Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sayur Lodeh Ala Omela-Beda & Sedap Tentunya

Sebenarnya sewaktu aku kecil, di saat lucu-lucunya plus sedang pada masa pertumbuhan, Mamahku jelas menjadikan sayuran sebagai menu pada makananku sehari-hari. Mamah pun akhirnya mengetahui seleraku, sukanya sayur yang dimasak dengan menu apa saja juga jenis sayur yang aku senangi.  Biasanya aku senang sayuran yang berkuah bening.

omela-1

Bagaimana akhirnya aku bertemu dengan sayur lodeh?  Nah, justru bertemunya baru di masa aku sudah menjadi ibu rumah tangga.  Menyicipi sayur lodeh pun di rumah teman, berhubung diundang makan siang bersama. Malu bertanya, aku pun mencari resep sayur lodeh di internet.  

Wah, ternyata resepnya pun banyak macamnya.  Bisa dimodifikasi sendiri, entah dengan mengganti jenis sayuran dan bumbu yang digunakan. 

Saat Menginginkan yang Praktis

Praktis seperti apa ya maksudnya?

Definisi praktis dalam pikiranku adalah ada yang menjadikan sayur lodeh sebagai item bisnis kuliner.  Entah mungkin aku yang kurang update, tapi memang belum menemukan ada yang berjualan sayur lodeh di kota tempatku tinggal.

Berarti definisi kedua dari praktis adalah memasak sayur lodeh tanpa repot. Lumayan untuk mengasah kemampuan memasak dan yang jelas pertama dinikmati olehku juga keluarga dan yang kedua semoga bisa untuk usaha makanan. 

Kenapa Beda dan Sedap 

Makna beda di sini adalah menurutku pribadi ya, sebab aku belum pernah memasak sayur dengan menggunakan daun melinjo dan labu siam.  Jadi, jenis sayuran yang aku masak kali ini tentu berbeda dari biasanya.

Daun melinjo ternyata mengandung:

  • Vitamin A
  • Serat
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Kalium
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Zinc

Manfaat dari daun melinjo pun beragam yaitu menurunkan kadar asam urat, mengelola gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas serta menjaga berat tubuh.

Labu siam yang menurutku rasanya manis, ternyata dalam 100 g mengandung 
vitamin C 18 mg, air 92.3 g, protein 0.6 g, karbohidrat 6.7 g, serat 6.2 g, 
selain itu juga kaya akan folat.

Manfaat labu siam yaitu membantu kebutuhan  zat gizi ibu hamil sebab 
mengandung folat, selain itu juga mengendalikan berat badan serta kolesterol, 
juga membantu menangani anemia plus mengontrol tekanan darah tinggi dan 
menangkal radikal bebas.

Sayur lodeh ala Omela juga sedap karena menjadikan Omela- krimer kental manis sebagai salah satu bahan utama dari memasak sayut ini. 

Berikut resep sayur lodeh praktis yang menggunakan Omela sebagai bahan 
utamanya.

Resep Sayur Lodeh Ala Omela (untuk 4 orang)

Bahan Utama:
  • Labu Siam 1 buah
  • Wortel 3 buah
  • Kacang panjang 3 buah
  • Jagung manis 1 buah
  • Daun melinjo secukupnya
  • 1 buah terong
  • Omela 8 sdm (120 ml)
  • Air 500 ml
  • Cabe hijau 3 buah
  • Cabe merah 2 buah
Bumbu:
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Lengkuas 1 ruas
  • Daun salam 2 lembar
  • Garam, lada secukupnya
Cara Memasak
  1. Siapkan bahan yang telah dicuci bersih, potong masing-masing sayuran sesuai selera, sisihkan.
  2. Larutkan 500 ml air dengan 8 sendok makan Omela.
  3. Rebus air larutan Omela bersama jagung manis dengan api sedang, tidak mendidih, aduk sesekali.
  4. Masukan labu siam, wortel dan semua sayuran yang tersisa dan bumbu yang sudah diiris, masukan lengkuas dan daun salam.
  5. Lanjutkan merebus hingga sayuran matang sambil diaduk sesekali, masukan garam dan lada secukupnya, aduk hingga matang.
  6. Sayur lodeh siap disajikan.
omela-2

Demikian resep memasak Sayur Lodeh ala Omela.  Praktis kan?!  Apalagi 
menggunakan Omela yaitu krimer kental manis tentu rasanya pun juga enak.

Tips menyimpan makanan tentu juga harus diketahui supaya masakan masih bisa dinikmati beberapa waktu ke depan. Berikut tipsnya:
  • Makanan yang disimpan biasanya adalah stok makanan (dimasak tapi belum dimakan) & sisa makanan (sudah dimakan tapi masih tersisa).
  • Simpanlah di tempat yang bersih.
  • Bisa juga disimpan di lemari es dan makanan diletakkan dalam tempat tertutup.
  • Hangatkan makanan yang disimpan pada saat hendak dinikmati.

Masak pun Serba ala Omela 

Omela adalah krimer kental manis.  Kelezatan yang terkandung pada masakan pun tentu bertambah dengan menggunakan Omela. Aku sendiri suka dengan rasa gurih, nah Omela pun memberikan gurih yang menambah nikmat pada masakan ataupun penganan lainnya.

Tentunya Omela menjadi bahan utama dalam pengolahan makanan dan minuman. Rasa gurih dan lezat, dapat digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman,penganan dan masakan. 

Berikut adalah informasi nilai gizi yang terkandung pada Omela.

omela-3

#GantiCaraMasak dengan Omela! 

Dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah!


Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

8 comments for "Sayur Lodeh Ala Omela-Beda & Sedap Tentunya"

  1. Unik juga, sayur lodeh dengan omela ya mbak. Apalagi di dalam omela terdapat kandungan gizi yang cukup banyak. Bisa digunakan untuk campuran berbagai jenis kudapan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Yg jelas bagi penggemar kuliner yg manis-manis pastinya akan suka.

      Delete
  2. Wah baru dengar kalo kental manis bisa buat sayur. Rasanya apa enggak kemanisan mbak dengan 8 sdm itu? Bukannya lodeh identik dengan citarasa asin gurih gitu. Jadi penasaran, berarti gak butuh santan lagi ya

    ReplyDelete
  3. Ibuku udah lama menghindari santan. Nah pakai omela ini juga bagus untuk mengurangi kolesterol nih mbak. Dan untungnya bisa dipakai untuk resep lainnya

    ReplyDelete
  4. omela ini jadinya pengganti santan ya, kak? kalau saya masak sayur lodeh ini jujur masih sering gagalnya hihi akhirnya mengandalkan bumbu instan aja kalau mau masak sayue lodeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Variasi sbnrnya. Jd bisa sbg pengganti santan. Tapi rasanya tetap beda sih hehehe. Bagi yg suka manis oke banget pake omela.

      Delete
  5. Aku ga pernah makan sayur lodeh tp kok liat ini kek enak ya, jadi kepengen nyobain gt. Hihi

    ReplyDelete