Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makan Gudeg Solo Cukup di Banjarmasin

Gudeg Solo. Suatu hari aku asyik ngeliatin foto-foto yang tampil di w.a story.  Ternyata adekku posting foto gudeg.  Uniknya, minumnya menggunakan gelas jadul (liat pada foto nanti ya).  Langsung deh kutanya si adek, di mana dia makan gudeg.  Oh, ternyata gang dari lokasi rumah makan gudeg tersebut sering aku lewati.  Parahnya adekku yang tinggal di Banjarbaru malah udah nyicip duluan.



Aku pribadi sebenarnya sempat gak suka dengan gudeg, karena jelas dong rasanya manis.  Jadi lama banget tuh udah gak pernah lagi nyicip gudeg meski ada dijual di kotaku, Banjarmasin.  Begitu tanya-tanya ama adekku apa aja nih lauknya, lah kok jadi ngiler hehehe.  Terus gudeg yang dimakan oleh adekku itu adalah Gudeg Solo.

Jatuh Cinta Deh dengan Gudeg Solo

Besok paginya setelah nganter anak sekolah, langsung deh mampir ke rumah makan Gudeg Solo 'Bu Joko'.  Begitu nyampe, wah ternyata banyak nih para PNS, polisi juga yang sarapan gudeg,  Untung masih ada meja kosong jadi bisa makan sendirian dengan tenang.

gudeg-solo-2
Koleksi Pribadi


Oya, sebelum duduk, harus pesen gudegnya dulu nih dengan penjualnya.  Pilihannya macem-macem nih, ada yang pake ceker, ayam suwir, juga porongan ayam.  Aku pilih yang ayam suwir, kan enak udah disuwirin tuh heheh, jadi tinggal lep aja.  Harganya pun lebih murah nih kalo yang ayam suwir.  Lupa-lupa inget, kalo nggak salah 13rb.

Komposisi Gudeg Solo

Hahaha. apa juga komposisi.  Berhubung banyak banget nih yang harus dimakan dalam 1 porsi gudeg makanya sampe aku tulis 'komposisi'.

gudeg-solo-3
Koleksi Pribadi


Jadi dalam 1 porisi Gudeg Solo Ayam Suwir ada  gudeg sayur nangka, sambel krecek, tempe & tahu bacem, ayam suwir, telur rebus separuh, sambel dan nasi dengan ukuran sedang,  Jadi  jangan ngeluh kalo misalnya merasa nasinya sedikit (menurutku pas sih ukurannya), karena bisa-bisa nggak habis tuh nasi akibat kekenyangan.

Nutrisi yang Terkandung pada Gudeg Solo

Perlu diketahui nih kandungan nutrisi yang ada pada gudeg.  Apalagi kalo memang tubuh ternyata kadar kolesterol juga gula darah ternyata tinggi.  Tentunya nggak bisa menyantap gudeg dalam jumlah banyak dong.  Bisa juga sih kalo pas cheating ya asal nggak kebablasan hehehe.

gudeg-solo-1
Koleksi Pribadi

Di situs kompas.com, mengutip dari buku Kandungan Zat Gizi Makanan Khas Yogyakarta (2014) karya Lily Arsanti Lestari dkk., kandungan gizi per takaran saji 475 gram gudeg dengan nasinya: 

  • Energi: 1027,75 kkal 
  • Protein: 39,75 gram 
  • Lemak: 47,25 gram 
  • Air: 267,09 gram 
  • Mineral: 10,17 gram 
  • Karbohidrat: 110,75 gram

Kemudian dari buku Jurus Jitu Makan Sehat di Luar Rumah Agar Tetap Langsing dan Fit karya Hindah Muaris & Gagas Ulung, dijelaskan kandungan gizi per porsi gudeg:

  • Energi: 300 kkal 
  • Protein: 4 gram 
  • Lemak: 17,7 gram 
  • Karbohidrat: 34,4 gram 
  • Serat: 5,2 gram 
  • Kolesterol: 0 mg 
  • Natrium: 12,6 mg   
Kandungan gizi tersebut didapat dari 100 gram nangka muda, 5 gram gula merah, 100 ml santan encer, 5 gram mintak, dan 50 gram nasi putih. 

Sebaiknya, sebagaimana porsi nasi yang disajikan di Gudeg Solo Bu Joko yaitu dengan nasi yang tidak banyak sebenarnya justru bagus nih bagi penderita diabetes.  Boleh juga kalo mau dikurangi lagi nasinya hehe.

Ayo Eksplor Kuliner Nusantara

Bagi yang hobi makan (laah kok hobi), tentu eksplorasi kuliner adalah suatu hal yang menyenangkan.  Seperti aku, begitu ketemu kuliner yang sedap, enak, halal thoyiban, langsung deh diicip dan lanjut menulis tentang kuliner tersebut di blog. Meski bukan job hehehe. 

Oya, bagi yang pengen nyicip gudeg solo di Banjarmasin, bisa langsung cus ke jalan Agatis 3 no.6 Cemara Raya.  Klik langsung di google maps juga pasti ketemu deh.  Yuk ah, selamat menikmati.
Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

3 comments for "Makan Gudeg Solo Cukup di Banjarmasin"

  1. Hallo mbak salam kenal.

    Wah keran banget ada keterangan kandungan gizinya juga.

    Waktu masih di Puerwokerto Jateng aku cukup sering makan gudeng jogja ini, wlpn isiannya terbilang lengkap tp aku lebih suka gudeg rumahan buatan orang purwokerto yaitu nangka muda yg dimasak pake santen, kuahnya banyak, rasanya gurih, nggak manis kaya gudeng jogja hihihi

    ReplyDelete
  2. aku sekarang di Surabaya jadi pingin makan gudeg jogja nih, apalagi komplit banget ya kandungan gizinya, makan sehat deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku malah kurang suka gudeg yogya karena menurutku terlalu manis. Kali aja di Surabaya ada gudeg solo, boleh juga tuh dicoba.

      Delete