Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jatuh Sakit di Masa Pandemi

Sakit di Masa Pandemi.  Suatu hari di bulan Januaris 2022, saat waktu salat Shubuh tiba ternyata anakku kesulitan bangkit dari ranjang.  Saat mencoba menjejakkan kakinya ke lantai, yang ada kedua kakinya malah tidak bisa merasakan apa-apa. Ia lakukan hal itu masih dalam posisi berbaring.  Jadi badan di atas ranjang dengan kaki menjulur menginjak lantai. Bingung deh aku dan paksu.  Tapi pelan-pelan kami coba bantu agar anak kami bisa salat dengan berbaring di ranjang sembari bersandar ke dinding.  Bersuci pun dibantu.

sakit-di-masa-pandemi

Aku udah deg-degan aja nih.  Sebelum pandami ada anak tetangga  yang tiba-tiba lumpuh, usianya sekitar 9 tahun.  Qadarullah di awal tahun 2020 dia wafat.  Sekarang, awal 2022 masih masa pandemi.  Khawatir, gimana kalo anakku terkena Covid-19 dengan gejala yang berbeda.

Urutan gejala yang dialami oleh anakku:

  • Badan sulit bangkit setiap saat bangun subuh
  • Begitu badan sudah bisa bangkit, kaki malah sulit digerakkan.  Jadi dia pun merangkak.
  • Kepala pusinh.
  • Agak siangan sudah bisa berdiri dan berjalan tapi nggak bisa lama karena ia merasa mau pingsan.
  • Radang tenggorokan.
  • Demam tapi kemudian berganti dengan panas dalam.
  • Batuk tidak berdahak.

Klinik Pertama

Akhirnya aku pun cek klinik dekat rumah.  Ternyata ada list berbagai gejala yang tidak memperbolehkan pasien diperiksa langsung oleh dokter di ruang periksa.  Jadi cukup menyebutkan gejala-gejala yang diderita ke bagian resepsionis, nanti mbak resepsionis akan menyampaikan ke dokter.  Selanjutnya mbak resepsionis akan memberikan resep obat dari dokter kepada pasien.  Gejala anakku yaitu radang tenggorokan dan batuk termasuk pada gejala yang tidak boleh diperiksa langsung oleh dokter.

Berhubung dia jatuh sakit pada hari Jumat dan aku juga agak-agak panik gitu jadi ya agak males nganter surat sakit ke sekolah anak, toh Sabtu pun pun libur jadi ya sudahlah, bolos hehe.  Fokus istirahat. 

Klinik Kedua

Sampai di hari Minggu, ternyata belum ada kemajuan pada kondisi anakku.  Klinik dekat rumah biasanya tutup kalau pas hari libur.  Akhirnya untuk ngecek kondisi anak pun, aku bawa anak ke klinik yang satunya lagi.  Agak dekat juga dengan rumah dan tetap buka meski hari libur.  Sekalian juga mau minta surat sakit ke dokternya.

Bedanya di klinik yang satunya ini, anakku bisa diperiksa langsung oleh dokter.  Saat ditensi, ternyata rendah, sekitar 86 per berapa gitu. Anemia sepertinya ya.  Kemudian usai diperiksa, langsung dapet obat & surat sakit.  Bayar? Ya iya dong hehehe. Itupun sempat tawar-menawar berhubung uang yang kubawa nggak banyak.  Untung deal aja nih pihak klinik dengan jumlah uang yang mampu  kubayar, karena aku kasih liat isi dompetku yang apa adanya.

Berhubung kaki anakku nggak sakit tapi sulit tegak untuk berjalan dan kalaupun berdiri plus jalan dia berasa mau pingsan akhirnya kukasih saran gimana kalo jalannya pake tongkat aja, Di hari ke empat (hari Senin) kondisinya udah agak mendingan dan akhirnya mau dia pake tongkat. 

Di hari Selasa (hari ke lima), tongkat pun sudah aku belikan, harganya Rp.116.500.  Selain itu aku sempetin untuk panggil perawat homecare ke rumah untuk swab antigen. Alhamdulillah hasilnya negatif.  Akhirnya di hari Rabu, dia pun berangkat ke sekolah dengan kuantar tentu tapi dengan bawa tongkat untuk membantunya berjalan & berdiri.  

antigen-negatif


Qadarullah, di hari Senin, padahal upacara bendera loh, dia merasa sanggup nggak bertongkat.  Lalu lanjut deh ke sekolah tanpa mengunakan tongkat lagi.  Sampe sekarang aku juga bingung, anakku sakit apa ya?  Karena sampe sulit berjalan dan berdiri karena efeknya bikin mau pingsan gitu.  Apakah anemia?  Jadi, di hari ke 4 setelah periksa di dokter yang kedua, anakku juga mengonsumsi obat tambah darah, selain obat batuk & radang tenggorokan, juga multivitamin.

Giliranku yang Sakit

Hawa panas setiap hari tentu bikin kami sekeluarga aktif menyalakan kipas angin di rumah.  Ternyata kondisiku akhirnya tepar.  Masuk angin mungkin ya.  

Jadi suatu pagi di bulan Februari 2022, pas mau salat Shubuh sebenarnya sudah merasa nggak enak pada tenggorokan.  Kemungkinan radang.  Kelar salat kemudian kuminum air putih hangat, yah lumayan mendingan.  Eh, tapi beranjak siang kok nambah nih rasa sakit di tenggorokan?  Wah, fix radang tenggorokan nih.  Apalagi aku memang mengidap rhinitis alias idung meler mulu karena alergi (bisa debu, hawa dingin, dll), ditambah radang tenggorokan jadi flu deh.  Tepar kembali setelah sarapan bubur ayam & minum obat flu, radang tenggorokan juga sembari ngisep permen khusus untuk tenggorokan yang bermasalah.

Bedanya aku nggak ke klinik, karena udah tau obatnya hehehe.  Tapi aku udah berniat nih kalo flu yang kuderita lebih dari 3 hari, tentunya aku akan swab antigen. Alhamdulillah ternyata penderitaanku hanya 2 hari.  Di hari ke 3, anakku ngeliat kondisiku yang udah mendingan malah ngajakin ke mal dia.  Berhubung flu & radang tenggorokan juga gejala dari Covid-19 makanya deg-degan ya kan.

Keep Healthy


Di satu sisi kami sekeluarga sudah vaksinasi lengkap.  Kalo suami bersama dengan para rekan kerjanya, sedangkan aku dan anak ikutan vaksin di puskesmas yang wilayahnya nggak jauh dari daerah rumah kami.  Jadi yakin aja deh, kalo udah vaksinasi insya Allah imunitas udah ada.  Tinggal memelihara asupan untuk tubuh supaya imunitas optimal.  Baidewei, gimana dengan vaksin booster? Ya itu nantilah ya, karena aku dan anak juga belum mengalami.  So stay prokes! []

Mia Yunita
Mia Yunita Seorang emak | Lifestyle Blogger | Kontributor Opini | Love to eat, read, pray & jalan-jalan

7 comments for "Jatuh Sakit di Masa Pandemi"

  1. Memang musim penghujan rawan sakit ya mbak. Yang penting tetap makan rutin 3x sehari, dopping dengan vitamin. Semoga mbak Mia sekeluarga sehat terus. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yra. Maria sekeluarga juga ya semoga sehat wal afiat.

      Delete
  2. wah aku jadi ikut penasaran mbak, aku baca sampe akhir kirain bakal ada nama sakitnya di akhir ternyata gak ada, wkwkwk...bikin penasaran aja mba mia ih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun penasaran. Tp begitu udah sembuh malah jd bodo amat dg nama penyakitnya.

      Delete
  3. Stay safe ya mbak. Dikeadaan yang seperti ini memang kita harus jaga kesehata betul-betul

    ReplyDelete
  4. sekarang kasus covid naik lagi ya, kak. mana kayaknya cepat banget penularannya dengan gejala yang mirip flu. semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah swt

    ReplyDelete
  5. Aku juga sempat sakit nih Mbak di awal tahun ini. Awalnya sakit gigi lalu dilanjut sakit batuk yang astaga sampai 3 minggu lamanya. Tetap jaga kesehatan ya semuanya.

    ReplyDelete