terkandung pada air tersebut.  Jadi harus tau nih bahwa air mineral yang berasal dari sumber mata air pegunungan mengandung magnesium, kalsium, natrium dan selenium. Produsen AMDK sendiri tentu harus menguji kualitas air minum yang dikemas jangan sampai tercemar logam berat dan zat yang berbahaya.  Selain itu harus bebas dari mikroba, contohnya Escherichia coli.

Teman Setia dalam Keseharian 

Sebenarnya, air mineral nggak hanya menjadi teman setia saat makan yang tiga kali sehari itu.  Berhubung galon dipasang pada dispenser, tentu bisa pilih apakah mau diminum dalam kondisi biasa saja, dingin, panas atau hangat (karena mix antara opsi panas & biasa saja).  Hal ini yang menjadikan air mineral (bisa saja disebut air galon ya), menjadi teman setia dalam keseharian.

Gimana nggak menjadi teman setia, sewaktu suhu cuaca lagi panas-panasnya kan oke tuh ya air galon untuk bikin teh es atau cukup meminumnya dengan opsi dingin.  Saat suhu sedang dingin, oke juga dong untuk bikin kopi mix susu dengan air galon yang hangat.  Kalo suhu lagi biasa-biasa aja ya pastinya pilih opsi yang biasa aja deh untuk suhu air galonnya.

Selain itu dengan adanya air galon pun jadi praktis untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air.  Umumnya untuk menunjang metabolisme tubuh, yang jelas menghindrasi dehidrasi maka diperlukan 2 – 2,5 liter air untuk dikonsumsi.  Jadi, tentu penting ya kualitas air yang kita minum sebab jika terkategori kualitasnya jelek –berbau, keruh, mengandung logam berat, racun, mikroba- tentu berefek negatif pada tubuh kita.

Bagaimana dengan tempat air minum untuk air galon yang kita bawa bepergian?  Tentunya haruslah tumbler atau termos yang bersih.  Agar tidak merusak kualitas air galon yang kita pindahkan ke tempat air minum tersebut.

Air Minum pun Penting untuk Balita

Air minum yang kumaksud di sini tentunya air galon atau air mineral. Kebutuhan air minum sendiri tentunya tidak dibatasi usia.  Namun, memang untuk bayi dari 0-6 bulan memang harus ASI ekslusif, sehingga belum saatnya untuk mengonsumsi selain ASI.

Terbayang wajah anak-anak yang innocent, ceria dan gembira tentunya harus mengonsumsi baik makanan dan minuman yang berkualitas baik sebab hal ini menunjang pertumbuhan dan perkembangan bagi anak.  Air yang diminum oleh anak tentu juga harus diperhatikan kualitasnya. Bahaya banget kalo sampai mengonsumsi air minum yang kualitasnya buruk.

Sebenarnya, baik anak, remaja, dewasa juga lansia jangan sampai mengonsumsi air minum yang kualitasnya tidak bisa dipertanggungjawabkan.  Masalahnya, fakta yang terjadi di bulan Juli 2022 lalu di salah satu daerah di Indonesia dan sampai viral di media massa yaitu adanya air galon yang dipalsukan. Nah, itu jelas bahaya banget.

Jangan Sampai Mengonsumsi Air Galon Palsu

Wuaduh, ternyata air galon pun sampai ada yang palsu ya?  Bahaya dong.  Tapi gimana caranya untuk mengetahui isi galon palsu atau asli?

galon-palsu0


Faktanya, ternyata ada kasus yang terjadi di mana tutup galon asli, galonnya pun asli tetapi ternyata airnya oplosan alias isi galon palsu. Hal ini bisa terjadi karena ada alat khusus untuk membuka dan menutup pada tutup galon tanpa efek cacat pada produk. Produk yang ‘terlihat sempurna’ tak ayal membuat konsumen pun terjebak membeli galon palsu. Oleh karena itu kita harus lebih berhati-hati karena galon yang digunakan adalah galon dengan merk galon terkenal yang sudah ada lama di Indonesia.

Tentunya harus bisa mengenali bagaimana galon asli dan galon palsu secara fisik, jadi nggak akan terlanjur kebeli yang palsu. Membahas galon secara fisiknya, tentu harus dipahami seperti apa ciri dari galon palsu.  Berarti, para produsen memberikan publikasi terkait ciri-ciri tutup galon asli dan galon asli lanjut rasa serta tekstur pada air galon yang asli.

Produsen pun memang memberikan solusi agar konsumen tidak terjebak membeli galon palsu yakni konsumen ataupun pelanggan memperhatikan kode galon yang ada tercantum pada web resmi.Tapi ya memang lumayan sulit untuk bisa memperhatikan kode ini pada produk sebab tertera dengan ukuran yang kecil & samar hingga bisa jadi agak sulit terbaca.  Apalagi ada alat yang bisa membuka dan menutup galon akhirnya bisa menjadi peluang  sebab kode yang sama pun tidak menjamin produk tidak oplosan.

Kemudian maksud dari isi galon palsu di sini yaitu air yang ada di dalam galon bukanlah air yang seharusnya karena ternyata tutup galon asli sudah dibongkar dan ditutup lagi tanpa cacat sehingga kita ragu apakah isinya itu asli atau oplosan. Kalau sudah begini, kita juga harus waspada donk yah untuk tutup galon asli dan galon asli yang ternyata bisa dengan muda dibuka dan ditutup kembali.  Mengapa harus waspada, karena efeknya jelas kepada kesehatan tubuh kita.  Gimana tuh jadinya dengan kondisi tubuh bila mengonsumsi minuman atau makanan yang terkontaminasi hal-hal yang berbahaya, baik zat kimia ataupun mikroba.

Apalagi kalo yang mengonsumsi adalah balita juga anak-anak di atas usia balita.  Tentunya bisa berefek negatif pada kesehatan tubuh mereka ya kan.  Sekali lagi, hal ini tentu harus diwaspadai. Faktanya bukan tutup galon nya yang palsu (tutupnya asli, galonnya asli tetapi isi galon mudah dipalsukan). Ngeri juga ya.

Agar tidak terjebak membeli produk yang palsu maka harus benar-benar teliti dalam memperhatikan apakah tutup galon benar-benar tersegel sebagaimana seharusnya, selain itu kemasan pun benar-benar bisa menampakkan bahwa produk adalah galon asli, tutupnya asli dan isinya pun juga asli.

Sumber: Photo by Johnny McClung on Unsplash

Di zaman sekarang, di mana masih ada orang-orang yang rakus dan kalap demi mendapatkan harta, segala cara dan jalan pun ditempuh tanpa memikirkan apa yang mereka lakukan ternyata bisa merugikan masyarakat.  Sampai air galon pun dipalsukan (yang palsu adalah isinya bukan tutup galon palsu).
  
Di India pun ternyata terjadi juga pemalsuan air mineral.  Dilansir dari Tribunnews.com (28/7/2022) bahwa di India terjadi pemalsuan AMDK botolan. Praktiknya yakni dengan mengisi botol air mineral dengan air ledeng lalu dijual kepada konsumen. Ada – ada aja ya, serem banget dah.

Kebutuhan Air Mineral pada Masyarakat Harus Dipenuhi

Normalnya, manusia seharusnya mengonsumsi air putih termasuk air mineral sebanyak 2 – 2,5 liter per hari.  Hal ini tentu akan membantu proses metabolisme pada tubuh manusia dan menyebabkan kesehatan tubuh pun terjaga.  Jelas terhindar dari dehidrasi. 

Air mineral jelan mengandung berbagai mineral yang membantu metabolisme tubuh manusia, selain menghilangkan rasa haus.  Tentunya harus mengonsumsi air mineral yang kualitasnya pun terjaga.  Jangan sampai mengonsumsi air yang terkontaminasi zat-zat yang efeknya malah berbahaya bagi tubuh.  Baik secara langsung maupun tidak langsung. Demikianlah bahayanya bagi masyarakat jika isi galon mudah dipalsukan.




Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

2 comments for "Kenali Seberapa Berbahayanya Isi Galon Mudah Dipalsukan Bagi Masyarakat"

  1. wah baru tau soal info ini, air galon bisa dipalsukan.iya sih kita wajib baget waspada ya, antara lain dengan melihat segel tadi.makasih sharingnya

    ReplyDelete
  2. Sempat bertanya apa iya air galon bisa dipalsukan. Nyatanya ada ya mbak realita di masyarakat. Kita harus waspada ni kalau menemukan kejadian seperti ini

    ReplyDelete