Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari-Hariku di Bulan Ramadan 1443 Hijriah

Ramadan 1443 HijriahWhat a shock! Saat staycation di rumah ortu pas akhir Februari 2022, berhubung lama nggak tes kadar gula darah akhirnya kuminta adekk untuk ngetes aku pake blood glucose test milik almarhum Papah.  Waduh hasilnya bikin kaget: 285!  Ya memang sih, ngetesnya sekitar 2 jam setelah makan.  Bikin berasa horor deh tu angka.

ramadan-1

Kerja Keras Menurunkan Kadar Gula Darah

Kenapa jadi kerja keras? Penyakit diabetes yang kutau di keluarga kami awalnya diderita oleh almarhum Kai (ayahnya papahku).  Ternyata dari kakaknya papah, juga papahku sampe ke adek beliau, juga kadar gula darahnya tinggi.  Kalo diliat kenapanya, aku sih menduga terkait pola makan.  Diabetes yang diderita adalah diabetes kering. Jadi nggak ngefek ke pembusukan bagian kaki & kalo ada luka susah kering/sembuh. Biasanya ngefek ke berat badan yang turun drastis.  Tapi tetap menjadi kerja keras nih bagi kami sekeluarga agar kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil.

Bagaimana denganku? Sama sih sebenarnya kalo introspeksi diri, kupikir penyebabnya adalah pola makan.  Suka makan yang berlemak dan berbumbu yang indeks glikemiknya tinggi, nasi putih porsinya juga masih lumayan banyak, Juga kurang makan buah dan sayur.  

Selama staycation, aku ambil trial & error dah makannya.  Berhubung masih menyesuaikan diri, jadi nyusun menu juga makan pun masih berantakan.  Kadar gula darah pun masih aja kepala 2.  Sampe akhirnya kuputuskan untuk makan nasi putih dengan porsi yang sangat sedikit tapi banyakin lauk & sayur juga buah.  

Selain itu juga kombinasi dengan pengganti nasi, namun mengandung karbohidrat.  Jadi nggak melulu makan nasi. Masak lauknya juga aku menghindar menggunakan gula pasir, tapi gula merah secukupnya.  Jajan pun stop dulu, biasanya aku demen banget cappucino cincau (yang biasanya dibubuhi kental manis coklat).

Ramadan pun Tiba

Sebelum Ramadan tiba sebenarnya aku coba cek ke klinik juga rutin tes kadar gula darah.  Alhamdulillah sama pak dokter nggak dikasih obat karena kadar gula darahku berhasil turun, malah hampir over turunnya berhubung tiap hari selain minum air putih juga teh tawar. Hasil tes di dokter saat itu mencapai 70.

Foto oleh Artem Podrez dari Pexels



Begitu Ramadan tiba, bener-bener aku persiapkan nih menu buatku.  Nggak ada lagi versi buka puasa ala kalap hehehe.  Tapi cukup nasi putih yang sedikit tapi banyakin lauk ikan/ayam/daging sapi juga sayuran dan buah.  Sempat juga dengan menu ubi jalar rebus, enak loh dan mengenyangkan juga kadar gula darah tetap stabil.  Bisa juga bikin setup pisang dengan gula merah secukupnya.  Aku pribadi memang nggak terlalu suka yang manis-manis tapi biasanya makanan yang kumakan indeks glikemiknya tinggi.  Nggak berasa manis tapi bisa menyebabkan kadar gula melonjak.

Sayur & Buah Jangan Ketinggalan

Kalo sayur ini bagusnya sih dimakan versi raw, tapi aku gak nahanJadi biasanya direbus atau dibikin sayur bening, sop dan capcay dengan perasa yang balance.  Untuk buah, selma bulan Ramadan stok buah melimpah.  Jadi bebas aja nihmau buah apa.  Tinggal rajin ataukah malesnya aja untuk mengupas kulit dan memotong buahnya hehehe.  Ayo lawan rasa malasnya!

Kalo buah favoritku selama bulan Ramadan ini adalah timun suri.  Tapi aku masih cheating sih hehe, kutambahin sirup sedikit aja biar ada manis-manisnya gitu meski samar but no kental manis.  

Keputusan yang Harus Kujalani Hingga Akhir Hayat

Keputusan untuk jaga makanan & minuman yang dikonsumsi maksudnya.  Inget diri juga berhubung usia udah kepala 4.  Kalopun cheating juga jangan kebablasan.  Serem ah kalo kadar gula darah ampe 300-400.  

Dengan jaga pola makan, selain badan sehat, kadar gula darah stabil (85-105), bonusnya berat badan pun juga (bagi yang gendut kaya aku) bisa berkurang.  Efek naik tangga, nafas ngap-ngapan udah nggak terlalu lagi.  Bagian kaki juga udah nggak terlalu sering kesemutan lagi.  Biasanya duduk bersila juga duduk di kursi agak lama, ni kaki ampun dah kesemutannya.

Bagi teman-teman yang kadar gula darahnya tinggi, bareng yuk kita berjuang. Selain jaga pola makan, juga udah semestinya nih berolahraga. Bisa lompat tali, jalan santai, jogging, bersepeda atau ikutin tutorial senam  yang bisa diakses di fb dan youtube atau ikutan senam di taman kota or klub fitness.

Ok, keep on healthy.
Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

6 comments for "Hari-Hariku di Bulan Ramadan 1443 Hijriah"

  1. Waduuuh tinggi juga ya gula darahnya sampai 285. Saya udah lama nggak ngecek kadar gula darah. Biasanya sih rendah yaa. Tapi sekarang juga mulai membiasakan menjaga pola makan. Sehat itu nikmat ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jaga kesehatan memang harus nih rutin cek kadar gula darah supaya kalo sdh tau hasilnya bisa ngatur pola makan yang sehat juga.

      Delete
    2. Iyaaa tapi jujur saat ngatur pola makan rasanya godaan banyak banget huhuhu

      Delete
    3. Betul banget. Distulah ujiannya hehe. Masalahnya kalo pola makan nggak diatur, si penyakit akan dateng lagi deh

      Delete
  2. Aku dulu rajin bgt cek2 gula darah, kolesterol sama asam urat, jd bisa tekontrol terus, skrg udah blas ga pernah ngecek lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dicek sih, apalagi kalo bodi udah berasa nggak enak

      Delete